10 Pasar Malam Paling Seru


pixabay
pixabay

Kalau lagi traveling dimana saja sebenarnya salah satu hobby saya adalah berkunjung ke pasar malamnya. Jadi waktu kecil dulu, ayah saya itu suka ngajakin kita nonton tong setan (iya….gak bagus kan ya haha) dan biasanya tong setan itu adanya di pasar malam atau pekan raya. Pokoknya dia demen  banget dan akhirnya saya juga ngerasa pasar malam adalah puncak kegembiraan karena banyak toko, banyak jajanan, banyak lampu dan tentu saja banyak permainan. Maklum anak daerah 🙂

Kalau pasar malam biasanya dulu sering ada di kampung-kampung. Yang biasa saya lihat itu di kampung kakek nenek. Kalau lagi ada pasar malam biasanya ada bianglala sederhana, tong setan, sulap abal-abal, dan masih banyak lagi. Kenapa saya suka lihat? soalnya pasar malamnya sering diadaian persis didepan rumah kakek/nenek haha. Saya panggilnya nenek/atok. Karena persis didepan rumah, kita suka ngintip liat lampu (gak boleh sering-sering datangin) dan sama seperti laron saya emang gampang terpesona dengan lampu.

Setelah lebih sering traveling ternyata pasar malam sama serunya seperti sewaktu saya kanak-kanak. Masih banyak lampu, makanan, permainan, toko-toko yang menjual pernak pernik lokal yang murah sampai pertunjukan yang emang menyenangkan karena murah, meriah 🙂

Pasar malam yang menurut saya paling seru, saya tulis dibawah ya 🙂

01. Khao San Road

stock-photo-rear-view-of-a-young-woman-walking-the-famous-backpacker-street-khao-san-in-bangkok-thailand-247816624

Saya gak tau persis apakah ini bisa dimasukkan kedalam pasar malam? masukin aja ya, karena serunya cuman pas malem-malem doang haha. Yang gak setuju, boleh ngacung deh.

Tempat ini berkesan karena daerah ini tujuan pertama saya ketika berkunjung ke Bangkok 16 tahun lalu. Siang hari di daerah ini sebenarnya cukup ramai dan masih banyak toko-toko kecil tapi dimalam hari entah kenapa langsung berubah meriah. Mulai dari pemain bola solo, makanan yang eksotik, lady boy, dagangan yang seru untuk dibelanjain dan banyak lagi. Hanya duduk disalah satu cafe/resto/warung kita sudah bisa menikmati hiburan gratisan. Saya baru 3 kali ke tempat ini (walau gak nginep disini) tapi tetep selalu senang.

02. Asiatique Bangkok

Asiatique Bangkok
Asiatique Bangkok

Tulisan lengkapnya bisa dibaca disini ya 🙂

03. Pasar malam kagetan

Jadi di Bangkok itu dimana-mana bisa ketemu tempat belanja dan pasar malam. Seriusan dimana aja. Sewaktu-waktu bisa hilang juga. Kalau lagi nemenin adek saya belanja, dia suka bawa saya ke tempat-tempat yang tidak terduga. Selalu seru karena dia sibuk belanja, saya sibuk cuci mata dan makan hehe.

04. Angkor Night Market

dsc05052

Inilah pasar malam favorite kita berdua haha. Belanja disini murah banget (bangetttttt), makan minum murah (alkohol luar biasa murah disini), segala yang kita gak bisa dapat di Medan ehhh disini gampang banget dapat, segala pesta berserakan juga disini. Pokoknya seruuuuu banget. Selama di Siem Reap, gak ada hari tanpa kita nongkrong disini haha. Bar hoping 🙂

05. Ky Hoa night market  & Nha Trang Night Market Ho Chi Min City

VietNam Breaking News
VietNam Breaking News

Saya selalu suka ke pasar malam di Vietnam karena banyak barang-barang kerajinan yang murah dan lucu. Aduh semua pengen dibeli deh. Walau pas ke HCMC saya tidak terlalu explore pasar malamnya tapi tetep saja menyenangkan karena bisa belanja haha.

06. Hanoi Night Market

SENSE ASEAN - asean-korea centre
SENSE ASEAN – asean-korea centre

Saya lebih suka Hanoi Night Market daripada yang di HCMC karena kayaknya lebih seru, lebih besar dan lebih berwarna. Perasaan saya aja kali ya haha. Cuman disini seru banget nih untuk belanja. Oya kalau kalian kesini pas Winter trus lupa bawa perlengkapan Winter, main aja kesini dan belanja. Dulu sih harga-harganya cukup murah 🙂

Saya juga lebih suka belanja barang-barang kerajinan lokal disini daripada di HCMC, gak tau kenapa 🙂

07. Holiday Market New York

Holiday Market New York
Holiday Market New York

Semua yang saya kunjungi di New York memang cukup membekas, salah satunya adalah pasar malam ini 🙂

Sayangnya kita gak belanja disini dan hanya beli snack plus minuman hangat tapi walaupun begitu saya rasa pasar ini salah satu yang saya memang akan rindukan 🙂

08. X’mas Market Chicago

Glühwein - Jerman Market Chicago
Glühwein – Jerman Market Chicago

Awalnya karena saya ketemu minuman favorite saya disini, lalu setiap kali kita pulang (padahal baru 2 kali haha) pas deket Natal, koq jadinya pasar ini wajib kita kunjungi. Matt dan saya seneng aja ke tempat ini buat nyari minuman. Nyari minuman aja mesti nyetir 45 menit haha.

09. Easter Market

Prague
Prague

Easter Market yang paling berkesan adalah sewaktu kita ke Eropa tahun lalu. Astaga semua pasarnya koq seru begini. Jadi pasar-pasar kaget itu ada yang emang seharian, ada yang pagi ampe siang doang dan ada juga yang malem aja. Rata-rata sih dagangannya sama tapi semuanya sama seru 🙂

10. Malang Tempo Doloe Festival

Malang News
Malang News

Sewaktu masih di Surabaya, festival Malang Tempoe Doloe ini salah satu yang paling saya nanti-nantikan. Sekarang masih ada gak ya?

Saya selalu suka ngeliat orang-orang sengaja datang ketempat ini dan berpakaian seperti masa lalu. Keren 🙂

Mungkin tidak semuanya emang pasar malam tapi…….apapun yang nonggolnya dari sore ke malam hari saya manggilnya kalau gak pasar malam yah pasar kaget hehe 🙂 . Saya juga sempet ke beberapa pasar malam lainnya seperti yang di Hongkong, cuman gak tau kenapa masih belon masuk yang favorite. Dari kesepuluh pilihan saya ini yang paling terfavorite adalah Angkor Night Market di Cambodia. Saya emang beneran suka banget, sampai kita berdua komen “kalau bisa ke Siem Reap lagi, kita gak usah ke candi-candi, cukup ngadem seharian di hotel trus sorenya baru keluar ke pasar malam” 🙂

Ada pasar malam yang seru juga menurut kamu?

Advertisements

17 comments

  1. Coatnya cakep, Mbak! Huahahah.. 😂😂😂

    Di deket kosanku sekarang ada pasar malem. Aku sukak dateng buat jajan gulali. :p

    Dulu di Medan kan ada kek pasar malem rusia gitu, yg deket Griya Ben. Mbak sempet ke sana gak?

  2. Ada mbak, maklum anak daerah. Dulu di pulau saya ini justru hiburan satu-satunya cuma pasar malam yang literally namanya ya “Pasar Malam”. Satu jalanan panjang di tutup sejak sore hari, terus pedagang ngegelar dagangannya di situ. Semua makanan dan jajanan khas ada, jualan pakaian pun ujung-ujungnya banyak.

    Kalau pasar malam yang kagetan dan banyak mainannya itu saya paling suka naik wahana-wahananya. Soalnya meski kelihatannya simpel tapi serunya dobel karena pas naik sambil deg-degan takut mainannya ambrol, kan rata-rata uda tua gitu.

  3. Pasar malam disini identik dgn kemidi puter mbak,hehehe tapi aku senenh soalnya dulu klo kepasar malam bisa beli jajanan lucu dan aneh2 kaya kerupuk film yg warna warni yg digorengnya pakai pasir.

  4. Widih tong setan. Aku ga suka nonton itu, takut + brisik banget. Haha.
    Btw, iyaa dulu pas masih kuliah di Malang, aku sama temen2 suka ke Malang Tempo Doeloe, seru sih. Meski cuma muter muter aja.
    Deket rumahku sini ada pasar malem tiap hari Rabu. Dan kalo ada yg punya hajat, pasti langsung ada pasar malam dadakan

  5. festival musim panas, kak noni. Biasanya sekalian sama hanabi taikai (festival kembang api) gitu. yang muda2 dan berpasangan pada pakai yukata. Ada yang bilang kalau seseorang ngajak lawan jenisnya ke festival kembang api ini, bisa dipastikan dia suka gitu 😉

  6. pasar malam di jakarta masih ada kok mbak non sampai sekarang dan ada tong setan-nya juga, aq sekarang suka ngajakin anakku ke pasar malam buat main odong-odong sama mancing-mancing ikan gitu. cuma aq gak suka pasar malam di jakarta, karena tempatnya.

  7. Alamakkkk tong setan, itu tenar banget yaaa.. udah jarang lihat yah sekarang, atau yah memang cuma ada di daerah2 aja..
    Dari 10 itu, gak satupun yang udah pernah dipergiin, LOL.. Tapi aku paling terkesan sama night market di Taiwan.. Surga makanan banget deh pokoknya.. Selain itu pernah ke pasar malam yang ada didepan Ben Thanh market di HCM. Seru juga jajanannya.. kayaknya emang jajanan yang paling ditunggu2 ya..

  8. Waktu itu di Ponorogo ada pasar malem seru, bapakku ngajakin nonton tong setan supaya aku gak mau naik motor lagi, eh bukannya kapok malah makin jago naik motornya, hehee.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s