Upacara Ngaben Bali


Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali

Karena dulu saya lumayan sering main ke Bali tetapi hampir tidak pernah melihat upacara Ngaben kayaknya agak gimana gitu hehe. Pernah ada upacara Ngaben akbar yang hampir saya tonton tapi macetnya luar biasa. Mau masuk aja susah setengah mati.

Akhirnya kesempatan datang di hari terakhir saya di Bali sebelum pindah ke Medan. Upacara Ngaben ini diadain di Ubud. Gak jauh dari tempat saya tinggal selama di Bali. Supir mobil sewaan yang saya sewa mengantar kami ke desa terdekat untuk melihat keseluruhan upacara. Epik temen saya memutuskan tidak ikut serta dan hanya menunggu di dekat mobil parkir. Sementara saya yang baru selesai operasi laparatomi sudah menghambur untuk melihat upacara lebih dekat.

Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali

Jadi sebelum iring-iringan besar, ada beberapa iringan kecil yang datang lebih awal. Lalu dari jauh mulai terdengar musik yang mengiringi rombongan besar.

Ngaben merupakan salah satu upacara yang dilakukan oleh Umat Hindu di Bali yang tergolong upacara Pitra Yadnya (upacara yang ditunjukkan kepada Leluhur). Ngaben secara etimologis berasal dari kata api yang mendapat awalan nga, dan akhiran an, sehingga menjadi ngapian, yang disandikan menjadi ngapen yang lama kelamaan terjadi pergeseran kata menjadi ngaben. Upacara Ngaben selalu melibatkan api, api yang digunakan ada 2, yaitu berupa api konkret (api sebenarnya) dan api abstrak (api yang berasal dari Puja Mantra Pendeta yang memimpin upacara). Versi lain mengatakan bahwa ngaben berasal dari kata beya yang artinya bekal, sehingga ngaben juga berarti upacara memberi bekal kepada Leluhur untuk perjalannya ke Sunia Loka. Wikipedia

Sebenarnya kalau yang saya baca-baca rangkaian upacara Ngaben ini cukup panjang dan memiliki banyak arti. Belum lagi biaya yang dikeluarkan juga cukup besar.

Tujuan Upacara Ngaben

Upacara ngaben secara konsepsional memiliki makna dan tujuan sebagai berikut :

1. Dengan membakar jenazah maupun simbolisnya kemudian menghanyutkan abu ke sungai, atau laut memiliki makna untuk melepaskan Sang Atma (roh) dari belenggu keduniawian sehingga dapat dengan mudah bersatu dengan Tuhan (Mokshatam Atmanam)

2. Membakar jenazah juga merupakan suatu rangkaian upacara untuk mengembalikan segala unsur Panca Maha Bhuta (5 unsur pembangun badan kasar manusia) kepada asalnya masing-masing agar tidak menghalangi perjalan Atma ke Sunia Loka Bagian Panca Maha Bhuta yaitu : a. Pertiwi : unsur padat yang membentuk tulang, daging, kuku, dll b. Apah: unsur cair yang membentuk darah, air liur, air mata, dll c. Bayu : unsur udara yang membentuk napas. d. Teja : unsur panas yang membentuk suhu tubuh. e. Akasa : unsur ether yang membentuk rongga dalam tubuh.

3. Bagi pihak keluarga, upacara ini merupakan simbolisasi bahwa pihak keluarga telah ikhlas, dan merelakan kepergian yang bersangkutan.

Wikipedia

Akhirnya rombongan besar pun mencul, saya melihat dari pinggir jalan. Rombongan cukup besar dan terlihat ada mayat bayi yang dibungkus kain putih dibawa seorang bapak.

Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali

Sebenarnya saya nonton upacara Ngaben ini sampai selesai tapi entah kenapa file photonya hanya berhenti sampai di foto-foto dibawah ini 😦

Padahal saya lihat sewaktu api membakar semuanya dan tidak berapa lama langit gelap dengan awan bergulung-gulung dan angin kencang.

Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali
Upacara Ngaben Bali

Setelah upacara selesai dan rombongan bubar, saya lihat beberapa masih banyak yang duduk dipinggir lapangan sambil ngobrol dan bertemu dengan teman, keluarga atau pacar. Sebagian peserta upacara malahan ngajakin saya ngobrol dan berfoto haha. Selain itu tentu saja saya ditawarin mencicipi makanan yang mereka bawa dan minuman 🙂

Ahh…..jadi rindu Bali deh.

521716_10151254347963202_809576610_n 602886_10151255458013202_151308865_n

Advertisements

26 comments

  1. mba Non, waktu jenazah di bakar … aromanya gimana? bau asep bakaran biasa atau tidak biasa? penasaran pake banget nie mba…
    Btw.. foto yang lagi bawa persembahan itu bagus banget

  2. Seperti biasa fotonya keren keren non … aku blom pernah liat upacara ngaben, tp liat para wanita yg berpakaian kebaya jd teringat teman yg org bali asli, sering bgt pake kebaya utk acara acara adatnya … emang khas bgt ya kebaya nya … kereeenn

  3. Iya non rinduuu ke bali lagi, hehehe….Bali memang bikin ngangeni ya, kmrn jg pas diUbud gk kesampean lht Ngaben karena baru besoknya upacanya, jd cuma bisa lht persiapannya doank..padahal pengenn bs lht langsung..Bali mmng unik dan kerennn..

  4. Upacara ngaben atau pelebon itu mahal sekali Kak Noni. Bisa sampai puluhan- ratusan juta rupiah. Makanya tiap desa punya kebijakan bikin ngaben massal untuk meringankan beban keluarga.

  5. Yg aku tau ngaben bisa dilaksanakan oleh keluarga yg kelas ekonominya sudah diatas, dan karena upacara ini mahal, kadang beberapa orang digabung dalam satu upacara, bener ngga sih?

  6. Aku jg blm pernah liat nih ngaben, pas sodara si Mas ada yg meninggal kt gabs dateng jd gabs liat pas upacara ngabennya deh. Suka bgt deh sm adat Bali ini bajunya khas bgt yaa, jadi kangen Bali jg kaknon😊😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s