Indoor Plant


Hutan Monstera
Hutan Monstera

Selama di US salah satu kesenangan saya ketika ikut belanja mingguan adalah mampir ke bagian tanaman. Kalau yang lihat Insta Story saya pasti deh tahu betapa seringnya saya nongkrongin tanaman-tanaman ini tanpa bisa beli karena gak bisa dibawa, kalaupun dibeli kesian ortunya Matt mesti ngurusin mereka haha.

Sebenarnya siapa sih yang gak suka ya dengan tanaman. Salah satu tanaman yang sekarang naik daun (ulet bulu kali) banget di Indonesia kayaknya tanaman Monstera seperti foto diatas.

Monstera ini emang tanaman dalam rumah gitu. Kayaknya kalau ditanam diluar rumah mungkin gak bisa tumbuh dengan sempurna. 2 tahun lalu saya sempet punya tanaman mirip monstera diatas tapi daunnya lebih pipih. Kita tanam dipagar rumah lama dan tumbuh besar banget. Matt sampai serem lihat daunnya. Sekarang kita tanam dirumah baru daun yang tumbuh gak pernah sebesar yang sebelumnya.

Oya saya juga beli dong monstera seperti yang diatas. Beli online karena di Medan gak pernah nemu. Sekalinya nemu yang daunnya bercak-bercak putih gitu trus harganya 250 ribu, sementara ada satu toko online yang jual Rp. 85.000 hehe. Ini monstera saya yang baru dibeli sekitar 2 bulan. Daunnya baru tumbuh pas menjelang kita ke US bulan Agustus lalu.

monstera plant
monstera plant

Selama ini kalau nanam bunga didalam rumah pasti deh mati. Tangan saya kayaknya penuh listrik sampai bunga gak mau tumbuh. Sedih deh. Sementara dirumah ortunya Matt banyak sekali bunga/tanaman yang kayaknya gak terlalu diperhatikan tapi saya lihat dari tahun ketahun tetep tumbuh subur baik didalam ruangan ataupun diluar rumah.

Nah karena ngomongin soal tanaman, beberapa hari lalu saya dan Matt iseng-iseng ketoko tanaman di USA buat liat-liat tanaman apa saja yang kece/gampang ditanam dirumah. Iya ngeliatnya sambil ngiler lah.

01. Lidah Buaya

http://www.teenvogue.com/style/blogs/fashion/
http://www.teenvogue.com/style/blogs/fashion/

Saya sempet loh nanam lidah buaya didalam rumah yang berakhir dengan membusuk. Padahal jarang-jarang disiram air, koq yah bisa busuk huhu.

02. Sirih Belanda?

screen-shot-2016-09-10-at-8-48-30-am

Yang ini sirih belanda kan ya? temen saya punya tanaman ini didalam rumah dan tumbuh subur banget, sementara yang punya saya harus selalu ganti-ganti karena mati haha. Jadi saya punya beberapa tanaman ini diluar dan lumayan tumbuh subur. Begitu saya masukin ke toilet dan dalam rumah palingan bertahan 3-4 bulan setelah itu daun-daunnya hitam-hitam. Saya pikir emang karena gak menerima sinar matahari cukup jadi dia gak bisa tumbuh dengan baik.

03. Lidah Mertua

Image courtesy of Modernica
Image courtesy of Modernica

Pada tau dong tanaman ini? saya sering lihat tanaman ini didalam rumah karena katanya emang bagus ditanam didalam rumah buat menyerat zat-zat yang gak penting. Salah satunya katanya paling bagus ditarok dikamar mandi/toilet. Saya punya beberapa dirumah dan selama ini mikirnya koq jelek banget ya tanaman ini padahal begitu dipindahin ke pot yang kece langsung cakep banget ya πŸ™‚

04. Elephant Ears

http://recycledinteriors.org/
http://recycledinteriors.org/

Selama disini kalau main kerumah temen pasti deh suka lihat tanaman ini. Selain dirumah juga suka lihat diluar kayak ditaman-taman gitu. Saya juga tanam yang model kayak gini tapi batangnya gak gelap sih. Hijau semua gitu. Dirumah yang lama saking besarnya daun-daunya sampai nutupin pagar dan bikin pohon mangga kami gak bisa tumbuh subur hehe.

05. Pakis

https://brightside.me
https://brightside.me

Pakis adalah tanaman yang paling manis dengan saya. Mereka bisa tumbuh dengan baik walaupun tangan saya punya “listrik” haha. Mereka juga cakep banget ya. Awalnya saya kirain pakis cuman bisa tumbuh di tropis aja ternyata di US banyak banget rumah yang punya pakis dan ukurannya bisa gede-gede banget.

Selain tanaman-tanaman ini ada beberapa tanaman lain yang kayaknya bisa juga ditanam didalam rumah. Ada yang punya saran untuk tanaman didalam rumah yang mudah tumbuh untuk saya?

d06762c6fb7e6124c091a24e034d5797

Advertisements

58 comments

  1. I’m plants hoarder πŸ™‚
    Love indoor plants so much! Aku punya lidah buaya, lidah mertua ( I just knew the name πŸ˜„ )…dan aku tanam ubi talas atau taro di pot.

  2. Urusan tanaman aku mah dikembalikan pada suami ajah yg rajin berkebun hahahaha. Aku cuman sempet kontribusi beli pohon mangga yg alhamdulillah sekarang berbuah terus πŸ™‚

  3. Mbak Non, aku juga naksit banget sama si monstera… udah nyari2 gak nemu terus… pernah liat, pas lagi jalan sama suami, tumbuh merambat di pohon depan rumah orang, tapi kan eike malu mba klo mau minta…
    aku nanam si sirih gading juga mba di pot, cantik di gantung di belakang rumah… πŸ™‚

    • Ada beberapa jenis monstera. Monstera yang kamu lihat itu yang daunnya bulet atau agak lonjong? kalau lonjong aku juga sering ketemu dihutan atau dipohon2. Malah pernah nanam sampai daunnya gede banget dirumah yang lama. Kalau yang bulat ini belon pernah lihat di Medan.
      Kalau yang bulat kayak diatas bisa dibeli online. Aku beli di kebunbibit nanti dikirim trus kita tinggal langsung tanam aja.

      Sirih gading itu bagus ya, kayaknya ini tanaman paling ramah kesemua orang.

  4. Mirip tanaman-tanaman hutan ya, Mbak? karena banyak lho di hutan-hutan kita itu tanaman. Kalau harganya sampai segitunya, bisa deh jadi peluang untuk jualan. Hehehe πŸ˜€ Tinggal ngambil di hutan, trus jualan.. hehe πŸ˜€

  5. Monstera itu klw disini kyk bunga tengkorak ya klw gk slh namanya, trus sirih belanda itu jg ada yg daunnya agk kemerahan gitu non, cantik ..pengalaman dari uwak yang hoby tanaman ktnya klw tanaman di letak didlm rumah dauunya biar cantik dan nampak bersih sering dilap, dan lap nya dicapur pake minyak goreng biar kilat. gitu ktnya..hahaha,

  6. Ngomongin soal tanaman aku ingatnya almarhum ayah dulu paling hobi soal tanaman. Kayaknya nanam apa aja ayah dulu selalu subur tanamannya. Kalo aku cuma suka lihatnya aja, soal nanamnya nyerah haha. Tanaman lidah mertua itu dulu banyak di rumah mbak, ditaro di teras. Aku suka lihatnya, simple.

  7. Pengen punya rumah yang banyak tanamannya di dalem rumah, kayak punya taman dalem rumah, hehehe kemaren main2 ke taman anggrek di kebun raya bogor, bagus banget seger ngeliatnya mungkin anggrek bisa jadi tanaman dalem rumah hehehehe

  8. Aku banget. Namem cabe ditinggal mudik begitu pulang udah mati dengan tragis ha ha. Waktu mertua jenguk ke Samarinda juga beliin dua tanaman hijau (gatau namanya) dan sekarang salah satunya sedang dalam tahap ‘hidup segan mati tak mau’ karena disiram seingetnya ajaπŸ™ˆ

    • Hahaha….aku juga gitu karena biasanya kan kalau libur lamaaa banget. Udah dipesenin ke yang jaga rumah tapi dia males. Setiap pulang bunga2 pada mengenaskan nasibnya. Sebel banget. Yang kali ini adekku yang urus, pas pulang gak ada yg mati deh

    • Uchiii koq samaaa. Ibuku sampe heran koq yah bisa2nya kaktus mati haha. Dulu kata nyokap pas kecil malahan aku gampang banget tanam tanaman dan selalu hidup. Pas sekarang malah sering mati huhu

      • Padahal aku sengaja ke brastagi cuma beli kaktus kak, tp umurnya cuma seminggu. Hahaha. Tp ga nyeraah sampe para kaktus takluk :d

  9. Hooo monstera itu indoor plant ya? Baru tau nih aku. Kalo dirumahku paling banyak sansiviera alias lidah mertua, super gampil lah rawatnya. Secara aku suka ijo-ijo tapi males kalo mesti bolak balik siram dan pupuk2in 😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s