Lincoln Park Zoo Chicago USA


Lincoln Park Zoo Chicago

Kalau ada yang paling saya cemburu ketika bepergian ke negara-negara maju salah satunya adalah tempat-tempat hiburan  yang gratis. Kali ini saya mau nulis tentang Lincoln Park Zoo Chicago yang gratis. Seneng ya kalau gratisan.

Dulu Matt pernah kerja nih di kebun binatang ini tapi selama saya ke US kita gak pernah ngomongin pengen ke kebun binatang karena saya sendiri emang suka sedih kalau lihat binatang dikandangin. Kayaknya gimana gitu karena mau sebagus apapun kandangnya tetep aja kandang. Ruang gerak mereka terbatas dan tentu saja diliatin orang.

Jadilah walaupun gratisan kita memang tidak pernah ke kebun binatang dan hampir selalu tidak tertarik untuk pergi sampai akhirnya minggu lalu, Matt pergi jamuan makan malam di kebun binatang ini. Jadi mereka dinner ditengah-tengah binatang. Seru sih tapi saya males ikut karena itu tadi sedih kalau liat muka mereka melas gitu.

Pulang-pulang Matt bilang kayaknya bagus banget deh kalau malam ke kebun binatang disana, coba aja kalau saya beneran mati gaya selama di Chicago dan Matt pergi konfrensi seharian sampe malam. Saya bilang ok lah, mungkin nanti mau.

Akhirnya Jumat lalu saya pergi juga dengan dokter hewan dari kantornya Matt. Namanya kak Yenny.

Gimana kesan-kesan saya?

Pertama sirik dan cemburu luar biasa. Koq bisa?

Begini pertama kali masuk, dari pintu masuk ada banyak sekali taman dengan rumput hijau dan pohon-pohon besar. Saya lihat beberapa orang duduk-duduk dibawah pohon sambil baca buku, kerja (ada wifi tersedia), dengerin musik, piknik cantik (bukan yang sambil bawa nasi bungkus gelar tiker ya hehe) atau cuman duduk-duduk aja santai. Sirik kan ya 🙂

Kedua tempat sebagus ini itu gratisan. Jadi kalaupun kita males jalan-jalan liat binatang masih ok, kita bisa duduk aja dibawah pohon, santai dengerin musik, jalan-jalan disekitar taman dan selama Summer ada yoga gratis ditamannya. Gimana gak seru coba.

Koleksinya cukup lengkap ehh gak juga deng, emm sebagian besar dari Afrika, Amerika dan Amerika Selatan sih. Saya gak lihat kebun binatang ini punya primata dari Asia kecuali makaka dari Jepang yang punya wajah dan pantat merah hehe. Kalaupun ada dari Asia yang lainnya saya gak lihat kemaren karena fokusnya ke hewan-hewan besar dan primata.

Macaca fuscata
Macaca fuscata

Makaka dari Jepang ini atau biasa disebut Macaca fuscata atau monyet salju adalah salah satu primata favorite saya. Jadi ya monyet ini punya kebiasaan unik yang mirip kita. Mereka suka mencuci makanannya sebelum dimakan. Trus karena mereka bisa hidup di utara, setiap musim dingin/salju mereka suka berendam di air panas. Kelakuan manusia banget kan ya. Saya suka banget nonton youtube yang ini karena beneran bikin santai haha. Coba deh nonton kalau mau tidur, dijamin ngantuk.

Sampai kemaren sebenarnya saya masih penasaran koq bisa kebun binatang sebagus dan segede itu gratisan ternyata nih ya mereka punya banyak sekali donor dan hebatnya lagi kebun binatang ini masih mau kasih donasi juga ke tempat-tempat lain. Kerenlah. Makanya kalau ke Chicago ini jadi salah satu tempat yang harus dikunjungi karena selain gratis, bagus juga nyenengin 🙂

Lincoln Park Zoo

Kebun binatang ini buka setiap hari mulai jam 6 pagi sampai 11 malam. Gila kurang seru kayak apa lagi ya. Saya masih penasaran pengen datang malam hari buat ngeliat kelakuan kucing-kucing besar kayak harimau, singa, dll. Soalnya kemaren semuanya pada tidur atau kalau gak sembunyi di batu-batu. Oya banyak yang kayaknya keganggu juga sih, makanya ya pergi ke kebun binatang itu kayak bikin hati terbelah-belah. Disatu sisi saya benci banget liat hewan dikerangkeng, disisi yang lain ada banyak juga yang pengen lihat mereka untuk penelitian di bonbin, anak-anak lihat binatang dll. Duh…serba salah deh.

Harimau yang tidur
Harimau yang tidur

DSC02488

Lincoln Park Zoo
Lincoln Park Zoo
Lincoln Park Zoo
Lincoln Park Zoo
Flamingo, burung favorite :)
Flamingo, burung favorite 🙂
Lincoln Park Zoo
Lincoln Park Zoo
Zebra. Oya zebra ternyata ada beberapa jenis. Saya sampai lama banget berdiri dikandang mereka cuman buat nyari bedanya apaan sih hehe.
Zebra. Oya zebra ternyata ada beberapa jenis. Saya sampai lama banget berdiri dikandang mereka cuman buat nyari bedanya apaan sih hehe.

Hampir disetiap tempat di sini disediakan kursi-kursi taman, jadi mau secapek apapun gak perlu duduk dilantai hehe. Trus karena tempatnya bersih jadi seneng aja jalan-jalan disekitaran kandang-kandang.

DSC02499

Ilama, ehh ini kalau gak salah dari Nepal kan ya.
Ilama, ehh ini kalau gak salah dari Nepal kan ya.
Gorila. Ini silverback atau biasanya kepala dari satu group Gorilla. Sewaktu kita kesana ketauan banget dia gak seneng. Mukanya cemberut dan keliatan kesal karena semua orang emang pengen lihat dan foto. Termasuk saya huhu. Maaf yaaa... Pas saya berlalu dan banyak orang berkerumun tiba-tiba dia bergerak dan kasih bokongnya kesemua orang. Kak Yenny bilang dia beneran super kecewa
Gorila. Ini silverback atau biasanya kepala dari satu group Gorilla. Sewaktu kita kesana ketauan banget dia gak seneng. Mukanya cemberut dan keliatan kesal karena semua orang emang pengen lihat dan foto. Termasuk saya huhu. Maaf yaaa…
Pas saya berlalu dan banyak orang berkerumun tiba-tiba dia bergerak dan kasih bokongnya kesemua orang. Kak Yenny bilang dia beneran super kecewa

DSC02514

DSC02519

DSC02520

DSC02522

Advertisements

15 comments

  1. sekarang kebun binatang di Ragunan bagus lo kak. cuma 5ribu lagi masuknya. Yah walau harus diakui harga tiket kan juga buat makan binatangnya. Kalo dari ragunan yang saya suka adalah di primatanya, untuk gorila nya sendiri dibuat hutan mini kecil gitu. Kalo dia lagi gag mau keluar ya gag keliatan. heheheh

    • Sebenarnya kalau harganya lebih mahal gpp sih, soalnya makanan binatang itu kan mahal daripada harga murah tapi gak dirawat binatangnya sampai mati.

      Kalau udah bagus, syukurlah, kasihan kan kalau mereka udah lah dijadiin tontonan ehhh gak dirawat yang bener.

  2. Iya saya sama sedihnya kalo banyak fasilitas gratis ditempat lain. Mba, itu gorilla capek kali ya diliatin dia mo ngelakuin kegiatan privatenya jadi ga nyaman, ga sering ke kebunbinatang tapi saya suka yang di jogja bersih sayangnya kecil, capek kali mereka ruang gerak sempit muter maju mundur doang.

  3. Ya ampun…asik bgt zoo nyaaa..
    Gw tuh selaluu..harus bgt ke zoo (arau semua tempat yg berunsur binatang; aquarium, farm apalah) setiap kali ke tempat baru..soalnya si suami itu pecinta binatang bgt walopun emang bener ngenes liat nasib mrk dikerangkeng..tapi kalo di negara maju sih keliatan terawat bgt zoo/aquariumnya..kalo di Indo mah emang bikin sedih..btw ada lg yg bikin sedih itu zoo di Yangon..ya ampun paraghhh…

  4. Noni waktu ke NYC ke Bronx Zoo? Bagus banget, satu hari saja kurang 😄. Asik yah di Chicago free. Aku belum sempat nih mau lihat Panda di Toronto Zoo 😄. Kalau di Bronx Zoo yang paling favorite aku di bagian Gorilla. Totally cool.

  5. aku suka kebun binatang, tapi lebih suka liat binatang di habitat aslinya. kebun binatang paling mahal yg aku datengin di Australia Zoo, mahal banget soalnya buat biaya makan binatangnya

  6. Taman safari gak kandangin hewan lho, Mbak. Mereka dilepas tapi kawasannya beda2. Keananan seperti pagarnya juga tinggi2. Tapi ya emang zoo di Indonesia belom gratis. Namanya juga negara berkembang, hehe. Tapi kalo saya liatnya, mending hewan di zoo daripada di luar tapi diburu sama manusia. Lebih miris, karena kesadaran orang Indonesia yg mengutamakan keuntungan pribadi dari hewan 😦

  7. Aku gak terlalu suka ke kebun binatang karena emang gak suka binatang. Tapi asik juga kalo ada taman dan pohon2 besar gitu jadi kalo perginya bareng2, yg gak suka binatang bisa duduk2 cantik di taman. Nah soal makan2 itu yg srg kita lihat di tempat wisata kita ya Mbak, kalo udah makan2 terkadang ada aja yg nyampah padahal udah disediakan tempat2 sampah. 😕

  8. Wah gratis ya, disini bayar €17, salah satu kebun binatang tertua dr thn 1840an, lokasinya itu lucu deh pas di sblah stasiun kereta or literally di tengah kota 🙂
    tp ga nge fans sih sama zoo, suka kesianan walaupun pastinya diperlakukan baik.

  9. Aku gak suka kebun binatang di Indonesia. Jaman masih Volunteering untuk animal, aku pernah dikasih kelas melihat hewan stress. Abis itu masuk kebun binatang ilmu dipraktekkan dong ya, yang ada gue stress sendiri lihat hewan-hewan yang dikurungin ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s