Cara Membuat Visa Schengen – Czech Republic


pixabay
pixabay

Akhirnya saya harus membuat visa Schengen ke dua dan kali ini harus ke Jakarta karena kebetulan negara tujuan kami adalah Czech Republic, Hungaria dan Ceko. Permohonan visa nya harus diajukan ke Czech Republic, negara dimana kita paling lama stay.

Awalnya saya sudah males harus ke Jakarta. Biasalah mikirin berat di ongkos. Kita coba cari cara gimana caranya supaya kita bisa masuk dari Belanda aja. Saya telp kantor konsulat di Medan nanyain gimana kalau kita ngajuin visa dari sana trus dijawabin kalau mau ngajuin dari Belanda, saya harus tinggal paling lama diantara negara lainnya. Waduh, kayaknya kita gak bisa juga kalau harus tinggal lama di Belanda karena kan baru dari sana November kemaren. Sayang duitnya hehe. Plus temennya si Matt cuman bisa 11 hari doang, kalau kita sih bisa lebih lama sebenarnya 🙂

Jadi selama ini saya mikirnya visa Schengen itu bisa diajukan di negara tempat kita mendarat pertama kalinya atau paling lama tinggal,  artinya selama kita mendaratnya di Belanda dan tinggal 1-2 hari disana bisalah ngajuin dari Belanda ternyata salah dong, hehe. Menurut mereka Visa Schengen bisa diajukan di negara tempat kita mendarat paling lama dan tinggal paling lama dibandingkan negara lainnya. Jadilah saya emang harus ke Jakarta.

Beberapa negara lain yang termasuk dalam Schengen area sebenarnya sudah tidak mengharuskan pemohon visa datang ke Embassy untuk interview atau sidik jari selama pernah memiliki visa schengen sebelumnya (3 tahun terakhir kalau gak salah) .  Saya mikirnya kalau bisa mau minta agent aja sehingga saya bisa hemat tiket pesawat ke Jakarta, hotel, taxi, makan-makan cantik dan tentu saja ada yang ngambilin visa ke Embassy buat dikirim ke Medan. Agent di Medan juga bilang biasanya emang bisa terutama kalau di visa Schengen kita yang lama ada tulisan VIS. Dokumen bisa dikirim aja dan mereka bisa bantu. Untuk harga agent sendiri dari Medan Rp 1.3 juta belum termasuk asuransi. Kalau dari Medan biaya segitu murah karena kita gak harus terbang ke Jakarta.

Nah, masalahnya untuk Czech Republic saya tetep harus datang. Saya sampai berulang kali nelpon untuk memastikan saya emang harus datang karena beberapa istri temen-temennya si Matt bilang kayaknya gak perlu kalau udah pernah punya Schengen Visa. Jadilah ada 3-4 kali saya nelpon Embassy untuk make sure haha. Saya males harus terbang ke Jakarta karena biasanya penerbangan ke sana itu selalu bumpy hiks.

Visa Schengen

Informasi penting untuk para pemohon Visa Schengen untuk berkunjung sampai dengan 90 hari:

  • Anda bisa mengajukan permohonan visa di Kedutaan Besar Republik Ceko jika tujuan/maksud kunjungan utama Anda adalah untuk mengunjungi Republik Ceko.
  • jika Anda mengunjungi beberapa negara di area Schengen untuk maksud kunjungan yang sama, Anda bisa mengajukan permohonan visa di Kedutaan Republik Ceko jika Anda akan tinggal di Republik Ceko paling lama.
  • jika Anda mengunjungi beberapa negara di area Schengen dalam periode yang sama di setiap negara dengan maksud kunjungan yang sama maka Anda bisamengajukan permohonan visa di Kedutaan Besar Republik Ceko jika Republik Ceko merupakan negara Schengen pertama yang Anda masuki.
  • setiap permohonan harus diserahkan secara langsung oleh pemohon sendiri dan hanya di Kedutaan Besar di Jakarta
  • semua dokumen yang dibawa harus asli beserta  fotokopi sesuai dengan aslinya yang akan diserahkan untuk mengecek kebenarannya.
  • biaya visa dibayar pada saat menyerahkan permohonan dan tidak dapat dikembalikan.
  • pembayaran hanya dapat menggunakan rupiah Indonesia dan ditentukan berdasarkan nilai pertukaran mata uang EUR-IDR.
  • para pemohon di bawah enam tahun tidak dikenakan biaya visa.
  • waktu pemrosesan umumnya untuk satu permohonan adalah lima hari kerja, tetapi bisa jadi sampai dengan maksimum 15 hari.
  • pengajuan visa dilakukan paling cepat 3 bulan atau paling lambat 2 minggu sebelum keberangkatan.
  • kedutaan tidak memiliki pengaruh apapun pada jangka waktu pemrosesan dan tidak dapat juga merubah validitas visa setelah diajukan
  • Fotokopi paspor (halaman depan) harus diserahkan
  • jika pemohon sudah pernah mendapatkan Visa Schengen sebelumnya dalam periode tiga tahun, fotokopi visa tersebut harus dilampirkan.

Jika permohonan visa ditolak, Kedutaan Besar akan memberitahukan pemohon secara tertulis mengenai alasan penolakan visanya sesuai dengan Kode Visa UE.

Ya udahlah setelah tidak ada pilihan lain dan Matt ngotot kita harus paling lama di Prague, saya putuskan akan ke Jakarta aja ngurusnya.

Untuk dokumen pengurusan visa Schengen sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengurusan dari Konsulat Belanda. Saya langsung copy dari websitenya ya.

Syarat-syarat Permohonan Visa Schengen

Permohonan Visa Schengen untuk tinggal sampai dengan 90 hari harus diserahkan bersama dengan beberapa dokumen berikut:

  1.  Formulir permohonan Visa Schengen yang sudah diisi dengan lengkap (jika mungkin, menggunakan huruf capital), dengan jelas dan ditandatangani oleh pemohon
  2. Satu pas foto dengan kualitas baik, ukuran 3,5 x 4 cm, berwarna, latar belakang putih, diambil paling lambat 6 bulan terakhir.
  3. Paspor berlaku paling sedkit selama 90 hari setelah validitas visa yang diminta (dengan sedikitnya 2 (dua) halaman visa kosong untuk menempelkan stiker visa).
  4. Fotokopi halaman depan paspor (yang menunjukkan foto dan data pemegang passport) dan bagian keterangan (misalnya adanya perubahan nama)
  5. Fotokopi Visa Schengen yang sudah pernah didapatkan selama tiga tahun terakhir
  6. Bukti tujuan kunjungan
  7. Bukti akomodasi
  8. Surat Keterangan Kerja (jika diperlukan)
  9. bukti keuangan yang asli beserta fotokopinya untuk menanggung biaya yang diperlukan selama kunjungan dan bukti menyeluruh tentang keadaan keuangan pemohon (misal: surat dari bank yang mencatumkan anama pemegang rekening dan jumlah saldo), minimal sejumlah:
    • CZK 1.010,- (sekitar EUR 60,-) untuk tiap hari selama masa kunjungan, jika masa kunjungan tidak melebihi 30 hari;
    • CZK 30.300,- jika periode kunjungan di dalam teritori melebihi 30 hari, dimana jumlah ini meningkat sebesar CZK 4.040 untuk setiap bulan dari seluruh perkiraan masa kunjungan di dalam teritori;
    • CZK 101.000,- jika tujuan kunjungan adalah untuk melakukan aktivitas bisnis dan keseluruhan hari kunjungan melebihi 90 hari; atau
    • Dokumen yang mengkonfirmasi bahwa semua  layanan yang terkait dengan kunjungan pemohon di dalam teritori sudah dibayar atau akan disediakan secara gratis.

10. Asuransi perjalanan yang asli dan fotokopi Schengen dan menanggung seluruh masa tinggal (asuransi perjalanan menaggung paling sedikit EUR 30.000 ,- termasuk biaya perawatan medis darurat dan harus termasuk repatriasi) beserta fotokopi  detail daftar pertanggungan asuransi.

11.Bukti pemesanan tiket pesawat yang valid .

Kemungkinan lainnya, Anda bisa menyerahkan formulir asli dan fotokopi “Surat Undangan” resmi yang dikeluarkan dan disahkan oleh kantor cabang lokal dari Alien and Border Police Republik Ceko sebagai bukti dari dana keuangan atau jika ditandai oleh pihak pengundang juga bisa menjadi bukti akomodasi di Republik Ceko. Harap perhatikan bahwa Surat Undangan ini hanya untuk teritori Republik Ceko, jika Anda akan pergi ke negara-negara Schengen lainnya, Anda harus menyerahkan bukti akomodasi dan juga keuangan yang memadai untuk masa kunjungan di negara –negara tersebut.

Perhatian!

Bila pemohon masih di bawah umur atau berpergian bersama keluarga, silakan melampirkan :

  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat pernyataan ijin dari orangtua/wali yang sah untuk ikut berpergian
  • Surat Sponsor dari anggota keluarga jika menggunakan bukti keuangan dari orangtua atau saudara kandung.

Bila pemohon mewakili perusahaan/instansi tempatnya bekerja selama berada di Republik Ceko, silakan melampirkan:

  • Surat keterangan resmi dan asli dari perusahaan/instansi yang terkait

Untuk form nya bisa langsung di download di website ya. Setelah melengkapi dokumen langsung cek link ini untuk membuat janji interview 🙂 kalau saya buat janji dulu baru sibuk ngurusin dokumen hehe.

Pengalaman saya sewaktu mengurus visa Schengen dari konsulat Belanda mereka minta photocopy Kitas si Matt, bukti tabungan Matt dan beberapa dokumen lainnya tapi gak termasuk Itinerary. Di Czech ternyata mereka malah ga minta Kitas si Matt, buku tabungan Matt juga dibalikin dan diambil punya saya doang padahal ada surat pengantar dari Matt kalau trip kita yang bayarin dia hehe. Trus banyak dokumen lainnya yang dibalikin tapi itinerary kasar yang saya buat diambil mereka. Intinya yang mereka ambil sesuai dengan yang ada di website. Untuk point no 6 itu merujuk ke surat dari kantor. Untuk saya dari kantornya si Matt yang menjelaskan Matt bekerja di kantor tersebut dan mau melakukan trip ke beberapa negara (sesuai itinerary) beserta istrinya dan pasti akan kembali ke Medan karena kontrak kerjanya sampai tgl sekian….sekian. Gitu deh.

Nah, kita datang ke Jakarta khusus buat ngurus visa ini nih. Untuk yang tinggal di daerah saya bisa rekomendasikan hotel Max One untuk tempat tinggal karena letaknya tidak begitu jauh dari Embassy. Saya jalan kaki aja pagi-pagi dari hotel sekitar 10 menit.

Oya setelah nyampe di Embassy trus nyerahin dokumen dan emang saya cuman nyerahin dokumen doang . Gak perlu interview atau biometrik sidik jari lagi (ini ya istilahnya?) karena saya udah punya visa Schengen yang lama.  Udah deh gitu doang. Kasih dokumen trus bayar dan pulang. Temen saya karena belum punya Schengen visa sebelumnya dia harus sidik jari dan ditanyain dikit. Pertanyaannya cuman mau kemana disana? berapa lama? udah gitu aja 🙂

Seminggu kemudian katanya passport bisa diambil dan dapat di wakilkan. Kita dikasih kertas kuasa gitu. Karena saya gak bisa balik lagi ke Jakarta untungnya adiknya temen saya bisa bantuin ngambilin, padahal kemaren udah deg-deg’an siapa yang bisa bantuin ambil hehe.

Berapa hari visa Schengen kita diapprove? 1 bulan aja dan 11 hari stay 🙂 lebih pendek dari yang Belanda kemaren. Sedih juga sih, 2 kali ngajuin yang disetujuin cuman sebulan doang. Moga-moga nanti kalau ngajuin yang ketiga kali bisa di approve 1 atau 5 tahun dong, please 🙂

 

 

Advertisements

56 comments

  1. Disana ada calo nya nggak, mbak? Hehe 😀 Trus, klau buleh tau, dipsersulit nggak sih waktu ngajuin permohonannnya? Soalnya, klau urusan ADM gini malas juga… hehe 😀

  2. jadi prosesnya seminggu-an aja ya mbak?
    aku tadinya juga mau ngajuin via Czech Rep, tapi baca2 kok katanya prosesnya 2 minggu….lama amaaat aku ngeri T_T

  3. berarti misalnya kita mau ke satu negara di eropa, trus ditolak visa yang khusus diajukan ke negara tsb, bisa diganti pakai visa schengen ya kaknon?

    • Beberapa negara Eropa itu punya satu visa namanya Schengen. Jadi dgn visa tsb km bisa masuk beberapa negara Sekar. Lumayan memudahkan kalau kita traveling di negara2 Eropa. Cek lagi list negara2 yg masuk visa Schengen tapinya ya. Kalau ditolak disatu negara nah ini bakalan jd PR deh kalau mau ngajuain di negara lainnya, soalnya mereka pasti punya catatan kenapa di tolak. Katanya kalau dr Ceko bs ditanyain kenapa visa kita ditolak trus ngajuin lagi

  4. Alhamdulillah visa schengenku berlaku setaun mba Non. mungkin karena dibantu dari kantorku yang perusahaan Belanda juga kali ya. Met jalan-jalan Mba Non 🙂

  5. Ooo ini yang pas mba Noni datang sebentar ke Jakarta itu ya? (sushi, sushi, sushi *kode*) 😀
    Btw mba, “Akhirnya saya harus membuat visa Schengen ke dua dan kali ini harus ke Jakarta karena kebetulan negara tujuan kami adalah Czech Republic, Hungaria dan Ceko” –> Czech Republic dan Ceko sama kan ya? Hehe..

  6. Tiba-tiba aku jadi inget, kalau punya teman yang kerja di Kedutaan Ceko ini dan memang di bagian urus Visa. Kemungkinan dirimu ketemu dia deh mbak, pas urus visa di Kedutaan Ceko itu hehehe 🙂

    Kapan rencana ke Ceko nya mbak?

  7. Hai Mba Noni
    Salam kenalll..
    uda sering baca post nya tapi baru koment

    kemaren ak sempet bantuin mama ngurus schengen..
    pake tour aja agak repot summit dokumen nya
    gimana kalo jalan sendiri.. hhehe

    Wow,, destinasi liburan nya agak anti mainstream yaa…
    Jarang denger tentang Ceko..

    Di tunggu review liburan ceko nya mba

    • hi Dayen…salam kenal 🙂

      Iya kalau Ceko ini sayangnya gak bisa diwakilkan sama agent walau udah punya visa schengen sebelumnya. Jadi agak2 deh hehe.

      Banyak juga orang Indonesia ke sana Dayen 🙂 apalagi lbh murah juga disana

  8. Hihihi aku keingetan waktu ajuin visa schengen ke kedubes Ceko. Mereka abisin waktu 2 minggu untuk urus aplikasiku dan bisa selama itu karena dari imigrasi kitanya kelamaan ngurus -biasalah birokrasi. Sampe temenku yang jadi sponsorku di Ceko turun tangan kirim email ke kedubes Ceko di Jakarta dan naro embel2 gelarnya dia (masyarakat Ceko masih sama kayak orang kita, kalo ngeliat gelar dr atau ir atau apalah mereka langsung ‘wow!’). Aku akhirnya dapet paspor + visaku 2 hari sebelum berangkat hahaha!

  9. Non, koq aneh ya pendek banget masa berlaku dan masa tinggal yg disetujui. Aku dulu ngajuin di kedutaan Perancis, masa berlaku visa 3 bulan multiple entry dgn masa tinggal 30 hari setiap kali entry. Aku kira standarnya segitu, di kedutaan manapun ngajuinnya..

    • Gak tau, 2 kali ngurus begitu trus. Sedih juga sih karena ternyata kita datang lagi hehe. Entar kalau ada rejeki ngurus lagi aku coba ah minta kalau bisa 6 bulan atau setahun. Kalau bisaaaaaa 😄

  10. Mbak kok keren banget sih mau ke Ceko.. Uhuy~ 😆 Anyway prosedurnya sebenernya ribet-ga-ribet yah tapi masa proses maks. 15hari, nunggunya itu yg lumayan bikin deg2an hahaha

  11. Eh Non bukannya visa Schengen itu tergantung ama tiket pp pesawat ya? Temanku ada yang pernah mesti ke Belanda 3 hari, dia nunjukin tiket pp 3 hari kan, trus tiketnya ya keluar 3 hari aja dong. Ih, hahaha 😆 . Rugi banget ya kalo gitu 😛

    • Kayaknya gak kayak gitu juga Zi, ada yang diapprove 6 bulan multiply entry juga. Enak kan ya. Ada juga yang 1 tahun katanya. Punya aku beneran sesuai tiket hehehe. Kemaren ada jg yang ngurus barengan dia ke Prague cuman 5 hari dan di approve beneran 5 hari doang

  12. Hallo mbak, aku rencana mau apply di kedutaan ceko juga. kmaren pas apply, perlu menyertakan bukti reservasi tiket bis/kereta untuk transportasi keliling di eropa jg ngga ya? kayanya sih di web tidak mencantumkan hal itu, tp aku baca di blog lain ada yg diminta bukti tiket nya itu 😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s