Early Check In & Late Check Out

Pixabay

Tulisan tentang early check in dan late check out ini saya tulis berdasarkan pengalaman, kalau ada perbedaan pengalaman bisa ditulis di kolom komen, ya ๐Ÿ™‚

Jadi ceritanya ada temen yoga yang baru curhat kalau dia gak bisa early check in padahal udah req lewat applikasi online. Saya tanyain dia dapat email dari hotel gak yang informasikan kalau dia bisa check in lebih awal. Katanya sih gak terima tapi kan udah req lewat si applikasi. Seharusnya kalau udah req hotel emang harus balas, sih.

Berdasarkan pengalaman saya yang gak terlalu banyak juga hehe. Jadi Early check in (eci) ini memang biasanya bisa di req lewat applikasi pemesanan hotel atau melalui website. Biasanya setahu saya karena pernah req juga, pihak penyedia applikasi menjelaskan kalau ketersediaan ECI ini nantinya akan di informasikan oleh si hotel.

Sewaktu saya bekerja di hotel dulu, untuk tahu ada kamar atau gak untuk ECI ini sebenarnya agak-agak susah juga hehe. Soalnya kalau hotel penuh kan kita juga gak tahu persis jam berapa aja mereka akan keluar untuk check out, belon lagi harus beresin kamar lagi. Udah gitu biasanya hotel juga memanfaatkan jam yang ada itu untuk mendapatkan uang lebih. Dijual lah ECI ini seharga macem-macem, ย tergantung hotelnya. Di tempat saya kerja dulu ECI dihargai Rp 250.000

Sewaktu kita ke Jepang kemaren, kita datang kepagian. Sekitar jam 9 gitu. Pagi banget, saya udah bilang ke petugas kalau kita mau bayar ECI, dia bilang gak tersedia karena kamar full padahal saya lihat beberapa orang mulai check out. Dia bilang lagi mereka harus beresin kamar dulu dan kamar baru tersedia sekitar jam 3 sore. Dibayar pun mereka gak mau ๐Ÿ˜ฆ ya udahlah, kita luntang lantung gak jelas haha. Gak pake marah-marah loh.

Lain waktu kita pernah ke Cambodia, saya book kamar lewat applikasi juga dan udah req untuk ECI karena kita bakalan sampai sekitar jam 11 siang sementara jam check in mereka jam 3 sore. Mereka kasih email ke saya dan kasih tau di hari tersebut mereka full jadi gak bisa menjanjikan kita bisa ECI. Ya udah kita tetep datang aja buat nitip barang, gak taunya ada beberapa tamu yang udah check out dan mereka lagiย siapin kamarnya. Kita nunggu sekitar 1 jam trus bisa masuk kamar tanpa biaya tambahan.

Sewaktu datang ke Bagan Myanmar kan kita nyampe pagi-pagi buta. Saya udah email ke hotel untuk ECI juga setelah book dari applikasi online. Emailnya dibalas dan mereka kasih tahu kalau mereka full. Jadi begitu nyampe Bagan kita langsung liat sunrise. Jam 7 an supir mobil sewaan kita kasih tau kalau kita bisa langsung masuk hotel dan dapat sarapan juga. Hah?? saya sampai takjub. Supirnya jago banget sih hehe. Jadilah kita bisa ECI jam 8 pagi, dapat sarapan (tanpa biaya tambahan) padahal hotel lumayan penuh. Katanya si supir dia soalnya kenal yang punya hotel. Emmm ngaruh gak sih hehe.

Lain di Bagan lain pula di Mandalay. Padahal sama-sama Myanmar nih dan hotel di Mandalay malahan hotel kecil. Sama, kita datang pagiiiii banget. Jam 3 pagi haha. Saya emang gak req ECI tapi kita mau bayar aja supaya bisa masuk kamar. Dibolehin setelah nunggu 2 jam dan kena biaya tambahan 100 ribu. Jadi mereka beneran nunggu ada yang check out trus langsung diberesin kamarnya dan dikasiin ke kita dengan tambahan biaya.

Hotel yang lain-lain biasanya kita emang masuknya udah sore, jadi gak sempet ada peristiwa nunggu-nunggu kamar hehe. Persoalan nungguin kamar ready dan Early chek in ini emang sering menjadikan banyak drama di lobby hotel. Saya udah lihat berkali-kali apalagi kalau group. Hua….bisa panjang ceritanya ๐Ÿ™‚ apalagi hotel-hotel sekarang ini rata-rata bisa check in jam 3 sore. Udah kesorean ya, padahal dulu awal-awal saya mulai traveling sekitar tahun 95an check in hotel kan jam 12 ya?

Setelah early check in sekarang tentu saja late check out. Saya paling sering late check out ini waktu masih sering main ke Bali. Rata-rata pesawat yang saya ambil biasanya kan jam sore-sore gitu, jadi saya selalu req late check out. Biasanya kalau hotel gak penuh, hotel suka ngasih sampai jam 3 sore. Lewat dari jam 3 kayaknya ada tambahan biaya 50 % – 100% tergantung kebijakan hotel masing-masing. Kalaupun misalnya gak bisa late check out biasanya saya titip tas aja trus kelayapan deh ๐Ÿ™‚

Jadi nih biasanya kalau saya emang nyampe di satu kota/negara lebih pagi setelah booking lewat applikasi/website biasanya saya juga email lagi pihak hotel untuk menanyakan ketersediaan kamar untuk check in lebih awal. Hotel yang bagus pasti akan balas ๐Ÿ™‚

Kalau kamu punya pengalaman juga dengan Early Check in dan Late Check out? cerita yuk ๐Ÿ™‚

Advertisements

32 comments

1. Pernah donk mba non pengalamannya malah ga ngenakin. Kayak yg pernah kutulis disini : https://joeyz14.wordpress.com/2015/03/30/early-check-in-bayar/

Pokoknya ini dijadiin pengalaman deh. Bahwa si pihak hotel harus update sama pihak online booking dan si tamu juga harus crosscheck lagi ke pihak hotel. Waktu itu kita menang gara2 ngotottttt pake banget. Hahahaha abisa kesel maksimal…

Pengalaman early check in dan late check out paling menyenangkan ya waktu di Hotel Carolina pas Di TukTuk…ahhhh baek2 banget mereka bisa check in jam 9 pagi dan check out jam 3 sore…mungkin efek low season kali ya.

Semoga hotel yg bolehin early check in dan late check out ini diberkahi terus hihihi… *doa seorang tamukere* ๐Ÿ˜ƒ

2. aku beluuum pernaah… biasanya kalo datang kepagian, suka langsung kelayapan. baru jam 2an masuk hotel.. eiyaa, baru sadar, skrg hotel2 kasih check innya jam 2an.. huhuhuu… pdhal dulu masih jam 1 yaa ๐Ÿ˜ฆ

3. Saya biasanya suka early check-in Mbak, tapi biasanya sih cuma titip barang terus kelayapan jalan ke mana gitu. Kalau check out, saya demen juga late check out, tapi berhubung saya ogah bayar :haha, jadi saya check out saja sesuai ketentuan terus titip barang di resepsionis, kelayapan lagi deh sampai waktu keberangkatan :hihi (dasar traveler tak bermodal memang saya ini :haha).

4. Aku ECI ga pernah berhasil, ngenes banget waktu itu naik kereta ke jogja nyampe subuh , pengen tepar di kasur eh ga boleh ECI ๐Ÿ˜ฉ kalo late check out pernah sih dan di bali juga, kalo ga bisa ya nitip tas aja trs jalan2 dulu ๐Ÿ˜†

5. Pernah ECI & late check out, pengalaman sih ok karena aku ngerti hotel ngga bisa menjamin. Soalnya kalo hold satu kamar untuk ECI kan artinya income cuma berapa persen dibanding jual kamar itu untuk full rate.

Yang penting boleh titip koper, lobbynya enak bisa nyante ๐Ÿ˜‰

6. Kalau ECI biasanya jarang, paling taro tas / bagasi doang lalu cabut, lalu check innya ntar sorean. Kalau late check out kadang suka, apalagi kalau ada member card (aku pegang diamond cardnya Best Western jadi otomatis dikasi late check out).

7. Belum pernah pengalaman early check-in ato pun late check out ni mbak, maklumlah budget terbatas ๐Ÿ˜€
    Tapi alhamdulillah banget waktu saya sama teman2 nginep sehari di Istanbul taun kemaren dikasih early check-in (jam 10an) plus dapet sarapan gratis pula! Padahal tadinya kita cuma mau numpang naro tas jam 9an setelah naik bus malam dari Cappadocia. Alhamdulillah jadi bisa bersih2 dan isi perut dulu, rejeki anak sholehah *kibas jilbab* ๐Ÿ˜€

8. Huaaa, kalo nyampenya jam 3 subuh sih mending udah booking kamar dari semalam sebelumnya aja Non. Jadi terjamin bisa masuk kamar dan tidur. Eh, tapi dulu pernah kena late check-in sih soalnya kita check-in-nya subuh-subuh sehari setelahnya karena pesawat dan kereta delay semua, tapi waktu itu nginepnya di hostel sih, hahaha ๐Ÿ˜†

9. waktu di Sheraton bandung niat cuma nitip backpack, malah dikasih ECI padahal baru jam 9….akhirnya jalan2 jadi ditunda karena pengen ngerasain kasur dulu hahaha x)))

10. Kalau aku ga pernah Early check in dan late check out Mbak, biasanya nitip tas doang duduk bentar di lobi terus kelayapan, begitupun dengan check out udah beres-beres mandi nitip tas lagi terus kelayapan sampai waktunya pulang.hahahaha

11. Selama ini aku cuma pernah ngerasain ECI yang gak kena biaya tambahan. Kalo buat check out selalu tepat waktu hehehe.
    Sesekali aku pengen nyobain hotel Keraton di Jakarta yang bisa ECI dan LCO tanpa kena biaya sama sekali ๐Ÿ˜€

12. Pernah ECI karena nga gitu ramai langsung dikasih dan gratis, tapi pernah juga nga dapat ECI yach kelayapan dulu kemana gitu, beberapa jam kemudian baru dech masuk karena ditelphone pihak hotelnya kalau kamar nya sudah tersedia. tapi selebihnya sich kebanyakan nginap di hostel dan mesan jauh-jauh hari jadi kamar nya selalu ada hehehehe..

13. ga pernah aku ngalamin gini ;p.. tiap traveling kalo memang kita dtg kepagian, kayak wkt di Manila, ya udh sih, kita lbh rela nunggu sampe waktunya check in drpd hrs bayar ;p hihihi.. pelit ceritanya mbak.. toh koperkan bisa dititipin aja :D..

apalagi late check out, soalnya kita tipe yg kalo mau check out, pasti lbh awal, dan sengaja nyari pesawat yg jamnya sblm kita check out.. ogah rugi bayar tambhan biaya kalo keluar telat ๐Ÿ˜€ Intinya, aku boros kalo udh ttg shopping kuliner dan yg bisa aku nikmatin lgs, tp pelit banget kalo utk bayar biaya2 yg ga penting ini ๐Ÿ˜€