Who’s Still Trashing Forests?


http://www.greenpeace.org/usa/palm-oil-whos-still-trashing-forests/
http://www.greenpeace.org/usa/palm-oil-whos-still-trashing-forests/

Judulnya saya ambil dari twitt @arcusfondation

REPORT – : Who’s Still Trashing Forests? v :

Masih inget kan beberapa waktu lalu banyak sekali rakyat Indonesia terutama di Sumatera dan Kalimantan yang mau nafas aja setengah mati. Bukan cuman sehari dua hari tapi beberapa bulan. Medan kebagian juga walau gak parah. Bernafas yang seharusnya jadi hak setiap orang tiba-tiba dirampas semena-mena. Yang dikambing hitamkan tentu saja pembakaran hutan liar untuk dijadikan perkebunan sawit.

Kalau ada yang saya benci saat ini tentu saja kelapa sawit. Pastinya lagi perkebunan-perkebunan kelapa sawit yang baru-baru saja dibuat. Kalau yang udah dari zaman Belanda agak susah juga ya mau dibenci karena kata si Matt biasanya mereka emang on track ๐Ÿ™‚

Ok, untuk benci 100 persen dengan kelapa sawit juga susah banget. Sekarang apa-apa dibuat dari kelapa sawit. Mulai dari minyak goreng sampai kosmetik. Bingung sendiri. Sebagai konsumen pun udah kita diribetkan dengan urusan harga ehh ini masih harus juga cari tau mana yang aman untuk kita beli atau berasal dari produksi yang bener.

Untuk minyak misalnya, ibu saya sering kali complain karena kalau bukan dari sawit kan harganya lumayan mahal banget untuk kita. Saya bilang kalau mahal makanya gorengannya dikurangin aja tapi dibanyakin rebus atau panggang aja. Manggangnya pake arang Non huhaha. Cuman pelan-pelan ibu saya emang ngurangin banget. Mereka sekarang pakai minyak kelapa. Harganya emang bikin pedih manalagi kalau goreng kan katanya harus terendam. Ughhh…..Saya dirumah sudah lama sekali pakai vegetable atau canola oil. Mahal memang makanya kita jarang goreng. Setelah saya sakit beberapa minggu ini malahan hampir gak goreng-goreng lagi. Lebih banyak dikukus.

Untuk belanja Matt lebih teliti. Saya lebih yah gitu deh haha. Cuman karena udah tau jadi sebisa mungkin (belon 100 % bersih ya) saya lebih pilih-pilih produk yang kami pakai. Dulu temen saya pernah posting produk-produk apa aja yang gak harus dibeli karena perusahaan yang membuatnya sama sekali gak ramah lingkungan.

Untuk saat ini jika emang penasaran apa aja sih yang sudah menggunakan minyak sawit yang baik atau belum silahkan cek link ini yaย http://www.greenpeace.org/usa/palm-oil-whos-still-trashing-forests/ atau liat aja foto yang saya posting diatas. Kalau kamu emang perduli atau emang pengen diet juga (diet sawit heihih) silahkan dicek ulang barang-barang di rumah. Saya yakin emang susah koq untuk bersih 100 % tapi dengan mengurangi nya aja udah bagus banget, kan ๐Ÿ™‚

xoxo

Noni yang lagi mandangin kelapa sawit huhaha

Advertisements

50 comments

    • Kayaknya selama masih tinggal di Indonesia. Susah deh menghindar dari minyak sawit. Nggak usah deh ngomongin yang untuk kosmetik dll. Untuk makan sehari hari aja susah tanpa sawit. Walopun udah lama ndak menyentuh mie instan. Menu gorengan hampir tidak ada di rumah. E tapi e tapi..aku tak bisa hidup tanpa krupuk…๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜€ pernah nyoba krupuknya di masukkin ke microwave..aih..tak enak..hmmm jd ngerti yang bikin enak krupuk krn digoreng di sawit. Tapi mau dicoba dikurangi ah..semoga bisa ya..ditunggu postingan Nonik tentang diet kantong plastik..yg realita nya di indonesia kok ya..susah temen yo..

  1. saya sudah ketergantungan dengan kelapa sawit, soalnya kalo masa suka yg digoreng… karena permintaan sawit yg begitu besar, makanya di negeri ini berlomba lomba tanam sawit, sehingga banyak hutan yang dibakar utk membuka lahan sawit..

  2. Ibu saya belum kenal dg canola oil apalagi kalau di pasar tradisional di kampung saya saya ga yakin ada yg jual. Mba trimakasih dah sharing saya lanjutin sharing ke nyokap soal canola oil ini buat ngurangin pake minyak sawit.

  3. Di supermarket di luar negeri kayaknya jarang minyak kelapa sawit ya? Pas di nz dan oz liatnya vegetable oil, canola oil, sunflower oil, olive oil. Aku sempet beli vegetable oil buat masak di sana kemaren tapi ketinggalan di hostel

  4. Saya sih lagi berusaha banget pakai minyak kelapa lokal kalau goreng. Kayaknya sih di Jogja lagi banyak minyak kelapa lokal baru yang diproduksi. Kemasanya juga bagus :). Masih lebih hemat dari canola atau minyak jagung ๐Ÿ™‚

  5. Ini terus terang masih susah banget ya Non. eh aku kaget liat posisinya Unilever sama P&G masih kuning gitu, padahal itu produknya paling banyak aku pakai dirumah. Kirain mereka udah lebih sadar soal ginian yah.

    Tapi soal minyak aku juga udah jarang goreng2, paling tumis aja pakai olive oil atau canola oil ๐Ÿ™‚ baby steps ya baby steps hehehehe

  6. On track itu maksudnya apa sih Mbak? Jadi pengelolaan mereka sudah ramah lingkungan gitu ya? Mudah-mudahan perusahaan yang masih kuning dan merah itu bisa cepat on track ya.
    Saya masih agak susah meminimalkan konsumsi minyak sawit (baca: masih doyan banget gorengan). Kadang malah tidak pernah berpikir bahwa di setiap gorengan yang kita makan ada temen-temen yang mesti sesak napas gara-gara menghirup asap. Duh di masa depan mesti lebih sadar. Terima kasih sudah mengingatkan ya, Mbak.

  7. aku juga sama non pake vegetable oil and harganya mahall banget disini dijualnya cuma di supermarket tertentu pula . ohya udah baca yang produk johnson&johnson akhirnya ngaku kalau ada beberapa produk mereka ternyata mengandung bahan yang memicu kanker?

  8. Hehehe sawit itu penting bgt soalnya mba. Hampir di seluruh aspek kehidupan kita butuh sawit. Even di sampo sabun kosmetik detergen itu ada unsur sawitnya. Coklat juga pake sawit. Intinya produk yang menggunakan emulsifier dan surfaktan biasanya bahan dasarnya dari sawit karena oleokimia dr sawit murah. No wonder emang banyak perusahaan yang pake sawit dan penggundulan hutan merebak. Apalagi kaya consumer good gitu pasti pake sawit. Gak menggunakan sawit sbg minyak goreng emang langkah yang bagus mba. Bagus ditiru. Cuma kalo untuk kebutuhan dasar lain, aku belum tau deh perusahaan yg gak gunain emulsifier dan surfaktan dr sawit. Mungkin wings bisa tu mba, ga ada d daftar soalnya. Hehe cuma aku ragu.

  9. Kalau aku tumis-tumis pakai canola oil awalnya karena alasan kesehatan Mbak. Tapi kalau untuk goreng-goreng sih masih pakai minyak sawit biasa, ga kuat Mbak dompetnya.:(
    Tapi untungnya sih di rumah jarang goreng-goreng juga sih, lagi-lagi karena alasan kesehatan.
    Jeleknya, aku kurang memperhatikan sih Mbak kedepannya harus diperhatikan nih, dampaknya besar banget buat lingkungan soalnya Mbak.
    Tapi itu di komen atas ada yang nyebut indomie, aduh itu susah Mbak nguranginnya.:))

  10. Kami sudah lama mengurangi goreng menggoreng Non. Kalau bisa apa2 dipanggang masuk oven. Selain karena aku males goreng2 karena minyaknya kemana2, suami juga agak cerewet kalo makan yg goreng2an gitu. Sebelum kawin sama aku dia kan jarang goreng2, kalo ga kukus ya panggang. Sayuran juga sekarang kupanggang dioven, praktis dan mudah2an lebih sehat. Kami pakai olive oil. Karena jarang dipakai, beli 4 bulan lalu ga habis2 padahal botol kecil. Palingan buat goreng pempek.

  11. Mba aq juga pernah coba pake minyak canola, enak gorengannya jd ga terlalu berminyak ya. Klo aq sekarang lebih sering pake rice oil atau soy oil, bagus jg kaya minyak canola.
    Setuju soal waktunya qta merawat & menjaga lingkungan, klo bukan qta siapa lagi ya.

    • Lalapan/salad mentah gak bagus untuk pencernaan mbak coba googling sayuran lbih bagus itu matang/setengah matang jgn yg mentah kecuali untuk sayur yg termasuk buah2an sprt timun tomat dll yg termasuk buah.klo sayur murni mentah g bagus untuk pencernaan

      • Iya betul Adel. Dan juga di Mediterranean diet yang sudah diakui khasiatnya oleh WHO banyak sayur & buah segar. Ah, terserah lah orang mau makan apa, pilihan sendiri sesuai kantong & gaya hidup, kan? ๐Ÿ™‚

      • Klo berasa oke2 aja g apa2 *aku hanya sharing pengalamanku dg sayur mentah, aq jg doyan lalapan tp tiap kali hbs makan lalapan / sayur mentahan aku susah buang air besar dan maag ku kambuh perut kembung sakiiit bngt ke ulu hati. Tdnya ku pikir krn mmg aq punya maag.tp setelah aq nemu buku “Eat your way to good health” by Jane clarke, “sebagai manusia kita di karuniai satu perut sehingga perut kita tdk mampu mencerna sayur mentahan sebagaimana sapi mencerna rumput krn sapi di karuniai dua perut” nah mgkin krn aq punya maag pencernaanku lgsg berontak saat makan sayur mentah dan mgkin bagi org lain mereka baik2 saja… dan kalopun pengen lalapan sayurnya di blanch sebentar dlm air mendidih jd masih renyah gtu.dan sejak g lg makan sayur mentah maag ku g pernah kambuh lg.

  12. Mungkin kalau dari segi lingkungan bolehlah banyak perusahaan dibilang baik, tapi dari segi kemanusiaan? Untuk Greenpeace aku rada2 gimanaaa gitu soalnya mereka suka sangit banget sama perusahaan yang ancurin lingkungan tapi di saat yang sama mereka bodo amat sama kemanusiaan. Sedikit melenceng dari topik minyak, aku kok agak senep ya ngeliat Nestle dudukin peringkat teratas perusahaan ramah kelapa sawit. CEO Nestle belum lama (alias beberapa tahun yang lalu) bilang kalau air bersih itu bukan hak orang banyak (baca: publik) dan harus diprivatisasiin (baca: swasta alias harus perusahaan yang punya/kelola). Di Pakistan, di salah satu desa yang gak jauh dari pabrik air minum Pure Life-nya Nestle, mereka gak dapet air bersih lagi karena Nestle punya teknologi dan duit untuk gali sumur air yang dalem banget dan lebar dan nyerap hampir semua air bersih di daerah itu, jadinya warga gak kebagian air bersih lagi. Mirip2 pabrik air Aqua di Sukabumi lah, bedanya kalo Aqua langsung monopoli sumber mata air. Si CEO Nestle sendiri juga bilang kalau makanan organik itu gak bagus dan GMO itu baik. Aduh nulisnya aku jadi geram sendiri TT_TT

  13. Minyak kelapa sawit pribadi aku g pernah pake udah 14th kecuali klo beli kerupuk ato makan di resto g tau kan mrk pke minyak apa ๐Ÿ˜† aku mah mau goreng mau numis mau minyak2 kalo di indonesia pake minyak kelapa. Di kampung ibuku bikin minyak sendiri dari santan kelapa. Kalo di bali pake minyak kelapa beli di toko2 ada 1/2liter ato 1botol aqua sedang tuh cuma 13rbu *emang lebih mahal dr minyak sawit tp selain lbih sehat wangi kelapanya yg aku demenin ๐Ÿ˜† klo buat tumis2 pake minyak zaitun sehat dan ramah lingkungan “mbak nonik punya kista (miom?) Maksudnya? Udah sembuh kah? Klo bisa emang jgn makan mie instant krn bahan pengawetnya amit2 dah…banyak efek sampingnya untuk kesehatan! Jaga kesehatan sebelum sehat itu mahal ๐Ÿ˜š

      • Ea di bali itu banyak orang2 kampung yg dari candidasa contoh;ibunya wayan temenku dia kan punya kebun kelapa mbak jd dia bikin minyak di rumah trus taruh di toko2 makanya murah. Klo disni UK yg regular organik 500ml ยฃ5= Rp100rbu aku pake ini buat masak.klo buat marker dan smoothy aku beli yg orgaik coldpress ยฃ6= Rp 120rbu.knpa dsni mahal? Krn disni kan apa2 harus terdaftar legalisasinya plus pajak nya tinggi mahal deh blm lg kelapa dr LN.diindo kan klo usaha rumahan dikampung2 g pke legalisasi dll makanya murah sesuai harga kelapa aja โ˜บ

      • Oh ea klo bikin jus bikin smoothy dan kopi tambahkan minyak kelapa beli yg cold press ini rasanya kelapa bngt. Minyak kelapa bagus untuk banyak hal salah satunya membunuh sel kanker menjaga kekebalan tubuh membantu melancarkan pencernaan dll coba googling mbak…makan yg sehat badan pun sehat krn your food your medicine ๐Ÿ˜š

  14. Sy masih termasuk konsumen produk turunan sawit & tetekbengeknya. Ya memang harus bijak sih kita sbg konsumen. Seenggaknya gak pake produk dari pt yg blm dpt rspo dsb.
    Kerjanya nya pun skrg masih di perusahaan sawit ๐Ÿ™‚

  15. Disini minyak goreng gitu sebagian besar dari bunga matahari Non. Rasanya nggak ada (atau jarang kali yah? Gatau di toko Asia ada ato engga soalnya, haha) yang dari kelapa sawit ๐Ÿ˜› .

  16. Aq udh ganti ke minyak kelapa, gk pake sawit.. lebih enak ternyata.. dan lebih awet goreng2nya.. kalo pake sawit sekali dua kali goreng ganti, pake minyak kelapa bisa berkali2 hehehe

  17. Mertuaku sekarang lebih sering pake light olive oil utk goreng-goreng. Aku sendiri karena ga masak jadi kurang tau soal perminyakan, malah tadinya aku kira minyak kelapa sama minyak sawit sama aja huahahaha *ketauan bodohnya*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s