10 Interesting and Fun Facts About Cambodia


www.seriocomic.com
http://www.seriocomic.com

Walaupun gak pernah lama di Cambodia tapi seperti biasa saya bakalan menuliskan beberapa hal yang menarik untuk saya ketika berkunjung ke Cambodia. O,ya saya 2 kali berkunjung ke Cambodia dan sebenarnya ada banyak hal yang tidak berubah dari negara ini. Paling enggak yang saya lihat.

01. Hammock

Kunjungan pertama saya ke Cambodia menghasilkan 2 buah hammock yang dibeli dengan tujuan untuk leyeh-leyeh dirumah. Sampai sekarang gak dipasang karena gak ada tempat yang pas. Hammock saya beli beberapa tahun lalu sekitar ย 2 dollar. Tahun ini naik sekitar 3-4 dollar. Tergantung pinternya nawar. Hammock yang murah ini ternyata lekat banget ke kehidupan rakyat Cambodia yang suka banget tidur di atas Hammock. Dimanapun, bahkan sambil nunggu tamu, supir tuk-tuk gak jarang tidur-tiduran di hammock yang mereka pasang didalam tuk-tuknya . Lucu banget.

www.alamy.com
Pic source : http://www.alamy.com

02. Tidur Siang

http://www.chrisbeatcancer.com/
Pic source : http://www.chrisbeatcancer.com/

Selalu dan dimanapun saya ngeliat mereka tidur siang. Tidurnya pun bisa dimana aja. Entah diatas motor, diatas buah semangka yang lagi dijual, geletakan dekat barang dagangannya, dibawah kolong rumah (rumah panggung), pokoknya dimana aja bisa tidur siang. Saya berasumsi ini dikarenakan Cambodia itu panasnya gak nanggung-nanggung jadi kalau orang diem aja pun bawaannya jadi lemes makanya bisa tidur dimanapun.

03. 1 Dollar

Sewaktu pertama kali ke Cambodia saya sempet maruk liat apa-apa satu dollar. Begitu duit mulai habis baru mikir 1 dollar itu lumayan mahal juga buat sebiji nanas hehe. Jadi kalau pergi-pergi ke candi kita bakalan liat banyak anak-anak yang berdagang minuman atau buah segar. Per satu plastik kecil itu harganya 1 dollar gak bisa ditawar. Kita sih beli-beli aja lama-lama bangkrut juga secara makan buahnya banyak. Sampai kemaren terakhir kesana, harga satu dollar gak berubah untuk buah-buahan disekitar candi. Diluar areal candi 1 dollar bisa dapet 2-3 plastik.

04. Rambut Cewek Cambodia Item banget

Rata-rata cewek Cambodia yang saya temuin punya rambut bagus banget. Panjang, hitam dan berminyak haha. Ada sih yang udah diwarnain atau udah masuk salon tapi rata-rata yang saya temuin masih punya rambut bagus banget dan hitam.

05. TukTuk

Foto was taken by abang2 tuktuk
Foto was taken by abang2 tuktuk

Saya suka banget naik tuk-tuk di Cambodia. Pokoknya suka karena emang harganya murah plus rata-rata abang-abang tuktuk yang kita temuin baik-baik hehe. Paling penting juga rata-rata supir tuktuk di Cambodia bisa bahasa Inggris. Jadi selain nyupirin mereka suka cerita ini itu. Baguslah…….sambil cerita kena angin langsung ketiduran. Menurut supir tuktuk yang kami pakai kemaren ada sekitar 12 ribuan tuktuk di Siem Reap. Gila…. banyak banget. Pantesan persaingannya juga ketat.

06. Hutang

Ini saya baca doang sih sebenarnya trus kita iseng tanyain ama temen si Matt yang udah tinggal lama disana soal masyarakat Cambodia yang dikit banget punya hutang. Ceritanya nih setelah negara aman, pemerintah menyarankan penduduknya untuk pulang kampung dan dikasih rumah gratis. Udah gitu kebanyakan orang-orang Cambodia sekarang ini punya usaha kecil-kecilan. Misalnya jadi supir tuktuk tapi tuktuknya punya sendiri. Saya sempet nanyain 3 orang supir yang kami pakai dan rata-rata emang punya sendiri mereka. Trus rata-rata orang Cambodia gak pake kartu kredit jadi yah yang punya utang dikit tapi gak tau kalau ngutangnya sama rentenir ya. Untuk saat ini kata temen si Matt rata2 sih orang Cambodia hidupnya sederhana dan gak macem-macem. Kita liat aja 10 tahun lagi gimana. Moga2 lebih baik.

07. Same-same But Different

www.blurb.com
http://www.blurb.com

T’shirt bertuliskan kalimat itu banyak banget di Cambodia. Dulu saya main asal beli aja karena gak tau cerita dibelakangnya sampai si Matt liat dan ceritalah dia hehe. Ternyata ada ceritanya dan seru banget juga.

08. Makanan Eksotik

Pertama kali datang ke Cambodia saya cukup penasaran dengan makanan-makanan eksotiknya. Semacam kecoak, belalang, dll. Kunjungan pertama saya sempet nyobain belalang dan ulat. Kunjungan kedua ugh… udah males walaupun ditantangin si Matt. Saya takut aja perutnya gak sekuat dulu. Oya, hati2 juga motret tukang makanan ini karena biasanya mereka minta bayaran. Makanan boleh gak laku tapi duit tetep terkumpul banyak heheh.

Phnom-Penh

09. Bir dan Alkohol murah

2 orang temen si Matt sampai pengen memutuskan pindah ke Phnom Phen sangking murahnya alkohol disana. Jadi sekarang mereka bolak balik gitu deh. Kemaren malah sempet cerita ke kita kalau mereka mau cari rumah disana. Selain alkohol yang murah beberapa barang yang mereka perlu juga gampang banget didapat di Phnom Phen ๐Ÿ™‚

10. Amputasi

Yang ini saya copas aja ya, soalnya pas nyari fotonya ketemu tulisan ini plus kayaknya saya gak tega deh posting fotonya karena keburu sedih banget. Perang itu bener-bener cuman bikin orang kesengsaraan doang, ya.

Cambodia has the highest per-capita percentage of amputees in the world. Each month there are between 300 and 700 amputations due to land-mine injurie
Read more at http://www.interestingfunfacts.com/cool-facts-about-cambodia.html#tcHKI5ZtyEpSpCgc.99

10 hal-hal menarik yang saya lihat selama disana dan sebenarnya saya tetep kepengen lagi koq ke Cambodia, hanya mungkin kalau kesana lagi bakalan milih di bulan Desember atau Januari aja. April adalah bulan paling jelek ke Cambodia karena panasnya gak tanggung-tanggung plus lembab banget. Saya gak ngerti gimana mendeskripsikan panasnya tapi keluar rumah sebentar aja langsung lemes dan terbakar ๐Ÿ™‚ .

 

 

Advertisements

73 comments

  1. Berarti lebih panas dari Surabaya ya Non? Teman-teman kantorku kalau tugas ke Surabaya, balik Jakarta selalu sakit. Ga tahan sama panasnya mereka. Aku kebal-kebal aja hehe. Pernah panasnya sampai 42ยฐC. Makanya sampai sekarang aku tetap merasa kedinginan disini. Biasa kepanasan dulunya haha.
    Cambodia unik ya.

    • Waktu di Surabaya aku gak ngerasa kepanasan juga sih Den, soalnya di ruangan ber AC trus haha. Di kantor sama di kos-kosan. Begitu keluar rumah baru cekat cekot panasnya. Di Medan juga panas banget tapi Cambodia di bulan April, duh… luar biasa panasnya. Sampai ada kenalan kita minum2, dia kerja di Arab (orang Aussie) yang komen, di Arab panasnya bisa sampai 50an tapi dia biasa aja, disini gak tahan karena panas plus lembab.

  2. Selain blogger hotelier jadi tuk tuk driver nih mbak non :). same same ini saya lagi menebak nebak saya tunggu cerita mbak non aja bener ga tebakan saya ๐Ÿ˜‰ eh kira2 bakal dicritain ga itu same same nya?

  3. Aku ga fokus di bagian kak noni jd “abang-abang” tuktuk hehehehee
    Panasnya semana sih kak?
    Jakarta sm makassar yg panas aja bkin saya ngeluh mulu dan rasanya pgn minum es kelapa berkali2 hehehe

    • Kece banget kan supirnya hahaha.
      Panas banget pokoknya. Kalau di Makasar kan panas tuh tapi ada angin karena deket pantai nah kalau ini gak ada panas dan gak aad angin.

      • Jd panasanya kering gt ya kak?

        Supir tuktuknya kece bangeet ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ aq rasa klo ka noni beneran jd supir tuktuk mgkn akan byk pelanggannya yg mau naik

  4. Di dalem Angkor Wat, sering disamperin anak-anak yg nawarin kartu pos 1 Dollar. Menurutku itu malah terlalu murah loh, mbak. 1 set isinya 10. Lah..untungnya mereka berapa?.

    Kalau makanan sih emang terhitung lumayan kalau semuanya dibandrol 1 Dollar ๐Ÿ˜ฆ

    • Iya ya, mba gak pernah beli tuh kalau kartu pos Az, abisnya ngerasa gak perlu haha. Buku juga mereka suka bilang 1 dollar ehh pas mau dibeli jadi 10 dollar huhahaha.

  5. Panasnya kyknya cetar banget ya non..o ya pas cobain makan belalang ama ulat itu gimana rasanya non…gak geli2 gitu non..tapi salut dech bisa nyobain, kalaw aku pasti udh kegeliaan banget gk bakalan kemakan..hahaha..

  6. Aku pengen banget punya hammock tapi susah gantungnya haha. Kapan hari sempet pengen banget punya kursi malas yang digantungin ke atap itu lho, jadi bisa bergoyang2, cuman masalahnya setelah tanya sana sini kayaknya atap apartemen gw bisa jebol digantungi itu, ga jadi deh

  7. Point no 10nya serem mba Non ๐Ÿ˜ฆ
    Aku pengen kesana belom kesampean. Mudah-mudahan bisa cepet kesana deh ๐Ÿ˜€

  8. Aku juga bolak balik ke Ho Chi minh. Dan sering diajak untuk lanjut ke kamboja. Tapi denger cerita temen tentang puannas poll udara nya..jadi ndak ke pengen. ..di Ho chi minh yg katanya lumayan dingin di bulan februari..aku tetep kepanasan..kalo vietnam ..yg unik..postur tubuh mereka mungil dan langsing.

  9. Aih, mesti hati-hati karena ada kemungkinan ranjau darat mengintai. Perang memang tak pernah membawa bahagia, karena semua pihak adalah pihak yang kalah :((.
    Unik! Saya juga penasaran dengan cerita “same same but different” itu :haha.

  10. Noni, bikin kangen sama Cambodia! Menyoal disabilitas, sayangnya ladang ranjau disana masih banyak banget dan ga ada datanya. Akibatnya resiko disabilitas fisik dan juga kematian masih cukup tinggi.

    Anyway, negara ini cukup korup, banyak instalasi listrik dipasang, tapi listriknya ga mengalir!!!!! Parah.

    • Kesana lagi yuk Ai hhehehe. Katanya gitu ya masih banyak banget ladang ranjau, sedih ah kalau ada yg kena2 lagi huhu.

      Negara2 yang baru merdeka kayak mereka dan kita itu kenapa ya korupnya luar biasa banget. Kasian padahal rakyatnya

  11. duh, lama nian ga maen ke blog mba noni.
    apa kabar, mba chantique? ๐Ÿ˜€

    postingan tentang cambodia ini wajib bookmark banget deh.
    buat bekal kalo ntar jadi kesana.
    doakan yeeesss .. ๐Ÿ˜‰

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s