Bahayanya Nyamuk


Pixabay
Pixabay

Ini nih binatang yang cukup mengesalkan karena membawa banyak penyakit. Baru-baru ini bahkan bikin geger karena nyamuk juga membawa virus Zika.

Saya sebenarnya cukup banyak menerima email yang menanyakan perlu gak kalau ke Bukit Lawang dapat suntikan vaksin anti malaria atau demam berdarah. Terutama kalau yang ingin bepergian dari luar negeri. Saya selalu menjawabnya perlu mengingat dalam beberapa bulan terakhir ini saja ada beberapa kenalan Matt yang masuk kerumah sakit karena terkena demam berdarah. Gak cuman dapat di Bukit Lawang tapi juga di kota Medan. Kayaknya saya perlu juga deh dapat vaksin anti nyamuk kalau emang ada hehe.

Paling baru tentu saja virus Zika. Udah pada tau, ya. Saya cukup khawatir juga sih, apalagi katanya sudah ditemukan satu kasus di Sumatera. Bener gak? loh malah nanya haha. Beritanya bisa di baca di link ini. Nah karena sudah ditemukan di Sumatera jelas aja kita harus lebih khawatir. Menurut WHO virus ini bisa menyerang sampai 3-4 juta orang tahun ini. Hiiii….

Zika ditularkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti, yang juga menyebabkan penyakit demam berdarah dan chikungunya. Virus ini menyebabkan gejala-gejala seperti flu, termasuk demam, sakit kepala, sakit sendi dan ruam. Makanya tambah serem aja. Nyamuk kan hidup di Indonesia. 

Temuan Pan American Health Organisation (PAHO) memang menyatakan hal ini akan terjadi juga di Asia selain Amerika.

Mereka memperkirakan “virus Zika akan terus menyebar dan kemungkinan akan mencapai semua negara dan wilayah kawasan di mana nyamuk Aedes ditemukan”.

Gara-gara virus Zika ini juga yang banyak di temukan di Amerika Selatan, hari Jum’at lalu saya denger berita di Delta FM katanya Indonesia memberlakukan travel warning untuk warganya yang akan bepergian ke Amerika Selatan. Untuk negara-negaranya bisa dibaca di link ini. Amerika malahan menyarankan warganya yang hamil untuk menunda perjalanan ke negara-negara di Amerika Selatan. Kenapa dengan ibu hamil. Jadi katanya virus zika ini jika mengenai ibu hamil maka bisa menyebabkan mikrosefali (microcephaly). Yakni kepala bayi lebih kecil dari ukuran normal sehingga otaknya tidak berkembang.

Karena nyamuk ada dimanapun, jelas aja semua orang perlu waspada dan khawatir. Kalau perlu pun melindungi diri dan keluarga supaya jangan sampai tertular. Dari website ini saya temukan beberapa cara untuk mencegah virus Zika. Saya copas ya.

Pencegahan Virus Zika

Mencegah gigitan nyamuk adalah salah satu tindakan pencegahan awal yang bisa membantu Anda terhindar dari infeksi virus Zika. Beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan saat berada di daerah yang terjangkit virus Zika, antara lain:

  • Memastikan tempat yang Anda tinggali memiliki pendingin ruangan atau setidaknya memiliki tirai pintu dan jendela yang dapat mencegah nyamuk masuk ke ruangan.
  • Gunakan kelambu pada tempat tidur jika area yang Anda kunjungi tidak memiliki hal di atas.
  • Gunakan baju dan celana berlengan panjang
  • Gunakan bahan penolak serangga yang terdaftar pada badan perlindungan lingkungan atau environmental protection agency (EPA), sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan. Instruksi yang terlampir akan memberikan informasi mengenai pengaplikasian ulang, area pengaplikasian yang diperbolehkan, waktu dan durasi pengaplikasian.
  • Bayi yang berusia di bawah dua bulan tidak diperkenankan menggunakan bahan penolak serangga ini sehingga Anda harus memastikan agar pakaian bayi dapat melindunginya dari gigitan nyamuk.
  • Gunakan juga kelambu pada tempat tidur bayi, kereta dorong bayi, dan gendongan atau alat pengangkut bayi lainnya.
  • Perhatikan area tubuh anak yang berusia lebih dewasa saat mengaplikasikan bahan penolak serangga. Hindari area tubuh yang terluka atau sedang mengalami iritasi, area mata, mulut, dan tangan.
  • Pilihlah perawatan, pencucian, atau pemakaian pakaian serta peralatan yang menggunakan bahan dengan kandungan permethrin. Pelajari informasi produk dan instruksi penggunaan mengenai perlindungan yang diberikan. Hindari menggunakan produk ini pada kulit.
  • Pelajari juga informasi mengenai daerah yang akan Anda kunjungi, seperti fasilitas kesehatan dan area luar ruangan terbuka sebelum waktu keberangkatan tiba, khususnya area yang terjangkit virus Zika.
  • Lakukan tes virus Zika sekembalinya Anda, khususnya perempuan hamil, dari daerah penyebaran virus Zika.

Semoga kita semua terhindar dari penyakit-penyakit ini ya. Ada yang tahu lebih banyak mengenai zika virus, yuk bagi infonya di kolom komen, ya.

 

Advertisements

47 comments

  1. Soal nyamuk ini kalo di papua udah yang biasa banget kena malaria. Huft. Kalo DB emang musim ya kayanya. Disini jg banyak yg DB. Kalo zika semoga gak ada deh

  2. Thanks infonya mbak noni.. di rumahku jg termasuk yg nyamuknya dahsyat kalo malem hari. Pdhl kamar udh pake tirai nyamuk, disemprot jg rumah, tp gak ngefek.. malangnya aku termasuk yg gak bisa pake lotion nyamuk merek apapun, perih dan panas di kulit.. kdg kalo maksa pake suka merah2 gatel. Jd aja bertahan oles2 pake minyak sereh tiap malam, diulang tiap 3-4 jam skali.. jd tidurnya gak nyenyak. Haha.

  3. Mak, makin hari makin rumit saja penyakit ya Mbak. Tapi kita pasti bisa menang dari virus ini, hah. Yuk mencegah… saya mesti makin rajin pasang obat nyamuk elektrik nih, sama pakai baju lengan panjang. Mumpung musim hujan juga jadi adem. Tapi virus ini ada obatnya kan? Mudah-mudahan obatnya ada ya…

  4. aku sih kmrn2 ga gitu kuatir ama virus ini mba… tapi suami tiap kali kontrol ke dokter kandunganku, slalu nanya mastiin apa kalo kena virus zika bisa terdeteksi ke bayi kita lgs :D.. lah akunya aja g ngerasa kena virus zika -__-.. tp memang serem ya efeknya ke ibu hamil.. makanya kita skr rutin nyemprot kamar spy nyamuk2 ga merajalela

  5. Iya agak serem juga. Padahal dulu virus ini termasuk yg bisa self healing Dari tubuh, ternyata dia berkembang pesat ya. Dan yg paling menyebalkan, Indonesia tuh bnyk beut nyamuknya :(((

  6. Aku agak trauma klo denger penyakit DBD, dulu pernah kena gigitan nyamuk pembawa penyakit itu. Salah satu kenalan ku pacarnya orang Brazil dan sekarang dia lg hamil, dia lg liburan di Belanda dgn visa selama 3 bln, dan tetep hrs balik ke Brazil dah minta tolong kesana kamari tetap hrs balik tgl 23 Feb ini, sedih dengernya lagi hamil dan hrs kembali ke negara yg lagi heboh virus zika.

  7. Aku lupa namanya apa.. Tapi di watson ada jual, jadi kayak semacam kertas kecil gitu buat di tempel ke baju yang kita pake, bisa aman bebas dari serangga selam 4-5 jam, tapi yah mayan deh ya kalo pake terus.. mayan boros maksudnya.. hehe.. Tapi ini virus emang heboh banget.. hopefully cepat lewat yah si virus zika ini, mana kan Olimpiade tahun ini di Brazil pula..

  8. nyamuk itu musuh bebuyutannku bangeeetttt mba Non.. heran, tiap digigit kok ya mbekas cih.

    skg andalanku cuma raket nyamuk huhu.. jd klo minum air putih sambil duduk padanaannya bukan pisang goreng, tp berburu nyamuk. haiaaa..

    khawatir bgt ya virus ini.. smg kt smua slalu sehat2 ya..

  9. Eh ada yaa suntikan anti nyamuk ???? gw baru tau.
    Gw yg ke tangkahan itu di gigit agas jahanam, yang gatel nya sampe 2 bulan lebih dan sekarang kulit ku snesitif terhadap gigitan apapun langsung membeka smerah

  10. Mana lagi musim ujan ya mbak jadi makin merajalela deh tuh nyamuk. Bener deh musti fogging, pasang anti-nyamuk elektrik, dan rajin2 pake pakaian lengan panjang. Thank you infonya mbak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s