Semua Tentang Cabe


Pixbay
Pixbay

Setiap kali saya akan bepergian jauh keluar negeri pasti ada temen yang mengingatkan untuk membawa sambal atau cabe. Terkadang lucu juga kalau melihat temen saya sampai membungkus beberapa cabai untuk saya bawa pergi. Katanya takut saya gak bisa makan. Manis tapi sebenarnya saya tidak terlalu perduli juga kalau makanan saya pedas atau tidak ketika sedang jauh dari rumah. Btw…tetep terima kasih cabenya πŸ™‚

Saya suka sekali makanan pedas. Kalau gak pedes rasanya belum puas. Setiap kali saya makan bakso, Matt bisa nangis dan terbatuk-batuk sewaktu mencobanya. Pokoknya sambal itu harus ada di rumah, gak boleh gak ada. Hidup rasanya belum lengkap tanpa sambal.

Ketika bepergian saya malas diributkan dengan urusan makanan. Sehingga sambal, saos, cabe atau apapun Β itu pasti gak pernah saya bawa. Saya bisa makan santai tanpa protes walau tanpa sambal, padahal kalau di Medan bakalan panik nyari sambal hehe. Buat saya makanan enak itu kalau rasanya pedes. Matt bilang cabe bener-bener merusak indra perasa saya. Saya hampir gak bisa merasakan rasa yang lainnya. Pokoknya harus pedas.

Setelah operasi dan perut saya sempet bermasalah tahun lalu dengan infeksi diusus kayaknya makanan pedes emang harus saya hindari atau kurangin pelan-pelan deh. Sebenarnya sejak menikah dengan Matt, saya sudah mengurangi makanan pedes yang saya makan. Contohnya keripik Maicih hampir gak pernah saya makan lagi hahaha.

Ternyata nih ya, setelah mengurangi makanan pedes pelan-pelan setiap kali makan terutama kalau makanan yang saya makan bukan makanan Indonesia saya mulai bisa merasakan rasa yang lain. Steak bisa saya makan tanpa saos cabe padahal dulu pernah satu chef restoran di salah satu hotel bintang 5 di Surabaya sampai harus mendatangi saya karena ngerasa masakannya kurang enak gara-gara saya minta saos hahha. Saya juga bisa makan tanpa protes atau mencari-cari saos setiap kali kami ke restoran dengan keluarga Matt atau ketika bapaknya masak. Lucunya dengan membaiknya indra perasa saya, sekarang saya juga sanggup makan salad hanya dengan olive oil Β πŸ™‚

Tapi…..tapi nih ya, ketika di US, bapaknya Matt mengenalkan saya dengan saos Sriracha. Awalnya gara-gara 2 tahun lalu dia nanya ke Matt saya sukanya makan apa. Matt bilang apapun yang pedes Noni pasti suka. Jadilah dibeli saos ini. Saya 2 taon lalu kurang suka juga dengan sriracha tapi tahun ini gak tau gimana malah jadi suka banget haha.

www.seriouseats.com
http://www.seriouseats.com

Apa-apa dimakan dengan Sriracha, Matt juga gitu. Bapaknya Matt juga. Pokoknya kita suka banget masukin Sriracha kesemua makanan kami ketika di rumah. Aduh kacaw banget πŸ™‚

Sriracha ini ada juga dijual di Indonesia kalau ada yang penasaran pengen ngerasain gimana rasanya hehe.

Bagaimana dengan kamu? nyangu cabe/saos gak kalau traveling keluar negeri?

156 comments

  1. Ih aku jg suka sriracha ini..kalo di amrik beli sandwich Subway pasti minta pilihan saosnya Sriracha soalnya kalo Subway di negara lain ga ada pilihan saos itu..tapi malah kalo di Jakarta males bli soalnya mahal en mendingan Dua Belibis…hahaha

  2. Saya suka makan pedas, tapi nggak suka efeknya setelah makan. Perut pasti bermasalah. Tapi ya tetap aja makan pedes, urusan mules nggak usah dipikir hehehe

  3. Suka banget cabe level dewa haha maksudnya level tertinggi, tapi untungnya ga setiap makan harus ada cabe terus hehe.. Bisa juga makan yg plain tanpa cabe πŸ™‚ hihi

  4. Ususku juga bermasalah Mba, udah dilarang makan cabe juga tapi aku tetep bandel. Sampe orang-orang selalu ngomelin. Tapi gmn abisnya enak makan yang pedes2, rasanya kurang afdol kalo dikurangin. XD

  5. Dulu saya dikatain jurig cabe alias setan cabe karena demen banget pedes, eh gara2 setelah operasi usus buntu jadi gak kuat lagi makan yg over pedes.. hehe.

  6. aku suka makan pedes mbak, sejak kerja di kantor ini. karena temen-temen pada jadi raja pedes. tapi masih dalam taraf wajar karena aku punya tifus yang suka kambuhan. bossku malah…pernah makan bakso sampe dicharge untuk sambel. karena depot baksonya baru buka, dan bossku udah ngabisin sambel satu mangkok πŸ˜›

  7. sama ky suamiku mbk Non…semua makanan asalkan pedas dia doyan.. kalo di rumah bikin sambel ga pedas, siap siap aja itu sambel satu cobek cm buat dia…yg lain ga kebagian…

  8. srichaca rasanya kya apa kak? selain pedas, rasa asem2 seger kya sambal lampung atau engga?
    aq jga anak cabe, untungnya akang juga doyan cabe.
    jadi makan klo tanpa smriwing pedes2 rasanya kurang syeedeep.

    sampai skrg masih blm bisa nurunin kadar kepedesan di lidah kak, huhuhu
    pdhl pedes di semua masakan sbnrnya bisa merusak rasa asli ya kak?!

    • Pedes itu emang bs merusak rasa makanan aslinya. Makanya skr lumayan bgt bisa ngerasa enaknya rasa asli makanan daripada cuman pedes.

      Sriracha asem2 pedes gitu. Enaklah

  9. Isteri sy, kl tau sy mau berangkat site survey project ke Gresik, pasti pesan: jangan lupa sambel botol gresik yg rasanya macem2, tp paling poll rasa lorjuk. Kmdn stlh ketemu Toko Sambel Bu Rudi di Surabaya, pilihan nambah lagi….wkwkwk

  10. Aku dibanding sambal gitu entah kenapa lebih demen cabe rawit. Jadi biasanya gigit cabe rawitnya langsung ato dipotong2 trs dipakein kecap asin hehehe.

  11. Aku dulu parah banget makan sambal, Mbak. Mau itu sambal botolan, sambal ulekan, cabe rawit. Mama sama temen-temen ku pada geleng-geleng kalau liat aku makan cabe. Aku punya maag yang udah dibilang kronis sama dokter, dan disuruh ga boleh makan cabe, tapi ya tetep bandel. Rasanya kok ya hampa hidup tanpa cabe, mau makan apa juga ga nafsu. Makanya di rumah, atau dulu pas ngekost harus selalu ada cabe tiap kali makan. Mau apapun sayurnya harus ada cabenya.
    Tapi semenjak pernah baca kalau terlalu over makan cabe itu bisa merusak rasa, pelan-pelan aku jadi kurangin. Dan emang bener indera perasa yang lain jadi muncul, kalau dulu bener-bener mati rasa.hahaha
    Sekarang malahan level pedas saya udah berkurang, dan ga jadi nyariin cabe mulu tiap makan. Tapi tetep kalo lagi ga nafsu makan ya nyarinya cabe juga tapi ga terlalu banyak seperti dulu. πŸ™‚ *haduh maaf jadi panjang ini curcolnya Mbak πŸ˜€

  12. Ah kelupaan Mbak, kemarin baru aja nemu resep makanan di youtube dan pakai sambal sriracha ini, jadi penasaran rasanya kayak apaan. Ntar mau coba cari ah, kirain ga ada di Indonesia soalnya ga pernah kelihatan. Thanks ya Mbak infonya. πŸ™‚

  13. Aku dulu gak suka banget sama pedes, kena pedes dikit langsung batuk batuk kayak Matt, pokoknya anti lah. begitu kenal Nuwis jadi pelan pelan terbiasa makan pedes dan sekarang malah nagih. apa apa minta cabe, minta sambel, mintanya banyak pula. kacawww..

  14. Hmmm ceritaku dgn cabe… Pas di Sydney, saos sambal yg beken di kalangan ebo2 Kingsford bukan merk ABC/Sasa/Indofood tp malah merk Belibis. Urutan nomer 2: Cap Jempol. Tp begitu balik ke Indo, belinya ya merk ABC dan Indofood lagi deh, hehehe. (Maap ya bawa merk)

  15. Travelmateku yang siapin sangu sambel. Beberapa trip terakhir ke negara tidak ada sambal, kami bawa sambel home made Bali, sambel ‘Bapak’ namanya mirip sambel ‘Bu Rudy’ Surabaya cuman asli lebih pedes. Pernah waktu ke Jepang 2 minggu bawain sambel terasi Indofood buat temen yang kangen pedes di Tokyo, sementara kita keliling Jepang 2 minggu lupa banget bawa saos dan sambal jadi super lemess badan ini, yang ada hari terkahir ke Tokyo kita datengin apartemen temen dan ngerampok lagi oleh2nya itu :-D. Temenku orang Jepang sampai beliin sambal waktu dia ke Mexico. Sambal dari Habanero Chilli, asli pedazzz asik. Bener juga indra perasa kita jadi kacau karena makan pedas melulu, jadi belajar menikmati salad ala Eropa bukan sayur lalapan yang harus di makan pake sambel ulek pedess πŸ˜€

    • hah sambal bapak ya, duh……jadi penasaran nih Anita. Pengen ngerasain haha.

      sambal habanero emang enak sih ya. Bapaknya Matt beliin sambal yang katanya lebih pedes dari Sriracha tapi aku masih biasa aja sih. Parah emang kalau lidah udah terbiasa dengan pedes.

  16. Kangen cabe Indonesiaa….
    Aku akhir-akhir ini selalu nyetok boncabe mbak, lumayan kadang buat ditaburin di atas nasi pun bikin makan jadi enak. Apalagi masakan Jepang buat aku rada “hambar” karena mereka mentingin rasa “asli” dari tiap bahan makanan.

    Selama di Jepang sini juga jadi nyobain macem-macem cabe impor, ada yang dari Thailand, Vietnam, dll. Dan menurutku pedesnya cabe Vietnam mantep abis euy! Perut udah gak kuat klo ngadepin cabe Vietnam! Mungkin juga level pedes jadi menurun karna gak kebiasa makan pedes mantep kayak di Indonesia lagi, huu..

  17. wah..emane…padahal keripik maicih enak banget ya mbak..tapi gmn lagi kan harus ngurangi pedas jd mau nggak mau ngurangi juga ya…tapi satu dua tiga keripik kan masih gpp…hehe

  18. Enggak Mba Non, males ribet hahaha πŸ˜€
    Kmrn di belanda jarang makan pedes krn Ian gak kuat, kalo terlalu pedes. Jadinya kebiasaan gak makan pedes. Balik ke indo kumat lagi πŸ˜›
    Eh tapi skrg aku udh gak bisa gila lagi. 2 bulan lalu ke dokter katanya maagnya udah parah banget, makajya aku sampe gak bisa bangun dari kasur berhari-hari πŸ˜…

  19. Sri racha itu rasanya gimana non? Jadi penasaran … Akupun penggemar pedas, tapi agak nauin diri sejak kena maag kronis tahun lalu … Cuma yaa kalo makan bakso wajib hukumnya pedas dan asem … Mendingan gak nge bakso kalo gak pedas dan asem hahaha …

    Sama ama km, sy gak gitu ribet ama makanan klo lagi travelling, sy jg heran teman teman selalu bawa sambal sachet setiap travelling, sy sih makanan yg ada hajarbleh ajalah … Gak masalah

    Oya surprise kamu makan maicih? Di impor ke medan dr bandung? Or emang ma icih ada di medan? Aku aja blom pernah hahaha

    • Ada di Medan si Maicih SIl hehe. Hebat ya haha. Aku makan waktu masih di Surabaya sih, suka dikirimin temen dari Bandung. Aku makan yang level 10 loh, itu rasanya bibir kayak jontor huhahaha. Sekarang gak mau lagi.

      Sriracha itu pedes tapi agak asem dikit. Gak terlalu asem sih, aku gak suka asem soalnya. Enak sih kalau untuk temen makan2 hehe

  20. Bener banget,kayaknya aneh aja gitu kalo makanan ngga pedas πŸ˜› tapi ternyata merusak cita rasa dari makanan itu sendiri sih ya,hihi..

    Jadi pengen nyobain Sriracha juga deh.

  21. Akuuu banget Mba hahhaa. Gak bs klo gk ada sambel, tp gk sampe ricuh bawa2, soalnya aku gak doyan saus sambel a*c gt mba, enaknya cm sm ayam k*c atau m*d aja. Aku mau nya sambel ulek super pedes, haha. Jd pas di belanda, bikin sendiri sambel taruh di botol trus kulkasin atau beli di toko cina. Pas aku dtg yg sebelum nya, Jan gk ngerti kan, jd dia beliin sampe 4 botol sambel di toko cina buat persiapan krn dia tau aku doyan pedes, tapii gk kemakan semua, sambel nya asinn banget. Di US sambel di resto cina atau toko cina gt asin jg gk mba?

    • Iya asin, aku juga gak suka. Nah si Sriracha ini gak asin Ast. Lumayan pas deh walau agak asam menurut aku tapi menurut Matt pas. Kapan itu kita ke bar trus mereka bikin saos sendiri dari stiracha dicampur mayo dan ditambah merica bubuk. Enak banget Ast

  22. Sebenernya untuk makanan tertentu emang enakan pedes, tapi sekarang udah ngurangin banget non. Mulutnya sih kuat kuat aja, cuma perut aku yang gak kuat. Jadi mesti tau diri deh πŸ˜€
    Suka terkagum2 sendiri loh kalo liat orang makan mesti pedes, hahaha kayaknya seru πŸ˜€

  23. Non, suami dan mama mertua ketularan suka pedes gara2 sering makan masakanku haha. Suami suka ngingetin kalo kami akan jalan2 jauh dan nginep “kamu bawa sambel ga? Aku ga enak nih kalo makan ga pedes” haha lha ini yang Indonesia yang manaaπŸ˜… dan aku memang ada stok sambel bawang (ala bu Rudy). Jadinya ya gampang kalo dibawa travelling. Pokoknya dia sekarang gampang protes kalo masakan ga terasa pedes. Yang paling suka diprotes kalo makan sate “kok sate disini ga kayak di Indonesia ya, ada gosong2nya” πŸ˜† padahal yg dibeli sate emperen yg gosongnya banyak. Dia lebih mengIndonesia daripada aku kalo masalah makanan.

  24. Aku sebenernya nggak suka saos sambal, tapi kalau sambal beneran suka, aneh ya? menurutku saos sambal itu rasanya kaya rasa obat. Dirumah tapi tetep punya Sriracha, buat kalau pas perlu makan gorengan tetep enak pake Sriracha, lebih nendang dari saos sambal ABC.

    Ada loh temenku yang kemana2 bawa sambal sachetan, kadang aku sampe pelototin klo makan Itali / jepang yang ga lazim dikasi sambal gitu. Kan jadi ga bisa ngerasain rasa makanan aslinya

    • aku juga kayak kamu Ev, lebih suka sambel beneran daripada yang dibotol kecuali Bu RUdi. Hidup Bu Rudi hahaha.

      Cuman kalau saos harus ada karena untuk makan dimsum gitu haha. Aneh kalau makan pake sambal.

      ya ampun makanan Jepang juga pake sambel ya hauhahaha.

      • Sambel bu Rudi mah juara!!

        Makan dimsum pake saos ya? Disini makan dimsum pake kecap jepang (yang asin) dicampur sama semacam sambal gitu Non… endang banget, tapi pedessss

      • Hua…..kayak apa itu Ev?

        Aku pake saos kalau di rumah Ev. Kalau direstoran ada sambel khususnya sih dan sambel dimsum yng direstoran Nelayan enaknya luar biasa haha. Ya ampun laper deh

  25. Takut saoss tp klo ngk pernah lupa nambahin ke bakso atau mi ayam haha.. Kelenjar getah bening mulai bengkak lg huhuhu

  26. Pertama kali ke NZ, beli Sriracha juga, walopun menurut gua gak pedas, haha.. sampe kena omel, citarasa makanan nya jadi aneh banget kalo makan apa2 di pakein sambal. Kali kedua, bawa sambal ABC yg sachet gede, ga cukup juga.. Ujung2 nya beli Sriracha lagi. Emang ribet yah ke negara yang jarang ada saos sambal nya secara banyakan saos tomat.

  27. Saya juga suka banget makanan pedas… karena berasal dari daerah yang terkenal dengan kuliner pedasnya :hoho. Buat saya makanan pedas itu keharusan sih Mbak :haha, kalau kurang pedas kayaknya belum jos. Tapi bukan yang pedas semata-mata juga, mesti ada citarasa gurihnya :haha. Ah, selera saya memang tinggi kalau soal makanan.
    Sayang saya belum pernah ke luar negeri dalam waktu lama jadi belum merasakan bagaimana mendamba rasa pedas :hehe, tapi pasti rasanya sangat menyesakkan ya, kekangenan itu…

  28. aku tuh juga pecinta pedes mba… secara org batak ya, dr kecil mah udh dijejelin cabe ;p.. tapiiii, aku ttp ga bakal mw repot2 bawa sambel ato cabe pas lg traveling ke LN.. krn walo suka pedes, aku ga akan maksain rasa itu di semua makanan yg memang ga cocok jd pedes.. sushi cthnya.. itu mah ga kebayang kacaunya gmn kalo dikasih sambel ;p steak juga aku lbh suka pake saus blackpepper ato jamur drpd sambel… jd intinya, masing2 makanan itu ga semuanya cocok kalo pedes πŸ˜€

  29. Hihihi, aku pada dasarnya sih nggak suka pedas Non jadi nggak masalah πŸ˜›

    Eh tapi di Belanda lengkap banget jenis sambalnya. Kalau suka pedas mah ke Belanda masih oke lah πŸ˜€ .

  30. Lagi doyan sambel ijo Non, bikin sendiri pake cabe jalapeΓ±o, wih pedas nya sampe ke otak, makan nya cuma pake nasi anget ama ikan asin aja, hihihi malem malem jadi lapar

  31. aku jugaa suka pedeeesss mba non…tapi ga sampe semua makanan dipakein sambal sih.. πŸ˜€
    kalo makan mie rebus tuh paling enak sambalnya banyak2..suami akuh sampe ngomel2 kalo liat aku nuangin sambal banyak2 gitu..

  32. Alhamdulillah sampai sekarang aku gak pernah diributin bawa bekal sambal kalau ke luar negeri. Suka pedas sih, tapi lebih suka menjelajahi rasa-rasa baru di tempat tujuan. Tapi sejak kena asam lambung beberapa tahun lalu, aku jadi membatasi konsumsi cabe.Lidah kuat…perut sayangnya gak kuat.

    Trus itu Sriracha udah jadi penghuni tetap belanja bulanan karena emang gak terlalu pedas dan ada rasa lain seperti bawang putih dan cuka. Suka dicampurin ama tumisan bawang bombay trus jadinya pedas-asam-manis. Belinya di Brastagi Gatsu, Mbak.

    • sama Az, mba juga kayakg itu. Mulut sih ok2 aja paling jadi kering2 haha tapi masalahnya perut dan kalau mau kebelakang jadi gak nyaman banget. Mending gak lagi deh makan sambel yang pedes banget.

      Sriracha emang enak sih ya tapi yang di Berastagi agak beda rasanya Az

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s