Winter yang Dingin


DSC07727

Sedari kecil sama seperti kebanyakan anak Indonesia saya cukup penasaran dengan salju. Gimana sih rasanya salju? sampai gede penasarannya tambah gede lagi. Masalahnya pergi-pergi ke negara bersalju kan belum termasuk dalam list. Masuknya cuman dalam bucket list doang. Plus saya rada khawatir juga bisa survive di tempat yang sangat dingin. Beberapa kali ke Hongkong ketika winter pun saya rasa pasti bakalan beda dengan rasanya ke tempat bersalju atau negara-negara dengan cuaca single derajat atau minus sekalian.

Lalu 2 tahun lalu setelah menikah dengan Matt akhirnya kita mesti mudik ke Amerika. Pilihannya ketika itu antara Thanksgiving atau X’mas. Tentu saja saya memilih X’mas karena pengen liat salju plus ngeliat dengan mata kepala sendiri bener gak sih natal di Amerika itu seseru yang ada di film-film hehe.

Sebelum berangkat Matt wanti-wanti kalau cuaca di Chicago tahun itu akan dingin banget. Saya mikirnya sedingin apa sih? susah bayanginnya. Sedingin didalam kulkas kah? tapi kan saya gak pernah nongkrongin kulkas. Jadi seperti apa dinginnya ya? beneran penasaran. Di kepala saya cuman kepikiran akhirnya boots UGG yang pernah dikadoin si Matt bakalan kepake deh nanti di US haha.

Begitu landing di O’hare Airport, kita dijemput orang tuanya si Matt dengan coat, topi dan gloves. Kita berdua kan datangnya dari negara tropis jadi saya males bawa coat berat-berat hehe. Dinginnya tak terbayangkan. Saya inget banget ketika itu lari dari airport ke parkiran rasanya muka dan telinga kayak gak berdarah lagi. Beneran sakit banget dan pedih. Didalam mobil saya meringkuk kedinginan dan ngerasa luar biasa capek. Bayangkan 15 jam terbang dari Hongkong dengan stress ( inget saya aviophobia) dan begitu landing disambut dingin yang tak pernah terbayangkan sebelumnya hehe. Rasanya…. luar biasa dingin tapi juga excited.

Begitu nyampe kita langsung minum champagne haha.

Selanjutnya hari-hari liburan di US ketika itu adalah badai salju, penerbangan ditutup beberapa hari, jalanan di Chicago juga ditutup karena badai salju, cuaca sampai minus 27 . Beneran pedih haha. Ehh….tapi ternyata saya tetep happy-happy aja. Akhirnya bisa ngerasain salju, bisa ngerasa dingin yang sampai bikin mimisan tapi langsung kering lagi haha, ngerasain muka dan telinga yang sakit banget kalau ketiup angin. Gak bakalan kapok. Kata keluarga si Matt dan temen-temennya hebat banget saya gak pernah complain dan tetep mau jalan keluar setiap hari walau gak berapa lama jalan udah kecapekkan. Salahkan flat nose hahahaha.

Nah….begitu kita mau mudik tahun ini tentu saya milihnya juga pas winter supaya bisa ketemu salju lagi dan tentu saja festive di US. Lagian saya pikir udah pernah ngerasain dinginnya winter pasti saya bakalan lebih “jago nih hehe”

Oya untuk tahun ini kayaknya gak bakalan banyak salju di Chicago. Dari beberapa artikel yang saya baca sepertinya karena efek Elnino jadi  Chicago ini lumayan hangat. Hari pertama datang kita dapat hujan salju tapi langsung melting karena cuaca masih cukup hangat. Moga-moga pas menjelang natal nanti dapat deh hihihi.

Kenyataanya……

Begitu kita nyampe di Belanda…….ternyata cuacanya beda banget. Dingin tapi berangin dan hujan.  Saya mikirnya bisa jalan-jalan santai sambil foto-foto ternyata kehujanan trus huhaha. Bedanya kalau di Belanda karena setiap hari kita jalan kaki kemana-mana akhirnya badan berasa lebih hangat hanya kaki doang yang dingin karena sepatu saya gak waterproof. Tau gitu bawa sepatu boots plastik tukang ikan,  ya kan 🙂

Trus pas nyampe di Chicago walaupun semua orang bilang lebih hangat loh,  sekarang buat saya mah tetep aja dingin. Setiap hari tetep harus pake 3 layer baju kalau mau keluar (underwear therma, sweater/kemeja dan coat). Sementara kalau didalam rumah saya tetep pakai sweater dan celana panjang. Pokoknya selama di US sopan banget deh bajunya.

Tapi kali ini cuaca memang lebih ramah. 3 hari lalu kita makan siang di Chicago dan sambil jalan-jalan kita akhirnya buka coat/jacket karena lumayan keringetan. Jalan-jalan pake sweater doang. Sementara orang-orang saya liat masih pada menggunakan sepatu kets biasa dengan celana jeans yang digulung sampai betis. Gile…..

Sekarang saya jadi sedikit lebih tahu kalau dinginnya udara di musim dingin itu beneran deh gak terbayangkan oleh saya dulu. Membayangkan dinginnya kulkas saya pikir beda. Terkadang pas jalan kaki saya mikir koq badan aku hangat tapi betis aku dingin ya? (aku perlu beli boots baru nih yang panjangnya sampai lutut hahaha). Trus terkadang saya juga mikir ih…koq dinginnya hari ini beda sama kemaren ya, padahal sama2 1 derajat celcius. Pas di cek di forecast ternyata hari ini ada fog jadi lebih dingin deh dan sebaiknya kata ibu si Matt pake sepatu boots yang waterproof aja dan yang gak licin karena biasanya jalanan lebih licin dan suka ada es-es gitu. Kebetulan saya suka banget keluar ke halaman belakang rumah mereka yang masih berumput dan banyak pohon-pohon.

Tapi yang pasti untuk saya pribadi pergi ke negara yang dingin untuk kita orang tropis emang perlu investasi hehe. Investasi beli beberapa barang-barang yang bagus dan beneran bisa bikin kita nyaman dicuaca seperti itu. Sepatu, coat/jacket, kaus kaki, underwear thermal, topi, celana panjang dll. Gak mesti banyak tapi paling gak ada 2 biji (tergantug berapa lama perginya). Dengan berpakaian yang nyaman Insya Allah kita bisa terhindar dari sakit-sakit dan tentu aja jalan-jalannya lebih menyenangkan walaupun muka kayak es mau membeku hehehe.

Jadi….emmmmm…..kita beli apa ya besok? *sok…..mau belanja*

Advertisements

86 comments

  1. darling………………………kalo kamu di US cuma berkunjung doang….dan kl kamu gak gengsian..beli baju tebal, sarung tangan, topi kupluk, tutupan kuping dll, mending di toko 2nd hand ajah……ato kl mau ke toko murmer, Old Navy ato Target.

    Kl mau belanja tunggu akhir pekan, krn banyak promosi 😉

  2. hahahahahaha sama Nooooon aku dulu mikirnya halah sedingin apa sih, pakein jaket aja eh ternyataaaa beneran ya dingin yang tak terbayangkan dan frasa angin dingin menusuk itu beneran aku ngerasain menusuk. Trus aku mikir apalah artinya make syal dan sarung tangan ternyataaaa ngaruh banget karena tangan beneran bisa mati rasa kalo gak dipakein sarung hahahaha

    • Beneran dingin parah ya Ndang. Itu kalau dibilang menusuk ampe ke tulang beneran juga sampai ke tulang. Idih…gila sakitnya kalau pas yang dingin banget plus berangin. Sarung tangan emang ngaruh tapi aku lebih suka masukin ke saku coat sih

  3. Malang di musim hujan rasanya ga sedingin kalo lagi kemarau pagi &malam di musim kemarau rasanya dingin banget ga sedingin di negeri 4musim sih tapi lumayan kadang mandi sehari sekali(dasarnya males sih) dan bisa pake sweater hehehee

  4. Sarung tangan. Kalo lagi dingin banget dan angin plus hujan di Belanda ini, tanganku cepet banget rasa kebas, meskipun pas autumn. Makanya kemana2 bawa sarung tangan ditas. Kalau mulai kebas, dipake. Selamat belanja2 Non. Borooongg yang banyak haha.

  5. Hahahaha seru! Emang buat orang negara tropis ga kebayang tuh dinginnya salju tuh kayak apa non. Kalopun di gambarkan dengan kata kata, dingin banget ya segimana nya tetep aja gak kebayang.
    Kalo aku pasti kalo pertama liat saju norak norak bergembira deh :D.

  6. Temenku ada yang penasaran banget sama salju, trus pas di Belanda dia malah dapet ujan es. Jadi yang dia post di ig nya cuma bongkahan es batu yang nyakitin banget pas turun dari langit. Katanya kayak dilempar bola kasti.. Ehehhehe…

  7. underwear thermal itu emang ngaruh bangat buat diudara dingin. aku sampai punya beberapa saking nga kuat dingin. plus syall+topi kupluk +sarung tangan, dijamin jalan keluar pasti nyaman bangat dech. Selamat belanja mbak Noni..

  8. Aih..seru ya pengalamam ber winter..aku masih maju mundur cantik nih..kalo diajakin travel pas winter..pengen krn belon pernah ngerasain winter…kalo lihat salju dan jalan diatas salju, udah pernah waktu ke Frauyoung Swiss..tapi itu khan cuman beberapa jam ..ndak masuk itungan lah…tapi jiper juga..lha wong cuman beberapa jam di salju ada..langsung diare..tapi ngebayangin ngopi ngopi cantik di cafe sambil lihat orang berseliweren jalan diatas salju, make coat dan sarung tangan tebel tebel…dengan aroma kopi…aih…kayak nya itu salah 1 mimpi ku deh..doain ya..

  9. Cuaca inland macam Chicago bisa berubah2 tiap harinya, bisa dingin banget, terus besoknya anget, dst. Sama kaya di Oslo juga kadang gitu, pagi / sebelum matahari terbit bisa minus berapa, begitu ada matahari langsung hangat, sementara cuaca pulau macam di tempatku lebih stabil, tapi ga dingin2 banget juga (kecuali klo pas berangin, which is everyday) karena lebih stabil dengan hawa laut.

    Pasti susah ya Non klo habis dari negara tropis lalu ke negara yang dinginnya amit2. Aku aja kadang kalau dingin banget masih ngomel2 tiap pagi berangkat kerja. Ngomel2 perkakasnya banyak banget yang mesti dipake, persiapan mau keluar rumah jadi lama. Belum nanti klo udah siap semua, eh kebelet pipis, balik lagi lepas2 tuh hahaha

    Tapi aku lebih tahan cuaca dingin daripada panas. Klo cuaca dingin tinggal dipakein baju lagi, kalau panas? Udah telanjang masih gerah juga terus gimana dong? Hahaha

    • Aku juga gak suka panas Ev, apapalagi di Medan yg sumuk bgt. Panasnya kadang2 masih bs tahan tapi lembabnya duhhhh bikin emosi bgt.

      Kalau lagi di t4 4 musim gini jadi rajin kan ya ngecheck ramalan cuaca. Mau keluar pun diliat dulu bakalan ada ujan apa gak? Trus bener bgt pas winter itu ribet sama urusan baju dan sepatu. Aku sampai malas belanja itu karena ogah buka2 baju buat nyobain hahhaa

    • Permisi numpang masuk nih hihihi…setuju Va. Mending dingin daripada panas. Lebih ga costly juga klo winter krn sisa dobel2 dan dobel (lagi2 mikirin bill listrik bahaha) Klo panas rasanya sumuk bgt, ga tahan ga nyalain AC, trus mood juga jd krg bagus krn geraaaahhh bgt dan cepat capek jdnya.
      Permisii….

  10. Kalo sama salju itu love n hate ya, excited pas turun dan baru numpuk, tapi kalo temperaturnya ga naik2 n si salju jadi beku dan licin langsung pengen pergi aja ke indo hahaha.
    Btw belanjanya nanti aja kak, pas boxing day ato ga pas winter sale mulai (ikut siap2 belanja juga😂😂😂)

    • Aku belanja barang2 yg kayaknya kalo pas setelah xmas juga gak bakalan disale banyak Anis hehe. Bukan baju atau sepatu gt. Kalau itu udh dibelanjain ibunya Matt sebelum kita datang. Trus mau belanja pun susah karena kan gak kepake pas di Medan. Lagi sabar2 mau nunggu belanja yoga mat lulu lemon sama sepatu sneakers nih. Menurut kamu abis xmas bakalan disc gak ya? Malah nanya hahaha

      • Oo hihi, iya ya belanja barang winter sayang jg kalo ujung2nya ngetem di lemari aja.
        Btw kalo sneakers insyaallah diskon kyny si ka non (sotoy hahaha). Aku tadi liat di website nya lululemon free US delivery tuh kak. Trus ada bagian outletnya yang isinya barang2 discount gt. Jadi big chance mereka ikutan diskon jg pas boxing day 😝

  11. Hhahaha aku punya tu boot plastik non di kampung buat kalau ke sawah…
    Wah tapi sekarang sudah jago lah ya, kan taun kemaren sudah di di training sama salju..
    Di ttg ceritanya ya non and jaga kesehatan.

  12. mbaaakkk kayanya saya nyerah duluan kalo dinginnya sedingin itu,jangankan dinginnya salju dulu ke puncak aja (iya puncak yang di bogor itu bukan puncak gunung manapun) saya menggigil kedinginan ngaringkuk di kamar aja selimutan sementara yang lain pada berenang tengah malem bolong,2 hari dipuncak aja pulang-pulang saya langsung kena flu,wuahhhh payah banget deh saya kalo kena dingin 😦

  13. Kalo kata temenku yg pelaut yg suka berlayar ke wilayah empat musim.
    Ngerasain winter bersalju itu kya kuping getok sm wajan,sakit beku pengang. 😅😅😅

    Jadi penasaran rasanya winter bersalju kak non.. Hihihi

  14. mbaaaa … nabung mba … nabung … hahahaha … jgnkan salju, yg katanya summer di UK aja aku udh gemeteran keluar tanpa jaket pas sore menjelang malam. apalagi saljuan … beku aku ! wkwkwkwk ….

  15. Asyiknya di Belanda mah memang dinginnya nggak sampai yang dingin-dingin banget tapi masih cukup dingin jadi tetep terasa beda dari negara tropis ya Non, hahaha 😆 .

    Nggak sukanya aku sama musim dingin itu banyak banget persiapannya sebelum keluar, haha 😆

    • Iya Si bener. Persiapan keluar rumah itu bikin sesak nafas sndiri. Pake ini itu, sepatu boots, kaos kaki tebal dll. Wuidih. Mau nyobain baju atau sepatu buat belanja aja jadi males. Keburu capek bongkar pasangnya

  16. Duh, saya belum pernah ke luar negeri yang empat musim dan di saat musim dingin jadi saya cuma bisa baca deskripsi di sini dan… dingin ya, Mbak… :hehe. Tapi dinginnya banget-banget pasti ya, dingin di Indonesia yang daerah dingin mungkin hitungannya di sana masih biasa banget kayaknya, malah hangat :haha. Jadi penasaran dengan dingin yang sampai bisa bikin hidung mati rasa :hihi.
    Fotonya bagus! Ada tupainya :)).

    • Susah deh bayanginnya memang sampai kita sendiri datang dan ngerasain haha. Aku pernah ke Bromo pas musim kemarau itungannya dingin bgt dan udara sekitar 5 derajat crlcius, nah kira2 kayak gt tapi siang2 hari dan bisa drop kapan aja. Eh tapi winter di setiap negara kayaknya pun beda2 deh dingginnya. Jd bingung haha

  17. Sama kayak Eva, aku mendingan dingin deh bisa dilapisi daripada kepanasan dan gak bisa ngapa-ngapain. Awal-awal ke Irlandia aku pakai baju berlapis-lapis, tapi winter ini aku cuma pakai kaos, syal dan jaket. Kalau agak dingin ditambahin sarung tangan sama topi. Mungkin juga ini pertanda kalau Irlandia gak sedingin dulu lagi ya.

    Btw, aku gak suka salju. Jaman kecil sempat tinggal di luar Indonesia dan puas main salju. Tapi hasilnya kepalaku mengasosikan snow = mess. Entah kenapa.

    Happy Holiday Non!

  18. kalau lg winter gini paling males yang namanya buang sampah rumahan, karena tempat penampungan sampah sekitar 200 meter dri apartemen, mau buang sambah upacara persiapannya banyak bgt, baju yg panjang2, sweater, mantel syal, sarung tangan, sama boots, hahaha..

  19. ah mudik lagi yah mba noni…nggak kerasa ya..masih ingat cerita postingan mbak noni yang tangannya kaku dan sampai mimisan..main salju sama mat…makan di rumah makan mexico 🙂
    happy mudik yah mbak, have a nice family gathering there…

  20. Halo sis . Salam kenal . Kita satu kampung juga ni ( medan ) sis ak mau tanya2 bole gak ya ? Kalau bole minta privat contact ya sis 🙂 thank you

  21. Bahahahaha Non, aku baca postingan ini sambil mikir..hmm ini siih justifikasi belanja perlengkapan winter Noni wkwkwkwkwk….
    Cheers! Btw, I am also hooked on Target. Seru!! Di oz jg buka cabang merema

  22. Menusuknya mungkin kek pegang es batu lama2 ya.. haha.. Mau pun ngerasainn 😍😍 Kapan lagi kan bisa gaya pakai sepatu boots tanpa kepanasan..wkwkw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s