Boros atau Hemat?


1920568BD3

Bagaimana situasi keuangan kamu sekarang? *koq kepo ya hehe*

Saya mau cerita soal hemat dan boros karena hari ini abis ngobrol dengan temen yang kebetulan hobby banget belanja. Temen saya ini gila banget belanja dan suka sekali. Trus kalau udah suka dengan suatu barang hari itu juga dia harus punya. Makanya yang namanya menjahitkan baju apalagi OLS itu berat buat dia,  haha. Sementara kalau saya walaupun suka belanja menurut si temen, saya termasuk orang yang bisa menahan diri dan bisa bilang tidak butuh. Contohnya walaupun kepengen saya masih bisa bilang emm enggak deh jika gak butuh-butuh banget, walaupun saya punya budget.

Setelah dipikir2 emang iya sih. Ternyata sukses juga saya menerapkan setelah 3 hari baru dibeli. Maksutnya setelah lihat tunggu sampai 3 hari kalau masih pengen baru deh dibeli hehe. Terkadang karena pertimbangan ini itu lumayan sering sih saya kehilangan barang yang saya pengen. Cuman selama itu bukan sesuatu yang membuat saya mati, biasanya udah lupa dan kepengen yang lain lagi.

Kayaknya nih,  karena sifat saya yang kayak gitu akhirnya saya jadi kayak punya alarm sendiri untuk menentukan penting atau gak penting untuk pengeluaran pribadi tapi….. untuk pengeluaran keluarga nih yang susah banget untuk dihemat.

Jadi setelah saya pikir-pikir ya, pengeluaran kami sebulan untuk makan dan minum itu gede banget hiks. Bukan pengeluaran yang lain ternyata tapi beneran cuman makan dan minum. Kalau ada yang bilang masak sendiri aja… masalahnya pengeluaran terbesar adalah minum-minum diluar itu. Makannya sih paling 100-200 ribu (perorang) tapi minumannya?…. ihiks… koq saya baru sadar ya. Selama ini temen saya doang yang meratiin dan saya hampir gak pernah tau.

Sebenarnya kita sih cukup hemat di beberapa hal tapi makanan dan minuman koq berat banget ya menghematnya. Apalagi kita suka makan dan minum diluar. Terkadang kita makan dirumah tapi biaya minum-minum diluar itu percayalah gede banget. Apalagi kalau sistemnya bukan kayak di Sbucks yang beli 1 gelas bisa duduk 5 jam hehe. Mana bisa kayak gitu si Matt.

Suami temen saya lain lagi kalau makanan dan minuman dia hemat banget tapi….. untuk hobbynya wuidih bisa gak pake perhitungan belanjanya. Segala peralatan masak kece, semua alat-alat elektronik untuk bikin prakarya dia pasti bakalan beli walaupun harganya mahal.

Ada juga temen saya yang gak bisa menahan diri untuk gak beli baju-baju dan segala perlengkapan untuk anaknya. Saking banyaknya terkadang belon dipake ehh bajunya udah gak bisa dipake lagi. Yang beginian dia gak bisa tahan tapi…… untuk makan-makan diluar atau minum2 diluar dia paling ogah. Katanya mendingna duitnya buat beli sepatu anak karena lucu-lucu haha.

Setiap orang kayaknya beda-beda ya,  untuk menentukan di pos yang mana boros dan di pos yang mana hemat. Cuman untuk saya hari ini nih kayaknya emang harus dirubah deh kebiasaan pergi main keluar ini dengan si Matt. Beneran bisa ditabungin duitnya dan dipake buat jalan-jalan atau keperluan lainnya 🙂 terdengar bagus banget ya,  idenya haha. Ide yang udah pernah diomongin beberapa tahun lalu sebenarnya.

Kalau kamu gimana? pos yang mana yang harus beneran di hemat?

 

Advertisements

66 comments

  1. Aku paling gak nahan liat benang rajut dan kain katun yang motifnya lucu, Kak Non… Bisa lho berbulan-bulan gak beli baju baru & sepatu. Tapi benang & kain numpuk di ruang craft ku. Hehe… 😉

  2. aku pun sama kayak mbak Noni, kalau untuk beli barang-barang kyk sepatu, tas, baju sih bisa naha diri, begitu udah jajan dan makan di luar lgsg membengkak pengeluarannya x_x . belum lagi kalau ke toko buku, itupun menambah bengkak pengeluaran dan menumpuk buku yg belum dibaca x_x

  3. pos pengeluaran terbesarku khusus bulan ini adalah baju anak kak, alasannya sih karna mau pulkam jadi butuh baju *emang sih sampe anakku umur 3 bln aku ga beliin dia sama sekali baju jalan2 :D, jadi sekarang kesempatan mumpung ada momennya 🙂

    tapi sebenarnya pos pengeluaran terbesar itu ya kalau lagi weekend 😥 duit 500ribu ga berasa deh pokoknya *nangis dipojokan krn duit keluarnya kayak rembesan air hujan

  4. Kalau aku boros dan gak bisa nahan belanja kebutuhan berkebun, termasuk bibit dan tanaman tentunya. Kalau ditahan2, selalu ke bawa pikiran pas mau tidur hahaha.. walaupun aku dapat sedikit untung jualan bibit, gak keliatan lagi kemana duitnya :mrgreen: .

  5. Pos yang kurang bisa dihemat itu nonton di bioskop di mall. Lagi berusaha dikurangi tapi tetep aja susah banget buat aku dan koko hahaha. Kalau yang lain sih sebenernya masih bisa ditahan-tahan termasuk belanja hehehe

  6. Nah, kalo saya yang harus dihemat masih sama kayak yang dulu2, yaitu pos hobi. Masalahnya hobi saya ada banyak dan semuanya saya sukai, dan semuanya ngabisin duit. Buku, prangko, Lego, dan diecast mobil2an. 😆 SUsah banget nahan semuanya, terutama komik yang setiap dua minggu hampir selalu terbit yang baru.

    Kalo novel okelah masih bisa ditahan karena saya butuh waktu satu minggu untuk ngabisin satu buku. Untuk Lego, saya masih bisa menahannya.

    Nah, untuk diecast ini yang susah. Saya ngikutin banyak akun hobiis diecast di INstagram, dan itu sungguh membuat saya tergoda. Apalagi banyak di antara mereka yang jualan juga. Ya hobiis ya jualan. Wah udah deh, kalo mereka udah posting foto dagangan mereka dan kebetulan itu benda yang saya pengenin, ughhhhh nafsu pengen beli ini begitu susah ditahan…. 😆

    • Ihh lego itu mengerikan ya harganya. Aku baru tau harga lego2 itu karena kita suka beliin kado untuk keponakan suami aku.
      Harganya gila2an. Apalagi kalau udah yang semakin susah. Gak kebayang hahha.
      Emang rata2 hobby ini ngabisin duit sih tapi lama2 bisa juga menghasilkan ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s