10 Incredible Terrace Fields


www.lovethesepics.com Rice terraces in early morning mist, Guangxi Province, China
http://www.lovethesepics.com
Rice terraces in early morning mist, Guangxi Province, China

Sewaktu kecil orang tua saya membeli rumah di desa kecil di Medan. Rumahnya pun nyempil kayak upil diantara pohon-pohon bambu, ladang dan tentu saja sawah. Rumah kami paling sering kedatangan kodok, ular kecil (ibu biasa panggil ular lidi), kadal sampai entah binatang-binatang kecil lainnya. Tempat main saya pun berubah dari mulai ladang, sawah, pohon bambu sampai kandang sapi. Mungkin karena hal-hal ini sampai setua ini saya masih suka terpesona kalau liat sawah. Beneran suka banget. Sawah-sawah ini lah yang kadang-kadang membuat saya berniat pengen ke Cina. Loh koq ke Cina? yah kalau cuman sawah biasa kan saya udah ngeliatnya dari kecil haha.

Ps : Desa kecil itu sekarang sudah menjadi kota besar. Kalau sekarang daerah Setia Budi/ Asoka dan Sunggal.

Kalau di Indonesia ada beberapa sawah yang beneran bikin gak pernah bosen ngeliatnya. Pertama tentu saja di Bali dan kedua sewaktu saya ke Flores. Saya buatin aja deh list sawah-sawah kece menurut saya berdasarkan penglihatan langsung dan foto haha.

01. Ruteng Flores

www.nyamangroup.com
http://www.nyamangroup.com

Sewaktu saya ke Ruteng Flores sayangnya baru selesai panen jadi gak bisa ngeliat sawah yang bentuknya kayak sarang laba-laba gini. Keren banget ya dan udah yakin banget kalau pas musim tanam karena ada air-airnya bakalan lebih bagus lagi deh πŸ™‚

02. Bali

www.carrental-bali.com
http://www.carrental-bali.com

Yang pernah ke Bali mungkin pernah liat sawah beginian. Saya biasa liat di daerah Tegallalang. Emang bagus sih ya, beberapa kali kesini yang bikin males cuman pedagang2nya doang.

03. Yunan

Terrace rice fields in Yunnan Province, China.
Terrace rice fields in Yunnan Province, China.

Mulai deh masuk ke Cina. Ini salah satu alasan saya pengen ke CIna πŸ™‚ bagus banget ……duh….gemeter.

04.Β Yuanyang

Yuanyang sunset rice terraced mountain. Photo #3 by Takeaway
Yuanyang sunset rice terraced mountain. Photo #3 by Takeaway

Rela deh nunggu sunrise atau sunset di tempat ini karena huuuuuuuuuu kenapa bagus banget. Padahal cuman sawah doang.

05. Sa Pa Vietnam

www.pinterest.com
http://www.pinterest.com

Kalau Sa Pa saya udah pernah ngeliat pake mata kepala sendiri. Beneran bagus banget juga plus nilai lebihnya petani-petaninya masih pada pakai pakaian traditional. Sa Pa termasuk tempat yang saya ingin datangin lagi jika ke Vietnam.

06. Longji

famouswonders.com
famouswonders.com

Bagus ya, gimana sih bisa bikin sawah kayak gitu. Lebih pantes disebut lukisan hehe. Jadi petani2 disini kayaknya selain jadi petani tapi jiwanya adalah pelukis πŸ™‚

07. Hani Terrace

Hani Terraces http://www.touropia.com/
Hani Terraces http://www.touropia.com/

Nahan nafas liatnya. Sumpah bagus banget. Β Hani ini terletak di Ailao Pegunungan di Yuanyang. Pertanian ini sudah dibudidayakan lebih dari 1000 tahun. Beneran canggih banget ini petaninya. Sawah-sawahnya itu kayak di ukir. Mungkin kita mikirnya kayak kurang kerjaan haha tapi kalau diliat dari foto malah kayak hasil karya seni gitu kan ya. Sawah disini dulunya adalah tanah tandus yang menjadi subur berkat petani-petani yang ulet di Hani. Mereka membudidayakan padi dan juga ikan untuk ratusan ribu orang. Hebat banget. Andai di Indonesia bisa kayak gitu.

08. Machu Pichu?

Terraced Fields in Machu Picchu, Peru. Photo #11 by Christophe Meneboeuf http://www.lovethesepics.com/
Terraced Fields in Machu Picchu, Peru. Photo #11 by Christophe Meneboeuf
http://www.lovethesepics.com/

Gak tau gimana setiap saya googling terraced fields koq masuk Machu Picchu ya? apa dulu ditanamin padi juga?

09.Β Terrace paddy field in Doya

Ambil nafas.......... https://geolocation.ws/v/P/21470466/terrace-paddy-field-in-doya/en
Ambil nafas……….
https://geolocation.ws/v/P/21470466/terrace-paddy-field-in-doya/en

10. Bonusnya nonton youtube aja ya

 

Jadi gimana? udah jatuh cinta dengan sawah????


					
Advertisements

98 comments

  1. Suka sawah di bali sama yunan, semuanya juga suka dehh haha..
    Aku udah lupa sama sawah, padahal dulu di belakang rumah masih ada sawah, tapi udah berubah jadi perumahan mewah

  2. Saya lahir dan besar di kota yg dulu dijulukin lumbung pagi jawa barat (karawang), tapi skrg sawah2nya udh hampir abis.. berganti jd gedung2 tinggi, hotel, perumahan dan mall. 😦

  3. Jangankan ke salah satu daerah ini, perjalanan dari rumah ke Cilegon atau Bandung aja pas noleh ke arah persawahan udah girang setengah mati. Gimana kalo bisa nyampe ke salah satu dari sembilan yang ada di sini ya? Bahkan Bali pun belum pernah! Huhuhu.

    • Hihihii segera2 yang Bali, Dan. Sebenarnya kita kayaknya emang seneng ya liat yang ijo2 dan bagus-bagus kayak gini. Sayangnya sawah2 makin tambah dikit aja kalah bersaing sama bangunan beton.

  4. aku sukaaaaa, dulu di kampung mamakku di Pahae itu belakang rumah ompung sawah begitu Non, luaaas (bukan sawah ompungku sihihik), itu ngeliatnya cakeeeeep banget, dan ngeliat orang kerja di tengah tengah sawah begitu luas suka keliatan kayak kecil banget. Tapi aku suka males liatnya kalo pas abis musim panen itu, hihi kalo nggak ijo nggak sesuka itu liatnya

  5. Cakeeeep…dulu di kampung halamanku di Karawang, bertebaran tu sawah di mana mana. Kalo lagi musim tanam hijau royo royo. Sayangnya sekarang makin terkikis sama pembangunan. Banyak sawah yang di jual akhirnya jadi ruko atau kios 😦

  6. Unung didepan rumah di Cikarang masih ada lahan sawah, meski tinggal sedikit. Jadi gak kangen-kangen aman ngelihat pemandangan hijau. Sumpah, Sa Pa bikin saya pengen ngelihat ke sana…

  7. susasana hati pun ikutan adem ya klw lht sawah bagus kyk gitu..tenang, nongkrong lama2 lama jg gk bakalan bosan, haha iya diblkg rmh km dl kan sawah ya, samping pohon bambu, dpn jg bnyk pohon2..sejuk ya rmh jaman dulu, sampe2 mantengi cowok naik sepeda juga lwtnya dr sawah2..hahahahaaa..

  8. Cantiknya, kemaren pas nginep di Ubud, nginepnya agak di Utara, jadi bukan di Ubud downtown nya yang masih banyak sawahnya. Adem gitu rasanya ngeliatnya (walaupun hawanya masih panas). Sayang kalau menurut postingnya Ailtje ini sawah2 menghilang karena banyak dibikin villa

  9. Aku dulu kecil juga di Medan, di gubug juga.. rumah dari papan, lantai semen hitam, dinding berlumut, tp seneng bgt tinggal disana, karena di depan rumah itu semacam hutan, dan banyak lapangan olah raga. Penuh aktivitas bermain dan teman. Beda dengan sekarang, mau main anak ga bs bebas karena ga ada lahan. Nice pic banget smuanya.. bikin mata jadi segerrrr…

  10. Ah, jadi inget kalau pengen ke Machi Picchu Non. Mana pake paspor Indonesia ke Peru sana kan kaga pake visa, hahaha πŸ˜† . Tapi jauh euy. Tapi paling engga ada sih penerbangan langsung Amsterdam – Lima, haha πŸ˜› .

  11. Wah bagus-bagus ya, Non.. Yang di Bali itu mirip sama yg di kampungku di Cianjur..
    Oh ya sekilas info.., aku udah lahiran, Non.. Alhamdulillah berkat doa dari semua termasuk dirimu, proses lahiran lancar..πŸ˜„ Di blog belum pengumuman resmi tapi foto bayinya ada di Instagram..πŸ‘ΆπŸΌ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s