Yang “Mengesalkan” Dari Traveling


PicJumbo
PicJumbo

Saya jarang banget mendengar temen-temen atau kenalan saya yang punya hobby traveling pulang dalam keadaan menyesal. Sebangkrut-bangkrutnya ketika bepergian selalu aja ngerasa happy. Sesial-sialnya suatu perjalanan selalu ada hal-hal menyenangkan di baliknya juga. Pokoknya jarang denger yang mengesalkan tapi sebenarnya seperti namanya hidup disetiap perjalanan pasti terselip cerita-cerita kurang menyenangkan 🙂

Untuk saya ada beberapa hal yang beneran pengen saya skip kalau lagi bepergian hehe.

01. Visa

Aduh, kalau katanya mau pergi ke negara yang butuh visa saya kayak mikirnya lama banget. Khawatir ini itu, terutama kalau visanya gak disetujui sementara tiket udah dibeli. Belon lagi pengajuan visa kan harus mempersiapkan banyak hal, sekarang karena saya gak ngantor lagi semua-semuanya tergantung sama si Matt. Butuh surat keterangan dari kantornya, trus Matt itu lamaaa banget ngurusnya. Akhirnya saya jadi senewen sendiri.

Lucunya setelah visa disetujui sebenarnya malah seru banget karena jadi ada bahan untuk diceritain di blog dan sebenarnya itu pengalaman yang seru juga sih.

02. Terbang

stocksnap.io
stocksnap.io

Saya Aviophobia, sehingga terbang adalah kegiatan yang super mengerikan untuk saya. 1 bulan sebelum terbang saya sudah stop nonton berita tentang pesawat, berhenti nonton film yang ada pesawat-pesawatnya dan tentu saja kalau ada kejadian kurang mengenakkan kayak kemaren asap tebal di KL, sementara kami udah di pesawat tapi sampai 1 jam gak terbang-terbang juga. Saya udah ketar ketir senewen bukan main minta turun aja dan batal terbang *tapi sama si Matt gak dibolehin *yaiyalah haha*,  milih naik kapal. Turun dari pesawat saya capek banget dan stress bukan main sampai badan rasanya tegang semua. Semakin lama saya harus terbang semakin stress dan sakit badan ini rasanya. Di pesawat saya juga super tegang. Apapun gak bisa. Baca, nonton, denger musik percuma deh. Gak bakalan mempan. Lah saya makan antimo 2 biji aja tetap nyalang matanya. Begitu turun dan naik mobil baru tidur hihihi. Pokoknya saya gak suka banget terbang.

03. Mata Uang

stocksnap.io
stocksnap.io

Perbedaan mata uang cukup bikin deg-deg’an. Saya dan Matt lebih memilih ke KL atau Penang daripada Singapore walaupun udah berkali-kali ke KL. Alasannya cuman satu kalau ke Singapore mahal haha. 1-3 hari masih oklah tapi lebih dari itu berasa banget di dompet dan tabungan. Makanya kalau pergi yang jauh-jauh itu kita mikir dan nabungnya lama. Apa lagi Matt tipe orang yang kalau pergi-pergi gak mau “hemat banget” kayak tidur di airport (sekalinya saya ajakin langsung ngambek dan cranky).  Jadilah kalau perginya ke negara yang mata uangnya berbeda jauh dengan IDR, langsung rasanya pedih 🙂 tapi mau bagaimana lagi ya hehe, namanya pun pengen jadi tetep pergi juga.

Alternatif lain yah jalan-jalannya di Indonesia.

04. Tertipu (Scam)

Yah ini sih jelas ya hehe . Yang namanya tertipu atau kecopetan pasti gak enak banget. Saya bisa bayangin paniknya kalau tertipu atau kecopetan pas lagi diluar negeri. Bayanginnya aja saya udah takut. Moga-moga gak kesampean ke kita semua ya. Amin.

05. Sakit

Picjumbo
Picjumbo

Ini gak selalu sih tapi kalau saya perginya ke tempat-tempat yang agak remote bisa dipastikan pulang-pulang bakalan dapet gatal-gatal di kulit atau kalau gak keputihan. Entah kenapa. Mungkin kecapekan atau emang gak bersih aja toiletnya. Beneran ngeselin karena gak enak. Gatel-gatel di kulit itu kata ibu saya kayaknya alergi gitu. Biasanya saya dapat kalau nginep di hotel-hotel pinggir danau/laut atau deket-deket hutan. Pulang-pulang bentol-bentol merah, gatel dan bengkak trus ninggalin bekas merah kayak terbakar. Dikasih salep hilang sih tapi ada bekasnya dan ngilanginnya lamaaaaaa.

Buat yang ini nih biasanya saya selalu bawa kain/sarung bali atau terkadang bawa sprei sendiri haha. Lebih ekstrim kasur tempat tidur dibongkar karena takut ada binatang kecilnya hihihi.  Jangan dikira cuman hotel kecil doang, saya pernah dapat juga di hotel paling mahal di Samosir!

Soal sakit kayak keputihan juga ngaruh banget dari toilet dan air kayaknya ya. Makanya kalau udah di remote area gitu saya cuman bisa pasrah.

 

Ada banyak lagi sebenarnya tapi kecil-kecil gitu dan gak ngaruh banget ke saya. Ini pun mikirnya yang 5 aja lamaaa banget haha.

Buat saya pribadi (saya tau ada banyak juga orang-orang yang tidak hobby berjalan-jalan) traveling itu selalu menyenangkan. Biarpun saya selalu mengalami ke 5 hal diatas berkali-kali tapi gak pernah kapok. Pulang-pulang seluruh badan merah-merah sampai bos saya bilang “kamu kenapa? koq ngerih banget?” saya cuman ketawa-ketawa aja meringis *bayar dokter kulitnya mahal soalnya haha* dan tetep juga bepergian.

Pergi dari tempat saya biasa tinggal akan selalu menyenangkan karena bisa melihat/merasakan hal-hal baru lagi  🙂

Kalau kamu apa yang paling “menyebalkan” dari traveling?

Advertisements

123 comments

  1. Terbang nyebelin banget, maunya ada alat kayak mesin waktu yang membuat kita bisa ada di lokasi lain tanpa harus terbang dengan pesawat kayak di film Star trek 😀 Gw setahunbisa setidaknya 5 kali bolak-balik Oslo-Jakarta (plus ke pedalaman2x di Sumatera sampai Papua), capek sih tapi seru. Tiap pesawat take off tangan gw langsung keringat dingin, lebih parah kalau ada turbulence langsung pucet deh. Anehnya, gw ngga suka travel bareng suami pas di pesawat, soalnya tiap gw stress karena terbang dianya malahan ngetawain dan ngegodain.

  2. Yg paling nyebelin adalah ikut rombongan temen2 yg ud ngasi tau itin Dan budgetnya trus budgetnya bengkak 100% dong, trus pulang nya bangkrut dong, trus puasa senin kemis gegara itu dong. Huahaha. Itu mata uangnya masih IDR loh.

    Juga yg paling ngeselin adalah, pergi ke daerah panas macem pantai, trus kebakar matahari, trus mutihinnya lagi luama banget meski tiap hari ud mandi pake sabun sinsui. Sy org Indonesia tapi ga biasa aja sama tertiba berubah menjadi warna eksotik 😁

  3. Halo salam kenal.. saya juga phobia terbang, hahahaha.. klo udah mikir harus terbang pasti senewen duluaaan.. apalagi pas take off tuh aduuuhhh.. tangan org sebelah abis dicengkrem. Di atas goyang2 dikit langsung deh dag dig dug. Buat saya yg mengesalkan ya perjalanan pulang perginya itu sih. Hahahaha.. tapi ga kapok2 ya secara jalan2 mah enak yaa

  4. Belon lagi pengajuan visa kan harus mempersiapkan banyak hal, sekarang karena saya gak ngantor lagi semua-semuanya tergantung sama si Matt.
    lah noni udah ga kerja lagi??
    adekku tuh dulu, mau honeymoon ke jogja, eeeh dia tiba2 sakit, deman, muntah diare, jadinya ga kemana2 di hotel aja, di hotel juga ga bisa “ngapa2in” wong pengantennya tepar setepar2nya hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s