Jago Nawar – 5 Tips Tawar Menawar


https://images.unsplash.com
https://images.unsplash.com

Siapa nih yang baca blog saya sukanya nawar? hayoo ngacung 🙂

Jadi beberapa hari lalu saya dan Matt lagi ngantri beli tiket bis ke Aceh. Di depan kami berdiri bapak-bapak berumur sekitar 50-60 tahun. Rambutnya putih. Dia nanyain harga bis ke Aceh. Setelah diberitahu ehhh si bapak ini bolak balik nanya masih bisa kurang gak hehe. Dari harga Rp 180.000 dia nawar ke harga Rp  170.000. Kami yang nonton langsung senyum-senyum karena sebenarnya si mba penjual tiket udah bilang gak bisa ditawar tapi si bapak tetep nawar juga walau akhirnya tetep dibeli tiketnya.

Begitu juga kalau saya lagi belanja dengan ibu. Rasanya kalau gak ditawar doi gak bakalan puas. Seribu perak pun kalau bisa ditawar haha. Sayur aja kalau perlu ditawar sama dia walaupun ini becandaan doang sih. Biasanya kalau belanja sayur gak pernah ditawarlah haha.

Saya tentu saja kebalikan dari ibu saya. Keahlian tawar menawar saya jelek banget. Setelah menikah dengan Matt tambah jelek lagi karena kami berdua gak bisa nawar. Pernah pas kita pergi rame-rame dengan temen si Matt. Trus Matt selalu bilang dia bisa nawar, ya udah kita bilang kamu aja nawar, ehhh… begitu dikasih harga dia bilang boleh kurang dikit gak? dikasih dikit banget…… dan dia langsung ok. Padahal kan seninya harus main pergi dulu sok jual mahal haha. Trus Matt bilang kalau udah kepengen dia rasanya gak bisa pergi lagi, langsung bayar aja. PARAH!

Nah, karena kami berdua parah banget soal tawar menawar makanya apa-apa lebih seneng belanja di supermarket atau apapun yang harganya pas. Begitu di ajak ke pasar langsung bubar jalan. Belon lagi itung-itungan Matt dan saya sedikit jauh (udah sedikit jauh) berbeda. Saya ok biasanya dia ok juga tapi belon tentu Matt ok sayanya ok. Kalaupun belanja ke pasar biasanya buat beli bunga hidup (bunga yang ditarok diatas vas) sama sayur mayur aja. Itupun belakangan udah belinya di supermarket atau titip nyokap.

Soal tawar menawar ini saya pikir mungkin emang ada kepuasan tersendiri ya jika barang yang ditawar akhirnya bisa turun. Saya ingat satu orang temen saya yang katanya kalau dia gak ngomong “boleh kurang gak?” rasanya gak puas haha. Walaupun sebenarnya dia tahu kalau barang tersebut gak bisa ditawar atau emang sudah harga pas tapi yah iseng aja ngomong. Lucu banget.

Menurut temen saya ini kalau mau nawar ada tips-nya. Apa saja itu, mari kita lihat 🙂 . Oya udah pasti ini tips berlaku di tempat-tempat yang emang bisa ditawar ya, kalau di supermarket gak mungkin banget haha.

01. Belanjalah lebih pagi karena kalau pagi toko-toko baru buka sehingga mereka mencari penglaris. Biasanya kalau ditawar juga lebih dikasih. Di Medan biasanya kalau pagi-pagi laku duitnya langsung dikibas-kibasin ke dagangan.

02. Nawar harus tega. Minimum 50 % kalau lebih tega lagi 70% dari harganya. Haduh merinding gak sih haha. Kami berdua pernah dimaki ibu-ibu Madura pedagang mangga gara-gara temen saya nawar mangga kemurahan. Takut……

03. Jangan kasih liat muka kepengen walaupun emang kepengen. Belagak cuek kayak gak mau gitu

04. Harus jual mahal. Mirip kayak lagi PDKT. Harus jinak-jinak merpati tapi kalau udah pengen banget dan udah kepanasan yah udahlah beli aja.

05. Jangan malu. Kata temen saya ini hotel aja kamarnya bisa ditawar kalau lagi sepi apalagi baju di toko. Selama bukan departement store dan bentuknya cuman toko-toko kecil tawar aja. Nothing to lose. Kalau gak dikasih ya udah, masih banyak toko lain atau belanja online aja. Hahaha…..

Kalau kamu gimana? jago nawar gak atau punya tips yang lain?

Advertisements

141 comments

  1. Gw nggak tegaan kalo nawar Non…. biasanya kalo nawar iseng2x terus dikasih gw malahan bayar harganya utuh… malah kadang gw lebihin kalo yang jualan terlihat lebih butuh uangnya daripada gw. Tapi, suami gw itu jago banget nawar…bahkan di tempat2x yang kita pikir ngga bisa ditawar. Pernah waktu di Lombok di counter perhiasan dia nawar dan akhirnya dapet diskon 50% lebih… Sampe tukang tokonya takjub juga….ini lebih murah dari harga orang lokal….Nawarnya dia jago sih, make kalkulasi dimana lokasi produksi, jarak lokasi ke toko, biaya pekerja, lama pembuatan, perkiraan persentase keuntungan wajar pedagang dll mungkin karena kerjaan dia memang bagian di marketing sebelumnya jadi masalah pricing udah khatam meski konteksnya beda 😀

  2. kalo soal tawar-menawar, biasanya mesti aq sih kak.
    apalagi klo lg jalan sm akang.
    akang nyuruh aq yg nawar, termasuk nawar bajaj. padahal aq udh bilang “km aja sih, muka kamu kan batak. lebih nyeremin ” *bletaaakk
    tapi akang malah bilang “lohh, itu lah gunanya arti hadirmu”
    jiaaahh. akhirnya selama kita jalan klo mau beli yg bisa ditawar, ya pasti aq lah yg nawar.
    rasanya puas sih. hahaha
    bahkan tukang tahu gejrot aja saya tawar..wkwkwkwkw
    dari 10rebu sebungkus jadi 8 ribu (nyesel knp ga nawar 5rb yak?) dikatain “Gila” sm tmn kantor krn tega pake nawar tahu gejrot segala. hahahah

  3. Noni..dah lama ga maen di blog kamu…
    aku payah banget ga bisa nawar..makanya kalo belanja di indonesia suka malas gara2 skil nawar yg jelek abis..beda ama nyokap yg jago…ekekeke

  4. Palingg ga bisa nawar..wkwkw.. Temen suka kzl soal ini :p Beli piso yg menurut dia bisa dapat harga 5 rebu, aku belinya 10 rebu..wkwk.. Tapi makasih tipsnya Non, emang mesti belajar nih. Apa2 mahal..huhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s