Bermulut Lancip/Kotor


Pic source : wolfpaulus.com
Pic source : wolfpaulus.com

Zaman sekarang yang namanya “mulut lancip” itu gampang banget ditemuin. Gak cowok dan cewek banyak yang nyinyir. Apa-apa dinyinyirin. Lebih ngerih lagi kalau nyinyirnya sampe gak sungkan-sungkan ngomong kotor. Saya sempet ketawa-ketawa pas beberapa cewek mengakui dengan lantang kalau mereka “group nyinyir alias bermulut lancip”. Sangking lancipnya semuanya pun salah. Kalau berdekatan dengan mereka langsung gak berani salah. Takut dinyinyirin. Padahal diri sendiri sama lancipnya hehe.

Beberapa hari lalu temen saya cowok komen begini “mba, ini cewek-cewek keliatannya aja halus ya tapi aduh mulutnya itu loh, gak kuat dengernya. Semua orang dikomentarin kayak udah paling bener aja sedunia. Trus mereka itu kayak gak sadar diri aja. Paling gak nahan lagi adalah cantik-cantik tapi mulutnya kotor banget” saya yang denger dia komentar langsung berasa diomongin diri sendiri. Jadi sekarang selain nyinyir ehh ditambah kotor pula hehe.

Memang sih beberapa cewek yang saya kenal gampang banget ngomong kotor. Pokoknya semua-semua nama binatang sampai istilah kotor lainnya sebegitu gampang diucapkan. Apakah saya gak pernah ngomong kotor?

Emmm semasa kecil ibu saya paling benci banget kalau kita anak-anaknya ngomong jorok. Kalau ketauan bakalan diancem mulutnya dicabein. Siapa yang berani. Kucing aja dicabein keliyengan.

Setelah lebih gede, tepatnya setelah mulai kerja di radio. Ucapan-ucapan kotor itu mulai merasuki saya. Bagaimana gak ketularan, setiap hari saya denger anak-anak cowok ngomongnnya begituan. Lama-lama berasa normal aja ngomogn kayak gitu. Saya paling suka memaki kalau lagi nyetir di zaman itu. Gak nahan banget kadang-kadang kalau gak marah-marah.

Setelah pindah ke Surabaya, kebiasaan itu hilang sendiri. Gak tau kenapa. Mungkin karena lingkungan saya berubah juga. Cowok-cowok tukang maki itu udah gak ada lagi. Saya balik ke kehidupan normal ๐Ÿ™‚

Begitu pindah ke Medan sebenarnya sama aja. Matt sebenarnya cukup sering ngomong jorok ย kalau lagi ngamuk. Bukan kesaya sih sebenarnya. Temen-temennya juga sama aja. Bolak balik ngomong “Please excuse my poor French” karena asik ngomong WTF pas lagi ngobrolin sesuatu (biasanya pemerintahan dan konservasi). Herannya saya kayak gak terpengaruh. Biasa aja. Denger tapi gak jadi berbicara kotor.

Nah, pas balik kerja lagi baru deh saya kayak kena sengat listrik haha. Sempet beberapa lama saya kaget-kaget lagi. Dipikir-pikir lucu juga saya kaget. Untungnya walau sudah lebih satu tahun balik ngantor, ternyata saya emang sekarang udah cukup tangguh untuk gak ketularan hehe. Yang nular cuman nyinyirnya aja. Apa-apa sekarang dikomentarin kayak berasa diri sendiri paling bener di dunia.

Pas nulis ini saya sampai ketawa-ketawa sendiri membayangkan mulut nyinyir itu. Bermulut nyinyir itu emang paling seru cuman sama temen-temen deket doang tapi begitu kedengeran orang lain ternyata gak sama serunya. Sementara bermulut kotor emmm… persis seperti ibu saya bilang dulu gak baik diucapkan.

 

 

Advertisements

96 comments

  1. Aku lagi ngindarin dkt2 org kaya gini, kmrn pas lg sarapan sama cowok2 aku mendadak pergi karena gak tahan sama mulutnya, komentarin kerjaanku udah kaya plg bener sedunia aja, gak cuma cewek yang lidahnya tajem, cowok jg

  2. Aku jg suka komen pedes tp krn ga ada temennya buat nyinyir ya udah dalam hati aja sih seringnya. Kadang sama Abi. Tp Abi jg klo diajak terlalu pedes jg gak mau hahaha.

    • Aku jg koq mem haha bedanya Matt pun parah kali nyinyirnya. Cuman kalau denger ce/co yg ngomong jorok itu agak2 gimana sih aku skr. Suka berantem juga jadinya sama si Matt kalau dia nyetir dan maki2

  3. lingkungan emang sangat2 berpengaruh ya mba.. aku ga tau kenapa risih banget kalo liat ada org yg super nyinyir atau yg ngomongnya jorok gt..bikin gatel telinga dengernya…
    hahahha…kayanya kalo cewe semuanya nyinyir ya mba..cuma yg ngebedain mungkin kadar kenyinyirannya aja.. ๐Ÿ˜€
    aku juga kadang suka nyinyir..tapi nyinyir sendiri atau ama suami.. ๐Ÿ˜€

  4. Aku udah mulai nahan kalo mau komentarin orang yang baru kenal mbak. Apalagi berasa nge judge padahal deket aja belom.
    Kalo sampe nyinyirin aku ga berani mbak karna dulu malah akunya yang korban nyinyiran orang (almost bullying). jadi berasa dinyinyirin itu ga enak bgt. Hiks *lap ingus*

  5. punya temen kayak gituuuu…melipir pelan2 aja.. hehe. temen kuliah yang rasanya dia brenti tumbuh di masa kuliah aja. wong kuliah udah puluhan tahun lalu, masi aja gosipin si anu-ini yg entah aku jg udh gatau dimana. hihihi…ganggu sih emang ya mbak.

  6. ((Padahal diri sendiri sama lancipnya)) iyaaa nih sepakat :))
    suka takut deket deket orang nyinyir yang suka ngomong kotor, padahal kalo udah ngeriung sama temen deket BEUH! ehehehe tapi ya bedanya mereka nyinyir dimanapun kapanpun tentang siapapun kemana mana, nah aku ya sama temen deket aja (sama aja mbaaa)

  7. Hahaha nyinyir2 mmg paling seru hihihihi…tapi klo yg kasar2 menurutku udh krg paslaaah. Dulu pas kuliaaah jujur srg jg blg WTF..skrg dah ganti jadi what the hell wkwkwkw..

  8. Nyinyir mah kalo dalam satu pertemanan aja sih aq gak masalah. Kalo nyinyirin penampilan orang pas lagi nongkrong mah, aduh gk banget. Berhubung diriku gak pengen dinyinyirin, ya daku ogah nyinyirin orang. Klo ada temen yg ngajak nyinyirin orang, biasanya aku cuman “oooooo”.. sudah jangan diperpanjang.. wkwk..

    • Hihihi.. kalau aku dengerin trus Wid ๐Ÿ™‚ dasar nakal ya hihih.
      Apalagi si matt, nyinyir banget mulutnya. Apa2 dikomentarin. Cuman kalau ngomong kotor aku emagn gak suka dan mendingan menghindar sih

  9. Pas baca judulnya… aku menterjemahkan secara harfiah “mulut lancip” : orang yang mulutnya bentuknya lancip *tutup muka*.
    Nyinyir mah kali bawaan semua orang ya mbak, kalo ada sesuatu yang gak disuka ada aja paling yang dinyinyirin hihih. Jadi tergantung orangnya bisa menekan seperti apa hasrat nyinyirnya. Kalo ngomong jorok, semakin dewasa semakin jarang ngomong joroknya (paling sreg sih emang kalo sama temen gengs yang emang otaknya udah pada jorok dari sononya hihihih), salah satu faktor yaa itu takut dinyinyirin orang hihihi

  10. Ada banget tuh mba Noni tetanggaku anak mahasiswa kalo lagi main PS sambil teriak-teriak super kenceng pake kata-kata kotor. Pernah sekali sampe disamperin Pak RT, setelahnya agak berkurang sih biarpun kayanya suka kelepasan juga. Hihihi.

  11. iya Mba, paling males tuh temenan ama yang nyinyir apalagi kotor haha
    jadi ingat pernah baca tulisan (lupa dimana) tentang seorang Ibu Chinese yang nampar anaknya di airport, anaknya masih kecil padahal
    pas ditanya kenapa ternyata karena anaknya ngomong kotor, biar dia ingat dan ga ngulangin lagi katanya..

    beneran PR buat orang tua memang, dari kecil anaknya kudu di ingetin..tapi ga usah sampai nampar kali ya ๐Ÿ™‚

  12. Yang paling apes, kalo ternyata ada orang dekat kita, yg mulut nya…setajam silet…ya nasib….ya nasib…#pegangan tiang dambil nangis๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜ณ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

  13. Kayak udah paling bener sedunia tuh sifat manusia banget ya. Semua orang pasti gitu cuma tingkatannya aja beda2. Ada yg cuma berpotensi tapi gak diekspresikan. Jadi keliatannya kalem aja. Kalo saya kadang2 bermulut pedas juga, haduh malu bgt ngakuinnya ;p

  14. hati-hati dengan lingkungan memang Non..soalnya pengaruh banget. Apalagi kami di sini, yang notabene orang-orangnya enteeng bangeeet swearing..dengan anak-anak di dekat kita, kita harus extra hati-hati..karena mereka kan copy cat abiiis…untungnya setiap ada yang swearing anak-abakku selalu bilang, Mom, it’s not nice to say that, rite…

    • Iya bener, aku juga berasa banget karena tiap hari denger lama2 ngerasa itu normal padahal dari kecil udah diajarin gak boleh ngomong kotor. UNtungnya setelah keluar dari lingkungan itu akhirnya yah ilang sendiri hehe.

  15. Selain nyinyir di mulut, jempol ketik kata2 pedas di sosial media orang lain itu juga banyak kayaknya ya Mba sekarang, namanya apa dong… Tapi aku juga kadang nyinyir sih, apalagi kalau lagi sama inner circle, haha. Musti meningkatkan kesadaran kali ya Mba, soalnya emang bener pas didenger orang jatohnya kayaknya kurang enak :p

  16. Saya juga diajarin dari kecil kalau mulut itu dikasih sama Tuhan untuk ngomongin hal yang baik dan benar. Waktu masih kecil rasanya masih bandel dengan hal beginian. Dijewer karena omong kotor pun sudah biasa. Semakin gede baru berasa ada benarnya juga jika mulut digunakan dengan semestinya.

  17. pas kecil jg sama..klo ketauan bermulut kotor suka diamuk ortu..makanya pas sekalinya bermulut kotor ama temen, lgsg pada takjub haha
    ini ada kebiasaan jelek, aku suka bermulut kotor di korea pake bhs indonesia kan, toh ga ada yg tau..pas balik mudik kemaren sempet kelepasan..langsung diliatin orang..malu abis hihi
    oh pernah jg pas lagi ngomong jelek gtu di korea tau2 ada yg paham bhs indonesia dan nyapa..itu maluuu bangettt

  18. Baca judulnya yang kebayang malah Suneo ๐Ÿ˜‚ hahahaa. Sama mba, di sini aku juga heran ngeliat yang cakep2 mulutnya kotor seolah ringan banget ngucapin kata itu sementara aku dengernya sambil mengernyit (lebay). Memang sih lingkungan berpengaruh, karena di keluargaku juga diancem dicabein dan disentil hahahaha jadinya sekarang kalo misuh2 paling banter ngomongnya s1@*an.. eh itu kasar juga ya? Hahaha *istighfar*

  19. tapi kalo ga nyinyir kayaknya gimanaaa gitu ya mbak Non, ga seru hidup ini *halah* hihihihi. Tapi sm temen2 deket aja kali ya, dan ga perlu ngomong kotor segala ๐Ÿ˜€

  20. hahahaha…gemessss bgt sm cewek yg mulutnya nyinyir, apalagi kl yang di-nyinyir-in gak ganggu dia sama sekali *dakuhhhhh sering bgt jadi korban emak2 nyinyir dan busuk mulutnya hahahaha

      • banyak hal kak, kalau dilist gak cukup 10 postingan hahaha. Salah satunya nih, pas ada saudara dtg ke rumah (*ceritanya aku lg di sibolga tuh, jadi suami sendirian aja)…eh si mulut busuk ini nelpon dong ke saudaraku itu dan nanya ‘Gimana rumahnya? BERSIH GA? RAPI GA?” Haduuuuhhhhhhh, kalau gak bersih dan gak rapi, situ mau datang bersihin rumah kita? hahahaha… bikin senewen kan ya? *padahal meski ditinggal, rumah tetap rapi dan bersih dong, kan ada si mbak yang pulang hari bersihin rumah hahahaha *kepret diketiak

      • Iya kak, tapi itu mah masih belum seberapa dibanding keusilan mulutnya yang lain wkwkwkwk…dulu sih suka nyesek dan nangis dengarnya, sekarang? BHAAAYY!! Mending main sama anak ๐Ÿ˜€

  21. Aku sering nyinyir Mbak, hehe..tapi gosipinnya cuma sama temen2 yang bener2 deket dan sefrekuensi aja. Tapi mulut kotor yang suka maki2 atau misuh2 gitu kayaknya ga juga. Ga tega mau nyebutnya. Orang2 di sekitarku juga ga yang suka ngomong kotor gitu juga sih. Tapi aku pernah ceritain suatu kisah di mana si tokoh yg aku ceritain tuh sukanya misuh2, trus sama temen yg dengerin ceritaku ditanya, emang misuh gimana? Aku cuma bisa jawab, ya pokoknya misuh2 yang bahasa Surabaya itu deh *tetep ga sampe ati ngucapinnya* *sok suci* ๐Ÿ˜†

    • hahaha…. Cha, aku ketawa2 baca kamu bilang sok suci hhihii.
      AKu sih suka aja kalau nyinyir apalagi kalau berduaan ama si Matt dan kita lagi bengong gitu pasti deh. Cuman kalau gak sama orang2 deket aku yah diem aja hahah

  22. Pas SMP SMA ni mulut kotoorr banget.. Becanda aja pake makian, apalagi berantem.. Pas kuliah sekos sama anak2 manis yg beneran manis (bridesmaid ku kmren), lgsg berubah. Tapi klo soal nyinyir.. Errr. Masih lah dikit2 :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s