Tentang Punya Bayi


http://www.gratisography.com/#people
http://www.gratisography.com/#people

Saya jarang banget ngomongin tentang anak karena memang belon punya. Rencana punya anak pun sebenarnya masih belon jelas juga. Ada dan tiada gitu statusnya hehe. Kadang-kadang pengen tapi terkadang ngerasa ya udah deh πŸ™‚ dikasih ok gak dikasih usaha terus haha.

Saya tahu banget perjuangan untuk memiliki serangΒ anak untuk beberapa orang itu bener-bener luar biasa. Saya denger cerita dari sana sini terutama kalau pas kebetulan saya kontrol ke Obgyn untuk cek kista dan endo. Perjuangan orang-orang ini terkadang gak cuman duit dan cucuran air mata loh. Β Makanya kalau denger komen temen saya yang bisa kesel banget pas liat orang-orang terlihat “menyia-nyiakan” anaknya bisa judes banget, saya bisa mengerti.

KemarenΒ saya yoga seperti biasa. Entah kenapa hari ini banyak sekali gerakan-gerakan yoga untuk memperkuat rahim. Temen saya yang kebetulan bakalan program IVF dalam beberapa minggu ini tentu aja semangat 45. Setelah yoga seperti biasa kita ngobrol dengan asisten guru yoga. Masih muda banget dia. Sebelum kelar, Β guru yoga kita mention kalau si cewek ini lagi pengen banget punya bayi makanya dia tetep agak gendut. Oh iya jadi sebelumnya ada yang komen gini “koq rajin yoga perutnya tetep buncit” huaa…. berdarah gak sih. Si cewek asisten guru yoga ini lagi minum obat hormon ternyata. Kalau dia jadi agak berisi yah udah deh, lagian koq mulutnya minta dijait banget sih komen kayak gitu. Gak sopan banget. Saya sama Ika (temen saya) sampe pandang-pandangan gitu karena yang ngomong-pun gendut gak kira-kira.

Oh iya balik lagi soal program bayi. Jadi dari yang tadinya kami ngobrol ber-3 akhirnya banyak yang ikutan join. Ternyata didalam kelas yang orangnya cuman 15 itu aja ada beberapa yang sekarang lagi pengen banget punya bayi. Serasa lagi kumpul-kumpul sesama pencari bayi deh hehe. Ada yang udah 14 tahun usaha sampai hari ini masih belon sukses, ada yang udah 5 tahun, ada yang udah 7 tahun, ada yang baru 1,5 tahun dan semuanya langsung komen “ahhhh… masih baru, santai aja, gak boleh stress”

Dan yang paling lucu nih ya, saya baru tahu mungkin karena kami sama-sama di Medan, tanpa pake janjian ternyata rata-rata pernah ke dokter yang sama haha dan rata-rata semuanya keok sama mulut lancipnya si dokter “ajaib” itu. Dokter ini katanya jago banget. Rata-rata yang pengen program pasti ke prakteknya dia tapi…. masalahnya mulutnya itu “jahat banget”. Kata beberapa kenalan saya itu si dokter pernah komen gini ke mereka

“Sperma suami kamu nih gak bagus, jadi harus diobatin gak boleh males” hah… pedih suaminya. Pulang-pulang berantem

“Kalau mau hamil ya sabar, kalau gak sabar ganti aja suaminya” haduh… pedih hati dengernya dan komen yang ini paling sering didenger terutama kalau si suami malas diperiksa juga.

“Yang mau hamil itu kan bukan kamu aja, suami juga harus dibawa dan diperiksa. Jangan-jangan dia yang bermasalah kan?” bener sih tapi begitu diomongin ama suami langsung perang bubat

“Hamil itu bukan sihir, harus rajin check up dan suami sama istri harus diperiksa”

Dan masih banyak lagilah komen si dokter. Jadi…..banyak suami-suami yang belon datang aja udah mundur teratur.

Soal yang begini-beginian kan sensi ya bow πŸ™‚

Trus terang setiap kali denger cerita-cerita kayak gini saya salut, angkat topi untuk semua yang sedang berusaha untuk punya anak. Perjuangannya luar biasa. Seperti yang saya sebutkan diatas bukan cuman tenaga, duit, nahan sakit harus dites ini itu plus ditiup2 (hiiii) tapi juga perasaan kita kan? kata si asisten yoga “Yah….. aku kan pedih mba tiap kali telat ehhh ternyata gak hamil huhu. Padahal begitu telat aku udah gak “liar” lagi alias dirumah aja”

Tau gak apa yang selalu bikin saya santai banget sampai hari ini *yah paling gak begitu deh menurut saya* saya selalu yakin kalau emang sudah waktunya pasti bakalan dikasih dan tetep usaha. Dan punya temen-temen yang ceritanya sama dengan kita asli bener-bener bikin kita gak sendirian. Makanya saya stop baca tulisan-tulisan tentang program yang gagal atau denger cerita yang gagal. Saya lebih suka mengangapΒ  itu semuanya hanya tertunda aja.

Yang paling penting untuk saat Β ini sehat, bahagia, rajin sedekah dan berguna untuk orang lain πŸ™‚ Β dan jangan lupa minta doanya supaya semua yang sedang berusaha memiliki anak berhasil (amin) . Apalagi ada beberapa temen baik saya bakalan IVF beberapa bulan ini. Semoga mereka berhasil karena saya tahu banget kayak apa mereka berjuang untuk itu.

Punya cerita yang lain tentang perjuangan memiliki anak, share yuk.

145 comments

  1. aku alhamdulillah banget abis nikah langsung isi kemaren mba.. beberapa temenku ada yang lagi program juga, dan aku tau banget gimana usaha mereka…
    btw itu dokternya beneran sadis ya mulutnya..gila aja.. gimana tambah ga terkoyak itu ego para suami dengernya…

    semoga segera diberi kepercayaan ya mba non.. dan semoga temen2nya yang lagi program hamil, programnya berhasil.. (amiin)

  2. Pengalaman temenku sih, Mbak. Ada yg berhasil setelah 7 tahun nikah, ada yg udah 4 tahun masih berjuang juga. Saking seringnya denger kisah perjuangan mereka punya anak, rasanya ikut seneng pas dia telat “dapet” sampe akhirnya hamil, dan ikutan sedih juga kalo ternyata cuma telat doang tapi testpack-nya negatif. Bosku sendiri ceritanya baru punya anak setelah 10 tahun menikah, katanya udah sampe segala kyai sama pastur didatengin semua minta didoain biar bisa punya anak, hihi… Namanya juga ikhtiar ya. Oiya, suka baca kisahnya Alodita juga gak, Mbak? Itu aku juga ikut deg2an baca ceritanya plus ikutan hepi pas akhirnya berhasil dan udah lahir anaknya yg ditunggu2.

    Semangat ya Mbak, semua indah pada waktunya πŸ™‚

    • Baca Icha, aku ikutan juga deg2an karena dia kan juga punya beberapa masalah sebelum hamil. Syukurlah akhirnya suksses ya.

      Ini temen yoga aku yang 14 tahun itu juga, tetep semangat banget. Denger dokter ini bagus pengen nyobain. Aku salut ama yang kayak gini ini. Hebat gitu gak ada bosennya

  3. Salah satu temenku ada yg udah nikah 7th lom ada anak. Ada yg 6 th nikah bru dikasih. Kalo aq alhamdulillah jeda 3th. Ya emang sebelumnya ngerasa lom siap aja hahaha. Tapi begitu divonis kans hamil cuma 25%, langsung drop.. huhuhuhu..

    Tapi ya, aq percaya kalo anak itu rejeki dan waktunya kapan itu hanya Allah yg tau. Tenang aja mbak. Kalo dh waktunya, walo umur dibilang beresiko, tetep dapet kok. Martha tilaar tuh, umur 41 bru punya anak padahal awalnya divonis mandul. Semua rahasia Allah..

    • Aku sih gak masalah koq Ecchan πŸ™‚ maksutnya kita santai banget tapi setiap kali denger cerita orang yang lagi usaha aku koq yah ikutan deg2an hahaha.

      Anak emang beneran rejeki ya, aku setuju ama kamu. Kita gak pernah tau kapan dikasihnya. Makanya tetep semangat dan usaha πŸ™‚

  4. πŸ™‚ topik yg dekat dihati, meski 5thn nungguin Raya ngga selama yg belasan tahun, tapi ngerasain banget rasanya diposisi itu dulu. Daaaan sempet punya dokter yg mulutnya pengen dicabein juga, dokter itu senior, salah satu pengagas IVF di Indonesia, dia treatment pasien harus sesuai prosedur, ga bisa maen langsung minta IVF, pernah dong males minum obat & operasi, aku bilang “dok, langsung IVF aja deh” dan si dokter dgn sadisnya bilang “sperma siapa? Sperma orang laen? kan kamu tau bla bla bla…. ” abis itu pulang2 manyun & ganti dokteeer!!!

    Tapi ternyata setelah nyari2, banyak dokter2 spesialis utk promil yg baik2, komunikatif & bermulut lembut… πŸ˜€ Secara yg hamil kan kita, udah mo promil & dokter bikin stress mah mending aku tinggal aja hihihi

  5. Temenku ada mbak Non yg suka nangis-nangis ketika ga kunjung dapet anak. Akhirnya doi memutuskan untuk bayi tabung. Yang pertama gagal. yang kedua kembar dua. yang ketiga kembar tiga. sekarang anaknya lima, paling banyak jumlahnya daripada temen-temen sejawat yang sudah punya anak duluan, hehehe. Ada sodaraku menurut dokter suami istri sehat, tapi sudah 15 tahun menikah belom dikasih. Temenku yang kemarin rahimnya dipotong setengah karena kista malah skrg punya anak dua. Wallahu A’lam Bishawab, Anak memang hak prerogatif Alloh ya mbak Non πŸ™‚

  6. Sama Mba Noni, kita masih berjuang dan berusaha serta terus mencoba untuk gak sensitif. hehe… Semalem aku mimpi (persis semalem banget) mimpi abis lahiran punya anak cw… Lol lol… Mungkin itu impian terpendam kita :p

  7. Ehhh itu mulut nya minta di jait amat yahhh blg tetep gendut pdhl yoga huhuhu

    Gw punya anak setelah nikah 2th dan tau banget lah perjuangan nya supaya bs hamil dll. Smoga tmn nya berhasil semua yahhhh.. Dan buat dirimu semoga dikasih tepat pd wktnya. Amin

  8. hai mbak noni, november besok aku udah 3 tahun nih:p
    duluuu…dari yang mulai nangis bombay plus cranky ga jelas tiap kali dapet, sekarang sih udah mulai tenang dan sugesti “it’s okay, anak itu rejeki dari Allah, kalo udah waktunya insyaAllah dikasih kok.”
    baru ikutan promil sekali dan belum sukses, akhirnya gondok deh gak mau balik dokter lagi. haha πŸ˜€
    kalo komen sih…udah khatam aku dikomenin macem-macem. mulai dari yang mendoakan baik, sampe yang mulutnya minta dilemparin mercon. haha πŸ˜€
    malah tetanggaku bilang : kamu sih kurang gizi, makanya gak hamil-hamil. πŸ˜€

  9. aku suka bacain kisah pasien promilnya dr Suryo Bawono yang di Pekanbaru itu mba, suka amazing sendiri bacanya. orangnya juga baik dan agamis gitu.. ga kayak dokter yang diceritain itu, nye be lin yaaa

  10. ibuku, 7 tahun. makanya, dulu aku sm adikku dikira cucunya mereka krn umur kami jauuuh bedanya. bapakku mana telat nikahnya, br late 40 menikah. makanya dulu pas aku dapet sakit (eh masih sih sampe skrg), ibuku rempong to the max ngajak priksa ke banyak RS, sampe belon nikah udah USG transvaginal tp lewat ‘belakang’. hasilnya emang ada endo tp selaput2 gitu, pas sectio obgyn ku jg bilang masih ada–tp herannya bukan diambil. katanya sih ga ngaruh amat, tp entah deh hihi. ada juga sih sodara yg ‘banci’ banget br 3 bulan nikah ngerasa bermasalah, tp udh hamil setelah 6 bulan nikah malah baper. ngidam aneh2 hrs diturutin, makan sembarangan gabole ada yg ngelarang. suka sedih liatnya hamil malah ga dibawa sehat.

  11. Bhahahahak salut sama pak dokter! Yo bener ancene kudu ngono, nyah. Ojok wedhoke thok diobok-obok sampek enthek, lah lanangane gak gelem diprikso. Padahal mengobati masalah kesuburan pada pria relatif lebih mudah. Gak athek USG dalam, masukin obat ke dalam miss v, ditiup, bahkan sampe suntik hormon. Haduh…. Lanang kan insyaalloh cuma disuruh minum obat/suplemen, memperbaiki pola makan (sayur-buah) dan atuhlah jgn pake skinny pants ketat mencekam itu hahaha. Kasian onderdil dalemannya kecekik gitu πŸ˜†

      • Klo masih ada ego, gak heran dokternya makin pedes ya ngomongnya hihihi. Klo dokter-nya Abi di UNSW dulu, tanya sama Abi: do you smoke? (Jawab: No) Drinking alcohol? (Jawab: No). Eh dokternya lanjut becanda sambil nulis di catatan pasien: “Oh okay… Not enough smoking…. Not enough alcohol…” -bhuahahaahak dokter edan! But we love him!!

  12. Alhamdulillah istriku hamil ketika usia pernikahan kami baru jalan 1 bulan.
    Tapi unutk yang kedua kemarin kami harus sedikit ikut program, mulai dari makan buah kurma mentah hingga di pijit sama ma paraji. maklum dikmapung masih ada non… Alhamdulillah 1 bulan setelah itu, istriku hamil anak yang kedua…

  13. Sabar ya Non, semoga ikhtiar dan doa’nya membuahkan hasil terbaik pada waktunya nanti, aamiin…harus diperbanyak frekuensi jalan-jalannya ini *justifikasi gak nyambung* :p

  14. kok aku baca komen dokternya gak merasa dia judes apa gimana ya.. malah ngerasa emang mesti gitu! kalo digituin para suami malah ngajak perang bubat, berarti mereka cemen ah hahahahaha..
    selama ini kalo ada yang susah hamil pasti yang dicurigain pertama istri deh… padahal kan belom tentu, pandangan kayak gini yang bikin banyak suami lenggang kangkung ajah gak merasa ada yang salah sama dirinya.. suka gemes sendiri jadinya!

  15. itulah kenapa anak adalah titipan mbak,

    dulu sempet kaget juga punya anak padahal baru banget nikah. tapi justru melihat teman2 yang program dll jadi saya sangat beryukur. apapun itu tuhan pasti akan memberikan waktu yang tepat. kita cuma harus yakin dan berusaha cmiiw

  16. Kalo aku siy udah pasrah aja mba, dibawa santai biar gak tambah stress. 2 tahun awal pernikahan siy memang kuping panas kalo denger orang pada komentar, lama-lama kebal n sekarang nyaris gak ada yang komentar lagi hahaha. Akhirnya mikir positif aja, Tuhan pasti punya rencana yang lebih baik di usia pernikahanku yang udah 14 thn ini. Yang penting mah tetep semangaaaaatt mba !

  17. Aku sekarang mulai dapat banyak komentar sana sini mbaa.. Kalo lagi mellow kadang suka merasa bersalah juga sih sama keluarga karena belum bisa ngasih cucu. Tapi kayak yang Mba Noni bilang, kalo memang belum waktunya dikasih ya gak akan dapat juga ya mba mau usaha gimana pun. Ada kenalanku udah 14 tahun berjuang punya anak, cobain IVF sampai 10x dan gagal terus, baru berhasil di percobaan ke 11 apa ke 12 (aku lupa), dan berhasil. Anaknya kembar pula. Cerita-cerita penyemangat gitu yang aku baca terus biar gak gampang mellow karena belum punya anak sampai sekarang hehehe. Aku dan suami belum sampai promil ke dokter sih. Masih mau menikmati waktu berdua dulu hehehe.

    Mudah-mudahan teman mba berhasil IVF nya, dan kita berdua juga teman2 lain yang belum punya anak segera diberikan waktu yang tepat itu ya mba. Amiiiin πŸ™‚

  18. Noni, aku juga dalam kondisi yang susah untuk dapet anak yg ke 2. Secara anak pertamaku sdh umur 11 tahun skrg. Dulu hami anak pertama cepet, sebulan merid lgsg isi. Pernah juga ikut program utk anak ke 2 di bbrp obgin, tapi nihil. Ada juga dokter yg ngomongnya pedes di Denpasar. Inget banget dia bilang,” kenapa umur segini (wkt itu aku 32 thn) ibu baru program?? kan lebih sulit, bla..bla… ” hiks..langsung down 😦 .
    Sekarang di bawa sante aja, kayak di pante :). Mungkin Tuhan belum ngasih kita rejeki berupa anak, tapi rejeki dalam bentuk lain.

  19. i feel you mba noni, akupun juga gitu udah 7 tahun tetep usaha :D, kalo lagi mood bagus dibawa santai aja menikmati hidup tapi kalo lagi badmood bisa nangis melulu gara sensi, ngeliat temen hamil nangis, nonton film tentang anak2 mewek…duhh ga enak banget.

  20. Kalo orangnya memang pengen tentu sangat ditunggu sekali ya. Sayapun pernah ngerasain itu. Pada akhirnya saya percaya bahwa ini sebagian besar urusan Tuhan, yg mana seringnya sih gak bisa diatur pake logika. Jadi punya ato belum punya keturunan itu juga hak Tuhan. Kita hanya bisa berusaha, dengan tanpa menghilangkan posisi Tuhan yg berhak memberinya πŸ™‚

  21. saya sama suami lagi gencar-gencarnya program hamil nih, mbak. rencananya kalau enam bulan belum hamil mau ke dokter. tapi rada takut juga sih kalau-kalau diagnosanya gimana gitu. heu

  22. eh gw juga merasa omongan dokter itu bagus kok dan benar adanya, soal sperma ga bagus ya emang ada sperma ga bagus, emang omongannya mau diperhalus gimana? dasar suami2nya yang ego dan sensitif πŸ˜›
    dan memang kadang suami yg bermasalah, makanya percuma ngobok2 si cewe klo cowo nya gamau priksa. klo dah ketauan masalahnya dimana kan bisa sama2 berobat dan mungkin coba bayi tabung.

    Suamiku sendiri sebelom menikah ketahuan punya varikokel, dokter bilang spermanya yg bagus tinggal 5%, kemungkinan kecil pny anak, heartbreaking banget krn dia suka anak kecil (waktu itu gw masi yg cuek blom kepikir soal anak). dia berobat dan akhirnya operasi. tnyata abis merit sebulan, gw langsung isi… Dokter boleh bilang ABC, tapi Tuhan klo mau kasi ya pasti kasi. Tapi kitanya juga mesti berusaha (baca: periksa dan berobat) donk yaaa

    Jadi suami gw juga klo ada temen2nya yg lama ga pny anak, dia bakal push temennya untuk test sperm dll πŸ™‚

    • Aku juga ngerasa gpp Tep, tapi kan banyak juga yang ngerasa tersinggung egonya jd gak mau datang lagi, makanya yang datang ke dokter itu pasti yang tahan banting dan promil itu emang harus tahan banting secara banyak ini itunya.

      Kamu tulis dong perjuangan suami kamu Tep, siapa tahu jadi menginspirasi, jarang kan ada cowok yang mau berinisiatif kayak gitu. Ehh… ini kalau suami juga gak keberatan ditulis ya hehe

  23. Mba Non..menurut aki dokter yg mba Non ceritain gak pedes2 amat kok.. mgkn krn pengalamannya yg sdh bejibun x ya.. jd dia maunya to the point.

    Sadisan mana sama obgyb senior di ygy..bru dtg dtanya bpjs atau bukan, klo bpjs gak mau megang apa ya..judes bgt.na itu menurutku bibirnya yg perlu disulam

    Bukan spy merah tp pakai obras..

  24. belom bisa share apa2 mbak Non, aku kok ya merasa perjuanganku blom seberapa, jadi malu sendiri kalo mengeluh atw berkomentar ini itu hihihihi. Tapi aku sm kyk mbak Non, santai tapi tetep usaha, yakin kalo udah waktunya ya udah waktunya *halah*

  25. sebagai cewek kadang aku suka deg2an sh Mba, apalagi ngingat pernah ada kista di rahim kan. Tapi ya udah berdoa aja, aku setuju banget, kalau belum waktunya ya belum emang, kalau udah di rasa waktunya, pasti gak salah. COntohnya Bos aku di kantor. Klo dibilang duniawi mah lengkaplah, nah istrinya udah nyobain bayi tabung berkali2, udah dijaga kaya apa Mba, dokter bagusnya udah kaya apa tau, sampe ke LN, sampe pernah udh 4 bulan diem aja mba, turun dr kasur cuma buat ke toilet, eh 4 bulan keguguran 😦 ya namanya emang belum yaa belum seh Mba. kasian juga.
    Mudah2an temen Mba semuanya berhasil ya dan buat mba Noni tetep semangat, sehat2 terus ya Mba ❀

  26. Mbak Nonik semangat yah, saya ikut doain supaya Mbak Noni diberi yang terbaik dan selalu sehat. Saya baru nikah setahun tapi karena penasaran kok gak hamil-hamil padahal gak pake KB saya periksa sana sini, mulai dari dokter yang ‘asal’ diagnosa, komersil sampai akhirnya saya baca blognya Alodita dan ikut periksa di dokter dia (dr. Handi) Alhamdulillah dokternya sangat suportif, waktu diketahui kalau sperma suami kurang bagus juga dia gak yang ngejudge sekarang sudah isi jalan dua bulan. Doakan lancar ya Mbak

  27. aku baca ini mbrebes mili non, jadi keinget 5 tahun yang lalu saat sedang berjuang juga untuk punya anak, dari pengalamanku sih apapun pandangan dan omongan orang yang sadis-sadis itu asalkan sesama suami istri tetep kompak saling menguatkan itu sudah lebih dari cukup. Teman-temanku juga banyak yang saat ini sudah bertahun tahun berjuang untuk punya anak, dan aku banyak belajar dari kesabaran mereka. Aku doakan siapapun yang belum punya anak dan sedang berjuang untuk mendapatkannya, semoga Allah memudahkan segala ikhtiar dan mengabulkan segala harapan. aamiin….

  28. tahu banget gimana rasanya, kakakku sulung udah 14 tahun, kakak no 2 udah 16 tahun nikah, sampai sekarang belum dikaruniai anak.
    Kalau pas lagi down gitu, mereka suka bilang, minta supaya saya hamil lagi, nanti mereka yang akan ngasuh anakku.

  29. Adek ku laki udah 8taun nikah, bbrapa bulan lalu dia bilang ke ibuku klo mreka akan brenti usaha ksana sini. Dokter bilang, (klo ga salah) kadar asam dlm darah istrinya tinggi bgt jd stiap kli janin mulai tbentuk pasti abis lg smcm d makan darah. Kalaupun bhasil tumbuh, kmungkinan lahir cacat sangat besar. Mreka bdua suka bgt sm anak kecil, jd pasti bukan hal mudah buat mreka nyampein ini ke orang tua.
    Aku cuma bilang, gada yg ga mungkin buat Allah, ttp bdoa n percaya, insya allah ada jalan. Tp buatku, yg penting mreka bahagia, urusan anak kan bukan kuasa manusia, kta cuma bisa usaha aja.
    Smoga smua yg lg usaha mdapat kkuatan n kmudahan ya, n sgala mulut nyinyir itu mari kta cabein rame2.

  30. Mbak Non, semangaatt terus ya. Kakakku 6 tahun berjuang, mulai dari gagal IVF sampai akhirnya hamil secara normal di saat yang tak terduga. Semua rencana Tuhan ya mbak non. Aku juga baru setahun menikah, mulai galau karena belum dikasih, tapi kata suamiku “belum punya anak itu bukan berarti mengurangi kebahagiaan kita, mungkin Tuhan punya rencana lain”. hehehe. semangaattt mbak non πŸ™‚

  31. wah itu dokter sengaja bikin seleksi pasien duluan apa yak..mulutnya tajem abis…

    ada keluarga tanteku udah 10 taun blm punya anak, dan sekarang jadi ngasuh anaknya adiknya, tanteku yg lain mksdnya, supaya ga kesepian,,
    trs dulu, kakaknya kakekku kan ga ada anak, jadinya beliau ngasuh dua om ku sbg anak dan ngebiayain sekolah jg..untung rumahnya kakek ama kakaknya deket banget jadi ga berasa jauhnya πŸ˜€

  32. kayaknya aku tau kak si dokter itu. heheheee… tapi si dokter itu emang terkenal jago ya kak di Medan. Ceritaku mirip kayak asisten yoga Kak Noni itu… rekan yogaku pernah gak mau ada aku pas foto bareng krn aku gendut. *pastiemosi* tapi aku maklum aja. dia gak tau sih orang promil itu disuruh minum susu esensis (setelah sarapan pagi & sebelum tidur) yang rasanya enak banget & bikin makan apapun jadi enak banget. Blm lagi gak bisa aktivitas berat. jadi lbh sering leyeh-leyeh & makan. hehehe… jadi maklum kan kenapa badan jadi makin subur dan seksehhh… kayak akyu.. hehe… buat semua para wanita yang promil, teteup semangat yaaahh… Pokoke indah pada waktunya deh. πŸ˜‰

  33. Ada temenku Mba, 15 tahun menikah dan ngga punya anak. Suka sedih denger ceritanya, karena memang di kasusnya cenderung sang suami ngga terlalu “usaha” untuk pengen punya anak, suka males diajak ke dokter dll.

    dan yang lebih sedihnya lagi, awal tahun ini mereka bercerai, bukan karena masalah anak sih, tetapi kita dengernya makin sedih 😦

    semoga dimudahkan, untuk semua pasangan yang sedang menanti buah hati

  34. Kayaknya dokter yang khusus nanganin permasalahan seputar rahim gitu kejem-kejem kata-katanya. Temen kantor juga ada yang baru mau 2 tahun menikah, udah divonis ga subur aja, dibilang gendut. Gimana ga jadi down coba…

    Semoga segera diberi momongan ya mba…

  35. dokternya kejem banget mbak Noni….
    senmoga temen2 mbak Noni berhasil ya usaha2nya untuk punya bayi, semoga mbak noni juga dikasi diwaktu yg tepat mbak πŸ™‚
    Mamaku juga baru punya bayi setelah 9 tahun kosong kok mbak. Mangkanya kalo ada yg baru beberapa bulan nikah udah stres belum punya bayi, selalu aku omongin buat santai aja

  36. saya pengen anak kedua, eh.. kok gak jadi-jadi ya, sementara ini dikejar umur nih takut keburu terlalu tua ntar ngos-ngosan ngejar-ngejar anak batita πŸ™‚ trus ke dokter bareng suwami dan dikasih obat hormon.. cuma tahan 3 bulan.. gagal melulu mana obatnya mihil buat saya.. akhirnya stop dulu ah, nyantai dulu siapa tau kalo nyantai malah jadi πŸ™‚

  37. Perjuangan punya anak ya Non ceritanya, hehehe πŸ™‚ .

    Btw, dokternya sadis juga ya omongannya, walaupun mungkin benar sih apa yang diomongkan, hahaha πŸ˜† . Tapi kadang malah enak sama dokter yang gitu lho. Sakit hati sih kalau belum biasa, tapi kalau dia jujur dan terbuka malah jadi enak kan karena bisa langsung straight forward aja, haha πŸ˜†

  38. Manager di salah satu cab kantorku jg sdg berjuang kak noni utk dpt anak.
    Lucunya dia pernah blg gini ke aq “makanya syer,kamu hamil dulu baru nikah. Jgn kyak aku,udh nikah ga hamil2”.
    Gubraakk hehehe,bercandaannya bkin saya cengengesan smbil bilang “ihh ibuu,engga boleh lahh.hehehe ga berani,dosaa”.

    Btw ada yg blg bs hamil dg terapi jeruk nipis kak.udh tau blm?

      • Bukan bos sih mba,
        Jd store manger salah satu cabang kantorku.

        Ini terapinya
        Hari ke-1………………………………….. 4 jeruk nipis
        Hari ke-2…………………………………..8 jeruk nipis
        Hari ke-3………………………………….12 jeruk nipis
        Hari ke-4………………………………….16 jeruk nipis
        Hari ke-5………………………………….20 jeruk nipis
        Hari ke-6………………………………….24 jeruk nipis
        strong>Hari ke-7………………………………28 jeruk nipis
        Hari ke- 8…………………………………..28 jeruk nipis
        Hari ke-9…………………………………..24 jeruk nipis
        Hari ke-10…………………………………20 jeruk nipis
        Hari ke-11…………………………………16 jeruk nipis
        Hari ke-12…………………………………12 jeruk nipis
        Hari ke-13…………………………………. 8 jeruk nipis
        Hari ke-14………………………………….4 jeruk nipis

        Menurut Dewi, sebaiknya yang ikut melakukan terapi ini adalah suami istri. Namun jika suami tidak bisa tidak masalah.

        Katanya ga boleh keputus,mirip aturan diet mayo kak.
        Diminumnya sih baiknya pagi mba.
        Klo yg udah banyak jeruknya bisa diminum beberapa kali.
        Dan ga boleh dicampur apa2.

  39. semangat mba noni πŸ˜‰ dluu aq nikah 3 tahun baru hamil. kakakku malah nunggu 10 tahun baru hamil ,disaat udah gak ngarep lagi disaat udah pasrah malah dikasih eh abis lahir anak pertamanya malah hamil lagi gak lama πŸ˜‰ mari selalu ber husnuzon sama Allah yayyyyyy :*

  40. cerita nyokap sendiri, susah punya anak karena lemah kandungan. tiap hamil pasti keguguran . kata nyokap rasanya sedih banget, kaya ngga dipercaya tuhan. akhirnya anak lahir dengan selamat di kehamilan yang ke -5 ,kakakku lahir dan ke -6, gua yang nongol prematur. abis itu keguguran lagi. kalau ditotal 10 kehamilan yang jadi cuma dua.

    ada lagi cerita lain , temen jalan umurnya sekarang 55 tahun. ngga punya anak, usaha udah kemana mana sampai australia dan akhirnya rahimnya harus diangkat :((. tapi terakhir dia cerita, tuhan punya rencana besar untuk saya. jadi sekarang hampir separuh waktunya dihabisin di panti asuhan, ngurusin anak2 panti… kalau travelling pasti ngajakin mampir ke panti asuhan.

  41. Mba Non,omongan dokternya itu emang ada benernya. Saya ada sepupu yg hampir 10thn menikah blm punya anak & suaminya gk mau ikut berobat. Itulah,urusan reproduksi mmg selalu dianggap cuma urusan perempuan. Sampe2 alat KB banyakan dibuat utk perempuan dibandingkan laki2. Dokter itu munkin ngenes dgn para suami yg ogah berobat,tp ngotot mau punya anak,malah nyalahin istri,bahkan ada yg bikin itu alasan buat kawin lg. Banyak yg begitu lho mba.. Munkin itu alasan knp dokter tsb agak pedes ngomongnya.. :)))

  42. Hmm kalo aku, nikah, setahun kemudian Hamil, 5bln lahiran kemudian berpulang, setahun kemudian Hamil lagi, bedrest dari bulan ke 4 sampe lahiran. Udah gitu dokternya ngotot harus normal pdhal sy nya udah jiper karena bed sebelah teriak2 memilukan pas induksi, akhirnya sesar juga.

    Hm, kalo tips dari saya sih mbak, tumbuhkan atau tingkatkan motherhood sense dengan sering2 main sama anak2 kecil yang rese, nyebelin, sering ngeberantakin itu *huahahaha*
    Soalnya pas sy mulai belajar ngertiin anak kecil, abis itu dikasi kepercayaan Hamil lagi. Tapi ya balik lagi sih kalo soal anak beneran kuasa Tuhan, mau jungkir balik bikinnya, bikin di Maldives atau di hitam belantara, kalo blom wkt nya, ya belom terjadi.

    Santai aja mbak, soale kalo ud punya anak, susah beud pacarannya, boro2 pacarannya, mandi aja susah. Huahahaha

  43. 2sahabatku ada yg blm punya anak. Aku tau bgt perjuangan mereka.
    Adikku n istrinya juga blm ada anak. Jd kl udah menyangkut udah usaha kemana aja aku ga pernah nanya2 kecuali mereka yg cerita. Kl lg cerita2 dengan temen2 geng d grup juga ga banyak ngebahas anak2. Ga mau bikin sedih krn kami nikahnya deket2 jaraknya.

    Ditambah lagi hamil ga hamil itu Allah yg berkehendak, jd ga berani komen begini begitu ttg keadaan orang yg blm hamil2.

  44. Kalau kata aku sih kuncinya sabar dan nggak stress, dan tentunya terus berusaha ya Mbak. Suaminya juga harus mendukung dan nggak usah sakit hati dokternya ngomong apa. Aku dulu juga sempat kosong 3 tahun. Ya anggap aja dikasih kesempatan berbulan madu lebih panjang sama Tuhan πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s