Tukang Nyontek


Pic source : www.theatlantic.com
Pic source : http://www.theatlantic.com

Mari kita bernostalgia ๐Ÿ™‚

Jadi cerita nyontek ini saya tulis gara-gara pas training, ย mentor kami cerita kebiasaannya nyontek zaman masih sekolah. Di Kelas semuanya tunjuk tangan dan ngaku kalau pernah nyontek sekali dua kali. Ada juga yang emang sepanjang karir di sekolah emang pencontek parah. Ayooo yang tukang nyontek ngacung juga ๐Ÿ™‚

Saya gimana?

Emmm… saya juga nyontek dong, gak seru banget kalau saya gak ikut-ikutan nyontek kan haha. Kasusnya di saya antara yang jadi dicontekin sama nyontek. Untuk beberapa pelajaran yang ngitung-ngitung apalagi kimia, saya angkat tangan deh. Dihapal (harusnya dimengerti ya) pun tetep gak bisa nyelesaikan tugas, makanya nilai fisika, kimia, matematika, saya yah gitu deh. Gak terbakar tapi juga gak menakjubkan. Cuman lepas makan. Sementara untuk pelajaran lain yang isinya ngapal-ngapal Insya Allah saya masih bermurah hati ngasih contekan haha.

Pernah ketauan?

Seingat saya gak pernah karena nyonteknya gak heboh-heboh banget. Beberapa kali sekolah selalu mejanya dari kayu dan bisa ditulisin huhaha. Laci mejaย sama atas meja penuh tulisan saya kecil-kecil, trus di tempat pinsil juga sama di kantong baju. Ada temen saya yang pinter banget, contekannya bisa halus-halus banget tulisannya trus digulung-gulung dimasukin ke pulpen. Gilaaa…… Mencontek pun harus pake ilmu ya. Udah open book pun masih aja nyontek. Sungguh nyontek ini sebenarnya butuh atau ketagihan aja ya.

Tulisan contekan di badan?

Hmmm ย biasanya cuman di telapak tangan sih. Sampai sekarang aja kalau mau belanja, kalau saya ย kelupaan dan tulisin ditangan pas turun dari mobil huhaha. Jorok banget ya ๐Ÿ™‚ . ย Dulu anak-anak cowok di kelas bisa sampai nulis di paha, ditangan, kalau perlu di leher juga ditulisin hehe. Mungkin ini asal mula ide bikin tulisan menjadi tattoo.

Kenapa nyontek?

Kalau saya lebih karena gak PD sama jawaban sendiri atau emang beneran gak tau haha. Pas kuliah kalau gak tau biasanya saya diem aja. Males nyontek karena malu. Untung akhirnya saya malu dan untungnya lulus juga. Bisa jadi juga karena sistem SKS alias sistem kebut semalem pas mau ujian. Duh, kalau mau ujian bawaannya manis banget kemana-mana baca buku. Begitu kelar ujian lupa aja semuanya. Beberapa temen saya yang jago nyontek sekarang posisinya udah pada lumayan-lumayan banget malahan ada yang jadi pengusaha sukses. Pas ketemu saya sampai ketawa cekikikan, koq yah bisa ya? nanyanya sambil takjub.

Saya punya temen di SMP namanya Agustina. Seingat saya sih Agus ini gak pernah mau nyontek dan gak mau dicontekin. Pinter sih dia tapi beberapa kali dia kasih contekan kesaya. Mungkin mata saya yang kedip-kedip bikin dia sedih haha. Udah gitu ada juga temen baik saya Veronika. Nah sih Vero ini jagoannya ilmu-ilmu pasti tapi lemah kalau disuruh ngapal. Kami duduk berdua jadilah bagi tugas. Pas ilmu pasti saya yang nyontek dan pas ngapal-ngapal dia yang nyontek. Tuh, nyontek membangun kerjasama yang baik, kan.

Bertemen dengan gank kutu buku/populer juga nguntungin banget. Kalau yang kutu buku biasanya pastilah pinter, kita kedip-kedip sambil mohon-mohon akhirnya dapet jawaban. Saya waktu SMA selalu duduk ditengah barisan. Jadi 2 didepan anak-anak pintar, trus 3 dibelakang anak-anak cowok yang kalau soal nyontek luar biasa jagonya. Hasilnya gimana? kadang-kadang pas saya gak minta contekan pun selalu dikasih jawaban hahaha. Cuman kalau saya udah selesai yah emang sih harus berbagi, ehh.. tapi kan katanya berbagi itu bagus ya kan ๐Ÿ™‚

Nah, siapa yang punya cerita contek mencontek…. share yuk ๐Ÿ™‚

Untuk yang belon pernah nyontek dan lulusnya gemilang, saya kasih jempol 4 ๐Ÿ™‚

Advertisements

55 comments

  1. Aku ingat, Biologi pas sma aku males dg istilah2 latin bikin pusing pas mo test ulangan dah bikin contekan dikertas maksud hati mo nyontek tp pas mo dibuka kertas jatuh pas banget pak guru lewat samping meja, hasilnya kertas nya ku injek sepatu tp ga pernah kubuka slama test. Ga jadi nyontek ๐Ÿ˜ฆ

  2. Ahahaha nyontek pun harus kreatippp ๐Ÿ˜€
    Jaman kuliah kemaren aku sering banget contek-contekan kalo lagi ngerjain tugas di kelas (tapi kalo ujian jarang nyontek), biasanya aku yang sering dicontekin sama temen-temen. Padahal udah mumet pulang kerja, masup kelas malah ada tugas, dan aku yg disuruh nyari jawabannya sementara temen yang laen ngipasin aku & ngebaek-baekin aku haha

  3. Jaman saya sekolah dulu berlaku pemeo: “Tempat duduk menentukan prestasi” atau “Dengan siapa duduk menentukan prestasi”.

    Saya dulu juga pernah nyontek kok, dan memberikan contekan / ngasih tahu jawaban. Rasanya gak enak hati sama teman se-gank yang membutuhkan pertolongan ๐Ÿ™‚

  4. Aku pas kuliah jadi gila-gilaan nyonteknya, Mbak. Hahah.. ๐Ÿ˜€ Semisal pelajaran sejarah atau budaya gitu ya enggak, kan kalok uda paham bisa kita jabarkan. Nah ini disuruh bikin kalimat pakek tata bahasa ini itu, belom lagi huruf kanji yang semrawut, keknya dosen uda pada maklum kalok mahasiswanya harus nyontek! Wkwkwk ๐Ÿ˜›

    Kalok SMP SMA kayaknya nanya-nanya temen doank sih. Ngga ngopek atau liat kertas ujian kawan ๐Ÿ˜›

  5. mbaaa, aku masih sampe skrg loh nulis pake pulpen di tangan utk hal2 penting banget tp hrs nanti lakuinnya. drpd lupa, mending tak tulis di tangan. jorok emang XD

  6. Wah pas masih SMA sih iya banget nih ๐Ÿ™‚
    *jadimalu*
    Tapi pas kuliah ga pernah lagi nyontek menyontek karena malu kalo ketauan, secara kalo ujian t4 duduk kita dijarakin and pengawas ada 2 yang kaya gosokan ga berhenti diam disatu sudut aja gitu.. Hahaha..
    Soale dulu di kampus, apabila pengawas ujian menemukan yang berbuat curang dapet kompensasi dari kampus (Denger2 sih up to IDR 500K per anak), jadilah mereka bgitu bersemangat mencari-cari kami yang berbuat curang.. dan tentunya kita yang ketauan lsg dpt E.. *sadis*

  7. haduh jadi ingat dosa di masa lalu jaman SMA sekali nya berani nyontek sekalinya langsung ketahuan karena nggak pernah nyontek, pas pertama kalinya nyontek nervous dan kelihatan banget gelagat …ketahuan deh…haduh..hancur reputasi….dikirain pinternya selama ini karena nyontek..hehehhee….apes dah..takut karena nila setitik rusak deh susu sebelanga…hehehe..
    btw….senang bisa kembali mengunjungi blog mbak noni..:) Have a nice day mbak …i am back …bw dikit dikit ๐Ÿ™‚

  8. Hahahaha, nyontek pernah, ketauan ngga pernah XD tapi kalau kata salah satu guru aku, nyontek dengan usaha nulis kecil2 dan bikin rumus ini itu sebenernya salah satu cara belajar, kita bakal ingat tulisan yg kita mau contek, dan kadang ngga perlu contekan itu karena dah apal gara2 bikin kebetan hihihi

  9. hahaha jadi inget jaman SD. Sebangku sama juara kelas, trus dia insecure berlebihan gitu ngerasa aku nyontek dia mulu. Padahal idiihh boro-boro, ngeselin banget deh x_x

  10. hahaha…jadi maluuu, klw contek kyknya kudu wajib hahaha, palingan rumus kimia, matematika, yg emang lemahhh banget :), o ya apa kbr si agustina itu ya non..pinter,pendiem. tapi gk suka berbagi ilmu..hahaha,..masih mending non..kamu duduk sama si vero yg pinter jg..lahh aku duduk ama si sumiati, yg pas2 an juga ilmunya :)..yaa udh lh pasrah, palingan klw ada PR, pagi pagi udh nyungsep di kelas dengan sepeda kebanggan…trus sampe kelas pinjem punya kwn yg udh siap.. hahaha. akhhh noni…jadi senyum senyum sendiri bayangi masa lalu…eehhh..kpn2 kita buat reunian yok..atw kpn2 kita muter2 naik sepeda ngecengi cowok cakep..hahaha…

  11. Jaman SMA pernah nyontek berjamaah. Bikin contekan buat penduduk sekelas di papan tulis. Dibuat se-smooth mungkin menyerupai matematika, biar seolah-olah sisaan mata pelajaran sebelumnya. Bener-bener in plain sight! Guru yang ngawasin ulangan sama sekali gak ngeh loh. Alhasil semua dapet nilai bagus, hihihi….
    Itu momen nyontek yg paaaling berkesan ๐Ÿ˜€

  12. Hahaha….
    gw sih gak suka nyontek..
    tapi pas kuliah…tugasnya banyak bener
    jadi suka cari master laporan buat referensi…
    kalo ujian….gak pernah

    • ih samaaa… buat tugas pendahuluan praktikum atau laporan suka cari master di tukang fotokopi ato di kos anak2 pinter. tapi kalo ujian ga pernah..

  13. Waktu sekolah dulu, aku ga jago nyontek Non, tapi sering nyontek.

    Karena ga pinter bersandiwara, kalau buka contekan buku, pasti kliatan gugupnya, makanya lebih milih nyontek temen yang nyontek. Selain lebih praktis (karena terima jadi), juga lebih “aman”. Hehhehhhehe

  14. Aku ngacuung *ngaku dosa*
    paling canggih nyontek pas kuliah di mata kuliah filsafat budaya. karena mata kuliah umum jadi 1 kelas rame-rame campur mahasiswa dari semua jurusan. Saking ramenya, aku bisa buka laptop di lantai dan ngescroll layarnya pake jempol kaki hahahaha
    kalo dosennya lewat tinggal turunin layarnya, kalo udah ke depan lagi tinggal buka lagi deh pake kaki hahahaha

  15. Kalau tidak nyontek, tidak ada suatu hal yang bisa dikenang yah kak, hahaha..
    Jadi ingat waktu UAN Bahasa Inggris dulu, gurunya saya minta kelas kami memberikan contekan ke salah satu teman yang memang tidak bisa Bahasa Inggris sama sekali, sekalipun dia sudah berusaha untuk belajar, haha..
    Tujuannya satu, supaya dia bisa lolos UAN dan tidak mengulang kelas.

  16. Aku! *ngaku. Aku lemah banget dihapalan, tapi lumayan jago dihitungan. Makanya ambil jurusan Statistik. Ternyata di Statistik juga banyak hapalan teori ekonominya. Walhasil kalau pas ujian teori ekonomi, biasanya minta jawaban kisi2 ke temen sebelah. Pernah suatu ketika, ada satu mata kuliah Statistika yang memang susah sekali. Kebetulan aku lumayan ok disitu. Walhasil pas ujian, kertas jawaban ujianku digilir berjamaah dicontek sekelas. Giliran mau ngumpulin, aku musti grasak grusuk dulu ada dimana kertasnya haha kocak kalau ingat jaman itu. Trus teman-teman bilang pas reunian “Kerjaanmu bagus ya, kamu kan tukang ngasih contekan dikelas, jadi mungkin ini balasan dari amalanmu” haha

  17. Aku pernah pas SMP mbak ! Contekannya aku tulis di kertas trus ditempelin pake lem isolatip di paha. Pas ujian narik2 paha, padahal bisa dilihat dr depan. Ga tau deh ngeliat apa gak pengawasnya ๐Ÿ˜€ hihihi

  18. ikutan tunjuk tangan, pernah nyontek waktu sekolah & pernah ketahuan pula…dulu nyontek itu bukan karena benar-benar gak bisa, tapi rasanya seru aja ikutan nyontek he..he..he..
    btw, salam kenal ya mbak

  19. ikutan tunjuk tangan, pernah nyontek waktu sekolah & pernah ketahuan pulaโ€ฆdulu nyontek itu bukan karena benar-benar gak bisa, tapi rasanya seru aja ikutan nyontek he..he..he..
    btw, salam kenal ya mbak

  20. aku sebenernya agak males nyontek *kec kalo ga kepaksaaaa bgt hahaha*
    dulu smp mah sombong, semua orang boleh nyontek kerjaan aku, hasilnya sekelas nilainya bagus,
    pas sma, sadar diri kalo ga mampu kasi contekan hehehe
    pas kuliah sempet ngebudayain temen2 tongkrongan *buset tongkrongan hahhaha* supaya mau kerjain tugas dosen tanpa nyontek,
    jadi ada temen aku yang biasa jadi tebengan aku tiap hari karena rumahnya sekalian lewat rumah, pas tes kecil dikelas dia minta contekan, ga aku kasilah, maksudnya ya biar dia ngerti, kan sebelumnya juga udah pernah belajar bersama, eeh tapinya dia marah, dia bilang gini :
    “huuu.. kalo mau nebeng aja cepet, sekalinya dimintain contekan ga boleh”
    laaah.. kan jadi gimana ya digituin

  21. Hahaha jadi inget masa2 sekolah dulu yg lacinya dari kayu. Seruuu ya jadi kalau mau nyontek jg gampang. Eh tergantung gurunya jg sih. Dulu ada guru sekolahku yg kalau kita lg ulangan matanya ga bakalan berenti natap murid satu2 jadi kalau ada yg gerak geriknya aneh pasti ketauan ๐Ÿ˜€

  22. Nyontek mahh pernah donk. Apalagi matematika duhh oon banget aku mba non. Pernah duduk ama juara kelas pas SMP yg dari rangking 11 jadi rangking 4 loh…mayan kan? Ga nyontek dia sih tapi diajarin mulu
    tiap aku ga ngerti. Nah pas SMA aku ada temen ratu nyontek. Aslikkk jago banget nyonteknya. Ga pernah ketauan lagi. Untung baek mau bagi2 contekan

  23. Mba baca ini jadi sumringah smriwing..hahaha..masa-masa ituu hahahh.
    Biasanya mah anak pinter kaga mau dicontekin. Pada pelit mereka. Dipinta pake muka paling kasian juga tetep ga dikasi ajah. Yanasip. Sedih sayah…

  24. Ya pernah dong mbak hahaha, aku sebenarnya lebih susah menghafal._. Tapi pernah ketauan juga sih gara gara jimat diletakin di kotak pensil, terus dari situ udah malas aja bikin jimat lagi. Kalo sekarang sih lebih percaya sama diri sendiri, tapi tetap nanya nanya juga sih cuma dikurangi ๐Ÿ˜€

  25. Iiiih, Mbak Noni nyontekan juga ih. Samaaaak :p wkwkw

    Aku baru juga ada rencana mau bikin cerita tentang nyontek-nyontek gini, eh udah keduluan mbak Noni ๐Ÿ˜€ wkwkwk

  26. wah sama banget nulisin di meja kayu pas sma..dan tiap kali mo ujian semesteran ada kegiatan ngamplas meja berjamaah di sekolah…trs pas sma jg ama temen yg duduknya di depan belakang, tuker2an lembar jawaban haha…padahal pas ujian semester duduknya sendiri2 ga ada temen sebangku tapi tetep aja nekat ๐Ÿ˜› hasilnya ranking kita mirip2 ๐Ÿ˜€
    ah iya dulu pas sekolah kalo pas ulangan biasa, ntah kenapa gw bisa nulis bahan ujian di kertas..tp kalo ujian semester ga ngelakuin..cuma berani nyontek temen hihi…

  27. Sering dulu jaman kuliah.. Hahaha ๐Ÿ˜€ Sekolah juga sih, tpi waktu sekolah otak masih sedikit lebih berfungsi dgn baik, jadinya sering jadi yg ngasih contekan.. Hahaha.. Pas kuliah, krn males nulis siapin contekan, yang ada itu buku cetak atau catetan difotokopi perkecil..bahahaha ๐Ÿ˜€ Orang tukang fc dah tau bgt…:p

  28. ngacung !!!!!!!!! hahahaha …. dulu lg pelajaran biologi yg pembahasan soal jamur tuh. namanye kan aneh ya tuh jamur2x. alhasil buat contekan deh. di kertas. mana tuh contekan pernah kelupaan diumpetin. untung pas guru lewat, dia gak ngeh. trus pernah jg nyontek pas kuliah. tp nyesel. alhasil aku robek hasilnya. karena dapet A cm gak murni. barulah setelah itu berhenti nyontek. hehehe …

  29. Haha..jaman kuliah sih bukan contek2an lagi..kadang bagi tugas pas ujian..sapa yang ngerjain bagian ngitung sapa yang hafalan..begitu ujian..tuker2an kertas berjalan..hahaha!!tp untuk kuliah yang bikin males..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ kalo ga pernah nyontek hidup kampus jadi kurang seru mba..๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  30. Waktu SMA sih suka tuh nyontek, LOL. Jamannya kuliah di Amrik gga berani nyontek. Tp kadang suka tanya2 ama anak2 yg beda kelas, tapi sama matakuliahnya, kalau mereka udah dikasih test, suka aja nanya ngarep dapet bocoran. Pdhal sih si proff nya pinter lah yaw, pertanyaan nya dibedain. Bule2 sini (yg cowo) kadang suka super baik juga sih

  31. Aku jadi inget jaman SMA pernah bikin contekan di label stiker, terus ditempelin di balik rok/ujung baju. Dengan begitu, gak akan ada yang curiga dan gak takut ketauan. Hahaha ๐Ÿ˜€
    *afi jadi contoh gak bagus*

  32. Waktu SMA dulu lagi trendi banget pake handphone, jadi dikit2 sms dikit2 sms, sampe contek mencontek pun kita biasanya via sms, sampe ada temenku dulu yg lumayan berduit pas mau ujian dia beli hape yg super mini *niat bgt…! jadi pas jawaban pilihan ganda ditulisnya abcdbcdab gtu terus kita hitung sndiri si c jawaban nomer brp hahaha parah…T.T
    Kalo pas kuliah udah jarang bgt contek2an itu karena seringnya open book, kalo gak ujiannya boleh dibawa pulang mantappp :))

  33. aku aku … tulis contekan di meja bwakkaka
    tapi kalo pas kuliah udah jarang soalnya udah rada mengarang bebas

  34. Di SMP dulu, ada temanku yang niiiiiat banget bikin contekan pelajaran Sejarah (PSPB) pake huruf Arab-Melayu. Karena gurunya gak ngerti tulisan Arab-Melayu, dia gak ngeh dan responnya biasa aja waktu temen jawab itu kertas folio bertuliskan huruf Arab-Melayu adalah PR pelajaran Arab-Melayu yg mau dikumpul. Teman-teman lain gak ada yg protes…krn akhirnya minta contekan ke teman tadi.

  35. Ada temen yang strict ga mau nyontek dan nggak mau nyontekin. Sekarang jadi dokter dia. Pintar banget emang.

    Btw, aku juga mencontek dengan aneka rupa cara, biasanya untuk pelajaran ilmu pasti. Siapin buku terbuka di laci, tulis di meja, masukin paha. Tapi most of the time ga bisa konsen jawabnya karena konsentrasi pecah nyari rumus ditaruh mana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s