Sungai Landak – Bukit Lawang


Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang

Ada 3 tempat yang wajib dikunjungi ketika ke Bukit Lawang. Pertama tentu saja melihat Orangutan makan, kedua Bat Cave dan yang terakhir Sungai Landak. Mungkin ada yang lain tapi sepengetahuan saya hanya 3 tempat ini. Nah, Sungai Landak ini dulunya tertutup banget. Cuman beberapa orang aja yang tahu karena letaknya agak sedikit jauh. Biasanya orang-orang datang ke Bukit Lawang hanya untuk melihat OrangUtan dan langsung pulang atau kalau masih ada waktu ke Bat Cave. Belakangan saya mulai lihat beberapa orang mulai posting mengenai Sungai Landak.

2 tahun lalu ketika pertama kali saya datang ke Sungai Landak, tempat ini masih sepi banget. Biasanya beberapa rombongan coffee tour dari kantor si Matt datang ke tempat ini setelah trekking panjang. Saking sepinya kata temen saya mereka bisa berenang tanpa baju dan gak diliatin orang hehe. Kalau sekarang kayaknya gak mungkin deh karena setahun lalu ada hotel yang mulai berdiri didekat sungai. Tuh kan, gak bisa rame dikit langsung berdiri hotel 😦

Kalau tidak lagi musim kemarau di sungai ini maka bisa ditemuin beberapa orang yang sore-sore kerjanya menghanyutkan bambu. Saya kurang tau kalau ngambil bambu dari hutan itu ilegal atau legal sih? Lupa nanya ke Matt.

Sungai ini menarik karena tau sendiri rasanya tinggal di kota yang semua sungai-sungainya ketutup sampah, berbau busuk dan warna airnya coklat keruh. Ketemu sungai kecil yang airnya jernih, curiga ini dari Kangen waterΒ dan tidak terlalu dalam tentu aja bikin kesenangan. Asal kesenangan itu gak berbuah sampah aja di tempat ini. Semoga ya walau mulai rame diposting di socmed Sungai Landak gak bakalan rusak πŸ™‚

Jalanan setapak menuju Sungai Landak
Jalanan setapak menuju Sungai Landak
Beberapa rumah penduduk yang biasanya bekerja di kebun-kebun karet/sawit
Beberapa rumah penduduk yang biasanya bekerja di kebun-kebun karet/sawit
Penginapan kecil di Sungai Landak
Penginapan kecil di Sungai Landak
Sungai Landak di musim kemarau
Sungai Landak di musim kemarau
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang
Hutan di pinggir sungai
Hutan di pinggir sungai
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang

9

Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang
Sungai Landak - Bukit Lawang
Sungai Landak – Bukit Lawang

 

Advertisements

72 comments

  1. Ini kya sungai kecil di kuala kencana, timika, papua sana. Waktu kita kesana pertama kali masih jernih, bersih dan bagus. Setahun setelahnya, kok ya bisa ada orang pada cuci mobil disitu πŸ’” ga jadi piknik deh, langsung genjot sepeda lagi dan makan di mess hall.

  2. Seger banget liat airnya! sayangnya udah ada hotel di dekat sana. Semoga sistem pembuangan limbahnya ga mencemari sungai yang jernih itu ya mba πŸ™‚

  3. Bening banget mbak.. masih alami banget ya.. keren! Saya rasa sungai2 di kota dulunya kaya gini, tapi setelah dijamah manusia sungainya jd keruh… I wonder..

  4. Aduh cakeppppp. Semoga tidak malah jadi super ramai dan kotor gara-gara wisatawan tidak bertanggung jawab >< Dulu sempat tinggal di Sumatra Utara (sudah lama banget sih), nggak pernah sempat main-main ke Bukit Lawang. Dulu mungkin lebih asoy lagi ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s