Lemang – Kuliner Wajib Kota Medan


Lemang
Lemang

Lemang adalah makanan khas Tebing Tinggi. Tebing Tinggi sendiri sekitar 2 jam dari Medan, ehh tapi jangan khawatir lemang juga beredar koq di Medan.

Lemang merupakan makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi tepung beras bercampur santan kelapa ini kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang di atas tungku panjang. Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat, dengan campuran selai bahkan durian. Saya biasa makan lemang dengan tape ketan. Ketan dilawan ketan. Duh…..

Zaman saya kecil dulu atok dan nenek saya kan tinggal di kampung. Kalau lebaran yang namanya lemang ini beruas-ruas dirumah mereka hasil dikasiin orang-orang. Biasalah orang-orang tua gitu sering dikasiin makanan. Jadi sejak kecil saya udah biasa banget liat batangan-batangan bambu berisi lemang tergeletak di dinding rumah atok saya. Lucu juga karena sekarang kita malah sibuk beli.

Nah, di Medan lemang bisa dibeli gak jauh dari rumah saya. Ada satu penjual lemang yang kita bisa datangi plus melihat proses memasaknya. Jadi lemang yang dijual bener-bener masih panas baru keluar dari bara api hehe.

Ada yang suka lemang juga?

Lemang
Lemang
Lemang
Lemang
Lemang
Lemang
Lemang
Lemang
Lemang
Lemang

 

Advertisements

117 comments

  1. di lmapung juga ada lemang mba noni tapi gatau deh sam agak ya rasanya ,,,biasanya makannya sama rendang dan sambal tempoyak semacam sambal terasi pake biji ketimun sama duren gt hihiiihih

  2. Kirain lemang cuma ada di Sulawesi, waah ternyata saya salah, ini kayak versi lainnya lupis ya sama-sama dari beras ketan. Kalau di.sumatra dan sulawesi berbalut bambu, jaman saya kecil dipasar trdisional di kampung saya lupis dibungkus kecil berbentuk segitiga dari daun bambu yg bentuknya memanjang itu.

  3. makan lemang paling enak pake srikaya atau kalo gak ada srikaya pake gula pasir ditaburin ke atas lemang waktu masih panas. enakkk… πŸ˜€

  4. Nyonya di sumatra barat biasanya lemang juga dimakan sama ketan tape lho…. dan disini di beberapa daerah ada tradisi “malamang” biasanya satu bulan menjelang puasa orang-orang semua pada bikin lemang πŸ˜„

  5. Yang dijln flamboyan itu kan non, enak dan lebih gurih pulutnya saos srikayanya..hmmmm, kyknya lebih enak ketimbang yang di daerah tebing tinggi, gk perlu jauh, kepeleset nyampe di flamboyan.

  6. Ohh Lemanng! Tebing tinggi sering banget kesini. Kampung si mamak. Di banban lebih tepatnya. Kalau kangen makab lemang niat banget beli di pasar senen

  7. dijakarta ada yang jual, cuma kurang fresh aja, enggak tau kapan masaknya dibawah jembatan deket atrium senen situ, klo pas pulang ke medan, dulu pas naik kereta banyak yang jual πŸ˜€

  8. Lemang ini mirip sama punya Manado, Non. Nasi Jaha’ namanya (meski sampai sekarang entah kejahatan apa yg dia perbuat *krikkrik* :p) Tapi rasa rempahnya lebih strong.. Sukak banget Non ma lemang πŸ˜€ Makan pake lauk lagi.. Hmm.. Nyam2.. πŸ˜€

  9. di daerah asalku ternate juga ada kuliner yg mirip lemang ini, dimasaknya pun dalam bambu yg udah dibungjus daun pisang sebelumnya, tapi namanya nasi Jaha, terbuat dari beras ketan juga πŸ™‚

  10. Aku juga suka. Kalo pulang kampung ke Medan pas kerja tahun (pesta tahunannya orang karo) pasti selalu ada lemang di setiap rumah, makannya dicelupin ke gula merah cair atau gula pasir.

  11. Aku suka, tapi belon pernah nyoba yg fresh from bamboo, ada yg pernah ngasi, udah dalam bentuk potongan. Dan doyan nya dimakan dengan lauk. Belon pernah nyoba di pasangkan dengan srikaya dan tape ketan. Alamat nya di mana Non? Kali kalo pas mampir medan, bisa buat oleh oleh, selain bol gul terfavorit, si miranti..πŸ˜ŠπŸ˜€β˜Ί

  12. sukaa lemang
    makanya pake rendang atau tape ketan item
    lemangnya beli dari orang kampung kami yg kelilig
    di Minang pernah nyoba lemang yg diisi pisang, makannya dgn duren
    dan minum aia kawa (dari daun kopi), mantap

  13. Lemang ini kudapan favorit aku selama buka puasa kemarin ini mba NOni,, tapi aku lebih suka yg polos kan kalau di lampung ada isian kacang merah apa ya kalau ngga salah.. pdh rasanya seperti nggado lopis ya..

    btw bulan depan aku mau ke medan.. udah ngiler duluan tiap mba Noni posting kuliner medan hihi

  14. Belum pernah coba, padahal di dekat kantor ada banyak. Dari deskripsinya, kayaknya enak euy, soalnya gurih-gurih demikian, pantas nikmat disajikan dengan tapai ketan yang manis :)). Ah, nanti harus coba nih, cuma memang tidak boleh banyak-banyak, takut panas dalam. Kuliner yang unik juga dari segi pembuatan, saya membayangkan aroma harum pandan bercampur bambu dan wangi santan kelapa… :)).

  15. mbak.. Lemang itu bukannya dari beras ketan? hehe
    aku juga suka lemang tp ga bisa lama-lama soalnya aku bisa sembelit dan bikin panas (kata orang chinese) hehe

  16. Ini enak bangeeet, apalagi kalo ketannya nggak terlalu keras. Di Palembang juga banyak mbak πŸ™‚ lebaran kemarin bisa dimakan pake kuah ketupat juga hehe

      • Macem-macem cara makannya kalau di sini mbak Noni. Bisa dimakan begitu aja, udah sangat enak πŸ™‚ atau dicampur sama ketupat (dan kuahnya tentu) atau kuah ketupatnya aja.

        Lebih enak lagi dimakan sama Srikaya, semacam puding dari telur dan daun pandan. Slruupp.

  17. Salam kenal mbak Noni, wah, ini makanan favorit saya ini mbak. Saya asalnya dari Medan, dan, lemang yang dari sana beda sama yang di Jakarta. Sudah hampir 20 tahun gak makan, wah, udah tuir banget saya rupanya… tahun 1995 terakhir makannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s