Pasar Terapung Lok Baintan – Banjarmasin


Pasar Terapung Lok Baitan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan – Bajarmasin

Pasar Terapung Lok Baitan sebenarnya jalan-jalan saya beberapa tahun lalu. Mungkin 2010. Jadi udah agak lama dan bisa jadi udah banyak yang berubah dari pasar ini.

Pasar Terapung di Banjarmasih sebenarnya kalau gak salah ada 2. Satu yang dipakai RCTI…. inget kan yang “RCTI ok” dan yang satunya lagi yang saya kunjungi. Alasannya mengunjungi Lok Baitan karena menurut Anaz (traveler yang tinggal di Banjar) lebih rame aja. Jadilah kita pergi ketempat yang lebih rame.

Mengunjungi pasar terapung ini harus pagi-pagi. Kita keluar dari hotel sekitar jam 5 pagi trus menuju pelabuhan untuk naik kapal yang biasa disebut klotok (bener gak nulisnya?) setelah itu perjalanan sekitar 45 menit untuk tiba di Lok Baitan. Waktu kami tiba cuaca sedikit mendung. Langit masih abu-abu dan beberapa kapal mulai bermunculan. Setiap kapal bermuatan macem-macem. Mulai dari buah-buahan sampai sayuran. Seru juga. Kalau mau kita bisa belanja dari atas kapal.

Rata-rata ibu-ibu yang berjualan mendayung kapal kecilnya sendirian atau membawa anaknya. Kapal akan bergoyang-goyang dan mereka masih santai ngobrol-ngobrol dengan sesama temannya. Sesekali berteriak untuk menjajakan dagangannya.

Pasar terapung seperti ini sebenarnya ada beberapa di Asia. Saya sudah pernah mengunjungi yang di Thailand dan Vietnam. Yang didagangin hampir mirip. O,ya yang di Thailand mereka juga jual LV hehe. Dari ketiga tempat yang sudah pernah saya liat menurut saya ya, yang di Banjarmasin lebih menyenangkan dan berwarna. Di Thailand terlalu penuh dengan turis sehingga lebih enak nonton bule-bule telanjang dada ngayuh kapal sambil beli rambutan. Di Vietnam cuman dikit jadi kurang seru sementara yang di Banjarmasin selain rame yang dagang,  trus setelah kelar belanja dan foto-foto bisa dilanjutkan dengan makan soto Banjar yang enak itu 🙂

Ada yang sudah pernah berbelanja di Pasar Terapung?

Pasar Terapung Lok Baitan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baitan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin

12 13

Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Soto Banjar Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Soto Banjar Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan - Bajarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan – Bajarmasin
Advertisements

56 comments

  1. Ngiler lihat sotonya jugaaa!! :))
    Btw Mbak Non, RCTI oke itu nancep banget loh sama image pasar terapungnya. Yang jadi pertanyaan nontontipinya nyolok ke mana? Ga takut apa bawa elektronik di perahu?

  2. Seru banget ya mbak warna-warni gituuuu 😀
    Kalo pasar apung yg di Malang ga kayak gini mbak model modern gt, jajain dagangan pun bukan diatas kapal tp di pondokan

  3. Iklan RCTi yg kek pasar terapung, rumah gadang, etc itu emang ok bgt yah…kenapa mereka ga bikin tema serupa dr propinsi lainnya ya, pasti bagus bgt…atau emang uda ada? RCTI Ok itu kan ya jargon nya:)

      • Iya brand awareness nya bagus pdhl dan org dewasa / anak2 pun jd tau budaya bangsa dgn cara yg simple…kl ga gara2 RCTI OK ini blm tentu org tau ada pasar terapung macam ini kan…

      • Pasar Terapung Banjarmasin itu kayaknya emang ngetop gara2 itu ya, semua orang pengen liat. Padahal dulunya sapa yang ngeh. Aku malah liat yang pertama kali di Thailand padahal ada di Indonesia.

        Coba siapa yang kerja di TV/radio dibuat lagi nih jingle2 yang bagus.

  4. Aku waktu kecil sering kesana, tp baru ada kesempatan mampir lg beberapa bln yg lalu. Jorok bgt skrg. Jadi aku liat di hulu sungai ada seorang pria dewasa buang air besar dlm keadaan bugil, gak jauh dari situ ada beberapa org lagi mandi dan sikat gigi, trus ada tempat pemotongan kambing. Semuanya dilakukan di sungai yg sama. Aduhhh itu higenis gak ya? Mau beli makanan yg dijual di pasar terapung jadi gak PD kl bayangin pake air sungai. seinget aku dulu gak sejorok itu. Eh apa akunya aja yg gak ngeh krn msh kecil ya? Hahahha

    • Ahhh sedih banget kalau jadi jorok ya :9 dulu juga udah gak bersih2 banget sih makanya sayang sekali ngeliatnya. Manalah orang2 disekitar sungai kan make airnya untuk semua keperluan. Haduh… bayanginnya ini jadi gimana gitu

  5. Waa unik banget, dan iya, memang saya paling ingat dengan RCTI itu salah satunya dengan adegan si ibu tersenyum di atas perahu pasar apung. Salah satu dari sedikit kenangan televisi yang tak bisa saya lupakanlah pokoknya :haha.

    Keren-keren! Ini menurut saya foto-foto jujur yang menangkap kehidupan orang-orang di sana ya Mbak, dengan semua dinamika mereka di atas perahu, menjual barang dagangan sayur buah yang segar-segar, pun juga dengan orang-orang di tepian sungai yang melakukan kegiatan sehari-hari seperti membersihkan diri dan mencuci. Banyak cerita yang tertuang di dalam satu gambarmu Mbak, saya suka saya suka :hehe.

    • Paling nyantol dikepala ya itu RCTI Ok………

      Gara, tapi sedih banget deh bayanginnya. Mereka melakukan semua aktifitas dengan air sungai. Kamu udah kebayang dong. Airnya untuk mandi, masak, nyuci dan semua2nya padahal mereka buang kotoran dan sampah juga disana huhu

      • Iya Mbak, saya mulai bisa membayangkan, sanitasi pasti jadi masalah banget di sana, selama belum ada infrastruktur air bersih yang memadai.
        Eh kemarin di wall FB saya lihat berita soal ibu yang di RCTI OK itu lho Mbak, beliau sudah sepuh sekarang, masih sakit-sakitan tapi masih juga jadi pedagang.

      • Awww………….. coba deh kira2 RCTI bayar berapa ya untuk ibu itu hehhe.

        Soal sanitasi emang masih jadi issue ya ampe skr. Harus dibenerin segera terutama buat yang tinggal di daerah pinggiran sungai / laut kayak gini

  6. jadi ingat iklan RCTI oke jg kalo pasar terapung hihi…
    keren ih..pengen kesana,,:D itu sayurnya tampak segar2

  7. Yang RCTI itu LEGENDA banget Non!!! Hahahaha 😆 . Nggak akan lupa deh, yang akhir-akhirnya ibunya (atau bapak ya? Haha 😆 ) trus nunjukin jempol tanda oke itu 😛

  8. Tahun 2013 ke sini, beli sarapan di perahu kelotok dan dimakan di perahu sambil terombang-ambing diayun sungai. Abis sarapan langsung mampir ke pulau yang banyak monyetnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s