Lontong Sayur Medan


Lontong Sayur Medan - JW Marriott Medan
Lontong Sayur Medan – JW Marriott Medan

Medan lebih cocok kalau kita sebut sebagai kota kuliner. Sebutlah dari sambal teri Medan sampai lontong sayur Medan. Lontong sayur dulunya lebih dikenal sebagai salah satu varian sarapan di kota Medan. Pagi-pagi hampir setiap penjual sarapan pasti menjual lontong sayur selain lupis, cenil, nasi gurih dan mie balap. Warungnya pun biasanya ala kadar doang. Pake terpal biru di pinggir jalan tapi yang beli bisa sampai ngantri-ngantri terutama kalau weekend.

Beberapa tahun belakangan lontong sayur tidak hanya menjadi menu sarapan pagi orang Medan melainkan makan malam juga. Bermunculan lah warung-warung yang menjual lontong sayur malam. Jadi mau kapan pun ke Medan jangan khawatir gak bisa makan lontong sayur.

Lontong sayur medan sedikit berbeda dari lontong sayur yang sempet saya tahu di Surabaya. Lontong sayur Medan terdiri dari sayuran yang terdiri dari labu siam, nangka, belinjo, wortel dan kacang panjang lalu ada sambal tauco, serundeng, mie goreng/mie balap, dan tentu saja bisa ditambahkan telur, rendang, ikan teri atau ayam goreng , dll . Pokoknya tergantung selera. Ini nulisnya sambil ngences haha.

Kalau datang ke warung lontong sayur sebenarnya kita bakalan kalap sendiri karena pilihannya banyak banget. Mulai dari ayam goreng, ikan goreng sampai telur goreng. Dari sambal balado, ayam kecap sampai sambal ijo. Panik!

Untuk rasa sendiri sebenarnya menurut saya lontong sayur Medan paling enak karena dalam satu piring kayak pesta. Jadi masuk kemulut berasa rame banget. Pedes, gurih, asem bersatu menjadi pesta tahun baru di mulut. O,ya kalau ibu saya suka nambahin dengan rendang kerang yang, Β omg…. aku mau pulang kerumah abis nulis ini πŸ™‚

Lontong sayur paling enak di Medan sebenarnya ada dimana-mana Β walau yang terkenal adalah lontong kak Lin yang berada di Jl. Tengku Cik Di Tiro depan SMAN 1. Ibu supir kantor saya juga jualan lontong dipasar yang rasanya enakkkkkk pake banget. Trus beberapa lontong malam dipinggir jalan juga enak banget. Dari tadi nulisnya enak-enak trus, Β haha. Sementara untuk di hotel bintang 5 di kota Medan, JW Marriott juga menyediakan lontong sayur untuk menu sarapan dan dinner. Jadi kalau ke Medan, jangan khawatir lontong sayur bisa dinikmatin dimanapun. Mulai dari pinggir jalan sampai hotel berbintang. Harganya tentu bervariasi. Mulai dari Rp 10.000 – Rp 60.000

Ada yang suka lontong sayur juga? cerita dong lontong sayur dikotamu πŸ™‚

Lontong sayur Medan
Lontong sayur Medan
Lontong sayur Medan
Lontong sayur Medan
Lontong sayur Medan
Lontong sayur Medan
Lontong sayur Medan
Lontong sayur Medan

 

Advertisements

165 comments

  1. Aku nggak pernah makan lontong sayur..apa aneh ?? Jadi penasaran mau coba… di liat dari pic nya bikin ngiler… :'(. Btw salam Kenal ya ^^

  2. hi mb non..salam kenal
    lama jadi Silent Readernya tetiba LonSay jd pengen ngomong..
    Hamil anak 1st sama anak ke3 saya hampir tiap hari ngidam LonSay,deket2 due date sii untungnya,,,(kebayang santeen dan pedass)
    dan selama di Palembang ini, LonSay susah dapet yang enak, di Pontianak ada juga LonSay enak,deket kelenteng apa gt lupa namanya,yang pasti jual sarapan pagi naskun dan uduk juga..
    dan menurut saya emang paling tak telupakan ya LonSay Medan,kuncinya ada pada legit dan serundengnya,…
    dulu di Kisaran saya juga sering nongkrong di LoMa siapa ya lupa juga,makannya pake sate kerang dan sate telur puyuh,,jika beruntung kebagian sate jengkol..hahahaha
    #ohmaihaaaat lapergilak!!!
    sekian (kepanjangan komen…)
    maafkeun πŸ™‚

  3. Huwaaa….liat pict nya lgsg ngences awaq,iyaaa..^^ lonsay medan is the best menurutku kak. Cita rasa tiada duanya. Di bekasi gk ada jual lontong seenak lonsay medan. Disini yg paling populer lontong betawi yg isinya cuma lontong,semur tahu,telor rebus,sambel n sayur pepaya muda. Cuma lontong padang satu2nya obat klo aku kangen medan. Agak mirip sikit rasanya kak,hehehe….

  4. parah ih….aku ga begitu favorit lonsay sih, tp di deket kantor dulu ada restoran lonsay medan yang juga jual macam2 makanan, aih gila asli ngileerrr banget…

    aku jd kepengen ke medan kalau mikirin kuliner sana deh non…

  5. Lontong medan itu enak bangeettttt…
    kalo deket rumah di medan dulu malah murah banget…
    Pake telur cuma 5rb…
    Sekarang tgl di surabaya nyari lontong medan ga ketemu.
    ada yg tau di surabaya jual lontong medan dimana???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s