Kampung Naga, Tasikmalaya- Jawa Barat


Kampung Naga Garut Jawa Barat
Kampung Naga Tasikmalaya Jawa Barat

Saya kira memang tidak berlebihan jika tataran sunda kita katakan sebagai negri yang sangat cantik. Cantik alamnya dan tentunya cantik gadis-gadisnya dengan kulit putih atau kuning langsat yang bening. Salah satu tempat yang masih sangat bening itu adalah kampung Naga. Sebuah perkampungan adat yang menolak modrenisasi .

439 anak tangga adalah jumlah tangga yang harus kita jalanin untuk menuju desa naga. Sebuah angka yang bisa membuat saya sport jantung sampe hampir pingsan . tapi sungguh tidak akan menyesal memasuki desa cantik ini dengan kesederhanaan yang tiada tara. Btw sebenarnya saya hampir pingsan karena panas dan kelaparan hahaha.

Ada sekitar 112 rumah di kampong naga, tetapi yang terisi 109 rumah, lainnya adalah mesjid, ruang serba guna, dan lumbung padi . Penduduk di sini rata-rata bermata pencaharian secara bertani dan berkebun. Desa ini adalah desa yang subur. Sungguh saya salut dengan pola hidup masyarakat Kampung Naga yang menjujung tinggi persaudaraan dan keadilan. Untuk menghidari rasa iri dengki rata-rata rumah di Kampong Naga memiliki 1 ruang tamu, 1 dapur, I kamar tidur dan WC yang berada di luar rumah ๐Ÿ™‚ . Mereka menolak listrik padahal ada loh, cuman sekitar 500 meter dari tempat tinggal mereka, saya melihat tiang listrik berdiri kokoh .

Rumah-rumah di kampung ini juga rata-rata tidak terkunci, malah sewaktu saya menanyakan ke tour guide kami yang kebetulan memiliki rumah disana, mereka tidak takut / khawatir ada maling, tetapi cuman takut kalo ada ayam yang masuk ke dalam rumah, walahโ€ฆโ€ฆ Salah satu cara mereka menjaga keseimbangan alam juga patut di acungin jempol.

Ada 2 hutan yang tidak boleh di utak atik. Kita tidak boleh mengambil apapun dari sini, bahkan mematahkan sebatang bamboo kecil juga di larang disini. Sewaktu kami disana ada kayu besar yang jatuh di sungai, oleh warga setempat kayu tsb tidak di kutak katik karena jatuh dari hutan yang dilindungi.

Catatan Desember 2009

Jangan lupa ikutan Giveaway Menghirup Dunia ya, link disini

Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Kampung Naga Jawa Barat
Advertisements

61 comments

    • Sekitar 3-4 jam kalau gak salah Ria. Lumayan jauh ya tapi banyak tempat wisata koq disini, jadi bisa ke banyak tempat hehe. Haduh kamu aja yang suka olahraga benci stairs apalagi aku yang gak olahraga sama sekali. Pengsan….

  1. Kok takut ayam masuk rmh kak?
    Btw ga ada listrik jd keinget sm baduy dalam heheehhe asli gelap gulita klo disana dan cuma berbekal nyala obor aja.
    Senter aja ga boleh dipake disana

  2. hahaha aku kesini abis dari gunung galunggung, dimana di gunung galunggung tangganya lebih kejam ada 620 anak tangga. Jadinya ditambah sama ini total sekitar 1000anak tangga didaki dalam sehari *pijit2 betis*

  3. Hidup sepertinya sederhana damai aman dan tenang ya disana… ga ada riaknya. Ntar kalau ke Garut mampir kesini ah ๐Ÿ˜€

  4. Dulu waktu KKN tahun 95 aku kebagian di Tasikmalaya daerah pantainya.. Pas diajakin ke kampung naga gak mau.., kupikir beneran banyak naganya..*antara naif, konyol, dan kurang info*๐Ÿ˜ Sekarang nyesel deh gak ngikut..

  5. Kayu yang jatuh ke sungai akan melapuk, menghancur, terurai, dan akhirnya menjadi sumber hara yang menyuburkan persawahan yang ada di dalamnya. Betapa alam itu mampu menyembuhkan dirinya sendiri, andai saja tidak diganggu oleh manusia, dan masyarakat yang sadar akan itu adalah masyarakat yang harus kita hormati ya Mbak :)).

    Tak heran senyum mereka begitu tulus dan jernih :)).

  6. Waaa.. Aku pernah kesini pas SMA.. Hihihi.. Emang cantik banget dan seger udaranya ๐Ÿ™‚
    Inget banget aku, dulu ada temenku yang mau BAK disini. Kamar mandinya setengah badan khas pedesaan banget. Terus gak ada gayung doong, pakenya gelas aqua. Hahaha ๐Ÿ˜€

  7. halo mbak. jika ingin kesana dan menginap kurang lebih 2 hari, diperbolehkan ngga ya? utk mendapat tour guide orang asli sana, apakah harus mengontak terlebih dahulu atau bisa langsung datang? terima kasih.

  8. halo mbak.. mbak punya contact person tourguidenya ga ya mbak? soalnya saya ada rencana mau nginap disana.. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s