Cerita Kamera


Foto was taken by Happy
Foto was taken by Happy

Saya seringkali kan cerita tentang kesukaan saya dengan foto dan kamera. Pokoknya kalau ngeliat kamera itu kayak ngeliat harta karun. Sampai hari ini aja kalau ke Mall pasti kami berdua (dengan Matt) sempet-sempetnya singgah ke toko kamera cuman buat liat-liat atau pegang-pegang. Koko-koko yang jaga toko kamera udah tau banget. Untungnya walaupun seringkali cuman liat-liat kita lumayan sering belanja. Entah belanja untuk diri sendiri atau keperluan kantor. Keperluan kantor paling sering. Keperluan sendiri itu paling setahun sekali. Pohon duitnya gak numbuh-numbuh sih.

Saya mulai kenal kamera yah dari kecil sebenarnya tapi baru serius seneng maininnya kayaknya pas mulai kerja karena bisa beli kamera digital pertama. Merknya kodak :). Saya pakai kamera ini sampai tahun 2006 kalau gak salah. Trus 2006 juga naik tingkat pake Canon Rebel yang 360d. Gak lama pake ini karena 2 orang temen jalan saya pakai Nikon, akhirnya ganti juga ke Nikon D70s. Sebenarnya gara-gara pacar saya pake Nikon juga deng haha. Supaya bisa pinjem-pinjem lensanya saya pindah “agama” ke Nikon. Dipikir-pikir konyol banget.

Sekitar 1 tahun pake itu saya upgrade ke Nikon D80 yang mana beratnya minta ampun kalau dibawa beserta beberapa lensa. Rasanya kadang-kadang males keluar-keluarin lensa karena berat dan ribet mesti buka tutup tas. Saya sempet berhenti bawa kamera DSLR pas tahun 2010 akhir karena udah punya Iphone haha. Jadilah motretnya pake Iphone, yang mana pada tahun 2010-2012 kan saya lumayan sering kirim-kirim tulisan ke majalah, beberapa dari mereka protes dong karena fotonya gak sesuai karena cuman diambil pake HP. Makanya biarpun hape kita canggih usahakan deh bawa kamera juga.

Nah, 2011 Matt beli mirrorless Sony Nex 5 untuk penelitiannya. Kita udah mulai pacaran tuh, jadi setiap kali pergi bareng kita berdua bawa kamera masing-masing tapi saya punya lebih sering disimpen di hotel dengan alasan berat. Setelah nikah karena kameranya jarang dipake, dikasiin dong ke saya.  Setelah dikasiin ke saya barulah lensa-lensa mulai beranak dan sekarang masalah klasik, males bawa tas kamera haha.

Saya suka banget mirrorless ini. Pokoknya pas bangetlah. Bisa dimasukin ke tas (gak perlu bawa tas khusus karena saya suka bawa lensa kit), ukurannya kecil dan udah dibeliin sarung kulit sama si Matt. Trus…. 2012 akhir pas kita di US, kameranya rusak huhu. Gak rusak total sih tapi rusak karena kena udara dingin. Jadi Nikon saya tahan banting dibawa motret dingin-dingin eh si Sony ngambek kedinginan. Shutter-nya rada-rada bermasalah. Udah tau bermasalah kita bukannya benerin tapi didiemin aja gitu soalnya masih punya Nikon juga sih dalam pikiran kita berdua.  Bahasa lainnya kita berdua takut harga memperbaiki kamera tsb mahal.

Sampai akhirnya kita mau pergi ke Jepang. Seperti biasa panik-panik sendiri harus ngebenerin kamera yang ternyata sampai hampir 2 bulan. Gak keburu dan kebetulan saya menang arisan haha. Jadilah kita berdua patungan beli kamera baru Sony Alpha 6000. Sampai hari ini saya sebenarnya cukup suka dengan Sony Alpha 6000 tapi…… kalau disuruh milih saya tetep lebih cinta dengan Sony Nex 5 karena touch screen untuk pemilihan fokusnya. Memudahkan banget untuk orang yang males kayak saya.

Setelah masing-masing punya mirrorless  ehhhh…… taon lalu karena kita berdua sama-sama gak pernah beli kado apapun untuk ulang tahun, anniversary, natal, lebaran, 17an agustus, dll (untuk 2 tahun kita berjanji gak ada hadiah apapun ) akhirnya kita berdua memutuskan untuk beli kado bareng berupa kamera serius full frame Sony A 7 yang mana lebih sering dipake si Matt buat motret tulang. Saya jarang makenya karena lagi-lagi lebih enteng bawa yang lama karena udah dibungkus dengan casing.

Saya dan Matt lumayan jarang beli-beli barang apalagi gadget. Hape aja punya kita udah yang lama-lama gitu. Hanya untuk kamera kita lumayan lapar mata padahal hasil fotonya biasa-biasa aja haha. Udah gitu fotonya pun untuk blog doang atau kalau si Matt buat buku dia. Setiap kali kita berdua liat kamera baru pasti deh langsung kepengen. Kepengen-kepengen gak jelas juga sih sebenarnya haha. Saya juga baru tahu kalau kakeknya si Matt ternyata mengkoleksi kamera-kamera tua. Kayaknya kalau bagi-bagi warisan, kita berdua minta kameranya aja deh haahaha.

Postingan ini berasa pamer gak sih?  Mudah-mudahan enggak ya 🙂

Tadinya saya gak mau posting sih karena khawatir dibilang pamer (hoekkk….. yang namanya socmed udah pasti pamer haha) tapi karena ada beberapa orang yang nanya ke saya enakkan pake mirrorless atau DSLR? emm ini postingan sebagai jawabannya juga. Saya sih milih pake mirrorless aja deh, selain enteng,  bentuknya juga cewek banget apalagi kalau udah dipakein casing 🙂

Sebenarnya ada sih yang lebih kecil lagi dan gak berat, coba pake go pro aja hehe. Masalahnya saya gak pernah suka dengan kamera itu sampai hari ini. Padahal kayak minggu lalu aja pas nemenin photographer wedding di kantor yang ngambil foto pake go pro dan drones, duh… rasanya udah ileran haha.  Lucunya si Gopro ini kan kalau di liat iklan-iklannya dipake untuk kegiatan-kegiatan outdoor yang butuh banyak gerak, ya kan hehe. Gak ada iklannya yang nampilih selfi or wefie. Nah… nyinyir lagi deh mbaknya. Dasar.

Update : Kita udah beli Go Pro tapi sebenarnya lebih untuk penelitian nya Matt kalau lagi dihutan dan harus ngejer binatang. Kalau bawa kamera lebih ribet. Go Pro dicantolin doang dikepala hehe. Untuk jalan-jalan kadang-kadang kita bawa tapi ternyata kita berdua ngerasa gak perlu karena tidak suka wefie pake Go Pro dan tentu saja saya lebih seneng ngambil foto dengan kamera.

Terlepas dari apapun merk, jenis atau apalah kamera yang kita pilih, saya pikir-pikir sebenarnya kemampuan seseorang mengambil fotolah yang menjadi saksi kehebatan si pemegang kamera. Apalagi kalau keperluannya cuman buat ngeblog dan mainin social media hahahaha.  *ngomong ama diri sendiri*

Bukti dari beberapa foto kece yang “cuman” diambil pake kamera hape https://www.apple.com/iphone/world-gallery/

www.apple.com
http://www.apple.com

-Noni yang lagi melototin iklan kamera karena gak makan siang-

Advertisements

85 comments

  1. Wooow.. Pake iPhone aja bisa sekeren itu ya? Hmmm aku lagi cari mirrorless nih. Ada yang ngojok-ngojokin Sonny, Samsung, ada juga yang ngojokin Fuji. Pusing dompet barbiiiieeee 😀

  2. Masalahku juga sama, sekarang males motret2 karena berat. Kameraku Nikon D7000, yang beratnya bisa bikin sakit punggung, tapi klo ga bawa DSLR pas pergi2 nanti nyesel (kaya kemaren pas ke Jepang, sempet ngambek kamera karena keujanan, langsung panik).

    Aku masih belum percaya kesaktian mirrorless Non, masih bagusan DSLR kemana2, tapi ya itu, jadi males bawanya 😛

    • Hihihi… aku gak tahan bawanya Ev, apalagi D7000 ughh… bisa merah2 bahuku, belon lagi lensa2nya. Mana si Matt kalau soal beginian mana mau dia nolongin bawa. Jadi ya udahlah mirrorless aja toh aku cuman pake untuk blog, majalah palingan atau di kantor untuk promosi 🙂

      btw.. itu kamera keujanan akhirnya gimana Ev?

      • Ember, D7000 itu udah berat banget bodinya aja, udah jangan ngomongin lensa deh.

        Kamera keujanan itu sebenernya udah aku tutupin jas hujan, tapi tetep aja kan ada air merembes somehow. Jadi besoknya aku ga bisa liat lewat viewfinder non, bisanya malah display di kamera ala kamera digital gitu, dan semua fungsinya buat ngatur aperture, shutter ga fungsi tapi ternyata bisa motret dengan normal (terbukti waktu udah berfungsi lagi, semua jepretan percobaan terrekam di memori)

        Dua hari kemudian klo ga salah udah bisa lagi. Kayaknya nunggu kering emang.

      • 2 hari nunggu itu pasti serba salah. Makan tidur salah haha, takut rusak beneran.

        Aku masih cari2 cara supaya kita bisa tetep aman kalau motret pas hujan atau bersalju gitu Ev, mesti diapain ya. Kalau gopro sih aman tapi aku gak suka sama sekali.

      • emberrr…hati dag dig dug, lebih sport jantung daripada nungguin pacar..

        Itu udah pasrah benernya klo mesti beli kamera baru ya udah deh, masa lagi di Jepang trus kamera rusak???

        Ada bisa beli casing tahan air sih Non, coba aja di ebay atau toko2 camera. Buat motret underwater juga klo ga salah.

    • Hiiiii…….. beli baru pas lagi liburan itu tuh yang berat banget tapi emang bener gimana kalau gak ada foto. Hampaaaaaa.
      Itu juga yang aku rasain pas sony nex 5 rusak pas kita mau ke Jepang. Langsung beli yang lain haha. Bener2 gila.

      Iya ya, aku coba liat ah, kalau mahal nangis darah deh 😦

  3. aku awalnya poket sony yg bisa underwater , di era itu jalan simple banget , ringan. lalu keracunan nikon d90 sempet rempong beli beberapa lensa tapi berasa berat pas mulai naik gunung atau jalan2 gembel , sempet ada drama kehilangan flash seharga go pro (ini yg bikin pedih). lalu coba2 beli sony nex 6 , selain ringan ternyata ini dan dpt hobi baru untuk bikin video. ya udah sekarang nambah sony action cam untuk narsis2an ala alay….

    dlslr dibawa kalo memang ngetripnya mau hunting foto kalau trip2 genit2an hahaha hihihi mirrorles cukuplah

    • Ah mirrorless aja sekarang ada yang full frame 🙂 ngapain bawa DSLR lagi hehehe. Emang pemalas sih ya bawa berat2.
      Koq bsia hilang sih flash? kamu teledor kali *malah diomelin yaaa*

      Sony nex 6 ada wifinya kan, enak ya tinggal transfer2 aja. Transferin mba duit aja deh Nan,

  4. Sebelum beli DSLR teman saya nyuruh belu mirrorlens aja (mahhal diantong saya mbak) tapi kebeli juga DSLR butut. Sepakat mbak non kalo bisa nAmbil angle yg bagus hasil fotonya jg bagus, saya ga bisa 😦

    • Butuh latihan lebih banyak Ru 🙂
      Walaupun udah pastilah ya makin canggih kamera pasti ada hal2 tertentu yang gak bisa ditandingin yang bukan levelnya. Cuman kalau untuk kita yang cuman buat socmed, rasanya gak perlulah kamera terlalu canggih. Ngomong ama diri sendiri itu hahaha

  5. Mbakk. Foto pegang kameranya apik bener dah.

    Saya siap terima lengseran kamera kok Mbak #sayamahgituorangnya. Hahahaha.

    Ngiler sih sama mirorlens. Tapi…. *lirik dompet* hiks. Aku pun skrg jarang banget bawa kamera mbak. Apa2 pakai iphone aja. Emang sih resol jd kecil tapi lbh enak dibawa. Hehehe.

  6. huaaa noni jago banget motret ya, gw juga pake iphone tapi jarang bisa dapet foto bagus kecuali outdoor dan terang .

    soal per kameraan gw kurang ngerti non, apalagi sejak punya anak. kalo ke mall pasti ga jauh2 dari toko baby deh. dulu nya hobby banget gonta ganti gadget, skrg mah boro2 hp udah 2 taun kayaknya belom ganti wkwkwkkwk.

    lanjutkan talenta mu non.

    • Belon jago loh Si 🙂
      Kayaknya emang kamera itu kalau gak pake flash emang harus ada pencahayaan yang bagus baru deh dapet foto yang ok.
      Hehehe….. aku karena belon punya baby kali ya, makanya asik ke toko kamera aja

      • iya yaaa lighting penting banget. tapi memang ada orang yang talented kalo foto pake hp aja bisa bagussss. gw foto susah banget dapet yang bagus , ga bakat kayaknya.

        Gpp noni enjoy aja selama masih ber2, nanti ada waktunya jadi ber3, ber4. Karena kalo udah punya buntut, suka kangen masa2 belom punya anak, bebas 😄😄

  7. Kameraaa! Sekarang masih pakai DSLR yang biasa dulu, yang standar saja, maklum masih belajar fotografi dan memfamiliarkan diri dengan kamera model begitu, paling saya melengkapi dengan lensa-lensa standar selain lensa kit :hehe. Buat sekarang, kameranya masih buat belajar dulu, sekalian nabung buat beli kamera yang lebih baik :hehe. Canon EOS 1100D ini masih kamera pertama dan belum ada rencana buat diganti :hihi.

  8. Bnr Non, tmn ku fotonya ada yg menang kontes di IG lho, pdhl dia iseng foto pk iphone 4s nya dia trs dia edit, kirim dan menang.. Mantap! Org2 ngira nya dia pk DSLR 🙂

  9. Sebenarnya kamera itu juga soal selera dan tujuan/sasaran penggunaannya. Yang penting calon konsumen harus bijak dan riset mendalam sebelum menebus kamera dengan uang yang sepadan hehehe. Btw, sangat eman sekali jika beli GoPro hanya supaya selfie, sampai sekarang pun saya sama kayak Mbak Noni, ilfeel sama GoPro! 😀

    • Kamu kenapa gak suka GoPro?
      Aku lebih karena gak ngerasa penting, kan kegiatan foto2 aku gak memerlukan gerak cepat/menantang gitu hehe. Kebanyakan santai. Udah gitu lensanya kan wide banget, suka distorsi 🙂 untuk beberapa foto seru sih tapi tetep lebih seneng kamera yang bisa bunyi klik…klik… kalau dijepret

      • That’s it! Persis seperti apa yang Mbak Noni bilang. Masih belum terlalu penting. Saya lebih suka berada di balik layar dan mengabadikan sekitar berdasarkan intuisi. Ga terlalu suka wide2 atau fish2 eye gitu banget lah. Wide yang senormalnya saja sudah cukup dramatis 🙂

  10. benernya sihh bagus enggaknya hasik kamera juga tergantung skill fotografer ya. Kalo mbak noni siihh kamera apa aja pasti hasilnya bagus 😀 Aku msh harus banyak belajar ngoprek2 kamera nihh, tapi kok banyak malesnyaaa

  11. “keperluannya cuman buat ngeblog dan mainin social media” hahahaha itu aku bangett Non 😆 makanya sampai saat ini cuma potret pakai kamera saku yg sdh rusak (ada titik hitam di atas gambar). Baca postingan cerita kamera ini jadi tergoda beli dslr 😀 .

  12. Kamera suami kan Nikon tipe berapa aku ga ngeh. Itu umurnya sudah 5 tahunan lebih. Lha kok rusak tahun kemaren pas selesai bulan madu. Dia mau beli kamera. Rencananya Nikon lagi. Aku bilang jangan beli yang DSLR, berat bawanya. Mending mirrorless aja. Trus dia bilang kalo mirrorless ga kayak orang professional gitu. Hahaha jadi ternyata baginya bawa DSLR itu lebih gagah perkasa 😅 ah akhirnya aku nabung aja biar bisa beli mirrorless. Sementara pakai iphone sudah puas.
    Non yang di IG, banyak ibu2 itu pakai hp fotonya sumpah bagus2 ya.

    • Haha emang sih keliatan lebih pro kalo bawa DSLR 🙂
      sekarang aku liat banyak yang pake mirrorless sih kalau cuman traveling karena kualitasnya sama kayak DSLR 🙂 bahkan ada yang full frame.

  13. Wah Mbak pas banget nih postingannya. Saya lagi kepengen beli kamera mirrorless krn males bawa DSLR 😛 Tapi masih nabung dulu nihhh, supaya bisa kebeli kameranya hehehe 😀

  14. Gopro mahal ya? Gw blm pernah nyoba…
    Iya sih sebenernya hasil foto bagus tergantung yg motret juga ya, tergantung object nya juga, dan tergantung yg ngedit juga hahaha

    • Tergantung tipenya, Man. Punya si Matt kemaren lengkap hampir 7 juta tapi dia sih makenya buat ngejer2 OU. Skr kan banyak brand lain yang ngeluarin kamera2 mirip kayak si GoPro itu

  15. dulu sempet pengen punya DLSR tp pas nyobain bawa punya temen seharian nyerah..berat yakkk…:p
    Gopro lucuu..ada temen yg punya dan kecil abis tp unyu..
    pengen punya mirrorless jg..ini lg nabung buat gantiin kamera lama yg ilang 😛
    btw gak beli kamera pas di jepang kemaren? yg dsana katanya made in japan kan..

  16. Semenjak kamera mandi hujan di Badui, aku jadi males motret2 pakai DSLR dan jadi motret pakai HP murahan. Selain itu punggung juga beneran sakit gara2 kamera, ini jadi alesan buat beli iphone 6. Iklannya itu lho gak kuku: dipotret dengan iphone 6.

    • Aku DSLR udah nyerah deh Ai, berat banget.
      Beli 2 ya Ai haha, satu buat Noni deh 🙂
      Aku juga jadi kepikiran banget ganti iphone lama ini karena baterainya mulai soak plus lambreta banget. Cuman…. masih mikir2 deh

  17. Berkali2 dapat kamera langsung jual tanpa perlu di tenggok2 spec nya hahaha. Gw mencoba memanfaatkan apa yg ada di tangan, jadi ngak perna ngiler pingin beli lensa atau yg lain hehehe

  18. Foto Iphone never fails sih mba.. kece banget.
    skr suami saya pake sony yang saya ga tau tipe apa.. taunya minta share aja haha

  19. Kenapa ga makan, mbak? Puasa bukannya start besok ya? *dibahas*
    Engga kok ga pamer… justru membantu banget krn kebetulan aku buta kamera 😀
    Kalo fotonya buat iseng2 doank blm tntu bisa dimasukkin buku dong, mbak. Mbak Noni kan udah kolaborasi sm temen2 yg lain bikin buku, ada foto2nya ga

  20. Seneng deh liat cewek2 yang bisa ngulik bgt sama kamera kayak kak Non gini, walau dulu aq pernah 2 semester belajar photography tapi karena ga punya barangnya jadi ga ngerti pakenya lagi, jadi seahli2nya motret ya pake hp atau tablet aja hehehe…tapi skr ada juga orang awam motret tapi berduit trs beli kamera canggih lalu ngerasa diri udh pro >< agak kesel liatnya entah sirik?! haha..yang lucunya kalo org tsb megang dslr tapi gaya genggamnya kayak lagi megang kamera pocket wah ngakak aq bisa2…:P NB: Berkah nyari review jalan2 ke KL april lalu, nemu lah tulisan2 kak Noni ini ehhh skr aq jd ngefans bgt sama doi *.*

  21. tapi tetep beda sih mbak Non ya, aku meski skrg kebanyakan pake yg mirrorlens, suka kangen bgt pake SLR, meskipun ya males lah ya kalo cuma pergi event blogger doang mah bawa2 SLR qiqiqiqi

    • Masa sih beda? mungkin tergantung jenis kamera juga kali ya dan dicompare ama SLR yang mana. SLR aku kebetulan udah lama jadi dicompare ke mirrorlens langsung keliatan bedanya.

  22. Yaah nex5 beneran ngambek kalo kedinginan kah? Huhu aku ampe skrg masih pake nex5 dan mo dibawa dingin2an ke jepang desember entar jadi deg2an -_-
    Emang bener sih pake iphone cakep apalagi skrg ada si slo-mo kalo mau videoan, tapi kalo foto, ada di momen2 tertentu ngebatin “duh pake mirorless ato slr cakep nih” hehe.

    • Waktu kita di US itu emang parah banget dinginnya plus saljunya. Kayaknya itu jadi masalah padahal kamera udah di bungkus2 kain hehe.
      Coba kalau kesana usahakan kameranya hangat trus deh 🙂 dan bawa plastik kedap udara itu hehe.

  23. Aku malah lagi mupeng sama Go Pro, Non.. Tapi berhubung ga tega mahalnya, jadi beli versi mureh nya aja entah sjcam atau brica.. Hahahaha.. Maklum.. Rencananya mo selfie sambil berenang dilaut.. *kena deh nyinyirannya* bahahaha :p

  24. lagi ngiler full frame lah, tapi first world problem banget dengan beratnya. eh, lebih utama dengan harganya sih.. hahaha…

  25. Hello Non, bener banget, risky buat mainin kamera disuhu yang sangat dingin…Pengalamanku selama tinggal di kutub sih, tas kameranya aku sumpelin lagi ama kain dari atasnya biar nggak terlalu dingin…Masalah lainnya ya nggak bs lama2 buat hunting, mana harus pake buka sarung tangan kan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s