Gaya Rambut Andalan


Foto was taken by Yoga
Foto was taken by Yoga

Siapa sih yang tidak perduli dengan rambutnya? rasanya hampir gak ada ya. Bahkan dulu saya pikir si Matt itu lumayan cuek dengan rambutnya ternyata kalau saya lagi pegang-pegang kepalanya trus ngomong “ehhh ada yang botak loh” dia sewot setengah mati hehe. Untungnya rambut si Matt ampe sekarang masih tebal.

Ngomongin rambut saya cuman lagi seneng nih liat-liat pinterest. Biasalah pin sana sini hehe. Kayak biasanya,  tapi sekalian saya pengen cerita gaya-gaya rambut yang pernah saya punya dan yang saya suka banget.

Sedari kecil saya selalu punya rambut panjang. Pokoknya hampir gak pernah pendek. Setiap hari rambut saya dikuncir ama nyokap. Mulai dari ditocang (dijalin), diikat ekor kuda, ditocang kecil-kecil mirip yang dikerjain ibu-ibu dipinggiran kuta itu sampai diikat kencang-kencang yang membuat kulit saya hampir tertarik keluar plus diminyakin kelapa 🙂 . Kalau yang terakhir itu kerjaan mendiang nenek.

Nenek saya pun setiap kali mandiin (keramas sih biasanya) selalu pake dinyanyi-nyanyiin. Sayangnya saya lupa gimana lagunya. Intinya lagu itu dinyanyiin untuk rambut supaya panjang, hitam dan tebal. Kalau nulis ini saya langsung inget rambut mba Yoyen. Udah gitu nenek saya itu rajin banget narok lidah buaya, air dari batang pisang, kemiri dan entah apa lagi dirambut. Yang pasti rambut saya zaman kecil dulu lumayan bagus.

Begitu ibu saya mulai sekolah salon habislah perjuangan mendiang nenek. Rambut saya dan adik dijadikan bahan eksperiment. Mulai dari dikeriting sampai diwarnain. Kita berdua entah kenapa seneng-seneng aja walaupun adik saya sempet mengalami keriting cuman di poninya doang. Doi cowok loh. Kalau kita cerita-cerita sekarang kayaknya dia tetep bangga dengan poni keritingnya itu.

Setelah kuliah akhirnya pertama kali saya memberanikan diri potong rambut pendek setelinga. Gak tanggung-tanggung. Yang tadinya panjang sepunggung ehhh jadi pendek banget. Kepala saya seketika ringan mendadak. Masalahnya rambut pendek kayaknya kurang cocok dengan saya.

Begitu panjang lagi ehhh trend smoothing. Saya gak mau ketinggalan dong. Ikutan juga dan mengakibatkan tampang saya mirip tikus kecebur got. Lepek trus rambutnya dan suka nancep-nancep dimata sangking tajamnya mirip jarum. Trend ini gak sesuai juga. Saya kurang suka rambut lurus yang saya punya apalagi begitu rambut aslinya tumbuh jadi aneh banget. Kembang diatas, lepek dibawah. Ughhhh…..

Mewarnai rambut juga sempet dong ikut-ikutan. Saya lumayan suka sebenarnya. Warna yang dipilih gak pernah aneh-aneh. Palingan coklat coca cola. Ini warna paling aman deh 🙂

Foto was taken by Dini
Foto was taken by Dini

Nah, masalahnya sama seperti rambut yang dismoothing, saya benci banget setelah rambut yang asli tumbuh. Entar kan ada perbedaan rambut aslinya dan rambut yang diwarnain. Semestinya sih diwarnain lagi kali ya tapi masa sih setiap 2-3 bulan harus diwarnain lagi. Bangkrut haha. Akhirnya saya memang berhenti mewarnain rambut walaupun pengen. Kalau gak salah terakhir kali saya mewarnain rambut itu 2009 atau 2010. Lupa-lupa inget.

Sejauh ini rambut saya cuman punya 1 model. Panjang, shaggy berlayer panjang, bawahnya selalu di rol supaya ikal-ikal rapih dan pernah saya keriting gantung 2 kali. Dulu setiap malam ketika mau tidur saya selalu tidur dengan rol rambut panas. Atau kalau gak bangun pagi banget, ngerol rambut baru ke kantor. Yang ada saya ngantuk terus tapi rambutnya bagus haha.

Pokoknya kalau rambut bagus, biarpun dimaki tukang parkir tetep happy! hidup rambut bagus! begitu bad hair day, duh…. rasanya semua-semua salah. Malahan pas masih di Medan sebelum ke Surabaya, kadang-kadang saya bela-belain duit jajan/duit gajian dari radio (saya kerja di 2 tempat dulu, Bank dan malam siaran) buat cuci blow setiap 2 hari sekali di salon murah dekat pasar Peringgan. RP 15.000 dulu ongkosnya.

Lalu akhir tahun 2012 kemaren karena saya operasi dan rambut rontok banyak banget, begitu keluar rumah sakit masih tertatih-tatih ibu saya langsung minta saya potong rambut pendek lagi. BOB! yeay….. saya udah pengen banget rambut model begini. Setelah dicari-cari fotonya yang ketemu cuman ini doang 🙂 Ini udah agak panjangan dari potongan pertama.

164906_10151395228278202_429040549_n

Saya suka banget model BOB ini soalnya gak panas, rambut saya berkurang rontoknya, gak perlu dandan ehh sebenarnya harus diblow sih supaya rapih tapi percaya gak,  saya itu males banget sisiran dan hampir gak pernah sisiran kecuali pas lagi ke salon. Serius loh ini hehehe. Pokoknya saya gak suka sisiran!

Trus sekarang rambut saya panjang lagi dong. Seperti ukuran semula. Saya lumayan suka rambut saya yang asli. Gak terlalu repot ngejaganya. Pertama yang harus saya sukurin rambut saya itu ikal-ikal dibawahnya jadi kalau digulung bentar atau pas abis keramas abis dikeringin langsung disanggul-sanggul gitu pas dilepas langsung ikal-ikal. Gak perlu kesalon.  Masalahnya adalah saya gak tahan kalau rambutnya dilepas karena panas dan bikin keringetan. Begitu keringetan biasanya jadi biang yang bentol-bentol disekitaran leher, sehingga setiap saat selalu diuntel-untel. Setelah saya perhatikan beberapa foto kayaknya gaya untel-untel inilah andalan saya dan jadi favorite hehe.

Foto was taken by Fani. Btw... koq saya punya jakun ya, kata si Matt Adam's apple nyangkut di leher saya haha.
Foto was taken by Fani. Btw… koq saya punya jakun ya, kata si Matt Adam’s apple nyangkut di leher saya haha.

Rambut untel-untel ini pasti selalu saya pakai setiap hari. Ke kantor aja yang enggak, ehh kadang-kadang deng haha. Biasanya kalau kekantor saya sanggul pake bun/donat hitam. Lumayan rapih dan jadi bikin bulet keren (iya menurut saya loh). Makanya belakangan saya suka liatin pinterest supaya saya punya contekan gaya yang lainnya lagi hehe.

Gaya untel-untel yang saya selalu buat biasanya dengan karet gelang, pensil, ranting kayu (kalau lagi traveling) sampai sumpit. Segitu serampangannya saya, untung gak pake sendok/garpu, haha. Kalau sekarang karena rambut saya mulai panjang, saya hampir gak perlu bantuan lagi. Cuman diuntel-untel langsung jadi bun kecil. Lumayanlah kayaknya rapih juga.

Dibawah ada beberapa foto dari pinterest yang saya comot. Model-model ini yang sebenarnya saya suka banget karena simple dan sebenarnya buatnya juga gak terlalu susah apalagi kalau rambutnya nurut. Rambut saya sebenarnya cenderung kering dan rontok. Ini lagi mulai perawatan lagi kayaknya setelah bertahun-tahun dicuekin 🙂

Kamu…. yes kamu, punya gaya favorite kayak apa?

Aryesha Sena by semplumas on Flickr
Aryesha Sena by semplumas on Flickr
Found on etsy.com  Ini nih biasanya saya buatnya pake donat tapi gak pake syal
Found on etsy.com
Ini nih biasanya saya buatnya pake donat tapi gak pake syal
Pic source : Found on brit.co
Pic source : Found on brit.co
Pic source : Found on brit.co
Pic source : Found on brit.co
Advertisements

144 comments

  1. rambut lo bagus Non..item tebel gtu..kayaknya kalo kena angin jadi kayak iklan shampoo…rambut model apa aja cocok…:D
    gw dulu pas tk rambut panjang,,masuk SD lgsg potong pendek setelinga soalnya nyokap takut ga bisa ngurus dan parno kalo tiba2 kutuan,,dan ternyata bener sempet ketularan temen sekelas haha…abis itu baru pas sma dirasa bisa ngurus rambut sendiri ama nyokap, dibiarin punya rambut panjang deh gw hihi
    dan temen bule ato temen asia timur itu banyak yg pengen rambut ikal..dan iri ama rambut ku yg ikal padahal aku pengen lurus kek orang korea haha

  2. mbak noni cantik rambut bob itu. aku juga gak suka sisiran. apalg udh pake kerudung malah gapunya sisir. dulu pernah dikatain sama orang salon “cewek koq gak pernah sisiran” ih pengen aku lempar sisir itu cowok rempong abis itu aku gapernah ke salon itu lagi haha *emosi

  3. Pengen banget bisa nguntel2 rambut dan tahan lama, tapi ga bisa :))
    Rambutku tipikal yang lurus dan licin, jadi kalo pakai gaya diuntel2 trus dikasih pensil, dkk, pasti bakalan kembali ke bentuk semula (berasa iklan sampo, Eh!)

  4. Rambutku selalu pendek.. Huhu.. Jatohnya ya cuma bob doang pilihannya ;p Udah coba model yg lain ga cocok ama muka yg bulet ini.. *pedih* haha 😀 Rambutmu bagus Non 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s