6 Kuliner Wajib Di Medan


Saya beberapa kali mendapatkan email atau pesan-pesan singkat yang isinya menanyakan kuliner wajib ketika di Medan dalam waktu satu hari. Kadang-kadang yang nanya cuman bilang dia ada waktu dari jam 1 siang sampai jam 7 malam karena setelah itu harus ke airport. Makanan apa yang harus dicobain di Medan?

Bingung? yes…..saya suka bingung kalau ditanyain apa yang wajib dicobain. Terutama kalau yang nanya posisinya entah dimana, trus dia naik kendaraan umum dan mau nyobain makanan ini dan itu. Langsung saya sibuk kasih ini dan itu juga sambil cari tau posisinya dimana, resto/warungnya dimana, harus naik apa. Saya tahu banget kuliner itu soal selera. Jadi sebenarnya judulnya adalah 5 kuliner wajib di Medan menurut Noni haha.

01. Soto Kesawan

Pic source : Hospitality is when someone feels at Home in your presence. Pic source : makanmana.net

Pic source : makanmana.net

Saya sebenarnya lumayan jarang makan soto karena pake santan. Ini dalam rangka menguruskan badan yang gak kurus-kurus itu haha. Soto kesawan ini deket banget dari Mansion Tjong A Fie. Jadi kalau ke mansion langsung aja makan siang disini. Tips ketika berencana makan disini usahakan sebelum jam 1 siang. Diatas jam 1 siang biasanya menu udah gak lengkap. Bulan lalu saya datang dengan temen kesini dan yang tersisa hanya jeroan doang. Waktu itu jam 2 siang aja loh huhu. Batal makan soto.

Yang paling bikin soto disini istimewa adalah udangnya. Iyaa….udang (menjerit-jerit). Saya hampir gak pernah pesan daging atau yang lainnya. Pokoknya udang. Soto pake udang itu enaknya luar biasa. Kalau penasaran harus datang kesini.

Oya saya selalu penasaran kenapa warung soto itu selalu panas ya? enggak di Surabaya enggak di Medan biasanya selalu terasa panas walaupun pake AC. Untuk warung soto kesawan ini terletak di bangunan-bangunan tua di kota Medan, tempatnya nyempil kayak upil tapi rame banget.

Review paling lengkap bisa dibaca di makanmana.net

Soto yang direkomendasikan di Medan adalah : Soto Kesawan, Soto Sinar Pagi dan Soto Nanda

02. Restaurant Garuda Jl. S. Parman

pic pinjem dari www.restorangaruda.com
pic pinjem dari http://www.restorangaruda.com

Di Medan yang namanya restaurant Padang berserak-serak. Setiap 10 meter pasti ada 1 restoran Padang. Udah ngalah-ngalahin Alfamart hehe. Rumah makan Padang yang gak pernah gagal dalam rasa dan service untuk saya dan Matt adalah restaurant Garuda. Biar dikata rumah makan Padang banyak banget deket rumah, kita tetep loh bela-belain ke restoran ini. Sebabnya karena semua makanannya enak parah. Enak banget. Nulis ini aja saya udah tersiksa karena minggu ini gak bisa makan Padang huhu.

Restauran Garuda di S Parman ini terletak di gedung permanent dengan AC. Pelayanannya luar biasa. Mulai dari satpam sampai uda-uda yang tukang bungkusnya aja baik banget. Udah gitu pake antrian, jadi gak mungkin nyela dan uda-udanya galak-galak gitu kalau kita beli bungkus gak pake no haha. Disuruh ngambil dulu. Makasih loh uda.

Direstoran ini rasanya sulit untuk ngasih rekomendasi karena semuanya emang enak banget. Cuman biasanya kita pasti order/beli bungkus rendang Padang yang hitam itu hehe atau ayam goreng pop-nya. Dijamin pulang dari sini hati senang, perut pun buncit.

Makanan Padang lainnya yang saya rekomendasikan adalah sate Padang dan martabak Kubang.

03. Chinese Food

Chinese food ini macem-macem sih. Paling jagoan adalah warung-warung di sekitaran jalan Semarang, jl. Selat Panjang atau bisa juga ke Pagaruyung (tapi gak semuanya Chinese Food). Β Saya hampir gak pernah makan kedaerah ini karena jauh dari rumah dan biasanya banyak menu yang menggunakan babi hehe. Ini dimasukkan kedalam kuliner wajib Medan karena yang main ke Medan kan gak semuanya muslim πŸ™‚

Tambahan lain dalam makanan non halal adalah BPK alian Babi Panggang Karo yang menurut Abram ,Β graphic designerΒ di kantor saya enaknya luar biasa. Bikin ketagihan lah. Oklah, dengerin dia cerita saya cuman nelen ludah aja soalnya gak bisa dicobain haha.

BPK bisa ditemuin disekitaran Padang Bulan. Kalau tujuan kalian ke Berastagi, cobalah berhenti di warung2 BPK tersebut. Jangan lupa untuk mencoba kidu-kidu yang terbuat dari usus babi yang diisi oleh daging babi cincang dan daun ubi cincang trus dipanggang. Katanya Abram rasanya enak banget!

04. Mie Aceh

Ini termasuk dalam makanan kesukaan saya. Fotonya gak dimasukin karena saya gak punya fotonya trus pas browsing koq gak ada yang menarik yang saya temukan. Mie Aceh ini terbuat dari mie yang dibuat sendiri dan berukuran sedikit lebih besar daripada mie kuning. Rasanya enak karena dimasak dengan rempah-rempah (gak tau apa aja, saya kan gak bisa masak hehe) dan biasanya bisa dicampur kepiting, udamh, daging atau ayam. Harganya juga gak terlalu mahal.

Yang paling saya rekomendasikan adalah mie aceh Titi Bobrok (deket rumah hehe)

05. Durian

Pic Source : agendurianmedan.com
Pic Source : agendurianmedan.com

Durian saya masukkan walaupun gak suka makannya. Durian termasuk dalam kuliner wajib jika ke Medan kalau emang kalian gak berpantang atau emang suka durian. Di kantor sebenarnya ada larangan gak boleh bawa durian. Baunya itu loh tapi tetep tamu-tamu bersikeras harus bawa durian untuk oleh-oleh. Akhirnya kita sampai beli storage sendiri untuk durian-durian ini hehe.

Durian Ucok belakangan emang ngetop banget, cek reviewnya di beberapa tulisan food blogger. Tempat makan durian lainnya juga banyak banget di Medan. Sangking banyaknya dideket rumah saya aja ada 1. Ngesot langsung nyampe hehe. Duriannya mah sama-sama aja. Toh sama-sama buah hehe. Kalau lagi musim bisa melimpah ruah dimana-mana durian.

06. Lontong Medan

pic source : www.seriburasa.com
pic source : http://www.seriburasa.com

Di Medan ada 2 waktu yang paling tepat makan lontong. Pertama di pagi hari untuk sarapan dan yang kedua dimalam hari atau biasanya disebut lontong malam. Lontong malam mulai ngetop sejak beberapa tahun belakangan ini. Sangking ngetopnya dideket rumah saya ada 4-5 warung lontong malam yang rame banget. Mulai dari yang berdiri pake tenda-tenda di trotoar jalan sampai menempati ruko permanent.

Lontong juga termasuk kelemahan saya. Kalau ditawarin lontong selama bukan puasa biasanya saya langsung lemah hati haha. Lontong Medan menjadi enak dan berbeda dari lontong lainnya karena biasanya kita pakai tauco. Omg…kenapa tauco itu enak sih?

Tempat makan lontong favorite emmm saya sih sebenarnya dirumah nyokap, udah gratis boleh nambah-nambah dan menunya lengkap banget haha. Masalahnya nyokap cuman masak pas lebaran aja. Jadi…….warung yang saya rekomendasikan adalah yang deket rumah πŸ™‚

 

Oklah……….mudah-mudahan dengan tulisan ini bisa membantu yang lagi nyari-nyari makanan wajib di Medan hehe.

Kalau hanya 6 kuliner wajib kayaknya gak adil juga ya hehe. Cuman ini kan hanya untuk 1 hari doang πŸ™‚ di Medan apapun enak.

Ada saran yang lain? yuk dishare beserta alamat lengkap. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kuliner di Medan bisa cek websitenya makanmana.net atau kulinermedan .

Advertisements

114 comments

  1. Tendang Mejaaa!!! Hahahaha
    Jam segini belom bisa makan, sudah laper eh baca postingan iniiih!! teganya dirimu Mbak Noooon.
    X))

    Kangen duren medaaaan, belom ada yang ngalahin. Trus itu mie aceh titi bobrok. Sotonya kok kayaknya gurih. Trus lontong medaaaaan. Hahahahaha. Walikan mejo kalo kata orang Surabaya gini mah

  2. oh, kalo aku suruh pilih satu, mungkin akan ngejar Bihun Kari Tabona atau kangkung petis di Pasar Rame.
    Tabona ada sih di Jakarta, tapi gak manteb deh… Ya ampun, Medan itu kayanya gak boleh cuma sehari yaa… πŸ˜€

  3. Medan juga enak seafood nya lho mbak. Gampang cari seafood disini. Seafood Wajir (di jalan wajir belakang BNI Pemuda) dan restoran Nelayan.
    Baksonya juga enak walaupun makan di warung2 biasa. Tapi yang paling enak Bakso Amat di jalan juanda

  4. Belum pernah cobain soto medan pake udang, cemilan tradisional medan paling favorit apa mbak noni? Di posting terpisah ya? Atau udah pernah posting ? ( nanti mlm mluncur ubek2 blog mbak noni)

  5. Waktu saya nginap di Asean International Hotel, pernah nyobain kuliner yg deket situ, di Restoran Garuda, yg di Jl. Adam Malik. Recommended.
    Apapun makanannya (yang halal) kalo ada udangnya bakal jadi favorit saya.
    Karena dekat dg hotel itu, pernah diajakin mampir juga ke Durian Ucok.

    Jangan lupa dimasukin list: Bolu Meranti πŸ™‚

      • Ya biasa aja sih, sekedar buat oleh-oleh.
        Pas nyari oleh2, ternyata di sana juga nemu gerai Amanda Brownis.

        Restoran Garuda ini spt-nya waralaba, sebab waktu jalan-jalan di sana, ada beberapa tempat saya jumpai.

      • oleh2 wajib itu ya mas hehe. Rasanya sekarang hampir setiap orang ke MEdan pasti beli meranti. Amanda ada bahkan ada yang jual di mobil2. Bisa jadi Garuda udah jadi waralaba gitu πŸ™‚

  6. Berhubung kemarin saya menginap di belakang Selat Panjang, jadi ketahuanlah kuliner ngesot saya itu yang mana :haha. Apalagi saya tidak pantang makan babi, jadilah… :malu.
    Juaranya Martabak Piring! Unik banget bikinnya, dan setelah tanya-tanya sama pedagangnya jadi lebih unik lagi :).
    Ah, soto udang! Selalu gagal makan di sana padahal dibela-belain dua kali ke Kesawan. Pertamanya karena ke sana hari Minggu dan yang kedua karena kesiangan. Jam 1 siang dan sudah hampir habis (memang ramai banget hari itu).

    Ah, Medan memang kampiun dalam kulinernya!

  7. Makasi Noni udah mereferensikan blog makanmana.net hehehe…

    jadi ikutan terinspirasi bikin list list kaya ‘5 tempat makan sate di Medan’ atau ‘5 cafe buat ngopi sante di Medan’. Andai waktu berjalan lebih lamban hahaha…

  8. Saya belum pernah ke Medan. Dan sepertinya daftar di atas perlu saya print buat jadi pegangan kalau kelak main ke Medan supaya gak kelaparan mbak πŸ˜€

  9. BPK itu makanan utama, mbak Non. Temen2ku org Batak yg tinggal di Bali seminggu sekali harus makan BPK walaupun lg tiris πŸ˜†
    Btw makanan khas Medan ada juga Lapet dan Mie Gomak, kan. Mbak Noni ga makan itu?

  10. Duren medan gak ada yang ngalahin dah Non. Dulu sih jaman kerja di kuningan getol banget beli pancake durian medan di mall Ambassador, sekarang? yah cuma gigit jari doang kalo inget durian medan πŸ˜€

  11. Setuju sama uenaknyaaa soto kesawan. Kalau kesana mending pagi-an sih sekitar jam 9-10. Kalau waktu jam makan siang mah jangan ditanya lagi ramenya. Kalau untuk nasi padang, uda pada nyobain “Uda Sayang” belom yah? Mba non mau dong kuliner bareng hayuk sambil ngobrol emak2 πŸ™‚

  12. Mbaaa…. disana ada manisan india ga..?
    Pernah nonton tv acara kaliber gitu, katanya di sumatera ada kampung india.. maybe menjual makanan khas india yg salah satunya lado/manisan india…

  13. Utk non-muslim sy berikan rekomended:
    * mie pangsit disekitaran pasar sukaramai
    * nasi siobak dekat thamrin

    Utk lainnya:
    * ikan pari bakar di depan gang apa gt (lupa) tp klo ditelusuri tidak jauh dari pasar ramai, klo dari pajak king lngsng menuju sukaramai ntar ada jalanbesar ke kiri menuju rumah susun nah.. seberangnya rumah makan padang percisdidepan sudut gang
    * soto nyengir di yos sudarso
    * mie haphap ala tiongkok (halal) daging ayam, sapi, buncis, sona, rempah kari, bercampur dgn rasa sup kembang serta bawang goreng nya yg bikin… hmmm….. dl pernah ada di dekat pasar beruang, kabarnya pindah ntah kmn… (yg nemu info dong) wkwkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s