Jahit atau Beli Jadi?


Found on rstyle.me
Found on rstyle.me

Sejak pindah ke Medan saya mulai suka jahit-jahit baju. Gak sering tapi ada beberapa kali ngejahitin baju. Ini gara-garanya setelah pulang dari Surabaya saya sempet punya bebebrapa kain dari temen. Ada juga yang saya simpen-simpen karena sayang dijadiin baju hehe. Kebetulan tukang jaitnya deket banget dari rumah ibu saya dan ongkos jahitnya lumayan murah. Dulu cuman Rp 85.000 per 1 buah dress. Model yang saya pengenin juga gak aneh-aneh.

Sebenarnya saya sendiri kurang suka ngejahitin baju karena gak bisa langsung dicobain hehe. Cuman liat model trus dijait dan kita harap-harap cemas entar bajunya cocok. Beberapa kali saya ngerasa gak cocok dan berakhir dengan dikasiin ke adek ipar.  Alasan kedua adalah ongkos jahit itu mahal. Kemaren baru naik Rp 100.000 per dress. Hua….mahal. Kainnya aja gak nyampe Rp 100.000,  hihihi. Kalau jait sebiji gak terlalu sakit hati tapi kalau sekali jait 3 biji baju, berasa juga 300 ribu 🙂

Untuk pakaian saya lumayan pedit. Pokoknya kalau diatas Rp 300.000 mikirnya panjang banget mau beli, kecuali celana panjang, jeans atau rok yang emang dipakai berkali-kali. Kalau baju-baju biasa duh, koq yah sakit hati belinya mahal-mahal. Pedih aja ngeluarin duitnya.

Sebelum pindah ke Surabaya kan, saya lumayan banyak dapet undangan kawinan (umur-umur dimana temen2 pada nikah soalnya). Di Medan ada kebiasaan kalau pesta kawinan lebih sering undangan itu datang pake kebaya. Saya pun berulang kali jaitin kebaya. Repotnya susah dapetin tukang jait yang pas dan murah. Susah banget. Kalaupun ada biasanya mahal banget. Sedih, pake kebayanya kan,  gak bisa sering-sering tapi ongkosnya mahal . Sekarang sejak pindah ke Medan lagi saya milih beli kebaya jadi ajalah. Lebih murah, modelnya juga gak jelek-jelek banget dan warnanya juga macem-macem. Kebaya kawinan saya aja cuman Rp 150.000 hehehe. Cuman kalau dipikir-pikir secara menjahit itu kan mesti detail, hati-hati, buatan tangan pula, jadi sepantasnyalah emang harganya “mahal”.

Ngobrolin jahit menjahit saya pernah punya temen yang ngambil sekolah kejuruan jahit dan design sewaktu SMA. Sekarang dia punya butik sendiri di Aceh dan usahanya lumayan besar. Segala baju/kebaya bisa dijait. Ongkos jaitnya juga lumayan mahal banget. Anak buahnya juga ada beberapa orang. Asli, kalau ngeliat dia sekarang, saya jadi mikir kenapa gak sekolah jahit/design aja dulu hehe.

Trus-trus tukang jahit yang deket rumah ibu saya itu, haduh jahitannya gak pernah sepi. Mulai dari kebaya kawinan sampai pakaian anak. Sebelum keterima kerja di kantor yang sekarang, saya udah sempet ngomong ke ibu saya pengen les jahit. Gak mesti pinter sampe bisa bikin baju kebaya tapi bisa dikit-dikit jahit untuk bikin sarung bantal, taplak meja, alas makan dan printilan kecil-kecil gitu. Kalau bisa kan lumayan banget tuh gak perlu beli-beli. Ini sebenarnya niat mulia tapi dipastikan entah kapan terealisasi hehe.

Nyari tukang jahit yang pas di badan kita juga kayak nyari jodoh. Kadang-kadang saya sering dengerin ibu saya ngomel kalau jahitan dari bajunya gak enak dibadan, padahal udah diukur tapi pas jadi ehh ada aja yang gak pas. Entah tangannya miring. Kalau yang udah ketemu tukang jahit yang pas jangan pernah dilepaskan, sama kayak tukang potong rambut 🙂 .

Kembali urusan jahit menjahit, kapan terakhir kali kamu ngejaitin baju?

Advertisements

126 comments

  1. terakhir jahit 2 taon lalu kak…pedihhh euy gaunnya kependekan..skrg mending beli aja kakak…bisa dicoba..cucok..lgs dibungkus..hehhhe

  2. Akhir bulan Januari aku jahit kebaya. Hihihi.. 😛

    Dulu ngga jauh dari rumah, ada penjahit murah, Mbak. Menurut ku hasilnya bagus. Jahit baju dihargai 35 ribu. Tapi sekarang dia banyakan jahit seragam gitu..

  3. Terakhir kali enam tahun lalu. Jahitin baju kurung buat ke kawinan kakak secara lagi hamil gede anak ke dua jadi kalau baju kurung kan nggak ribet. Tapi ya gitu…..sakit hati soalnya mahal banget di Banjarmasin ongkosnya. Jaman itu aja udah 100 ribu. Sekarang satu dress bisa 200 an

  4. Aku belom pernah ngejahiit.. mau jahit sekaligus banyak, tapi belum dapet harga nego. Itu gimana ya yg usaha jual baju2 ko bisa mereka jual murah, padahal ongkos jahitnya aja mahalnyaa..

  5. Pagi mba baru baca postingan nya ini karna saya juga sudah lama mo belajar jahit. Dan skrg ide itu muncul lg dan lagi hunting tempat belajar jahit di medan ini yg dekat bagus dan murah. Ternyata sangat menjanjikan buat bisnis dan sgt berguna apalagi buat ibu2 yg punya anak cewe. Kira2 gmn mba jd les jahit nya?

  6. Terakhir jait januari lalu, kebaya buat kawinan ade, mihiil bgt ternyata >_< Oya mba, boleh minta infonya penjahit rekomended di Medan ? 😀 Thanks before

  7. Assalamualaikum all..
    Hay..salam kenal …
    Rumahjahitnavis…solusi tampil rapi n elegan dgn jahitan n potongan yg rapi…melayani pembuatan baju seluruh indonesia..mengenai pengiriman…hmm g bingung lg..kan banyk jasa pengiriman…n insyaallah amanah…
    Model / desain n ukuran bs via gambar dikirim k wa or bbm aja bs…okey..
    Wa 08885121074
    Bbm 7cb1021c
    Anytime…
    Makasih y…smg barokah y…amiin

  8. Ak skrg lg les jahit..
    Enak lo les trus di byr lg sm yg ngajar.krna kebanjiran job ..
    Secara tdk lngsung bisa blik modal untuk byr les kmrin.

  9. Yg mau les jahit privat…dtg y ke rumahjahit navis….d/a ; graha permata blok aa21 sidorejo krian sidoarho jawa timur…wa 08885121074 wa anytime

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s