Susahnya Hidup Sehat


orewa.org
orewa.org

Tau gak yang paling susah dari ngerubah pola hidup menjadi lebih baik adalah godaan. Iya godaan itu bisa berupa deretan rumah makan di deket rumah, berkali-kali dapat undangan makan diluar,  niat dari kita sendiri yang kurang kuat sampai komentar-komentar cihuy dari orang-orang sekitar.

Sewaktu di Surabaya dulu , saya katering dengan salah satu ibunya temen di kantor. Karena kateringannya menyediakan nasi putih dan nasi merah, saya pun meminta agar nasi untuk saya adalah nasi merah plus sayur yang banyak. Begitu makan di pantry kantor, hampir setiap orang yang ngeliat komentar “Noni pasti lagi diet, Noni pasti lagi pengen kurus, ngapain makan nasi merah kan gak enak, Non” macem-macem. Walaupun saya cuek aja dan gak tambah kurus juga tapi tetep loh komentar kayak gitu trus saya denger sampai berhenti kerja haha. Istilahnya awet. Mungkin sebenarnya cuman gatel aja ya, mulut pengen komen.

Taon lalu sewaktu saya mulai FC, sama dong, malah komennya lebih kenceng. Padahal saya udah jelasin kenapa saya pengen FC. Bukan karena pengen kurus semata-mata tapi karena saya ngerasa badan saya mulai gak bener. Saya juga ngerasa jajan diluar setiap hari bener-bener gak sehat. Belon lagi saya emang baru operasi. Kan kata beberapa orang, sebenarnya penyakit itu datang dari makanan dan stress. Walaupun ada juga sih penyakit yang gak datang karena faktor tersebut.

Setelah ngantor mulai lagi deh, pola makan saya berantakan. Jajan diluar, makan semua yang pengen saya makan dengan alasan capek plus gak sempet masak. Belon lagi Matt emang dasarnya suka makan juga, ya wis, makin menggila deh kita. Olahraga hampir gak pernah. Saya berhenti jalan/lari setelah ngantor. Juni kemaren…..kayak di ingetin gitu, pas check up ehhh kista saya nonggol lagi, Matt juga mulai ngerasa berat banget badannya, saya jadi ngerasa cepet capek dan pokoknya gak ngerasa sehat.

Sebulan lalu kita mulai masak sendiri di rumah. Setiap pagi saya sarapan buah + air lemon hangat, makan siang dengan sayur2 rebus + ikan,telur dari kantin kantor yang dimasak tanpa msg + malam biasanya saya makan oatmeal atau terkadang baru jajan (dinner ini saya emang belon bisa banget disiplin hiks) hehe. Matt sendiri lebih niat dari saya buat mengubah pola hidupnya, apalagi dia kompetisi ama temen-temennya siapa yang bisa nurunin berat badan paling banyak sampai des ini. Biasanya pagi, Matt sarapan oatmeal + madu + pisang, Siang dia lunch sandwich + apel, malam biasanya dia makan taco dengan banyak sayur atau spaghetti plus olahraga  1 jam naik sepeda statis (apa sih nama sepeda yang gak bisa jalan itu.)

Emang belon sehat bener tapi ternyata kita jadi ngerasa lebih sehat. Matt apalagi, karena dia ngurangin kopi (biasanya dia minum 5 cangkir kopi perhari, bisa 7 kali malahan kalau di rumah) sekarang hanya 2 cangkir perhari, beer hanya boleh pas cheating days (weekend) dan biasanya kita hanya jajan diluar ketika weekend aja. Kita sih gak tiba-tiba jadi kurus banget, gaklah, secara saya makan sayur aja banyaknya minta ampun juga hahaha (itu kenapa gajah kan gak kurus walo makannya sayur ama buah)

Eh iya selain itu 3 kali dalam seminggu saya minum jus pare + maca powder. Pahitnya amit-amit tapi katanya menyehatkan haha. Kalau ngemil kita juga biasanya makan buah aja atau kalau gak yah makan edamame atau baby carrot. Saya emang belon sedisiplin Matt, masih suka cheating tiba-tiba. Masih suka lemah iman tapi paling gak sejauh ini saya udah mulai ngerasain gak terlalu gampang capek lagi, kulit saya juga lebih bersih (apa ini perasaan saya sendiri ya hehe) dan yang terpenting mens bulan ini walau sakit tapi luar biasa banget darah beku yang keluar gak sebanyak bulan-bulan sebelumnya. Saya gak sampe keliyengan walaupun darah yang keluar tetep banyak.

Mudah-mudahan emang makanan yang saya konsumsi ngaruh ke kesehatan ya hehe. Plus, saya menolak banget untuk ngerasa stress. Kalau saya ngerasa stress pasti saya bawa tidur aja atau berusaha setengah mati untuk cuek. Kalau stress dari kerjaan, sejak Matt bilang “kamu kalau stress ya udah gak usah kerja aja” saya jadi lebih santai. Kadang-kadang emang susah sih menghindari stress tapi sebisa mungkin saya usahakan untuk ngeberesinnya. Mungkin lingkungan kantor saya lumayan nyenengin juga. Bos saya lumayan baik dan mau dengerin semua masalah saya plus bantu untuk ngeberesinnya.

Kalau di kantin pas makan siang, saya masih suka ditanya2in sih “kenapa makan sayur doang? enak gak sih itu? ahh udah kurus juga atau yang paling epic adalah komen kalau udah mau sakit yah pasti sakit aja. Itu kan udah takdir jadi makan ajalah” ahhhhh………sampai hari ini saya percaya banget apapun yang kita kasih ke badan kita pasti ada efeknya, ya kan 🙂

Oh iya….tulisan ini saya buat karena ada satu mba-mba dikantor yang (maaf) punya posture lumayan besar. Jadi sekarang dia lagi diet ketat. Dietnya semacam food combining + mayo. Ini gara-gara saya juga sih ngomongin diet mayo hehe. Sekarang saya liat dia tiap lunch pasti di cela-cela. Dikomenin macem-macem. Saya lumayan salut juga sih sama mba ini karena dia lumayan TEGUH hati walaupun ditawarin ini itu. Emang ya…..godaan paling berat itu yah dari lingkungan sekitar kita 🙂

Ada yang setuju dengan saya? kasih tau tips kalian gimana menghadapi godaan-godaan yaaa 🙂

Advertisements

116 comments

  1. setuju mbak!! emang kadang niat bulat dari rumah untuk ga jajan dan makan macem-macem bisa gugur pas udah sampai kantor liat temen sarapan lontong sayur, nasi kuning pake ikan haruan atau pas siang makan sop tulang atau bakso 😀

    semangat makan sehat ya mbak noni, saya kayanya belum cukup ni niat doang :p

    • Emang kalau ngeliat keluar atau kantin kantor aja aku langsung gak kuat haha. Lemah iman buat makan tapi……selalu inget2 kalau bahaya banget jika tetep makan sembarangan kayak dulu hehehe.
      Semoga kita sehat2 aja deh ya

  2. Tutup kuping dan lanjutkan makan apa yang kita makan saat itu Non dan jangan lupa ajak2 temenmu untuk ikut makan makanan sehat juga… “saya pengen sehat bukan pengen kurus” Hehehe… dungpreettt… but at the end kalau kamu bisa membuktikan bahwa makanan sehat yang kamu konsumsi itu membawa dampak positif buat bodymu, pasti komen2 negatif tadi berubah jadi puji2an.. been there dan masih terus usaha nih 😀

  3. aku gabisa kasih tips mba karna sampe skrg makan masih seenaknya hahaha
    paling aku usahain makan jgn terlalu byk aja supaya ga berlebihan, kan segala sesuatu yg berlebihan ga baik.. tapi kalo pantangan makanan2 tertentu sih aku engga, terutama makanan enak 😛
    ohh aku ga makan junk food dan indomie lagi skrg, padahal doyan sih tapi ternyata bisa tuh ga nyentuh2 itu lagi :)A

    • Junk food and indomie itu emang jahat banget ya tapi juga enak banget. Susah puasa dari mereka haha. Mba Non berhasil puasa indomie hampir 2 tahun lebih kalo junk food kayaknya setaon yang lalu mulai gak makan lagi kecuali 4 fingers hahaha. gak bisaaaaaaa

  4. Godaan terbesar adalah diri sendiri. Udah disiapin semua bahannya eh gagal juga. Hahaha. Ga nyalahin orang lain tapi pikiran yang bilang: “sekali ini aja deh”, “masih sehat kok”.. endesbreendesbre. Huhuhu. Bener banget aih. Badan kita ya sesuai apa yang kita masukin.

  5. Non, kebayang sama mulut2 usil orang2

    Btw kayaknya memang susah hidup sehat di Indonesia. Makanan enak murah meriah dan banyak plus pola hidup yang kerja kadang sampe jam ngga jelas (jaman dulu jadi wartawan).

    Sekarang aku disini ikut diet 5:2 sama lari 5km seminggu minimal 3x (tadinya 6 kali tapi langsung ngga boleh sama kiropraktorku) sama tentulah disini makanan masak sendiri (beli diluar selain mahal juga kadang ngga cocok dengan lidah)

    So far gw udah turun 5kg. Ya gw ga gendut sih, cuman merasa berat aja dan sekarang jadinya badan gw enak, dibawa kemana2 enteng.

    Disini cari makanan enak susah, adanya makanan sehat doang haha

  6. Sebenernya makan apa aja gak masalah, yg penting olah raganya rutin aja Non… gak bakal gemuk. Klo aku sih udahlah makannya banyak, olga juga enggak, hahahaha….
    Pengen bisa makan sehat dan rajin olga, tapi susaahhhh………

  7. Susah banget Mba emang ya, diriku kalo weekdays mencoba masak sendiri pun kadang kebawa males terus beli KFC aja. Sekarang sih mencoba sarapan oatmeal tiap hari tapi tetep aja makannya yang berat karbo trs jadi gampang capek 😦

  8. Aku juga lagi mulai FC dan cheating kalau weekend. Tapi yaa kadang tiba2 aja gitu pengen makan sesuatu ya aku makan. :p Bukan pengen kurus tapi ya pengen aja makanan dicerna dan diserap dengan optimal.
    Oh ya, oatmeal sama madu itu dicampur ya mbak? Lagi cari variasi campuran oatmeal biar agak-agak bikin selera makannya haha..

    • oatmeal dicampur madu ama pisang 🙂 kadang pake maple sirup + buah yang lainnya. Kalo ada berries2 gitu lebih enak tapi mahal hahaha. Kata Matt bisa dicampur biji2an sih tapi susah dapetin di Medan dan kalaupun ada mahal banget hiks.

      Yang penting kita usaha aja dulu makan yang bener, kalau cheating sekali2 bolehlah 🙂 kan nanti lama2 pasti jadi tambah bener pola makannya asal niat hehe

  9. Jadikeinget beberapa tahun lalu, pas mulai “membersihkan” badan dengan menghindari goreng2an dan banyak jalan. Yang komentar banyak.
    Apalagi pas bela2in jalan kaki dari rumah ke supermarket terdekat, sampai2 dihampiri temen ditanya motornya mana kok jalan kaki, hehehhhee

    • ih sama banget. Dulu aku sering di jemput ama OB kantor karena parkir mobil jauh dari kantor. Jadi dia suka nungguin aku supaya bisa bareng padahal aku emang niatnya mau jalan haha. Pas tau dia ampe bingung, ngapain juga aku jalan kaki hehe

    • jus pare itu untuk menghindari kanker.

      Khasiat Buah Pare Untuk Menekan Pertumbuhan Sel Kanker
      Penelitian yang dilakukan Pusat kanker university of colorado menghasilkan kesimpulan bahwa pare dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas.
      Kandungan yang terdapat dalam pare mempengaruhi metabolisme glukosa yang sangat dibutuhkan oleh sel kanker. Kanker pankreas banyak didahului oleh penyakit diabetes dan jus pare sudah terbukti baik bagi penderita diabetes tipe 2.
      Percobaan yang dilakukan pada tikus dengan kanker pancreas menunjukan bahwa jus pare dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker hingga 60%.

      Manfaat Buah Pare Untuk Mempercantik Kulit
      Terik matahari akan membakar kulit wajah Anda. Akibatnya wajah akan berkerut, kusam, dan rusak. Nah, untuk mencegah kerusakan wajah harus dilakukan perawatan khusus, salah satunya dengan menggunakan masker buah pare secara teratur. Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet.

      Khasiat Buah Pare Untuk Membantu pengobatan Diabetes
      Buah pare bersifat hipoglikemik yaitu menurunkan kadar gula dalam darah. Sifat ini sangat cocok untuk pengobatan diabetes untuk menurunkan kadar gula darah saat berlebih. Buah pare ini tidak mengandung senyawa berbahaya bila dikonsumsi jangka panjang sehingga bisa mengimbangi obat-obatan kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping bila dikonsumsi terus-menerus.

      Khasiat Buah Pare Untuk Membantu proses penurunan berat badan
      Karena mengandung kalori rendah, maka buah ini dapat dijadikan salah satu menu bagi Anda yang sedang menjalani diet obesitas. Rasa pahit pada pare dapat berkurang bila diremas menggunakan garam dapur sehingga bisa dikombinasikan bersama bahan makanan lain.

      Khasiat Buah Pare Untuk Melegakan pernapasan
      Anda sering sesak napas? Ada kabar baik dari buah hijau berbau tidak enak tersebut. Ternyata rasa pahit pada pare justru membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk bergerak lebih lebar. Artinya, saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara terjadi dengan lancar. (source http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.sg/2013/11/manfaat-buah-pare-untuk-kesehatan.html )

      trus kalau oatmeal bisa dimakan sama madu + pisang atau buah2 lainnya 🙂 dicampur aja, enak koq.

  10. Indonesia surga makanan, susah mau diet atau hidup sehat. Serba gampang dan murah, yg ngatain ngiri kali ah karena ga sanggup.
    Aku & suami mulai ngurangi makan ayam dan daging2an, tiap 2 hari harus no-meat day. Diganti ikan atau ekstra sayur. Kalo oatmeal dan buah2an doang wah ga sanggup deh, yg ada malah jadi pengen makan ekstra coklat atau chips.
    Mau promosi kelas ini nih, lumayan menarik https://www.edx.org/course/mcgillx/mcgillx-chem181x-food-thought-2806#.VDTpdmIaySM

  11. aiiiih…malu aku, aku termasuk yg pemakan segala..eh tapi ga juga sih, karena aku ga suka jeroan dan masih doyan sayur sama buah..alhamdulillah sih badan ya segini2 aja, gemuk banget ya enggak, kurus juga enggak…diet paling ampuh sih kalo aku ya puasa mbak..soalnya aku paling ga tahan godaan cemilan…kuat sih ga makan tapi kalo ga nyemil ampuuuun…. 😀

  12. Non.. akupun kalo makan gak bener berasa adaa aja bagian uang sakit di badan.. tapi kadang sangking repotnya gak sempet juga mau masak dan kepaksa makan diluar.. uuh sebeeel! Sayurnya di-boost aja dari jus hahaha..
    Eh non coba pake EO deh buat nyeri haidnya

  13. Bener banget Non, masalah terbesar hidup sehat itu ada di godaan ya. Benar-benar butuh NIAT yang kuat dan teguh kalau mau berhasil; dan niat ini harus bisa bertahan lama karena butuh konsistensi kan. Kalau cuma berhasil seminggu doang mah percuma kan ya, hahaha 😆 . Kalau omongan orang mah cuek aja deh. Toh kalau ntar berhasil mereka juga (biasanya) bakal muji-muji dan nanya caranya gimana, haha.

    • kalau tinggal di Luar kayaknya lumayan bisa ngerem ya Zi, soalnya kalau mau makan diluar setiap saat mahal banget kan ya? kalau di medan 6000 aja bisa dapet nasi campur model2 angkringan gitu. Gimana coba mau hidup sehat hahaha

      • Haha, iya Non. Disini mah mikir-mikir kalau mau makan di luar. Sekali dua kali nggak papa deh, kalau terus-terusan, waduh… . Walaupun kalau makan di luar juga sepertinya relatif lebih sehat daripada di Indo sih, secara disini semuanya diatur, hehehe 🙂 .

  14. Iya mbak non… Kalo mau hidup sehat itu (bukan diet yaa..) banyak banget godaannya. Godaan untuk nggak makan makanan sehat, godaan untuk nggak olahraga… Macem2 deh… Hehe… Semangat ya mbak non!!

  15. aku lagi coba juga nih mbaaa, selain yang tiap pagi minum perasan air lemon+air anget, karbo dikurangin, sama kurangin manis-manis. kalau bisa makan manisnya ya pas weekend aja.
    dikantor juga gitu, komennya ya yang “ngapain sih diet segala endesbrendesbre” tapi ya gpp deh, toh yang akan ngerasain sehatnya juga diri sendiri 🙂

  16. setuju kak non mau hidup sehat itu godaannya banyak bangettttt… bener2 mesti niat dari diri sendiri, udah lah gak kepikiran diet2 sampe turun berat badan asalkan bisa makan yang sehat dan bersih aja kan udah bagus ya. aku masih gak bisa tahan2 nih apalagi godaan makan malem2 hahaha..

  17. aku masih gampang tergoda mba Non. huhu..
    jadi gak punya tips juga gmn caranya menghadapi godaan-godaan yang ada 😦

  18. Pindah ke chicago aja , ditamggung makan sehat terus…upsss keknya ga jg yah, fast food dmna2 jg di US :)) so intinya emang dr diri sendiri, gw kl di kulkas ga ada stok sayur uda panik, makan tanpa sayur pun lgs guilty

    • kata si Matt, selama ada KFC, MC’D, Dunkin Donuts dll susah untuk hidup sehat. Di Indo parahnya junk food ada delivery servicenya pula. Di US kan gak ada tuh, jadi kalau gak keluar yah gak beli mereka tapi…..semua makanan kebanyakan frozen food yang sebenrnya gak sehat juga. Bagusnya disana kalau mau hidup sehat juga tersedia banyak bahan2nya plus murah dan gampang didapat 🙂

  19. Makan sih apa saja boleh asal in moderation. Yang penting juga bahan makannya fresh. Kita kan perlu vitamin dan protein dari berbagai sumber. Di US, sekarang di Canada juga, trans fat dalam makanan itu illegal loh (tahunya aku dari teman yg kerja di regulatory department). Jadi dari bumbu, makanan frozen sampai fast food ngak boleh pake trans fat. Ayam KFC rasanya lebih nikmat 😊

  20. halo mbak noni, salam kenal 🙂

    aku suka banget sama posting ini. badanku termasuk kurus. tapi bukan berarti aku gak bebas dari ancaman penyakit. ada satu pengalaman yang mengejutkan sampai akhirnya aku pelan-pelan kurangin junk food (sesekali masih bandel sih hihihi). setelah itu niat untuk selalu jaga makanan dan perbanyak olahraga.

    trus buat yang ngomong “kalau udah mau sakit yah pasti sakit aja. Itu kan udah takdir jadi makan ajalah” super nyebelin banget! gak sadar apa penyakit tuh bukan buat diri sendiri aja, tapi bisa aja diturunin ke keturunan kita. aku pernah share soal ini di postinganku: http://missgrangerwannabe.blogspot.com/2013/08/stay-healthy-not-only-for-you-but-for.html *maap ya aku share post ku di sini hehehe. kalo mau dihapus monggo lho mbak 🙂

    thanks mbak noni buat sharingnya 🙂 sukses terus jaga kesehatan dan teruskan olahraganya. cuekin orang yang mulutnya pedes. sumpelin sambel aja biar makin pedes hihihi

  21. Huaaaa lagi PR banget nih aku mba non
    Muaythai ga guna kalo makannya masih gragas. Dulu waktu aku diet ketar selama 4 bulan aku tidur cepat (jam 7 pas ngelonin anak2) nah kalo tidur cepat bisa tahan godaan…jd lupa klo laper kan

  22. Mulut Indonesia nyela melulu ya. Soalnya sayur itu diibaratkan kemiskinan, sementara daging dianggap sebagai bukti kemakmuran. Jadi kalau makan sayur aja dikasihani. Sarannya cuma satu, nggak usah didengerin.

  23. semoga sukses ya non dengan diet sehatnya ini MB juga aku bingung biar bisa turun jadi 100 kg kek, susah makanya aku mau coba herbalife dulu … biar dia gak jajan kurang sehat diluar..kalau aku sih aman aman saja makan di kantor dan sudah tak makan malam lagi cuma buah..dan minum saja

    • emang MB sekarang berapa beratnya Siti? *maaf kepo*
      kemaren si Matt sempet 93 KG, sejak olahraga + ganti pola makan sebulan ini dia udah hilang 6 KG (kira2). Sebenarnya kalau dia balik ke hutan lagi pasti turun banyak sih beratnya soalnya gerak trus naik turun gunung hehehe.

  24. Dulu gw demen makan di luar, keep my kitchen cleans tapi setelah ada acara tv neh, restaurant impossible, dimana kita dikasih liatin proses penyediaan makanan di resto, terus liat kompornya atau kondisi dapurnya berantakan dan kotor (meskipun disini resto2 dipantau ama Health dept), gw dan hubby jadi males lho makan di luar. Hubby juga kalau makan makanan yg mengandung SMG dia langsung bereaksi, pegal2 di pundak. Then gw neh skrg sensitive banget ama asin dan minyak. Jadi emang lebih sehat sih masak sendiri.

    • itu dia Syl, kenapa makanan di hotel bintang 5 itu mahal banget, secara dapurnya aja harus kinclong. Diaudit trus2an. bisa matek kalo kotor haha. Cuman kan gak bisa kita tiap hari makan diresto bagus ya 🙂
      apalagi di Indo, warung bakso di paret busuk yang banyak tikusnya aja rame banget

      • Matt itu suka banget makan. Mungkin karena dari kecil kan dia olahraga dan sempet ikutan club2 baseball/basket trus pas kuliah masuk club sepeda di sekolah dan pas penelitian dia naik turun hutan ngejer orang utan, Dulu sih kurus haha. begitu kerja dan dimedan kan duduk melulu jadi gendut deh. Sekarang kita makannya dihitung ama dia. Kalori yang dibutuhin badan sama yang kita makan. Harus sama jumlahnya plus dia olahraga. aku masih on off olahraganya hahaha.

  25. Mbak Nonik….semangat terus ya buat jaga pola makannya. Tak temenin wis, aku lagi diet mayo nih. Bukan apa2 usia udah kepala 4 kalau ga jaga makan bisa gawat darurat.
    Diet mayo emang bweek…..gak enak secara makan hambar. Tapi kalau jadi sehat dan bugar kenapa enggak?
    Salut deh sama Mbak Nonik dan Matt. Semangat terus ya….

    • mba Dyah, diet mayonya gimana? let me know dong. Temen aku nanya2 trus, lah aku juga bingung hahaha.
      semoag kita bisa trus sehat2 ya dan mengganti pola hidup kita yang udah banyak menyimpang nih. menyimpang ke makanan2 enak hehe

      • Aku ngikutin menunya aja Mbak. Yaaa beberapa aku modify. Misal telur rebus aku bikin balado, ayam kukus kubikin ayam suwir pedas. Tetep tanpa garam. Kalau selada musti dicolekin sambel yang lagi2 tanpa garam. Soale makin banyak googling makin banyak variasi menu dan makin bingung.
        Tapi diambil intinya aja, makan tanpa garam. Toh cuma 13 hari. Apa lagi baru hari ke empat udah hilang tiga kilo beratku. Makin semangat.

        Semoga pas udahanya bisa disambung sama FC.

    • pelan2 dong 🙂
      mungkin lebih berasa lagi kalau breakfastnya diganti hehehe. intinya banyakin makan sayur + buah. Gak makan goreng2an dan olahraga. OMG….aku juga susah banget olahraga. masih on off trus nih. OFfnya lebih banyak hahaha

  26. klo di comment atau dicela pas makan sehat tanggapin dengan senyum aja mbak. Klo kita kasih alasan biasanya pasti dibalas komentar yg kadang lebih ga enak ga didengar. Wah puasa indomie 2 tahun? Hebat banget mbak. Didepan kantor ku ada warung mana tahan klo ga sarapan indomie rebus..

    • soalnya kalau mau makan diingetin ama si Matt soal kista itu. arghhhh….langsung males. Di Medan ada warugn2 indomie yang gosipnya masak indomienya pake ganja. rasanya enakkkkk banget. sumpah 🙂 tapi untungnya jauh dari rumah hahaha.

  27. Aku juga pernah rutin sarapan buah, eh dikomen “emang lagi susah pup ya?”
    Yaelah, nuduhnya gak enak amat, tapi waktu itu aku jawab ngasal “mau tau aja” :D.
    Emang jaga makanan itu sebenernya godaan terbesar ya diri sendiri, bisa konsisten itu yang berat banget buat aku. Awal2 rajin ngejus sayur/buah, lama2 bosen trus males trus jadi ga pernah lagi *sigh*

  28. di kantor juga ada yg fc gitu, badannya jd seger dan badan jg nolak sendiri gitu kalo ada makanan berbau msg masuk terlalu banyak,

    pengeeen bgt belajar. tp blm bisa ehehhe

  29. Noniiii, gimana sihh biar konsisten jaga makanannya? Huuu aku seminggu aja ga kuat non. Gara2 sejak nikah makan makanan asin jadi lebih sering dibanding waktu ngekos. Susah bgt kl ga makan yg asin/gurih bawaannya craving melulu. Tapi udah berasa jg badan udah busuk bgt ga sehat 😦 Hiks gimana ya ._. *malah balik nanya*

  30. Idiiih pada usil banget ya. Makan sayur kan bagus, bukan cuma buat diet ya tapi biar sehat. sehat kan hari gini makin mahal.
    Aku pas awal awal FC juga suka ditanya begitu non, untungnya sekarang udah pada biasa malah temen temen kantor yang pada ingetin kalo aku makannya udah mulai bandel lagi :D.
    semangat ya non hidup sehat lagi, badan kita ber hak dapet yang terbaik dari kita. Hihihi aku juga kadang masih suka cheating kok, eh atau sering ya hahaha kalo lagi stress paling demen minum susu atau ngeteh atau ngopi haiyaaah bubaaar 😆

  31. Akuuuuh.. Mesti diet biar pas pakek kebaya keliatan uhwow.. Bahahah.. 😀
    Tapiiii berhubung lagi banyak daging, dietnya rada gagal.. Huhuhu..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s