Scammers


YOG_0249

Bukan mau ngomongin scammer cinta hehe. Kalau yang itu saya gak tau ceritanya. Sekarang mau cerita tentang scam-scam yang terjadi ketika traveling.

Beberapa bulan lalu kayaknya saya pernah nulis tentang scam, cuman seperti biasa dong, lupa yang mana link-nya hehe.

Matt dan temennya baru pergi ke Vietnam. Ada konfrensi disana. Mereka pergi 2 hari lebih awal dari acara karena pengen ini itu sebelum hari h. Hari pertama landing di Hanoi, doi langsung WA saya dan cerita temennya baru kena scam, padahal sebelum berangkat saya udah wanti-wanti kemereka berdua mesti extra hati-hati. Ternyata emang lagi sial yah kena juga deh πŸ™‚

Di Vietnam emang lumayan terkenal ya scammernya. Mulai dari supir taxi, tukang ojek, sampai travel agent. 4 tahun lalu saya kena dong ketipu ama travel agent dan supir taxi. Kenapa bisa ketipu? pertama saya kurang extra hati-hati plus waktu yang saya punya mepet banget. Gak sempet keliling-keliling buat cek-cek harga. Kadang-kadang waktu yang mepet emang membuat kita lengah aja atau jadi kurang hati-hati.

Sementara si temennya Matt kemaren kena scam oleh tukang semir sepatu. Saya heran juga ngapain dia mau nyemir sepatunya haha. Ada satu bocah datang nawarin semir sepatu. Deal harga 50.000 dong. Ok dong, dia kasih sepatunya dan nunggu sambil ngobrol sama si Matt. Gak lama setelah kelar, si tukang sepatu menagih 450.000 dong atau sekitar Rp 225.00 (hitung kasar gak ngecheck perbedaan mata uang sekarang) . Koq yah bisa jadi naik 400.000 dong? ternyata entah gimana caranya si anak itu ngasih sepatu ke temennya untuk menjahit sepatu temen si Matt. Padahal sepatunya baik-baik aja. Gak rusak, coplok atau gimana-gimana. Aneh kan? Asli ngeselin banget. Yang kayak gini-gini ini kadang-kadang sungguh gak terpikir sama kita.

Trus tadi saya meeting sambil ngobrol-ngobrol santai dengan bos saya. Dia orang Turki. Kita akhirnya ngobrolin scam karena dia nanyain gimana Vietnam? (doi ngeliat IG saya yang posting tentang Sa Pa). Ya udah kita cerita-ceritalah. Saya kasih tau dia, emang scammers ini ada dimana-mana ya, bahkan di negara yang maju sekalipun. Dia langsung cerita pengalaman dia di negaranya atau di Eropa. Masalahnya kadang-kadang kita udah hati-hati tapi penjahatnya selalu selangkah lebih maju.

Gak cuman di negara lain, di negara kita juga ada koq. Yang paling sering itu kalau kita ke Yogya trus ada tukang becak nawarin nganterin contohnya ke Istana. Entar kita di puter-puterin, disingah-singahin kesana sini. Malahan saya pernah dong diturunin di tengah jalan karena dia bilang saya koq gak belanja2. Hadew……orang emang gak pengen belanja, gimana dong πŸ™‚

Tapi apapun namanya scammers, yang namanya jalan-jalan tetap harus seneng-seneng ya. Yang penting hati-hati dan gak gampang percayaan sama orang hehehe.

Ada tips lain untuk menghindari Scammers?

 

Advertisements

90 comments

  1. Ya ampuun tukang becak d Yogya emang paraahh…dulu pas smp aku study tour kesana, pas acara bebas mau mengunjungi uwak yg rumahnya sebenernya ga jauh dr tempat nginap.

    Eeh sama tukang becaknya malah dibawa ke toko bakpia doong..aku ga mau krn udah bawa oleh2 titipan ortu. Trus aku ditinggal sama tukang becaknya di toko bakpia itu.

    Aku mau nangis aja rasanya..apalagi dulu blom ada hp juga. Jd bingung mau gimana.

    Alhamdulillah ga lama ada guru yg kebetulan dtg ke toko bakpia tsb, akhirnya aku ikut balik k penginapan krn udah kemalaman kl kerumah uwak.

    Eh malah cerita..hihihi

    • nah itu kan, kesian akhirnya gak jadi ke rumah uwak. Soalnya mereka keliling2 ke toko2 oleh2 itu supaya mereka dapet komisi. Model scam kayak gini juga sering banget di Bangkok.
      gpp dong cerita hehehe

  2. duhh jd ngeri kena scammer ya mbaa..
    aq alhamdulillah ga pnh dan jgn sampee…
    soalnya pasti bakalan dongkol dan yg ada travelling ga enak gitu kan..
    tips menghindari scammer sih ya kita emg perlu tau lokasi yg dikunjungi dan seberapa dekat lokasi tsb..
    contoh sih aq sminggu lg mau ke Bali,tadinya rencana mau ke besakih, pura terbesar tp baca review dr orang-orang ktanya di bekasih byk pungli2 gitu dan yg ada malah ga ramah krn sedikit memaksa pake tour guuide..
    jadinyaaa ya rencana ke besakih aq coret ajalah drpd nti kena scammer..iya kan..
    ini kali ketiga aq ke bali, tp dua kali ksana aq malah ga jalan2 bgt, sibuk sm urusan yg emg lg ada di bali aja. dan kali ini baru rencana liburan sebenarnya.

    • memang pasti ganggu sih apalagi kalo sampe kecopetan atau jadi terluka. Gak enak banget ya. makanya emang harus extra hati2 dan baca2 banyak info hehe. soalnya kadang2 ilmunya penjahat ini sungguh tak terduga. yang penting hati2 aja deh

  3. Paling sebel orang yg memanfaatkan turis mreka kira kita bawa segudang duit trus kl nggak ada dikatain kere (itu istilah kasar banget buat saya), dan mereka memanfaatkan muka melas mreka hehehe.

  4. cerita disini..teman wni sama suaminya org sini naik taksi, argo 45usd ekh dimintain usd 75, maksa lagi jadi temn sy ketakutan ngasih aja duitnya..tanpa alasan minta tetap usd 75 ..ihhh ngeri aja makanya saya sangat hati hati ini gak kemana mana ….kalo gak diantar

  5. Jadi inget acara di NGC, scammer di Brazil yang sadis banget. Biasanya kalo turis mau gunain jasa PSK, nah pas dikamar tau – tau ga berapa lama kemudian ada 1 cowo lain(komplotan) terus langsung deh si turis itu diambil uang nya, barang – barang berharga dan di bawa ke suatu tempat yang si turis ga tau (matanya ditutup) terus udah diturunin di tengah jalan. Serem yaa. Eh ini masuk kategori scammer juga kan ya? hehehhe

  6. pernah mbak nonik. di bangkok. πŸ˜€ naik taksi katanya mau dibawa ke floating market cuma 30 menit. nyatanya hampir 1 jam lebih dengan harga taksi hampir 900Bath (315.000 kalo di kurs) sampe sono.. kaga ada floating marketnya.. gggrrrrr..

    trus di jogja. mau ke keraton malah dianterin ke tempat batik. emosi deh.. -__-” trus gak mau anterin balik. doi rela dibayar 5000 untuk ketempat2 yang emang dia dapet “uang” dari si empunya toko daripada dikasih 10000 sama kita untuk sampe tujuan yang kita mau. *heran*.

    • Bangkok emang terkenal juga ya ama scam-scam beginian 😦
      mba pernah ketipu cuman dibawa puter2 ke toko perhiasan aja sih. Mudah2an gak sampe lebih parah. trus ditinggalin aja gitu di tengah2 jalan juga haha
      nah itu yang mba gak ngerti, mereka ngarepin banget dari toko ya, padahal kalolah kita beli kaos 80 ribu (joger) dapet berapa ya mereka komisinya?

  7. Hey Non.., si M suamiku pernah kena scam juga waktu ke Mesir thn 2008. Waktu itu dia pergi sendiri, dia bilang ada bapak2 ngaku sbg tour guide, keliling cuma bentar di luar kompleks piramida, eh trus nagih bayaran yg gak masuk akal. M bayar setengah yg dia minta, dan ternyata belakangan dia tau itu pun masih jauh di atas tarif rata2 tour guide di sana..
    Nyebelin kan..? Merusak mood wisatawan dan image negara terkait tuh..

    • Mesir juga gw pernah kena scam sama camelier, ngeselin abis dan mereka lumayan serem lho, kl kita sadar bahwa kita di scam, mereka keknya ga bakal sungkan untuk mengacam nyawa…

    • iya yang gitu2 bikin kita jadi males ya. Cuman gimana lagi, kadang2 scam ini kayaknya gak terlalu di perhatikan ama pemerintah kali ya hahah *sotoy* abis udah bertahun2 tetep aja prakteknya gak berubah2. padahal kalo wisatawan gak mau datang, mereka juga yang memble. ehh tapi kalo liat piramid pasti orang tetep mau datang ya

  8. aku kena scam di bangkok.. pas mau isi perut sebelum gegayaan ke lebua, dibawa ke resto mewah yg nasi putihnya semangkok 100 ribu aja donk, pdhl udah blg maunya mkn yg 20 ribu kenyang.. mana ga dikasih turun tapi dipaksa muter2 keliling, terakhirnya diturunin ditempat prostitusi donk hahaha

  9. Kalau di Yogya pernah juga…tadinya ga tau kalau itu namanya scammer ..jadi minta dianter kealun2, rombingan beberapa becak, satu becak didepan, arahnya benar ke kanan, becak2 lainnya dimampirin ketoko batik tg mana harganya mihil2 bgt

    Tukang becak ngebetein ajah, nurunin ditengah jalan karena ga belanja..cape dehhh

  10. Susah memang menghindari para scammers ini. Kalaupun kita kebetulan tahu seluk beluk tempat yang kita tuju dan menolak semua tawaran bantuan, tetap aja kena maki karena gak pakai jasa dia 😦

  11. Untuk menghindari scam paling kita cari informasi sebanyak2nya mengenai tempat tujuan. Klopun apes kena scam ya tulis pengalaman kita, jd orang lain bisa terhindar. Klo scam makin banyak misalnya di Vietnam mungkin turis2 jd males juga ya kesana πŸ˜† .

  12. Lebaran di kjri marseille kmaren. Dari vieux port taxi berangkat cuma 13 euro. Pulangnya kena 24 euro. Tau aja sih kalo diputerin ama supir taxinya. Ikhlas aja dah. Anggep sedekah.

  13. Sampe sekarang belum pernah ngalamin kena tipu-tipu pas lagi liburan sih. Mudah-mudahan sih nggak akan. Ya yang penting dimanapun kita berada harus super extra hati-hati ya.

  14. Scam paling sadis dan asli nakutin adalah di Kyrgyzstan, scammer nya justru adalah para polisi, pusing ga tuh? Nakutin gak kalau gw ceritain banyak turis yg kena scam, dan masuk mobil polisi, sampe di kantor polisi digebukkin kl ga ngasih duit. Ceritanya panjang deh kl cerita mengenai nih negara πŸ˜€

  15. Hah, gak usah jauh2 ke vietnam, di palembang ada, tp gak berani sama orang lokal, terakhir kena di Muara angke, biasalah para calo2 masak ikan, tips mengalahkann scammer adalah NYOLOT, SENYOLOT-NYOLOTNYA, biasanya preman juga takut kalo kita kasih statement” kamu tau siapa saya??? saya angkat kamu dan keluarga-keluargamu sekalian”

    • biasanya gitu Ded, mirip di Medanlah. Harus berani nyolot dan bales ngamuk2. kalo diem2 aja kayak mba kayaknya bakalan dihabisin trus deh. makanya mending aku kalo lagi traveling itu gak keliatan banyak duit (ehhh emang gak banyak sih hahahaa)

  16. Kalau orangnya penakut maksimum, diputer2in pas wisata pasti pecah. Alias namgis2, Non. Hihihi

    Gak mau ktemu scammer ah. Takut dianya pingsan ketemu saya. πŸ˜›

  17. Kalo ga salah katanya si tukang becak di jogja emang dibayar sama toko2 itu supaya bawa turis ketoko mereka. Kalo turisnya belanja si tukang becak dapat komisi deh. Tukang becaknya suka nawarin keliling2 sampe tamansari cuma 5rebu apa berapa doang gt buat ongkosnya. Kalo di jogja emang musti ati2 naik becak daahhhh. Apalagi kalo ketauan kita pelancong

    • praktek komisi kayak gitu emang dimana2 sih kayaknya dien. Di medan juga gitu. Bokap kan punya bisnis rental mobil tuh, trus supir2nya itu udah dijanjiin banyak toko2 oleh2 kalo bawa tamunya singgah kesana, entar si supir dapet komisi hehehe. Yah mereka sih seneng2 aja bawanya.

  18. ah iya di jogja tuh dulu pas smp maen ke malioboro ampe berantem ama tukang becak gara2 aku ama temenku ga mau naek becak, mo jalan kaki doang tp dipaksa-paksa ama si tukang, lah gimana ke jogja jg cm pengen ke malioboro doang waktu itu, klo ke tempat lainnya ceritanya minggu depannya haha

  19. Semoga gak kena deh. Aamiin.
    Seringnya berlagak kere kalo di sini sini jd yg mau ngerjain ud males duluan. Hihihi.
    Kalondi LN gatau deh belom pernah ;(

  20. Soal Matt yg nyemir sepatu… saya memandangnya positif mungkin Matt ingin berbagi rezeki sama mereka yg tidak seberuntung Matt. Sayangnya si semir sepatu malah gak beradab.

    Scammer memang menyebalkan.

  21. mbaaa, itu yogja aku bangettt kena pas sama Jan huhuhu… aku udah pernah cerita kayanya, deal 25 ribu, masa pas turun yg cuma seuprit gitu, si tukang becak bilang 25 ribu/orang >.< aku bilang ya udah aku mau bayar 35 kalau bapak masih ngotot sy bayar 25 trs saya tinggal nih.. kalau emang niatnya mau cari uang, Mba dan dealnya di depan saya gapapa, tp klo jadinya malah nipu kan kesel ya mba 😦 tapi aku bacanya yang Matt kena gara2 sepatunya disemir itu sampe bengong, sampe segitunya yaa orang2 jahatnya kadang 😦

    • ehh yang lebih seremnya lagi nih, mba denger di bali sih. ada satu daerah namanya trunyan (kalo gak salah) untuk ke tempat itu harus lewat laut/danau (lupa). trus tukang kapal mau loh gak bakalan nerusin perjalanan alis berhenti ditengah kalo kita gak nambah duit. asli, serem gak itu kalo diberentiiin ditengah laut hihi. Cuman gak tau deh ini beneran apa gimana.

  22. scammers ini memang paling ngerusak mood orang yang lagi liburan deh ya…tapi sodara yang main kesini pernah kejebak sama scammers, sampe dua kali pula diputer-puterin, kemana lagi kalau bukan ke gem store, hehehe.. memang apes :). Alhamdulillah sejauh ini kami belum pernah ngalamin dan mudah-mudahan jangan sampai.

  23. Scammers ini nyeremin ya. Di Bali tuh juga banyak, dari yang mulai anak anak jualan lah sampe yang kalo di depan tempat dugem Legian bagi bagi pluit ujung2 nya minta duit. Itu masih model scam kecil kecilan sih, kalo turisnya galak mereka jiper juga sih

      • Iya trunyan tuh bahkan orang bali nya sendiri aja ngomong katanya disana banyak tukang palak, gak rekomendasi buat dateng kesana kecuali penasaran banget. Makanya sekarang kesian jadi sepi, di besakih juga sama non. mereka gak sadar ya lama lama orang jadi takut dan males dateng

      • hai mbak noni dan mbak maya..aku ikutan nimbrung ya..:D
        iya tuh yg trunyan..pertama kali aku ke bali 2011 lalu..kan aku googling tempat2 yg bisa dikunjungi..dapet lah trunyan..penasaran juga pengen kesana..pas ditanya sama temennya sodara ku (dia asli bali), mau jalan kemana?pas bilang trunyan..dia kaget dan bilang nggak disarankan buat pergi kesana..tapi kalo penasaran banget ya terserah katanya..jadi daripada ribet2..kita ga jadi kesono deh..

  24. Pernah kena nih di Turki sm taxi ngeselin banget, pertama dealnya brp eeh trakhir2 naik. Ceritanya karena kami sekeluarga dibawa ke toko2 kulit gitu ga ada beli, jd dia ga dpt komisi. Lah wong produsen ga jelas harga selangit ga rapi2 amat jg gmn mau beli kan. Ngeselin bangetnya tiap trun tmpt belanja dan ga beli dia pasti panas2in dr halus2 blg barangnya bagus sampe ngatain kere. Sebel bgt deh beneran harus diberantasssss. Btw kayaknya seringnya orang2 transportasi umum ya dilihat2 ya taxi ya becak ya tuk2.

  25. Pas di Kiev, temenku kena scammer gitu juga. Tiba2 ada mas2 datang bawa burung dara gitu, trus dia motretin temenku dengan burung2 daranya dia. Eh habis itu ditagih 200 ribu…

  26. scammers paling mengerikan itu seperti film Taken itu…hiiii….tapi kalo mikirin yang gitu gitu terus ya ngga pergi-pergi dong…Bismillah saja, yaa….kalau kena scam…yg ringan yang lucu saja

  27. tukang tuktuk di bangkok…errr —__—, sampai2 saking kesalnya aku bilang dlm bahasa inggris yg artinya “pokoknya kl lo singgahin gue ke satu toko, gue ga mau bayar! Gue mau langsung ke Catucak.” hahaha, dia kayaknya paham dan bawa tuktuknya sambil ngoceh2 sepanjang jalan kenangan wkwkwkwkw. Aku sama teman2 ketawa mampus.

  28. Waktu kita ke Bali kan dikerjain tuh ama supir taksi. Pdhal supirnya keliatan ramah banget. Perjalanan hy bbrp menit, lupa deh gw kena berapa tapinya yg jelas mahal banget ampe saudara2 gw pada ngetawain dan nawarin jadi supir taksi kita selama di Indonesia.

  29. serem yaa scammer kayak begitu dan baru tau di yogya kayak begitu abang becaknya. Dulu pernah ada mata pelajaran studio ke Yogya, untungnya gak kena abang becak kayak begini yaa…

  30. pernaaahhh..dan kenanya pas di HCMC… itu negara kyknya emg pnh ama scammers yaa.. sebel..naik becaknya kliling kotanya aja, awalnya bilang 300rb VND untuk kliling k bbrp tmpat.. taunya dibilang itu hrg per JAM.. Najis bgt..aku doain kembung seumur idup tuh perutnya…

  31. aku juga pernaaaah…ini malah di jakarta, hahah… waktu itu temenku si indihe (india) datanglah ke jakarta, trus pagi2 doi gak mau makan di hotel, maunya nyobain jajanan, trus kuajak ke kedai makan, tak pesenin nasgor, di pricelist Rp.21rb eh pas bayar kena Rp.100rb-an gak pake nota, katanya msn kasir lg ngadat. aku dah coba nyolot tapi mereka cowoq bertiga, tatuuut… dan malunya setengah hidup ma temenku. Huh!

  32. Kadang suka denger-denger juga soal scammers, tapi nggak nyangka sampe segitunya sama ‘wisdom’ di Yogya, di tengah kota lagi. Apalagi itu alasannya: “Dari tadi kok nggak belanja..?”
    Ha..ha..ha.. Ini namanya tukang becak yang sudah terkooptasi. :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s