Aksesoris / Perhiasan Emas


pic dari http://goo.gl/M5jgIM
pic dari http://goo.gl/M5jgIM

Untuk cewek-cewek yang namanya aksesoris dan perhiasan kayaknya emang penting banget ya. Selama ini saya cuman suka pake anting doang atau kalau rajin yah pake gelang tangan. Gelang tangan lumayan jarang juga sih karena ngerasa udah pake jam tangan, akhirnya jarang dipake juga karena ngerasa terlalu rame. Sementara kalung saya jarang banget pakai karena sukaaaaaa digigitin hihi. Pokoknya kalo dipikir-pikir koq saya kurang “manis” gini ya kalo pake aksesoris.

Sedari kecil sebenarnya ibu saya agak-agak Β beliin saya perhiasan emas. Sayangnya karena saya kurang rapih ada beberapa kali saya menghilangkan anting dan cincin. Setelah lulus SMA seingat saya hampir gak pernah lagi make-make perhiasan emas dan milih pake imintasi dengan alasan harganya lebih murah, kalo bosen bisa beli macem-macem dan yang terutama kalo hilang yah udah ngerelainnya lebih enak daripada kehilangan emas hehe. SEbenarnya sih harga perhiasan imintasi yang bagus, yah gak murah juga kan ya?

Setelah ngantor di tempat yang sekarang, saya punya temen yang suka banget pake perhiasan. Kayaknya saya rada-rada diracunin deh. Beberapa kali dia ngasih liat hasil buruannya, saya langsung mikir, ihhhh pengen! iya, sayanya juga pengenan gitu sih anaknya haha.

Temen saya itu seleranya ok juga sih. Dari beberapa hasil buruannya hampir semua saya cocok dan pengen punya juga. Saya gak tau apa sayanya doang yang laper mata atau beneran cantik. Kata temen saya ini, perhiasan-perhiasan emas sekarang itu lebih kece-kece dibandingkan yang dulu. Pokoknya kalo kita jalan-jalan ke toko emas pasti kalap. Langsung mikir, kalapnya iya tapi duitnya gimana dong?

Sebenarnya dari dulu ibu saya itu udah nyuruh-nyuruh beli dikit-dikit perhiasan emas dengan alasan untuk investasi. Kalau ada apa-apa kan emas gampang dijual trus kalaupun gak dijual yah bisa dipake sehari-hari. Namanya juga cewek kata dia :0 sayangnya saya emang belon kepikiran karena males banget beli emas yang mahal dan harus extra hati-hati nyimpennya. Lah kalo kayak saya yang suka nyeli-nyelipin anting dikantong2 tas, di dompet atau dimana-mana aja jelas ini bukan pilihan yang tepat, ya kan?

O,ya karena dari taon lalu saya udah mikir-mikir tentang investasi di tabungan emas (ada yang bisa kasih info karena males browsing hehe), kayaknya sekarang saya jadi serius nih mikirin kalau emang ada duit daripada dipake makan-makan yang gak jelas itu mending saya beliin emas barang segram-2 gram kan ya hehe.

Ada yang udah mulai investasi emas atau belanja-belanja emas untuk investasi/perhiasan? sharing dong πŸ™‚

Advertisements

29 comments

  1. kak noni, klo mau invest emas lebih baik lebih ke logam mulia aja.
    alasannya krn LM kadar emasnya masih murni, 99,99%
    beda dengan perhiasan emas yang rata2 kadarnya sudah dibawah 99% rata2 malah kadarnya 75%.
    klo mau beli perhiasan emas, mohon yg ditanya adalah kadarnya BUKAN karatnya.
    umumnya toko tradisional bilang 22 karat padahal kadarnya cuma 75-70%..yg ada malah diksih harga mahal.
    sedangkan kadar 75% itu adalah 18 karat satuan yg benarnya.
    cara perhitungan karat kya gini 18 (karat) dibagi 24 kemudian dikalikan 100 maka hasilnya adalah kadar emas yg terkandung..
    semoga membantu utk kak noni πŸ™‚
    jangan mau dikibulin toko emas..hehehehe

    • huaaaa pinter deh kamu πŸ™‚
      kayaknya sih kepikiran investasi yang dalam bentuk tabungan emas gitu sih, Syera. Kalo perhiasan nih, aku baru tau haha. Entar deh kalau ada duit, aku inget2 pesan kamu ya πŸ™‚
      Makasih ya Sayang

      • lhaa aq kan org perhiasan kak..jadi aq tau soal itu dan biasanya aq emg didik customer aq buat lebih cerdas.
        kalo mau beli LM hrs ada sertifikat dari antam ya kak, biasanya LM emg dijual brsma sertifikatnya.
        kalo mau beli yg kecil2, sbaiknya beli per 5 gram aja, jgn 1 gram gt krn makin besar beratnya makin murah harganya beberapa puluh ribu πŸ˜€
        LM bisa beli di pegadaian atau toko emas..
        klo perhiasan emas bisa jg beli di pegadaian tp biasanya pas lelang gt..utk jadwal lelang msti tanya ke pegadaian.
        trs ya hrs hati2 jgn tergoda hrga murah tp trnyata kadarnya palsu..
        trs kan slama ini pd bilang emas putih lebih mahal tp klo dijual murah krn alesannya ga bs dilebur atau bla bla..itu salah..
        emas putih, emas kuning, emas merah kalo kadarnya 75% ya brati emg emasnya 75% dan sisanya 25% itu campuran pembentuk wrna emasnya. nilainya ttp sama koq.
        dan hrs bisa dibedain antara emas putih dg platina. emas putih itu emas yg dicampur dg perak+nikel jd wrnanya putih. sdgkn platina ya emg unsurnya platinum..dan hrganya udah pasti lebih mahal dari emas putih namun krn sifatnya keras drpd emas jd emg susah dilebur/dibentuk kembali. jgn ketipu jg dg org yg jual platinum dg hrga miring dibwah emas..itu palsu mgkn perak..
        trs kan byk tuh yg toko2 kecil jual perak lapis emas..pdhl itu bohong..
        lha wong emas aja di chroom bukan dg emas koq..ya chroomnya itu dg zat kimia koq..bukan dg larutan emas..

  2. Sama mbak noni.. Biasanya disuruh mama mulai dikit2 beliin emas perhiasan untuk dijadiin investasi. Nah, berhubung bentar lagi nikah.. aku malah udah dapet beberapa set perhiasaan tanpa beli. Hahahahaha.. mayan lah. investasi gratisan. :p

    tapi memang rencana kalau mau invest mendingan ke logam mulia. πŸ˜€

  3. Sejak anak2 lahir, misoa rajin tuh beli coin mas untuk mereka kalau udah gede. Hubby gga demen gw pakai perhiasan bukan emas, tapi gua orangnya suka teledor udah bbrp kali ilang kalung dan liontin. Jadi gw kalau pergi2 tanpa hubby, pakai perhiasan yg bukan emas.

      • Iya, beruntung banget gw dapetin dia, and dia juga beruntung kali ya dapetin gw he he he he, kadang gw suka gampang ngomelin dia juga, LOL. Untungnya dia mah orangnya penyabar. Hubby bukan type orang yg demen belanja, kalau dia beli something, pasti kudu ada nilai investasinya. Jadi kalu perhiasan yg mainan2 gitu gw yg beli, dia selalu beliin either emas atau perak, kalau dia mau beli sesuatu untuk hobby dia, doski selalu minta pendapat gw, pdhal gw sih boleh aja dia mau beli apapun.

  4. Halo Kak Non…
    Aku dipaksa mamak ikut arisan emas sejak 3 tahun yang lalu bareng temen-temennya. 1 nomer dapet 10 mayam (mayam ini itungan emas di medan), klo dikonversi ke gram sekitar 33.3 gr lah totalnya. awalnya ngerasa berat bngt ikutan. apalagi mamak langsung ngedaftarin aku ikut 3 nomer. busyet dah Kak…bayar di awal bulan langsung paceklik, secara baru-baru kerja. Waktu itu harga emas masih 470 ribuan per gram. sekarang udah 527.000/gr. itupun lagi turun lho…minggu lalu sempet ke angka 533.000/gr. Tapi hasilnya kerasa banget pas aku mau married. tau lah orang batak klo married kudu ada tusuk sanggul gondang-gondang, dan lain-lain. begitu dapet 1 nomer, langsung aku beliin tusuk sanggul 10 mayam. πŸ™‚
    Nah sekarang aku masih suka investasi emas. selain ikut arisan sama mamak2 itu, ikut arisan emas juga di pegadaian syariah, dan berkebun emas (investasi lapis 5) dengan bantuan pegadaian syariah juga. awalnya baca tentang berkebun emas ini di majalah Chic. langsung tertarik. setelah itung-itung (ribet memang itungannya), jadilah aku nyoba dengan modal kecil. nah..ternyata banyak lho yg investasi dengan cara ini. ini ada link untuk bantu itung-itungan. http://www.carainvestasiemasbatangan.com/2013/08/cara-berkebun-emas-bocoran-rahasia.html
    Investasi emas dengan cara arisan emas di pegadaian syariah (ada juga di bank mandisi syariah), caranya sama kayak nabung duit. tapi ini kita nabung dengan target brp gram dan dalam jangka waktu brp lama.
    klo murni investasi, aku lebih sarankan emas batangan (lempengan dan koin untuk ukuran yang kecil) yang pake sertifikat ANTAM jadi lebih gampang ngejual nya nanti. trus nyimpen di bank aja supaya bisa tidur nyenyak πŸ™‚
    kalo suka pake aksesori emas, aku saranin beli emas medan (emas london murni). kadang juga disebut emas 24. warnanya kuning banget dan lebih lunak karena kadar AU nya 99.9 % dan nikel 0.01%.
    Kalo yang bukan emas 24, paling mentok kadar 95%, biasa disebut emas 22. nilainya lebih rendah daripada emas 24.
    Ada juga emas 18 K, kadarnya 75%. biasanya disebut juga rose-gold. lebih murah lagi nih. jenis rose-gold ini paling cantik untuk aksesori karena warnanya rada pink. (di Frank & Co yang ada di Sun Plaza banyak nih Kak… bikin mata jereng. hehehe…)
    selama 3 tahun ikut arisan mamak2 dan arisan syariah, aku bisa ngumpulin emas LM sekitar 30 mayam + 100 gr koin & lempengan (total sekitar 199 gr), dan sekitar 30 gr emas 22 dan 40 gr emas 18.
    memang sih belum banyak-banyak amat dan keuntungannya belum gedeee bngt mengingat modal awal juga gak gede. tapi seenggaknya udah tau caranya investasi kecil-kecilan.
    kalo ada modal yg lebih gede, aku jd lbh brani main investasi di angka gede juga. πŸ™‚
    oh ya kalo mau investasi emas ini, kudu update harga emas di ANTAM.
    Selamat berinvestasi, Kak Non… πŸ™‚

  5. Hahahha iya non teman aku juga ada tu yang hobi sama emas sampai kadang ada yang kaya toko emas berjalan. namun kalau aku belum ada, paling emas logam aja kalau perhiasan pakai agak gimana gitu pakainya alias ngak suka, tapi kalau kalung etnik dari kayu suka πŸ™‚

  6. Aku cuma pake anting emas putih hadiah sahabat pas ultah 10 tahun yang laluuuu.. sampe sekarang belum pernah ganti, hahaha. Dan oh ya, sama cincin hadiah baginda raja, emas putih juga. Aku nggak suka pake gelang sm kalung, ribeeetttt. Trus lebih suka emas putih dibanding yg kuning. Err.. tapi tentu saja tak nolak ya kalo ada yg ngasih emas batangan. Hahahaha….

  7. Dulu sih aku suka pake kalung atau gelang. Sejak punya anak, dicopotin semua karena ribet suka ditarik-tarik. Sampe sekarang jadi kebiasaan nggak pake perhiasan lagi. Kecuali kalo mau ke pesta. itu juga biasanya imitasi.
    Investasi? Belum kepikiran… Nyicil KPR aja masih ngos-ngosan…. hahahaha

  8. Dulu waktu masih kerja ngumpulin dgn alasan itu, utk dipake sekalian invest. Akhirnya jarang dipake juga kecuali kondangan. Utk sehari2 kurang suka pake emas kuning. Mending beli LM jadinya. Walaupun perhiasan yg kubeli kebanyakan 22-24 karat, tetap aja bayar desainnya, jd kurang menguntungkan.

  9. Saya juga ga biasa pakai perhiasan, Mbak. Kadang disiapin mama kalau mau ke kondangan, mesti pakai cincin gitu. Soalna kalau gelang, anting dan kalung ketutup baju dan jilbab jadi cincin kata mama lebih kelihatan. Tapi juga pengin investasi emas. Mama saya dulu juga gitu katanya. Kalau ada uang beli 1-2 gram. Kalau ada keperluan bisa langsung dijual.

  10. Emas buat perhiasan nilainya drop, kalau ada uang lebih mendingan beli koin emas aja Non. Aku pencinta perhiasan, tapi kalau perhiasan berharga lebih banyak hadiah. Yang tak pakai sehari-hari lebih banyak silver, yang tentunya tak bisa dijual tapi bisa ditukerin sama model terbaru.

  11. Indonesia banget ya Non, beli perhiasan emas untuk investasi πŸ˜‰ Aku hanya pake cincin kawin dari emas, selebihnya aku suka perak, kayu dan sintetis.

  12. Aku jg jarang pake perhiasan, beli aksesroris jg seringnya yg imitasi, skali yg asli seringnya buat disimpen aja… Msh blm ada wkt buat cari2 emas buat invest, kepikiran dlm bentuk simpenan lain, tp sbnr nya udh pernah sih mau beli emas, cuma wkt itu harga emas msh tinggi, eh skrg jd lupa klo mau beli, krn harga emasnya kelamaan tingginya :p

  13. Bener tuh mba Non, mending investasi logam mulia atau emas batangan.
    Kalo perhiasan kan dijual rugi biaya buat tukangnya, terus katanya cuma 70% emasnya.
    Belinya pas kalo lagi murah gitu Mba Non, jadi nanti kalo harganya naek kan lumayan dapat untungnya πŸ˜€

  14. kalo syahrini dia investasi nya tas desainer…apa beli tas aja non? hihihi. ngawur. gue ga punya investasi, cinta aja deh investasi nya…#sedeepp. hihihi. abaikan komentar aneh ini :p Gue sih pake cincin tunangan yg emas cincin kawin aja bukan emas tp platina. pulang kemaren nyokap melas gt ngeliat anaknya ga pake emas, dibeliin giwang emas kecil…tp ya sampe sini gue lepas. gerah…ah tidak cewek sekali bukan?

  15. sama banget ama nyokap juga, pasti suka nyuruh investasi di perhiasan emas atau logam emas sekalian πŸ˜€
    trus hobi ibu beli perhiasan itu kembar 3 buat nyokap, kakak ama aku tapi yg dibeliin biasanya cincin, gelang atau kalung padahal suka maen2in dan suka lepas pake hehe
    jadinya suka ilang deh, atau mentok2 ga dipake dan dsimpen di rumah
    beda ama kakak yg bisa pake perhiasan kecuali anting hihi
    apalagi klo pake cincin, bisa2 jari ga diem buat maenin πŸ˜›
    klo aku bisanya cuma anting yg awet, ampe anting yg sekarang dipake udah dari kelas 6 sd ga ganti2 πŸ˜›
    trus dapat cerita pernah buang gelang emas ke got gede pas umur 4 th gtu gara2 risih haha

  16. Dari kecil suka dipakein perhiasan sih Non, sampe gelang kaki segala macam, lengkaap hahaha. Tapi pas udh SMU gitu krn jadi anak basket, jadi ga boleh pake perhiasan pas main, drpd ilang, jd blas ga pernah pake.
    Skrg sih perhiasanku kebanyakan (kyk banyak aja ha ha :P) emas putih, kalung-gelang-cincin, sejak SMP kyknya ga pernah pake anting, ribet hihihi. Tapi dipakenya kalo mau pergi doang sih, kecuali kalung, krn rempong kalo dilepas-pake, dan ga terlalu ngeganggu aktifitas jg kan πŸ˜€

  17. aku ngg suka perhiasan emas, tapi tergila-gila dengan perak :D…emas is for ibu-ibu hehehe, entah kenapa mikirnya gituuu melulu…perhiasaan emas yang aku punya hanya mas kawin tuh mba..dan kalau invest, pernah beli yang batangan aja, jadi ngg harus dipake hehehe…

  18. dulu waktu kecil dipakein anting ilang mulu akhirnya gak pernah pake lagi sampe sekarang kecuali kalo mau kondangan, perhiasan yg dipake cuma cincin kawin aja nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s