Numpang Lewat


foto was taken by YG
foto was taken by YG

Kemaren siang saya dan temen berencana makan siang di Nelayan. Saya lagi pengen banget makan dim sum soalnya. Kita janjian dong makan bareng di Nelayan karena cuman selemparan batu dari kantor. Gak taunya pas jam 12 sewaktu saya lari ke lift, temen yang laen telp ngajakin makan di tempat lain. Saya kasih tau kayaknya hari ini pengen nge dim sum. Dia langsung ketawa-tawa dan komen “waduh yang baru gajian….”

Emang ya ada kecenderungan kalau abis gajian kita suka banget (ehh koq kita sih, mungkin beberapa orang yang saya kenal aja deh) makan di restoran atau paling gak depot deh. Kalau di kantor sini katanya nih pas gajian semuanya pada rame-rame makan diluar tapi begitu bulan tua rame-rame makan di kantin karena gratis haha. Sebenarnya sih saya lebih seneng makan dikantin karena gak usah jalan jauh cuman sesekali bolehlah jajan di luar buat cuci mata dan ganti-ganti rasa di lidah.

Dulu sewaktu masih di Surabaya, setiap kali gajian, saya pasti duduk tertib di depan komputer buat ngecheck peredaran duit haha. Jadi di kantor lama gajian itu tanggal 24 atau bisa jadi lebih awal jika tanggal 24 jatuh di hari libur/weekend. Gak pernah telat sekalipun, kecepetan yang sering. Begitu gajian yang biasanya jam 9 pagi, saya langsung ngecheck semua tagihan yang mesti dibayar (selain cicilan rumah yang dipotong langsung dari gaji) dan transfer kesana sini termasuk CC dari kantor. Begitu kelar semuanya, ehhh duitnya abis huhahaha. Gajian cuman numpang lewat doang. Kesian deh.

Gimana dengan nabung? alhamdullilah ada sih, ย tapiiiiii……dikit hauhahaha. Ya abis gajinya gak gede tapi nafsunya gede, gimana dong. Jadi saya masih inget banget kalau gajian itu biasanya saya transfer ke bapak kos, bayarin semua tagihan CC (full payment), dipotong untuk cicilan rumah, trus mulai masuk-masukin ke amplop duit yang bakalan dipake ke bulan berikutnya, hasilnya duit yang di rekening gaji abis hihihi. Ya ampun, kalo inget masa-masa itu ngakak sendiri. Betapa mudahnya duit melayang padahal kerjanya setengah mati pake dimaki-maki setiap hari sampe kista saya tambah gede sangking stressnya.

Trus kelakuannya gimana dong kalau pas ada duit begitu? sebenarnya sih kalau makan-makan di cafe sewaktu masih di Surabaya kita lumayan sering sih, paling gak mulai dari Jum’at malam udah begaul. Ya abis masih single dan semua temennya juga pada gak betah dirumah. Kakinya pada berduri semua. Biaya bergaul ini lumayan gede sih ๐Ÿ˜ฆ walo kadang-kadang kita udah akal-akalin kayak makan di warung tapi ngopi-ngopi ke warung kopi keren. Tetep aja yah jatoh-jatohnya besar juga haha.

Nah, kalau di kantor dulu karena saya gak bisa makan siang di luar otomatis kateringan, lumayan murah sih jatohnya tapi makan malamnya menggila karena selalu keluar makan hahaha. Begitu menikah sempet lumayan serem juga liat belanja mingguan karena sok-sok’an mau makan makanan sehat dan lumayan sehat beneran sih trus saya bosen masak sendiri dan berakhir dengan jajan sana sini atau mampir ke rumah ortu buat makan siang. Makan malamnya tetep “sinting” karena pasti keluar dengan Matt. Udahlah gak sehat trus duit banyak melayang tapi yang ini masih PR banget untuk kita. Sayanya sih bisa berhemat, Matt kayaknya yang susah berhemat pas keluar makan. Dia itu lapar mata dan minumnya banyak banget.

Setelah menikah sebenarnya saya gak begitu tau soal duit kami karena Matt yang ngurus. Saya bener-bener blank. Kalau dikasih duit sama si Matt buat jajan kadang-kadang langsung masuk rekening terkadang saya pakai buat seneng-seneng. Pergi pijat, makan dengan temen (jarang sih dan biasanya ditraktirin hahaha) . Sementara kalau belanja-belanja atau hura-hura biasanya Matt yang traktirin. Udah gitu semenjak di Medan karena saya gak terlalu banyak punya temen main akhirnya malah jarang pergi belanja, jarang jajan, jarang hura-hura sama temen. Pengeluaran saya seharusnya tambah dikit sih.

Trus…….kemaren kan saya gajian pertama tuh (separuh gaji) begitu gajian langsung sifat buruk muncul. SEharian saya keluar sama Matt dan Grika. Kita jalan-jalan ke Mall karena Matt n Greg ke Ace dan cewek-cewek luntang lantung keluar masuk toko. Saya udah niat banget pengen pake duit gaji buat beli sesuatu trus pas mau bayar saya lupa pin dong huhahaha. Dodol banget! sampai hari ini gajinya belon kepake karena gak inget pin plus gak ada waktu ngurusnya. Si Matt yang ikutan bete karena saya tetep minta duit ke dia hahahaha.

Kalau trus lupa sama pin-nya nih kayaknya jalan-jalan ke satu tempat next year bakalan kejadian deh *wink ke Matt*

Ada yang gajinya sama kayak saya alias numpang lewat doang?

 

Advertisements

46 comments

  1. Waduh… asyik banget kalau sampai lupa PINnya. Kalau gue sih, pas gajian tuh semua tagihan sudah teriak-teriak minta dibayar ๐Ÿ™‚ Jadi, setelah langsung bayar-bayar paling sisa sedikittttt bgt hahahahahhaa

  2. secara prinsip sama mba, asal gajian bayar2an utang diutamain, tagihan cc jg hrz full payment.. lalu wajib masukin tabungan sekian (ada komitmen angkanya tiap bulan hrz sama, kecil sih tapi sedikit2 jadi bukit huehehehe) kalo ada sisa baru dipikir mau belanja or buat apa aja hihihi.. kalo ga ada sisa yah nasib, masih numpang tinggal sama ortu jd sanggup bertahan ๐Ÿ˜›

  3. Aduhh kangen gajiaaan ๐Ÿ˜…
    Klo aku jarang pake cc, tagihan ga banyak, tp bukan brarti tabungan berlimpah hahaha… Gatel ga bisa liat mknan n aksesoris, jd ttp akhir bln mkn gado2 yg plg murmer ๐Ÿ˜›

  4. Iishhhh! Lupa pin? Itu pasti moduuuss, biar teteo ditraktir si mister, kaaann? Hahaha…
    Yaaahh, kalo ngomongin soal gaji yg numpang lewat doang sih, emang udah paling passss ngomong ke aku, Non. Toss laahhh! Hahaha…

  5. Dulu waktu masih lajang, abis gajian pasti tujuan utamanya toko buku.
    Sekarang…. tujuan utamanya supermarket ๐Ÿ™‚
    Tagihan motor dan mobil, suami yang urus, saya kebagian yang kecil aja, yaitu tagihan listrik dan tagihan jajan anak2 ๐Ÿ™‚

  6. Kalau setelah gajian pusing, pusing buat bayar ini dan itu ahahaha.. tapi kalau aku 30% di tabung. sisanya buat bayar listrik, PAM, Speedy, Telepon, Iuran sampah dan Arisan emak2. sisa nya lagi buat beli pulsa sebulan, belanja bulanan saya 2 bulan sekali, sisanya lagi buat hari-hari kayak cemilan, bumbu dapur buat masak. Kalau ada sisa lagi di usahakan nggak beli sesuatu yang nggak penting2 amat ahahaha … Masih single aja pengeluaran saya banyak amat yaaa, apalagi double hihihi

  7. Sayahh! *ngacung tinggi2*
    sama inih.. numpang lewat. pas terima langsung bayar2 yang harus dibayar sama dikit2 buat dipendem.. tapi tetebbb itu rekening gaji ujungnya2 saldo seuprit ๐Ÿ˜€

  8. kata penasihat keuangan yg di koran2 tuh, begitu dapat gaji harus langsung dipisah buat tabungan
    sisanya baru diatur untuk apa

  9. Mbak, oot dulu sebelum komen, aku jadi laper pengen dimsum Nelayan gara2 baca paragraf pertama di postingan ini hahahaha.

    Kalo soal gajian, aku gak jauh beda sama mba noni, begitu gajian langsung transfer sana sini, bayar tagihan CC dan bayar2 lainnya. Pas liat sisanya langsung deh mencelos, tinggal seicrit doang hahahahaha. Tapi tetep yah alhamdulillah :’)

  10. Kayaknya hampir semua orang pas gajian langsung bablas ya Mbak x)) . gaji kejar-kejaran terus sama hawa napsu… =))
    Tapi aku biasanya bayar tagihan-tagihan pas jatuh tempo, mulai dari CC sampai PAM, uangnya dipake modal dulu :”> kalau listrik sih pake token jadinya enak pas berisik baru isi ulang x))

  11. Untungnya sampe baru baru ini duit gaji masih bisa ditabung 1/3 nya, 2/3 nya buat bayar tagihan dan hura2…..

    Sampe baru baru ini ya, sampe akhirnya beli rumah, terus yang 1/3nya itu tadi masuk buat bayar cicilan rumah, ya itung2 ini juga bentuk “tabungan”.

    Sekarang masih ada lah dikit2 sisanya, ga sebanyak dulu, tapi sama kaya kamu non, begitu duit masuk, langsung dipindah ke pos2 di netbank (nggak tau klo di Indonesia, disini kita bisa buka2 rekening sendiri dan nama2in rekening itu, jadi begitu masuk langsung di pisah2 ke rekening2 itu sesuai posnya, dan tagihan2 disini semuanya otomatis (yang di register untuk otomatis deng, jadi otomatis di deduct sendiri pada tanggalnya). Yang penting duitnya sudah mejeng di rekening, jadi tinggail di deduct aja pas tanggal.

    Aku juga orangnya paling nggak bisa nunda2 tagihan, jadi heran sama orang yang sampe telat2 bayar, dst, kok bisa ya? Rasanya tidur nggak nyenyak klo tau bahwa duit itu belum ada pada tempatnya. Sisanya juga masuk rekening yang namanya temporary, buat jaga2 klo ada apa2….

    Susah emang klo udah dewasa, tagihan banyaaaaaaaaaaaaak ๐Ÿ˜›

  12. Emang serem yaa kalo belanja bulanan. Ambil ambil ambil pas di kasir mlotot hahaha.
    Aku jg sama mba yg pegang uang suamiku, aku cm buat makan sehari2 aja. Dan tiap dikasi duit pasti lgsg klik2 online shopping. Kirain itu duit buat aku doang taunya buat kita sebulaan hahaha. Mati lah aku haha.
    Eniwei, pas aku dan suami msh ngekost kan makan sll beli karna g ada dapur. Kita sering bgt akhir bln keabisan duit dan akhirnya nyari2 resto yg bisa pk cc. Akhir bln bukannya makin ‘miskin’ makannya, ini malah makin mewah huahaha

  13. Non, pinnya dilupain aja terus biar taun depan bisa jalan2. Hauahaha *licik*
    Kl aku dulu udah netapin sekian rupiah buat masuk tabungan. Sisanya ya emang cuma numpang lewat sih, buat bayar kosan, makan, ongkos sama hura2 kalo ada sisa. Hehehe

  14. Berhubung aku lagi ga kerja, jd ya gajinya Frank memang selalu numpang lewat saja ๐Ÿ˜€ . Numpang lewat buat bayar macem2 tagihan. Klo awal bulan biasanya aku ngider2 ke toko bunga, nah klo sdh dirumah aja berarti sdh ga punya duit deh alias saldo tabungan sdh minus ๐Ÿ˜† .

  15. angkat jari telunjuk….kalo dulu masih bisa nabung di depan, tapi setelah punya cicilan pasca bangun rumah dan buntut juga udah 3, jadinya sekarang gaji cuma numpang lewat… hahaha

  16. waktu si Novi ngomong definisi orang miskin jaman sekarang yang hidup dari gajian yang satu menunggu gajian berikutnya, aku langsung mau teriak :wah aku miskin doooong
    Banyak temen deh Non soal gaji njumpang lewat ini, makanya orang kayak gak banyak kan ahahaaha

  17. Sama juga disini, gajinya saya dan suami numpang lewat aja karena kita setup direct depositnya langsung bayar rumah, bills, retirement sama savings… habis itu ludas habis,
    saya dan suami malah udah lama banget nggak makan malam di luar, cuma makan siang
    di luar kalo hari sabtu aja…tiap hari makan dirumah, termasuk lunch di kantor karena
    saya ada fridge, microwave dan kitchen di kantor jadi biasa nyiapin sendiri dech..
    Cuma kalo lagi ada acara istimewa aja saya dan coworkers ambil lunch diluar, jarang banget
    cuma sekali 4-5 bulan…Ngirit hidup disini, Mbak Noni ๐Ÿ™‚

  18. Hahaha, kalau aku sih tiap kali gajian langsung sekian persen aku masukin ke tabungan langsung Non. Gak bisa diganggu gugat (kecuali kalo nanti pas jalan rekening biasa kering kerontang beneran dan butuh makan, hahaha ๐Ÿ˜† . Tapi ini biasanya sih ada alasan kuat sih kenapa kok bisa kering kerontang begitu, haha ๐Ÿ˜› ).

    Keluar bareng teman juga relatif jarang; dan kalau bisa sih biasanya bikin acara sendiri di tempat siapa gitu, haha ๐Ÿ˜€ . Jadi sekalian ngirit ๐Ÿ˜› .

  19. tadi kirain nih postingan apa yang numpang lewat ternyata gaji, hmm semua pasti ngalamin ya..heran juga saya dari dulu gaji kecil juga megap megap terus gaji naik inflasi nya lebih besar dari kenaikan gaji…makanya walau sudah naik banyak tetap aja masih megap megap…heran saya padahal dah pake teori financial planner, saya tetap wajib saving 30% Non sisanya bayar pengeluaran rutin tiap bulan, dan bayar KPA itu yang penting, belanja mingguan sudah gak semaruk dulu lagi, awalnya aja kita rajin belanja mingguan skrg MB aku kadang titip dia beli yg habis dikulkas saja..kalo beli sana sini kdg gak btuh di beli semua pas bayar sudah banyak banget nol nya………..aahhhh stress nih kalo urusan duit……….makanya gaji kecil or besar tetap habis jadi tetap mesti ada yg nyangkut di cicilan/hutang baik… ๐Ÿ™‚

  20. Mbak Noni….
    Kenapa postingan mu yg ini jleb banget menusuk jantung hati qu *maaf ini agak lebay*. Sama banget lah kalo udh gajian pasti yg di pikirn buat bayar cicilan, cc, dan langsung ludes dech uang yg di rekining.
    Kadang teman suka nanya “kapan loe bisa nikmatin gaji kalo setiap bulan habis buat bayar cicilan dan cc?” Dan di jawab dengan simple “yah waktu gw pake cc dan mnyicil sesuatu” hwakakaka…
    Harusnya yg benar adalah menabung untuk beli sesuatu ya, bukan beli baru bayar. :p

  21. sama mbak non. hahahhaahaha.. duit langsung lewat buat bayar cicilan aprt, CC dan kebutuhan harian. hehehehe.. andai duit triple digit yah.. *maruk*

  22. mesti dipaksain sih sebagian gaji kudu masuk tabungan, kalo gak pasti abis ya…

    btw nelayan masih ada aja ya. terkenal banget dimsumnya di medan ya ๐Ÿ˜€

  23. jadi inget dulu gaji pertama udah diwanti2 sama mama untuk kasih perpuluhan ke Gereja trus abis itu saya juga kasih ke mama dan sisanya baru ditabung, kalo kata mama saya ini termasuk pinter nabung dibanding kakak saya hehe

    kalo sekarang masih bisa nabung sih, entah kenapa sekarang kalo mau beli ini itu penuh perhitungan banget, apa karena mau resign ya jadi duitnya disayang2 ๐Ÿ˜€

  24. ini nih ortu suka bilang sering2 nabung, dan mereka tau aku paling ga bisa megang duit cash banyak soalnya pasti abisnya cepet hehe
    kalo pas tinggal di luar gini nabungnya lebih bisa dibanding pas di indo, mungkin gara-gara takut ada apa2 dan ga ada duit pas kepepet hehe

  25. Seeeeehh.. Yang uda gajian LAGI itu, langsung cus ke Nelayan ya.. Bahahah ๐Ÿ˜€
    Aku juga sering terima duit yang numpang lewat Mbak, tapi sekarang suka dilupain aja kalo barusan nerima duit. Heheh..

  26. Penyakitku juga sih ini hehehe… Dulu pas masih belom punya anak dan gajian sendiri, masih bisa nabung mayan lah. Sekarang udah punya anak, nabungnya makin sedikit, karena kegatelan beli perintilan bocah. Tapi sekarang udah mulai sadar diri lah, biaya hidup makin mahal. Jadi harus nabung rutin.

  27. Walaupun cuma numpang lewat doank..tp pasti seneneeeng bgt bisa ngerasain dpt gaji pertama lagi…hehehe, ..sama kok non, aku jg klw gajiam gk tau tiba2 beli/bayar ini itu dh habis aja…hahaha…(pengen ngerasai gaji pertama noni nich..hahaha).

  28. oh yaya.. itu kyknya moto orang2 kebanyakan deh kalo gaji = numpang lwt.. meski yaah adalah yg ga gt jugak hhehe..
    *eh mb noni pnh krja di sby yak? di daerah mn? kok jd kepo yak hehehe… ^^v

  29. 11 12 kita mba haha.. cc paling godaan, ntah itu buat belanja di mall, supermarket ato online -_-
    Gaji hbs bayar cc, listrik, air, internet, uang sampah(pdhal ga seberapa, malah lbh mahal jajan sndiri haha) , keamanan, belanjaan keperluan rmh, makanan kucing, dll. Belum lg shopping yg macem2 and biaya ngekong-kow -_- gaji habiss melayangg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s