5 Manfaat Donor Darah (ehh bisa kurus juga loh hehe)


pic dari sumehcher.blogspot.com
pic dari sumehcher.blogspot.com

Kemaren di kantor baru ada acara donor darah. Saya udah di infoin sama ketua pelaksananya dari hari senin pas keliling-keliling Bar dan Resto. Waktu ditawarin saya masih ngomong “pengen sih tapi aku takut pingsan”.

Donor darah ini udah gak asing ya sebenarnya untuk kita. Di kantor baru saya ini ternyata tiap 3 bulan sekali pasti dibuatlah acaranya. Bagus banget juga kan ya katanya kalo kita bisa mendonorkan darah kita untuk orang-orang yang perlu. Nah masalahnya saya ini nafsunya gede tapi tenaganya kurang haha. Saya kan lempis alias lemah fisik dan punya riwayat darah rendah. Saya gak keitung lagi pingsan gitu aja. Pokoknya acara pingsan-pingsan ini udah beberapa kalilah. Dengan alasan ini saya memang selalu nolak walo kepengennya gede banget loh.

Kemaren anak-anak di ruangan pada ngajakin. Ajakan pertama saya cuman cengengesan aja bilang “yah nanti deh, nyusul” sambil mikir, bulan ini tensi saya cukup bagus gak ya buat kasih darah. Ajakan kedua saya langsung pake blazer dan turun ke lantai 1. Waktu masuk keruangan udah banyak aja yang ngantri. Ini yang ngantri kebanyakan staff sih. Mulai dari satpam sampai petinggi-petingginya. Setelah saya ngisi formulir ada satu staff yang baru diambil darahnya. Mukanya pucat banget. Dia duduk di kursi trus gak lama langsung merosot jatuh pingsan. Aduh!

Saya yang megang formulir langsung mulai goyang hahaha. Payah nih niatnya. Setelah ini inu dan ternyata karena saya mens jadi ditolaklah. Untuk wanita hamil dan mens emang dilarang. Saya juga baru tahu kalau berat dibawah 45 kG juga gak boleh donor darah.

Ini saya dapat dari Wikipedia untuk syarat-syarat pendonor darah

  • calon donor harus berusia 17-60 tahun,
  • berat badan minimal 50 kg
  • kadar hemoglobin >12,5 gr%
  • tekanan darah 100-160 (sistol) dan 70-100 (diastol).
  • temperatur tubuh antara 36,6-37,5 derajat Celcius
  • tidak mengalami gangguan pembekuan darah (hemofilia)
  • denyut nadi antara 50-100 kali/menit
  • kadarΒ hemoglobinΒ baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
  • tidak pernah menyumbangkan darah dalam jangka waktu 3 bulan sebelumnya
  • untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah, calon donor tidak boleh pernah atau sedang menderita sakit seperti alkoholik, penyakit hepatitis, diabetes militus, epilepsi, atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa; baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari; pernah menerima transfusi kurang dari setahun; begitu juga untuk yang belum setahun menato, menindik, atau akupunktur; hamil; atau sedang menyusui.

Sementara manfaat donor darah itu lumayan banyak juga, saya dapet dari Prodia nih hehe

  • Mengetahui golongan darah
  • Memeriksakan kesehatan secara teratur (donor darah dilakukan 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah, nadi, suhu, tinggi dan berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, penyakit hepatitis A dan C, Penyakit HIV / AIDS
  • Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh
  • Pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, terutama pada laki – laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru, dan badan merasa sehat
  • Membakar kalori dalam tubuh

 

Dari semua persyaratan di atas kayaknya sih saya bisa ya hehe kecuali tekanan darah deh kayaknya karena sering dibawah angkat diatas 😦 cuman kalo masih ngantor disana, kayaknya 3 bulan lagi saya pengen nyoba deh.

Ada yang pernah donor darah juga?

Advertisements

64 comments

  1. Alhamdulilah aku rajin non, apalagi pihak mall sering mengadakan acara donor darah.

    wah kalau bisa kurus masak non..?
    hehehe.
    aku hobby dapat cap dikolom kartu pendonor..

  2. Akuuuu πŸ˜€
    Berhubung golongan darah ku itu O Rh-, aku rasa sih wajib banget buat donor darah, Mbak.. Karena O Rh- hanya bisa nerima O Rh- juga.. Dan jumlahnya hanya 1-3% di dunia ini..

    Tapi abis donor darah tuh besok-besoknya bawaannya seger mulu. Mungkin karena tubuh kita memproduksi sel darah yang baru kali ya. Ngga rugi deh kalo donor darah πŸ™‚

  3. Jd inget blog nya mbak naniknara, dia jg pernah bahas ttg donor darah, berikut jg tips dan syarat klo mau donor darah, aku jg blm pernah donor darah, soalny tensi sering rendah hehehe…

  4. sayaa. suka donor darah. sensasi setelah donor itu.. eum.. nyam. hihi. pingsan abis donor juga pernah, jadi meski saya lolos syarat, kalau habis begadang, dan ngerasa nggak fit mending mundur deh (walaupun kadang suka ngotot)

  5. aku dulu sering mbx ikut donor darah tanpa sepengetahuan orang tua,sebenarnya orang tua nggk ngijinin,,,nggk tau apa alasanya,tapi sering denger kalo donor darah katanya bikin gemuk malahan mbx,,,binun jadinya

  6. aku rutin kak sudah tiga tahun jalan , tiap 3 bulan donor darah. awalnya sih ga sengaja gegara nolongin temen yg kena musibah eh kok jadi kaya ketagihan krn di badan rasanya enak (meski ga bikin langsing). terus gabung komunitas di twitter juga, kaya darah for lampung dan penderita talasemia…

    ada beberapa pengalaman lucu, pernah bantu org ga dikenal , awalnya dari komunitas… kebetulan bapaknya mau operasi dan butuh darah AB yg konon sulit, abis donor keluarganya maksa2 kasih duit sbg bentuk terimakasih… ditolak marah2… hadeuh jadi binun…

  7. kalau saya setiap ada donor di kntor sy wajib antri tapi biasa di tolak karena saya kurang tidur .. tapi tahun lalu saya 3x donor..

  8. aku rutin mvak biasa dikampus atau langsung ke PMI. biasa tiap 3bln skali di sms sm PMI dikasih tau kalau udh boleh donor lagi. tiap hbs donor ngerasa jd “org baru” haha enak dpt rpti susu ato skg suka dpt mie goreng mentah tapi haha

  9. Aku tiap ad event donor darah juga selalu kepentok sedang mens, atau jelang mens, atau baru selesai mens alhasil ditolak. Masi penasaran

  10. dulu pas di bandung pernah sekali donor darah, alasannya cetek pengen tau golongan darah dan sensasi dapat makanan gratisan hihi dan sukses kliyeng-kliyeng pas balik ke kost,,abis itu rada kapok dan ga pernah lagi, takut pingsan haha, abis punya darah rendah, malas olahraga dan suka pingsan juga heuheu
    mungkin ntar nyobain donor darah lagi kalo pas di rumah dan sebelum nyumbang makan kambing dulu kali ya…
    btw dulu temen sma pernah ada yg rada nekat donor darah, dan pas itu lolos syarat buat donor eh malamnya dia terima transfusi gara-gara ngedrop

  11. Kalo darah rendah, sebelum donor lari2 kecil ato jalan di tempat selama 10 menit, mbak. Itu ngaruh loh bisa bikin tekanan darah normal. Saya ga nganjurin makan kambing krn setau saya, sblm donor itu harus puasa dulu πŸ™‚ min. 12jam lah. Toh nanti kelar donor dikasih makan juga xixixi…
    Saya termasuk rutin donor darah tp per 4bln sekali, mbak. Kalo per 3 bln kecepetan euy (lg2 menurut saya)

    • Non, aku ga bisa donor karena Hb selalu rendah. Penderita thalasemia minor nih eheheheh. Laki gw n bokap aja yg suka donor.

      Mau komen jg sih buat Theresia. Kalo sekeluarga Hbnya rendah, coba tes thalasemia deh. Siapa tau ada thalasemia minor (genetik ini soalnya). Penderita thalasemia minor mau diapain jg Hbnya ga bakal bisa normal karena ada kelainan di sel darah merah. Tp hidup sih normal2 aja karena udah biasa ehuheuhueuhe…

  12. Sebenernya kalau untuk perempuan, sistem regenerasi sel darah kita bagus kok karena tiap bulan kita menstruasi. Makanya secara ketahanan fisik (terhadap penyakit, sistem imun) perempuan itu lebih kuat daripada lelaki. Tapi donor darah tetep boleh dilakukan kok karena sangat sangat menambah pahala dan tambahan manfaat kesehatannya itu.

    Aku baru pernah dua kali donor darah, dan berkali2 ditolak saat mau donor darah, karena tensi rendah dan kadar Hb-nya gak lolos. Pernah waktu lagi berobat ke dokter sekalian tanya soal Hb yg rendah akibatnya jadi selalu ditolak donor padahal waktu itu aku lagi dalam kondisi fit (tidur cukup, gak lagi sakit apapun) dan aku orang yang fanatik bgt sama makanan sehat. kata dokternya gak harus selalu berarti sakit sih, mungkin karna emang karakteristik tubuh orangnya seperti itu.

    Dan ternyata, di keluargaku emang semuanya begitu sih, kita sekeluarga rame-rame mau donor darah pada ditolak karna Hb-nya rendah gak masuk. Sekalinya aku atau sodaraku yg lolos screening, itupun darahnya suka berenti keluar pas lagi donor, jadinya jarumnya terpaksa dicabut dan dicari tempat lain beberapa kali (pindah tangan kanan kiri).

    Tapi semenjak ada pengalaman Om yang sakit dan butuh transfusi darah berkantong-kantong, kita sekeluarga tetep rajin dateng klo ada acara donor (kebetulan di gereja ada donor rutin), meskipun sering akhirnya harus gigit jari udah capek2 antri eh ditolak gak boleh donor. hehe

  13. Gw sering donor darah waktu masih di Indonesia Non. Tapi sekarang sudah ga pernah lagi. Biasanya setelah donor darah di PMI, dikasi telor rebus, teh kotak dan sangobion satu papan buat penambah darah.
    Pernah nyoba mau donorin darah disini, ditolak euy, karena gw dari Indonesia dan masih pulang ke Indonesia setahun sekali. Huehehehe…. πŸ˜‰

  14. gw juga demen donor darah, soalnya suka dapet roti ato indomi hihihi, tp terakhir donor udah bertahun yang lalu, terakhir daftar malah ga bisa donor karena ada kadar darahnya yg kurang gitu, tau apanya..

  15. awalnya juga aku takut, mbak. pas coba pertama, yang agak ‘gigit’ cuma pas jarumnya dimasukin. but, the rest went well. kalau pas donor sih saya nggak akan ngelihatin kantong darah saya. buang muka aja sambil merem atau denger lagu, sambil nunggu perawatnya bilang ‘udah!’. hehe.

    nagih loh! mudah2an tiga bulan lagi udah berani ya mbak. hihi.

  16. sensasinya donor darah: segeeer badan, kan 100 hr kemudian pembentukan sel darah baru lagi…lagian dulu aku pernah massuk rs hrs transfusi, susaaaah bener cari darah sampe sempet ketepu bayar sekian eh orgnya gak datang. setelah sembuh aku niat banget suatu hari nanti mau jd pendonor, jadilah, amiiin.

  17. Hahaha nggak berani donor darah, yang ada sudah lemes duluan nih badan.
    bukan takut karena jarumnya tapi nggak suka lama2 jarum nempel di tangan heheheh

  18. Di kantorku yang lama suka sering ngadain donor darah. Aku pernah ngedonorin sekali, yang selanjut-selanjutnya pas lagi mens/abis selese mens. Pada dasarnya aku nggak takut disuntik sih, jadi santai aja pas lagi donor.

  19. alhamdulilah, saya uda mau ke 8x donor darah, manfaat nya banyak bgt. terlihat awet muda. dan kesehatan selalu terkontrol alhamdulillah bisa ber amal juga dong. amiin smoga bermanfaat untuk semua πŸ™‚

  20. ALhamdulillah aq uda mau 10x Donor darah, manfaat nya banyak bgt loh kita bisa ngontrol kesehatan kita secara gratis dan bisa beramal, smoga darah aq bermanfaat bagi yg membutuhkan amin πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s