It’s Ok To Say No


pic pinjem dari madamenoire.com
pic pinjem dari madamenoire.com

 

Jika ada yang bertanya apa sih kelemahan saya? seharusnya nih, saya harus kasih tau salah satu (inget, salah satunya) kelemahan saya adalah tidak bisa ngomong TIDAK. SEtiap kali memutuskan ya atau tidak saya cenderung ngasih jawaban yang gak pasti-pasti alias MUNGKIN.

Kelemahan ini jelas ganggu dong. Apalagi kalau saya berada di situasi harus memutuskan sesuatu secepatnya. Gak usahlah yang berat-berat ya, yang ringan-ringan aja saya sering sungkan gitu jawab tidak. Contohnya nih, ada temen ngajak makan siang padahal hari itu misalnya saya lagi males keluar rumah tapi yang keluar adalah “entar aku kabarin ya” trus entar saya kasih tau dia kalau saya ada keperluan sehingga gak bisa lunch bareng. Bisa juga saya tetep pergi (seringnya sih tetep pergi) tapi sepanjang jalan saya bakalan menggerutu trus haha.

Mungkin karena ini juga saya dulu survived jadi PA bos yang luar biasa galak dan aneh. Abis apa-apa saya ngomongnya iya sih haha. Digangguin tetep aja iya-iya aja, diomelin juga iya-iya aja. Haduh koq kedengerannya pasrahan banget sih.

Ngobrolin soal say no ini, salah seorang temen saya kemaren sampe ngomong “kamu harus bisa ngomong TIDAK loh, Non. Bahaya banget kalau gak bisa ngomong itu” emm saya setuju sih tapi sampai hari ini tetep aja saya masih belon sukses nih. Pagi tadi saya masih ngomong ke nyokap bakalan kerumahnya padahal saya tau siang itu ada temen yang datang kerumah. Saya takut aja bikin dia kecewa, lah akhirnya emang dia kuciwa sih hahaha. Untung nyokap, kalau orang lain udah ditonjok kali ya.

Kenapa sih saya berat banget ngomong tidak? saya itu takut banget bikin orang kecewa, kesel atau marah. Padahal dengan bisa ngomong tegas (tegas ya bukan galak) ya atau tidak sebenarnya kita gaklah bikin orang lain kecewa. Mungkin dia emang kecewa denger kita ngomong TIDAK tapi paling gak kan gak sakit hati karena di PHP-in hehe.

Seperti yang saya tahu dan sadari, I can’t please everyone.

Lagian ada banyak sekali cara yang baik dan halus untuk mengatakan hal negative kayak ngomong tidak ini, kan ya 🙂

Ada yang pernah sakit hati denger penolakan (TIDAK) gak?

Advertisements

81 comments

  1. “Non pinjam duit dong, sudah 3 hari aku ga makan nih hiks hiks ntar diganti deh pas gajian” 😆 trus kalau ada yang mau pinjam uang dengan model memelas banget mintanya, biasanya kamu kasih ga? 😀 .

    • Wah non jujur aku ngak suka loe, aku suka jawaban yang pasti antara Yes or No walaupun mungkin menyebalkan atau menyakitkan buat aku tapi aku tidak akan berharap, harap palsu non…
      hehehe mungkin setiap orang beda kali ya.
      kalau aku keras orangnya jadi suka jawaban yang pasti.

      • Aku juga pengen banget kayak gitu, RIa. Maksutnya kalo aku emang gak mau yah bilang tidak tapi gara2 aku orangnya gak enakkan akhirnya begini nih. REpot sendiir

    • nah, sebenarnya mau kasih mba Nel tapi duitnya gak ada haha. Jadi mau gak mau emang bilang tak ada duit :).
      kalo pinjem dulu pas masih ngantor sering banget aku diutangin 😦 ada yang bayarnya molor, sebel banget karena kan aku perlu juga duitnya. Akhirnya aku males deh ngutang2in lagi dan duitnya pun aku simpen di investasi2 gitu jadi gak bisa dikutak katik

  2. Hahahahahahahaa sama Non, susah banget ngomong TIDAK 😆

    Saking ga mau ngecewain dengan jawaban TIDAK, akhirnya lebih sering keteteran sendiri gara2 sudah menyanggupi ini itu #Tepokjidat

  3. Sering ngga bisa nolak juga sih, Mbak. Hahah.. Gawat ya kalo kita berdua uda bersatu, hajab lah uda. Wakakakk.. 😀

    Aku suka bikin janji tapi ujung-ujungnya lupa.. Emang dasar pikun sih ya. Gitu sadar, eh seharusnya jangan janji ke sana ke sini ke situ. Tapi diusahain buat ditepatin semuanya meski tepar. :p

    Besok ke rumah ibu aja, sogok pake ayam goreng pak Slamet. Hihihi..

    • makjang,…..kita sama ya 😦 susah nolak, bisa parah emang kita ber2 ini hahaha.
      kalo lupa sih aku jarang, Beb, soalnya kepikiran trus. Kepikiran gimana coba bataliinnya kalo emang aku gak pengen pergi ya huhu

  4. Sebenernya aku paling awkward kalo ngajak terus di tolak, bawaanya jadi malu. Tapi lama lama sih aku ilangin perasaan itu non, kayaknya di tolak itu harusnya sih biasa aja ya. Cumaaa emang susah secara kalo ditolak rasanya suka jadi gak enak aja hahaha. Nah kalo mau nolak aku sih bisa rada “sadis”, tapi kalo orangnya minta baik2 ya gak enak juga ujung ujungnya kok jadi berasa plin plan deh hehehehe 😀

    • nah itu dia, may, aku juga kan gak enak gitu ya, masa udah diajak2 ehh kita nolak gitu huhu. cuman kalo emang gak mau pergi trus ngomong ok padahal gak mau itu jadinya bener2 gak asik deh

  5. Haaaa itu dia non, penyakit kita sama gk enk kan klw hrs nolak ajakan temen atw menjawab iya atw tidak…akhirnya pas giliran udh jd pengangguran ywd si temen yg hoby jalan paling dikit seminggu sekali udh tlp aja ngajakin..pdhl kdg2 malesssss nya minta ampun, apa lg klw cuaca terik…#akibat gk bs blg tidak#..

  6. Memang ya kalau orang timur itu banyak segennya.. Takut kalau tersinggung…takut ini dan itu, teteh jg termasuk yg rada susah bilang ngga… Tapi bisa bilang Tidak kalau memang dihari yang sama sudah benar2 ada janji, tp kalau ngga ada acara apa-apa ya bilang InshaAllah, inshaAllah beneran lho yaaa…yg 99,9999 % bisa memenuhi. Karena kita ndak tau apa yg bakalan menimpa kita pas hari itu.

    Terus krn lama disini yg orang2nya saklek ya semakin kebal kalau ada yg bilang Tidak hehe
    Tp masih berasa segan kalau mau bilang Tidak hehe *susah juga yaaah 😀

    • soalnya kita kan bawaanya emang sungkan ya Teh. gak enakkan trus kalau bisa yah gak usah nolak. Masalahnya kadang2 kita gak pengen pergi trus jadi rempong sendiri hahaha. kalo teteh disana mau gak mau ya harus bisa ngomong TIDAK

  7. Aku orangnya cenderung cuek malah mengacu ke nggak peduli hahaha… Tapi emang lebih baik ngomong di depan sih daripada malah bikin kesel di belakang.

  8. Yes Noni…it’s ok to say no…:) Justru lebih baik (menurut aku) kalo bersikap tegas, kalau lagi males ya bilang aza sorry ga bisa, lagi ada urusan dirumah, atau sorry, hari ini ga bisa besok or lain hari deh ya. Mending to the point gitu loh Non, spt misalnya janji dengan nyokap, kamu bisa jelasin kalo sebenarnya siang nanti ada teman yg mau datang, jadi mungkin ga bisa siang atau sehabis teman pulang baru bisa kerumah. Jadinya nyokap juga jadi ngerti alasan yg jelas. Kalau aku sih gitu Non, nah….selamat belajar untuk bilang tidak ya darjeling…hehehe 🙂 xx

  9. Ga enak ya Non soalnya kl bilang ngga rasanya ngecewain orang banget dan mentah2 gitu. Hahaha aku jg sering ga enakan dan berimbas dengan jawaban2 ga pasti dan ngambang. Padahal sih emg bener kata kamu, drpd di PHP in mendingan ngomong langsung aja iya apa ngga ya. Hahaha

  10. tergantung ktm org yg gmn kl katakternya sama kaya kamu (plegmatis) yah type sama2 gak enak nolak tapi kl ketemu karakter koleris atau melankolis harus kasih jawaban pasti ya atau tidak karena mek udah ada jadwal acara jd kl udah pasti bisa masukin jadwal kl ketemu sanguinis mau jawab ya tau2 gak jd type mrk gak akan sakit ari

    jadi kita gak bisa nyenengin semua orang tapi bisa pake jawaban diplomatis ke orang tergantung karakter org tsb hihihihi semoga berhasil yah Non 🙂

  11. astaga ini aku banget,,,susah banget nolak orang,,cenderung gak enak buat nolak permintaan orang, apalagi aku didikan jawa totok yg sebisa mungkin jangan sampe bikin orang lain itu jadi tersinggung heu…:p

  12. Iya Non, kadang (atau sering ya? Hehe :D) kita memang perlu berkata tidak. Lebih baik dari awal ngomong “tidak” kan daripada “mengambang nggak jelas” atau berkata “iya” tetapi akhirnya nggak dilaksanakan alias “ingkar janji”, hehe 🙂

  13. ishhh aku juga suka susah banget kak non bilang enggak ke orang. apalagi kalau ajakan2 pergi gitu, ya sama deh kadang2 aku suka jawabnya nanti dikabarin dan seringnya jadi perginya. hahaha.. soalnya kadang2 aku suka ngerasa kalo aku yang ngajakin terus ditolak pasti gimana gitu ya, padahal biasa aja sih ya mungkin kalau nolak juga krn emang gabisa atau apa. daripada bilang dikabarin terus ternyata di phpin lebih gak enak :p

    • nah aku juga ngerasa gitu Re, kalau aku yang ngajak trus mereka nolak pasti aku ngerasa gimana gitu kan ya? akhirnya aku jadinya berusaha iya-iyain semuanya walaupun kadang2 aku gak pengen pergi. seringnya jadi berantem ama si Matt hahaha

  14. kan ada pepatah yg bilang ‘when you say YES to others, make sure you don’t say NO to yourself’.
    pasti bisa kok dengan latihan pelan2, mulai dari hal2 kecil dan orang2 yg tidak terlalu dekat. soalnya klo keluarga atau sahabat pasti apapun permintaan mereka selalu kita anggap penting sih ya, hehe.

  15. Kadang gw juga susah untuk bilang No. Kayak kemaren tuh pas ngumpul ama temen2 bule yg suka barengan pergi ke luar kota utk nonton RS, nah temen kita yg satu ini, endut orangnya dan percaya diri guede banget; dia dari jaman purbakala ngotot banget kita pake t-shirt seragaman dan dia yg bakalan desain dan order t-shirtsnya. Gua sama sekali gga suka deh pakai t-shirt ke konser, palagi seragaman gitu. Tapi yah susah juga gitu to say NO, untung banget salahsatu temen kita ; dia vocal sekali. Dia langsung bilang No.

      • Amit2 deh kalau pakai t-shirt seragaman, Untung temen gw satu lgs bilang gga mau. Temen gw yg gemuk ini pengen banget desain t-shirt dengan kata2 yg menarik perhatian si RS. Deuh….. Ogah deh ikke. Masalahnya dia tuh kesel liat satu temen kita kalau nonton konsernya RS selalu pakai korset, dan gw selalu pakai baju seksih wakakakak….. sedangkan dia badannya seguede buta. Aduh gua jahat banget ya. Abisnya neh bule bikin sebel kita2 orang sih dan puncak acaranya pas kemaren ini dia ngambek total ama gw gara2 RS spent banyak waktu ama gw, dia cembokur berat ampe temen2 gw pada sebel. Gua bukan sebel lagi.

  16. toss kitaaaa …
    aku juga ga bisa bilang NO
    walo akhirnya ngedumel sepanjang hari …..
    pengen berubah sii, tapi koq ya susaaaaaaaahhh (pake banget)

  17. Sama mba noni.. kadang masih susah ngomong NO. Cuma setelah dipikir-pikir emang harus berani sih ngomong NO, walaupun mungkin gak enak yah.. Karena kalo di Yes-Yes-in terus tapi hasilnya bikin orang lain kecewa, yang ada kita jadi gak enak sendiri (kesulitan sendiri juga) Semangat mba noni…

  18. “ngacung” ga suka dijawab TIDAK”
    berhubung aku ga suka dijawab dengan 1 kata itu, aku selalu menyiasati nya dengan tidak pernah meminta dan berharap ama orang lain mba.. susah sihh.. tapi dari pada kecewa dengan jawaban TIDAK.
    sama siapapun.. termasuk orang tua
    atau jika menginginkan sesuatu, aku biasanya gigih banget ke diri sendiri. memaksakan diri sampai batasnya…

    Tapi mba Noni persis suamiku, ga bisa bilang TIDAK.
    syukur nemu istri kaya aku, jarang minta, jadinya dia nya ga bangkrut deh…
    wakakakak *pencitraan

    • syukur juga aku nemu si Matt tapi matt ini kalo sama orang2 Indonesia dia juga mulai ketularan aku huhu. SOalnya dia gak enak kalo ada orang lain kecewa gitu huhu. ya udah aku pinjem kamu aja ya haha

  19. kayaknya lebih sakit hati kalau di PHPin deh kak..
    soalnya yang ngajak udah kadung mikir bakal diterima ajakannya, eh ternyata belakang2nya nggak.. hehe..

    kalau saya mungkin lihat respon orang yang diajak kali ya.. kalau dari gelagatnya ragu2, saya nganggepnya lebih ke ngga mau. Jadi nggak terlalu “ngarep” 🙂

  20. Kl aku tergantung siapa yg ngajak, kl gak terlalu kenal sih gampang2 aja say no, tp rada sungkan kl sama tmn deket. Tapi basically aku bs sih say no, liat2 sikon lah

  21. kalo males janjian di suatu waktu, daripada bilang iya tapi dalam hati menjerit. kenapa ga bilang aja kalo ga bisa.. trus kasih alternatif tanggal lain.. kan kalo lawan bicara ga bisa juga bisa bilang dengan manis untuk arrange waktu lain kali lagi 😀 hihiihi… banyak cara buat ngeles non.. jangan iya-iya tapi tak rela..

  22. Buuuuu… gegara saya ngomong No sama orang di kantor jadinya dia bete dan bikin kantor kayak neraka. Huahahahaha. Padahalan bilang no adalah ketika disuruh ngerjain kerjaannya dia, atas nama dia dan semua profit dia yang akuin semuah. Jadi berantem deh. Bahahaha. *malah curhat*

  23. Berani bilang ‘tidak’ donk mbak noni.. Aku suka geregetan sama orang yang ga bisa bilang enggak, soalnya kan nanti yang repot dia sendiri. Kalo aku lebih suka orang jawab tegas, iya iya enggak enggak hehe.. Konformasi yes or no?! 😀
    Aku udah biasa kalo minta tolong apa-apa sama orang jawabnya “tidak” , kayak tadi siang minta tolong cpns bantuin aku, dia bilang enggak! #aslinya aku kesel dink

  24. Bukan hanya ok untuk bilang tidak Non, kadang memang perlu untuk melindungi diri sendiri. Kendalanya memang ngga enak dan banyak orang yang ngerasa dengan menolak permintaan seseorang itu sama dengan bitchy padahal sih ngga.

  25. Sebagai orang yang suka ngga tega, agak susah memang ya Non, tapi aku belajar bilang engga, apalagi kepada yang suka minjem duit tapi lupa bayarnya :)))

  26. Dulu aku juga suka gak enakan bilang GAK, Non. Tapi tuntutan pekerjaan mengharuskan aku untuk berani bilang GAK.
    Emang sih kalo kita bilang ” GAK” ke orang, kita takut dia sakit hati ato kecewa. Tapi kan pilihannya 50%-50%, karena kita belon tau juga.
    Sementara kalo kita gak bilang ” GAK”, kita menyiksa diri sendiri. Dan ini 100% karena kita udah tau kalo kita bakalan tersiksa.
    Tinggal pilih yang mana…hayooo

    • milih Jokowi ajaaa 🙂
      aku masih belon bisa, Ind. Dulu dikantor aku di tindas trus deh, gara2 semua2 aku iyain, trus aku kerepotan sendiri atau marah2. gak baik banget deh. Entar aku harus berguru padamuuuu

  27. Budaya kita emang budaya gak enakan sih yah, jadi susyah gitu.. Eh tapi belakangan sama temen2 kosan yg skrg saya jadi terbiasa ut ngomong enggak 😀 Hahhaha.. Contoh: Lagi capek banget, trus temen2 pada mau main ke kamar. Langsung saya bilang, enggak boleh mau tidur..haha :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s