Bikin Adem


source : Pinterest
source : Pinterest

Akhirnyaaaa…..setelah hampir setahun menikah saya mulai main-main dengan tanaman. Selama ini setiap kali liat blognya mba Nella, cuman mikir, duh…..kapan ya aku mulai beli-beli tumbuhan? niat doang gak dimulai-mulai sampai akhirnya pohon gede di depan rumah di potong. Panik dong kita, pohon itu kan selama ini yang bikin teduh. Setelah dipotong saya langsung beli pohon mangga, jambu air dan beberapa tanaman lain.

Begitu dimulai beli-beli ehhh gak bisa di rem hahaha. Temen si Matt juga kemaren ngasih saya pohon markisah, katanya sih nanti bisa merambat di pagar. Mulai deh saya juga nyari-nyari tanaman yang bisa merambat kemana-mana. 3 minggu lalu ketemu dollar-dollaran yang bisa merambat nutupin tembok. Saya beli 4 tapi gak tau deh secepat apa dia bisa nutupin tembok pagar rumah.

Dari kecil sebenarnya saya suka tanaman yang gampang-gampang ditanam. Model-model bunga supplir (nulisnya gimana), pakis-pakisan atau yang berdaun besar gitu. Masalahnya karena kita kan sekarang rumahnya nyewa nih, saya ngerasa gak pede beli banyak tumbuhan trus nanti di tinggal hehe.

Jeleknya adalah begitu saya mulai beli-beli tanaman ternyata gak murah dong huhuhu. Hari minggu kemaren ber2 dengan Mrs. G kita jalan ke toko bunga di depan Istana Maimun. Mrs. G ini juga lagi kayak saya, kepengen dandanin rumah sama tanaman. Karena dia orang Belanda, kesukaannya agak beda sih cuman yah yang penting emang kita berdua belanja bunga. Baru yaaa saya tau ada bebungaan yang harga-harganya diatas 2 juta sebiji. Asli mangap trus takut megang daunnya. Gimana kalo coplok hahaha. Ada juga bunga yang mirip nanas dan harganya 4 juta huaaaa. Itu bunga atau emas batangan sih?

Saya juga suka nanam tumbuhan yang bisa dipakai di dapur. Kayak sirih, (belon tumbuh hasil ngembat dari pinggir jalan), pandan, jahe, kunyit, basil, mint, rosmary dll. Beberapa kemaren mati hiks. Kata suaminya Mrs. G soalnya tumbuhan itu stress karena saya bawanya dari Berastagi yang dingin trus walo di tarok di dapur belakang rumah (yang dingin karena tertutup dan kena matahari dikit) tetep aja bisa membuat mereka mati. Untung harganya cuman Rp 5000 tapi belinya jauh ya hahaha.

Trus….trus……..kemaren itu nyokap ngasih bibit2 bunga pinggir jalan kayak bunga kertas, bunga tahi ayam (yang kuning dan bauuu itu loh) trus ditaburin aja gitu dimana2. Sekarang tiap pagi kerja saya negcheck biji2an itu yang mulai tumbuh sambil senyum-senyum sendiri. Seneng πŸ™‚ . Baru saya tahu kalo tanaman ini bikin happy ya hehehe.

Untuk hadiah Valentine kemaren si Matt juga ngadoin saya bunga Bougenvile (nulisnya salah deh pasti tapi males google) 2 pot dan pohon jambu gede πŸ™‚ . Semoga beneran bisa numbuh deh hahaha.

HObby baru lainnya adalah melototin spot gardening di pinterest dan nemu banyak sekali yang bikin saya ngeliat fotonya aja udah bikin seneng sambil ngarep hahaha.

O,ya sekarnag di mobil selalu bawa sekop kecil sih buat “ngembat/nyolong” bunga di pinggir jalan huhahahaha. Saya pikr saya doang begitu ternyata Mrs. G lebih parah, dia keliling kompleks bawa tas, sekop, parang dan gunting naik sepeda buat ngembat bebungaan hhuhhahahaha. Kata si Matt, kita berdua pencuri kecil *idihhhhhh*.

Ada yang punya tanaman cakep? mauu dong dibagi hahaha . Sekalian deh saya posting beberapa foto yang saya pin karena ughh cakepppp banget. Punya beginian rasanya rumah pasti adem dan cantik deh.

pic dari pinterest, Visit dishfunctionaldesigns.blogspot.mx idenya keren ya id
pic dari pinterest, Visit dishfunctionaldesigns.blogspot.mx
idenya keren ya

source : pinterest
source : pinterest

 

Pinterest
Pinterest
Visit lajoiedespetiteschoses.tumblr.com
Visit lajoiedespetiteschoses.tumblr.com
pinterest ini nih yang bunga suplir itu
pinterest
ini nih yang bunga suplir itu
lucu banget yaaa. ini juga di comot dari pinterest
lucu banget yaaa. ini juga di comot dari pinterest
cobaa betah gak sih kalo punya halaman beginian ) semoga gak banyak nyamuk aja sih hehe. Pinterest
cobaa betah gak sih kalo punya halaman beginian ) semoga gak banyak nyamuk aja sih hehe. Pinterest
ughh pengen. Pinterest
ughh pengen. Pinterest

 

 

Advertisements

111 comments

  1. Hebat. Aku tuh bukan orang bertangan hijau. Klo dikasi tanaman pasti mati, padahal udah berusaha ngerawat. Jadi akhirnya sekarang beli bunga potong aja klo dirumah. Percuma beli bunga dalam pot, ujung2nya menderita dan mati…. belum lagi “disiksa” oleh dua precil peliharaanku yang demen banget kunyah2 daun2an (itu juga beli tanaman harus pastiin dulu beracun buat mereka apa enggak)

    • Ev, tanaman aku udah bberapa koq mati huhu. Cuman karena masih semangat jadi aku beli lagi deh dan coba tanam lagi. Mudah2an aja gak mati semua ya. Oya kamu punya peliharaan ya hahaha. pasti mereka gemes tuh liat tanaman

  2. Hihihi,, dulu aku gak yakin bisa nanem… setelah njajal dan voilaa.. sayur2 mau tumbuh dengan baik di tanganku. Tanaman hias yang dulu di cell pack juga aku pecah2in dan sekarang udah jadi guedhee… πŸ˜€

    Selamat menanam Mbak… *sorak2 pake pompom* πŸ˜€

  3. Aku lagi nyoba nanem bunga mawar kuning nih, Mbak Non.. Semalem melipir tauk ke toko bunga. Uda la mati lampu. Hahah.. Tapi kayaknya kalo beli di sini susah hidup deh. Berapa kali gagal terus. Hiks.. Jadi kepikiran buat beli sama Mbak Nella, entah uda berapa kali liat blognya. Napsu banget sama bibit-bibit bunganya, tapi ngga pernah berani buat bilang mau beli. Wkwkwk.. πŸ˜€

    Sementara cuma Zamio ku sih yang tunas lagi.

  4. Kalau sudah mampir ke “Gardening” Pinterest ga bisa berhenti berjam-jam melototin melulu πŸ˜† cari-cari ide buat bikin dirumah sendiri. Tapi kadang banyak juga yg ga masuk akal, misal pot tanpa bolongan dibawahnya, tiu bgm airnya yg disiram bisa keluar, kalau masuk akal baru kutiru, klo ga males eksperimen melulu πŸ˜€ .

  5. Beli bunga anggrek non…lumayan gampang nanamnya. Aku punya yang putih sama ungu. yang putih kalau berbunga, bisa tahan sebulan lebih..baguus. Kalau mau ambil di Solo ya hihihi

  6. Hi mbak noni, kalo mau belanja bunga di tanjung morawa aja tepat nya di gg.madirsan. mau cari bunga apa aja ada, murah dan lengkap. Sepanjang gang itu rata2 orng jual bunga, apalagi dtng nya sore atau pagi udara nya sejuk:).

  7. mba seneng tanem2 juga sebetulnya..dulu didepan jendela kamar kos mba nanam violtjes di pot pot kecil…bunganya bagus2, tapi kalo lagi congker2 tanahnya ketemu cacing mba teriak2 minta tolong tetangga kamar buangin cacingnya hahaaa….Noni, itu kok ada pispot dibikin jadi pot tanaman??

    • hahaha aku juga jijik mba Fe, jadi kalo mau berkebun aku pake sarung tangan plastik, topi dan celana pendek. trus kalo ada cacing atau ulat2 langsung aku semprot atau diambil pake sekop kecil trus dibuang ke jalanan hihihihi. abs aku jijik.
      pispotnya yg mana mba?

      • hahahaa….mending, mba tuh bukan jijik lagi…tapi histeris parah liat cacing, bisa merinding2 lebih dari ketemu setan.. itu di pinterest Noni ada pispot email putih ditanam daun2 hheheee…mba masih punya pispot kayak gitu, udah jadi barang antik ya sekarang

      • huhahaha pispot yang ada bolongan2nya itu bukan mba? atau yang putih polos? ada juga kemaren aku liat mereka tanam bunga di mug πŸ™‚ lucu ya. waduh kalo ampe segeli itu emm media tanamnya pake kompos/sekam aja mba, kayaknya gak ada cacingnya itu hehe

      • iya itu yang putih polos hahahaaa….waduhh sekarang sih ga sempat tanam2, padahal mba suka dikasih tanaman bunga2an import sama temen yang punya kebun tanaman buat di export, jadi ga diurus sendiri deh…caciiiing hiiiii

  8. tapi kalau nanam mesti telaten, bersih2 kan dan rawat…. saya senang lihat rimbun dan hijaunya tapi tak suka bersihkannnya….gimana donk πŸ˜€

  9. Kalo liat Pinterest emang ngiler bgt. Tapi menurut aku sih non walaupun rental tp kalo dibikin nyaman jadi betah dan cinta sama rumah loh. Jangan dipikir sayang nya Non nanti ga jadi jadi…hehehe…yg penting punya tempat tinggal di bikin aja senyaman mungkin dan ga jd halangan buat eksperimen πŸ™‚ Sama aku jg tinggal di rental, tp sebisa mungkin kita bikin “rumah kita” karena gatau kapan dapet rumah benerannya :p Kalo winter gini aku beli taneman jenis succulent dan paling kitchen plants (buat masak, macem nya Basil leaves, parsley, daun mint, thyme) Kalo udah musim semi baru deh nanem di pot di balkon karena bisa idup sampe musim gugur nanti πŸ˜€ Di dalem rumah ada pohon bonsai, bunga hias di pot kecil (kadang jg cepet mati sih..cm beli lg karena lumayan bikin rumah asri) Ayo non tanem tanem, pasti ketagihan deh πŸ˜€

    • Asli gilaaa banget pop, aku ngeliatnya sampai mikir ini beneran gak sih? soalnya ajaib2 dan cantik2 banget gitu. Trus idenya macem2 ya. sekarang sih setelah mulai beli 1 tanaman malah gak bisa kerem haha. Payah ya πŸ™‚ dan aku suka banget jadinya meratiin mereka. Tiap pagi, siang sampe sore aku cek2 tuh yang biji2an udah numbuh atau belon. Trus kalo mati sedih banget jadinya. pengen liat tanaman kamu yg dirumah dong POp πŸ™‚

  10. Nanem itu mengasyikan..tapi ngga asyik buat dompet hihiihi

    Teteh nih kerjanya “seret-seret” kang mas ke tukang taneman..nunjuk2..ambil sana-sini..bagian bayar dan nanem mah sodorin ke kang mas hahaha…

    *tidak layak ditiru*

    • iya teh, berat di ongkos nih 😦 satu bunga yang lumayan cakep kalo masih kecil antara 15-50 ribu 😦 trus kalo beli dikit berasa kuarang gitu kan ya hahaha. yang nanam berarti si mas ya? aku lagi pengen bagnet nih teh, bunga yang bisa merambat nutupin kanopi gitu

      • Iya emang, beli satu mah garing atuh yaaah… Asyik aja ngambil pas di kassa waduuh hehe

        Bunga merambat apa ya..?? Pake Anggur saja Non.. Ntar gelantungan gitu Anggurnya πŸ™‚

  11. pengen banget juga punya taman bagus di rumah, skr ada sih did epan tp penataannya peninggalan penghuni sebelumnya, bukans esuai selera sendiri. mau ngerubah tp entah kenapa males ngutak ngutik tanaman pdhl suka bgt di outdoor places yg byk tanaman. apa bayar org aja ya buat memeprcantik?? *duitnya dr maneee heehheheh

  12. Mumpung tinggal di Indo tuh, bisa bertanam sepanjang thn. Kita disini susah neh, Jadinya mahal, tp apa boleh buat, Kebanyakan bunga2an yg cantik hy setahun doang, lalu mati. Lha dikasih Winter pasti deh mati kecuali bunga2 ttt spt daffodils dan tulips. Iya kalau Spring dan Summer kita bisa ngabisin lebih dari 200 dollars beli tanaman2 bunga. Pdhal belinya yg murah2 juga, Tp kan perlu banyak, apa boleh buat 😦

    • Paling enak sih kalo tinggal di daerah yang sejuk kali ya SYl, kayak berastagi, batu, puncak gitu. apapun ditanam hidup kayaknya. Di Medan banyak yang mati karena kepanasan huhu. Btw…..mahal juga ya biaya 200 dollar setiap summer n spring huhu

  13. adeeem bener liatnya…halaman depan rumahku sekarang juga udah mulai hijau, banyak bunga dan tanaman…dan pengennya bikin gazebo kecil di halaman depan rumah buat duduk2 sambil nge-teh n nyemil2… *kapan ya bisa terwujud*

  14. mamaku dulu waktu masih bisa jalan sana sini sering nanam anggrek, mawar, melati , di halaman rumah Mba. cakep memang, bikin semangat tiap pagi kalo liat ada bunga yang mekar. hihi … di Jakarta ga bisa seleluasa itu nanam2 apalagi cuma ngontrak ^^

    • karena ngontrak aku sekarang nanamnya di pot aja, jadi kalo pindah bisa dibawa. kalopun pindahnya jauh yah dikasiin nyokap deh hahaha. emang sih punya tanaman itu bisa bikin seneng pagi2

  15. Aku suka foto2nya..pengen punya taman kyk gitu…tp gk punya halaman…ehhh..ngembat tanaman org jgn diterusin ya non…tar diembat sm yg punya loh…hahaha.

  16. Salam kenal mba,

    Aku juga seneng nanem2 nih. Di kebunku sekarang ada tomat, bok choy, cabe rawit, cabe merah keriting sama kubis. Jadi hemat uang belanja.hahahaha

    • beli bunga yang kayak kaktus2 aja Ev, lucu2 banget loh. aku beli 8 pot kecil kemaren, trus di tarok di meja sama deket jendela πŸ™‚ . kalo gak kamu bisa beli yang model2 basil trus ditarok di dapur hehe

  17. Sama seperti Debby, dulu mama raiin bangeet nanam anggrek, Mawar, Melati sama bunga2 lainnya ( nggak tau nama bunga dan tanamanny apa ) dulu tumbuh subur dan merekaah semua hehehe.. tapi sekarang mama sudah sibuk di warung, tanaman jadi layu dan rusak juga karena banjir jadi pot2 bunga cuma tergeletak saja ..
    sedangkan aku ? aku nggak pandai merawat tanaman hehehehe cukup menikmati saja sama dengan baginda ratu hihihi

    • yah sayang banget ya 😦 nyokap juga gitu tuh, dia mulai males nanam2 lagi gara2 bunga2nya dirusak sama tukang dirumah. gak sengaja sih ngerusaknya tapi jadi bikin dia males lagi mulainya

      • iya mba sayang bangeet, aku jadi nggak bisa lihat yg seger2 lagi kalau bangun tidur hehehe .. biasanya kan kalau bangun tidur langsung ke halaman rumah. pengen liat bunga2 gitu πŸ™‚

  18. ini hobi ibu jg mbak, cm beliau suka mengerahkan tenaga anak2, cucu ama bapak buat bantuin ngerawat dan suka ngomel kalo ga bantu hihi

  19. aku dari bberapa waktu ini pengen banget punya rooftop garden.. oia, aku pernah liat web2 indo yang jual bibit atau tanaman, kebunbibit.com kalau gak salah. banyak tanaman merambat yang cantik2 deh kak..

  20. Itu tanaman dolar-dolaran yang bisa nutupin tembok tumbuhnya lumayan cepat lho Mbak, dan bisa ngancurin tembok juga. Di tembok belakang rumahku hampir tiap dua-tiga bulan sekali harus dibersihkan karena penuh dolar-dolaran yang merembet dari halaman tetangga

  21. aku paling gak bisa nanem2 mba, entah kenapa mati mulu. ah emang butuh keahlian khusus juga dehkayaknya :p
    hihi rumah nyewa emang bikin mikir ribuan kali buat dandaninnya ya, gak mau rugiii haha. jadi aku juga cuma pasang pajangan2 aja, pokoknya yang bisa diangkut juga kalo nanti pindahan.
    nah punya taneman2 gini nih mimpiku jg, tapi nanti deh.. dirumah kami sendiri amiiin πŸ˜€

    • di bogor pasti lebih banyak yg bagus deh Mar, ayo cobain deh. Ulat gak ada sih, kemaren ada satu langsung aku gunting haaha. biasanya aku pake sarung tangan gitu, pake sekop, gunting sama pisau. Kalau ada ulat langsung aku ambil pake gunting dan buang hahaha. cacing kalo keliatan langsung aku sekop πŸ™‚ soalnya aku jijik sih. Begitu kamu liat bunga2 yang lucu nanti pasti jadi ketagihan deh Mar

      • Iyaa kemarin aku langsung liat ol shop yang jual bibit2 bunga tapi blm ngerti nama2nya. Terus ngebayangin nanem2 sendiri seneng kayaknya.

        Hahaha kasian ulatnya digunting sm Noniiii. Nah iya aku jg jijik sama cacing, gelii ih lengket2 gitu keliatannya. Tapi lama2 nanti terbiasa kali ya. Posting jg donkk foto taneman kamu apa aja trus ngerawatnya gimanaa *aku teracuni*

  22. bener banget seru deh nanem2 gitu…
    kalo aku belinya lemon cui, murmer, cuma 25 rb aja tapi dah ada buahnya hihi…
    plus bunga-bunga sama ya yang standar kayak pandan, rosemary, jeruk purut buat masak2 ..:D

  23. kak noni..klo mau belanja tanaman tanpa capek liat dan nawar buka aja ini:

    http://www.kebunbibit.com

    aq sering belanja dsana kak, dan enaknya lagi kalo sampe seminggu ditanam bunganya mati, qt bisa komplain dan dapetin garansi bibit yg baru..hehehehe
    aq pernah beli giant markisa mati, dan aq klaim garansinya..seminggu kmudian dikirim deh bibit barunya dan alhamdulillah tumbuh
    semoga infonya membantu ya kakk πŸ™‚

      • ongkirnya ga mahal koq, kan sama aja kya ongkir barang kak..
        nti mrka akan kirim bibit yg dibungkus khusus tanpa TANAH..
        jadi gak berat kirimannya…tp tetep hidup kak..
        nti klo mau beli coba aja bbmin atau smsin marketing mrka..ada nomer dicantumkan koq kak..
        jdi aq tinggal liat bibit yg mau dibeli, nti mrka aja urus smuanya.. πŸ™‚

  24. Cantik semua. Tapi koq aku kepikiran gimana kalau banyak ulatnya, apalagi pas musim hujan. Taneman bunga di rumah kami tiap setaun sekali pasti tiba-tiba gundul. Ternyata setelah ditelisik benar-benar ada ulet2 gendut lagi makan daun-daunnya. Udah kaya obesitas gitu mereka, sampe ga bisa gerak lagi 😦

  25. seru banget non kegiatan barunya…kek mamaku yg demen koleksi bunga kamboja, tapi yg dipot-pot gituh…
    taneman yg bwt dapur jg jadi bisa menghemat kebutuhan dapur yaaa…

  26. anak saya malah demen beli tanaman mbak..setiap ngeliat tanaman yg bisa dibeli langsung minta jadinya saya beliin kaktus mini yg murah meriah dan tahan banting, untungnya bertahan sampe sekarang πŸ˜€

  27. Hebatt bener, suka kagum sama cewe2 yg suka nanem bunga πŸ˜€ mungkin gw trauma kali yah, dari kecil selalu kebagian jadi penolong mama klo keberatan angkat tanah..hahah :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s