Yang Punya Kulit Hitam, Ditolak…….


pic pinjem di nymag.com
pic pinjem di nymag.com

Sedari kecil kulit saya memang bukan putih atau kuning melainkan coklat. Dibilang coklat banget juga gak sih tapi lumayan gelaplah. Lebih berasa gelap lagi karena SMP saya sekolah di sekolah yang mayoritas adalah Chinese. Udah dipastikan saya sempet mengalami masa-masa galau karena hitam haha. Kegalauan saya untungnya gak menghentikan untuk pergi sekolah naik sepeda (sekolah hanya 5 km aja dari rumah), main basket dan selalu jatoh karena kegedean bokong, pramuka dan harus blusukan camping, masuk hutan sampai latihan baris berbaris di siang terik.

SMA walaupun bukan di sekolah Chinese lagi tetapi saya tetep ngerasa sih saya emang sedikit lebih gelap dari beberapa temen. Zaman dulu sih saya gak terlalu memusingkan soal putih tapi entah kenapa kalau ketemu temen yang bening dengan kulit putih bersih rasanya gimana gitu. Berasa terintimidasi, apalagi kalo temennya tinggi dan cakep.

Bertambah umur dan semangkin gede (baca tua) saya gak takut lagi dengan kulit gelap saya tapi paling sebel kalo pulang liburan pasti jadi kumus-kumus. Entah kenapa setiap kali saya pulang dari pantai pasti deh kulitnya jadi gelap (iyalah kan main matahari) tapi juga jadinya gak “bersih” gitu. Kayak yang kalo ditempelin bedak gak bisa lengket sempurna bedaknya. Saya pasti butuh waktu sekitar 3 mingguan untuk kembali ke kulit semula. Kalo gelapnya sih gak balik-balik ampe sekarang hahaha.

15 tahun belakangan karena saya lumayan aktif traveling (baca duluuuu hahaha) yang namanya kulit gelap, kumus-kumus sering banget saya alami. Pengen sih tiap liburan saya pakai pakaian ketutup tapi ribet banget kan ya kalo ke pantai pakai baju ketutup plus panasnya gak tanggung-tanggung. Jadilah tetep aja walo terkadang saya tutupin pas lagi naik kapal untuk hoping island yang namanya kulit terbakar gak bisa dihindari. Kulit saya gak pernah bisa kembali lagi ke warna sebelum saya SMP kata nyokap hehe.

Punya kulit gelap alhamdullilah untuk saya sih gak terlalu masalah. Saya gak pernah di tolak cowok karena gelap, gak pernah di tolak calon mertua karena gosong, gak pernah dilecehkan palingan mantan bos saya dulu tiap saya pulang liburan pasti komentar “Ya….ampun, kamu itu ngapain aja sih. Gimana mau dapet jodoh kalo main di panas trus” dan saya gak pernah di tolak kerja karena kulit saya hitam.

Yes, serius ditolak kerja karena warna kulit hitam. Rasanya gimana gitu ya, saya pun gak percaya sampai satu orang temen saya cerita. Ceritanya sih ini udah lama banget. Jadi dia itu ngelamar di satu hotel bintang 5 di Medan. Sebenarnya ditawarin gitu sih trus temen saya ini kirim cv, interview dll. Sampai akhirnya dia ditolak kerja di kantor tersebut karena kulit dia gelap. Kulit temen saya emang coklat gitu.

Kebayang gak sih betapa susahnya kita ya. Udahlah hidup ini berat, ditambah harus putih, langsing, rambut panjang, kaki jenjang, mata berkilau, pinggang kecil, hidung bangir, wangi dan kelakuan manis. Betapa beratnya hidup ini πŸ™‚ .

Saya pernah sangat tidak PD dengan badan saya. Udahlah kaki, tangan, lengan gendut semua trus idung pesek jadi setiap pilih-pilih baju terasa susah banget. Saya jadi malu pake celana/rok pendek, saya jadi sungkan kalo harus nunjukin lengan, pokoknya walaupun pengen rasanya maluuu banget. Sampai ibu saya itu ngomong “Kak, kalo nunggu kakinya kurus, lengannya kecil yah gak bakalan kepake itu baju-baju” huaaaa……………………sekejab dunia terang haha. Kenapa juga saya mikirin itu semua selama saya seneng dan PD make baju-baju pilihan saya yah udah cuek aja. Biar dibilang kaki gendut gak cocok pake rok mini saya mah hajar aja πŸ™‚ . Terkadang pas saya di pantai saya suka ngeliat ibu-ibu bule yang punya ukuran “gede” tapi santai aja make bikini/baju renang one pieces saya jadi mikir, mereka aja santai aja kenapa juga saya harus pusing tujuh keliling. Selama saya gak ganggu orang lain (ehh ganggu mata orang lain kali ya hahahaha) ya udah saya pake aja. Kalau sekarang karena udah makin tua saya sih mikirnya selama baju saya di approve sama si Matt artinya saya boleh pake dong hehe.

Pernah Β saya Β ngobrol sama si Matt dan dia nanyain saya kira-kira kalo ada yang bisa saya perbaiki dari tubuh saya apa yang pengen saya koreksi……….jawaban saya adalah kaki hahahaha. Karena walaupun udah PD pake celana dan rok mini tetep ajaaaaaaa saya pengen punya kaki langsing hehe.

Kalau kamu apa yang pengen dirubah atau pernah punya pengalaman di tolak kerja karena bentuk badan atau warna kulit ?

Advertisements

95 comments

  1. Orang bule berjemur pengen coklat, di sana malah pake pemutih,

    Memang dasar manusia nggak pernah puas, tapi klo sampe pekerjaan ditolak gara2 kulit hitam itu ya nggak masuk akal. Emangnya rata2 manusia Indonesia berkulit terang? Ya nggak toh. Aneh.

    Satu lagi yang bikin gw meringis sekarang tiap kali lihat iklan lowongan pekerjaan di Indonesia. Dibutuhkannya specified: Laki2 atau perempuan. Kecuali klo kerjaannya kuli batu, atau surrogate mother kenapa harus begitu? Ini di negara dunia pertama udah dianggap diskriminasi. Jangankan gender, foto aja ga boleh diattach, karena tendensi yang cantik / ganteng yang dapet kerja, walaupun ujung2nya interview bisa bias, tapi nggak boleh diskriminasi dulu πŸ˜›

    Just my two cents.

    PS: Disini aja banyak supir bis yang perempuan, mekanik perempuan, kuli bangunan perempuan lho

    • Ev, soal lowongan kerja itu juga dibahas Matt dan temennya karena begitu pertama kali aku pindah ke Medan karena kan harus kirim2 lamaran lagi dan kebanyakan minta yang umurnya dibawah 35 hahaha. Trus udah keterima ehh ditanyain bisa gak bahasa Ho kien ya wis gatot lagi deh. 3 kali aku ditolak karena gak bisa ngomong itu doang loh. Menurut si Matt kalo di US dan beberapa negara temen2nya gak pernah ada loker kayak gitu disana. Aku karena gak tau yah diem aja ternyata begitu kamu komen ini, beneran ya 😦 .
      Soal temen aku yang ditolak itu, dia ngelamar jadi receptionist/front liner di hotel tsb dan ditolak karena kulit dia gelap.

      • Iya tuh sama usia, nyebelin banget. Kaya kita udah expired aja setelah usia tertentu. Ahhhh, ya moga2 bisa diperbaikin di masa depan. Jangankan kamu, aku aja ga bisa bahasa Hokien, padahal katanya – KATANYA – keturunan Hokien LOL

        Yang bisa diperbaiki –> PAHA, gendut banget >_<

    • padahal emang banyak juga yang chinese gak bisa hokien kan yaaa, terutama yang bukan dari Medan hihi. cuman emang sih di Medan penting karena mayoritas mereka bicara pakai bahasa tersebut termasuk di pergaulan sehari2 dan bisnis jd kalo gak bisa ngomong susah berkomunikasinya.
      mudah2an aja besok2 gak ada deh batasan umur kan jadi susah nyari kerjanya

      • o iya soal kulit hitam kan mbak , kata temenku yg asli orang melayu sini mereka punya kepercayaan orang yang berkulit lebih gelap ( coklat – coklat banget – hitam) katanya lebih susah untuk disantet lho mbak , kemarin pas pilkades di daerah Bintan sini banyakan yang milih calon kades yang berkulit gelap dong, pasti pak kades nya nanti tahan santet hahaha.

  2. Sayah selalu dibilang gosong dan sempet minder apalagi bibir adalah salah satu kelebihan saya *literally*. Dulu sempet membayangkan alangkah indah dunia kalo jadi Ongky Alexander atau Richie Ricardo. Hahahaha. Cuman kalo sekarang sih gak peduli dan gak mau ubah apapun.

    • Daniiiiiii tadi ada @@BL0GGERMAN cari blogger yang bisa nulis financial cuman aku lagi di jalan pas mau cari2 email kamu. Coba di twitt Dan siapa tau ada kerjaan nulis hehehe.

      Samalah kita pas masih muda suka berandai2 pengen keliatan lebih “cakep” versi pasar hahaha. Sekarnag wis nerimo dan gak ada yang salah juga kan ya haha

  3. Hemm kalau soal kulit non, aku hidup diantara para wanita yang takut hitam jadi mereka ngak takut buat duit berjuta juta cuma untuk perawatan muka and kulit biar putih and bening.
    Salam jenis semua salon kecantikan and dokter cream mungkin udah pada dicoba.
    jujur aku juga ngak putih kadang aku berharap punya kulit coklat and lembab pokoknya sexy dah haha.
    kalau mau diperbaiki dari aku cuma 1 PERUT and LEHER sedot sedot nie semua lemak hahaha.

    • iya kamu di salon sih, orang pengen putih malah jadi lahan garapan ya Ria hehe. Sebenarnya sih kalo menurut aku hitam jg ok asal kulitnya bersih. Nah kalo kumus2 itu yang jadi masalah. Leher kenapa emangnya?

    • Aku tu non kalau gemuk pasti larinya ke leher aneh kan jadi ngak cantik banget ( emang ngak cantik xixi ) jadi kalau suami aku bilang lehernya ada 3.

      parah kan kenapa ngak di kaki tp larinya musti keleher..

  4. Kulitku juga coklat, cenderung gelap malah πŸ˜€
    Dan alhamdulillah sampai sekarang ga tertarik beli/minum obat-obat yang bisa memutihkan kulit dari dalam.
    Dan iya, kalau kena panas terik, kulit jadi cepet banget ya responnya πŸ˜†

    Tapi senangnya, jadi ga takut gosong pas jalan2 ke tempat yang panas terik, soalnya settingan deafulnya sudah begitu sih hihhihihii

    • sama dong kita Dian πŸ™‚
      aku sih sempet ya pake2 lotion pemutih haha tapi semenjak pindah ke surabaya gak pernah make lagi karenaaa aku tuker lotion yang lebih ampuh di udara dingin hihihi.
      kalo gelap kayak kulit kita ini begitu kena matahari matangnya sempurna ya kan πŸ™‚

  5. kenapa kaki mba noni??
    *kepo

    Aku donk.. perut… perut..
    orang orang berutnya gede karena hamil dan punya anak. Jadi perutnya susah balik ke bentuk asal.

    aku perutnya gede yaa karena emang gedee ajah.. Baca: Buncit

    • kaki aku mulai dari paha ke bawah gendutttt banget. sebenarnya mulai dari pinggang sih hehe. Susah ngecilinnya. sebuncit apa Retha, kalo cuman dikit sih namanya gak buncit tapi love handle πŸ™‚

  6. kulit coklat kan excotic Non, dr pada kulit putih semu demek haha…kalo aku yg pengen di rubah itu alis, masa alisnya dr dulu dikit bener. Dan blm pernah ngalamin ditolak kerja karena masalah bentuk body

  7. Namanya manusia ga ada puasnya ya Non. Kulit putih mau gelap, pergilah ke solarium bayar mahal hanya untuk menggelapkan kulit, hasilnya balik putih lagi. Kulit gelap kaya kita πŸ˜€ mau jadi putih berusaha pakai bermacam-macam krim pemutih, hasilnya bukan putih sih paling kulit jadi lebih cerah ya. Jadi syukuri ajalah pemberian Tuhan πŸ˜‰ .

    • bener mba Nel, yang udah keliatan sempurna aja masih ngerasa ada kurangnya apalagii yang emang ada kurangnya ya hehe. Makanya harus belajar bersyukur biar berkahnya tambah banyak kali ya

  8. emang kakinya kenapa non??

    ditolak kerja karena warna kulit sih ga pernah ya.. tapi masalahnya muncul saat seragam kerjanya susah muat karena perabot eike gede aja gitu -______________-” ribet cari seragam kerja yang muat dan enak dipandang, karena kalo yang muat di bagian dada ya bagian pinggangnya pasti geber-geber…

    jadi itulah yang mau diubah :p
    termasuk juga perut yang gak kempes-kempes setelah melahirkan 3 tahun lalu.. coba yah, anaknya udah brojol kok masih aja kayak yang lagi hamil.. huhuhhu…

    • kakinya super genduttttt 😦 aku sebel deh ama kakiku tapi sekarang sih udah nerimo hahaha. gak bisa diapa2in soalnya.
      ohh jadi aset yang agak bermasalah ya hehe. aku juga agak2 sih tapi ganggu kalo mau pake bikini, berasa gimana gitu. mau tumpah 😦

  9. Dasaaar, aku yang putih gini malah pengen coklat kulitnya. Bukan apa non, putih tuh keliatannya kayak gak sehat, pucat. Aku biar main di pantai, hitam kagak jadi kebakar kayak kepiting rebus iya terus balik putih lagi. Manusia yaaa πŸ˜†
    Oya lagian putih terutama di bagian muka tuh gak enak non, kalo ada jerawat langsung keliatan πŸ˜€
    Hahaha samaaa kalo ada yang mau di benerin dari badan, aku pengen benerin kaki deh. gara2 sering maksa pake sepatu cantik tapi menyiksa, kaki ni jadi bertaburan kapalan. Jadi kurang tsakep aja πŸ˜†
    Dulu sempet pengen operasi hidung biar mancungan dikit, tapi ya sutra lah ya suami gak komplen juga, takutnya nti di operasi malah kenapa2 lagi πŸ˜†

    • emang dasar manusia ya gak pernah puas haha. yg putih pengen coklat yang coklat pengen putih. Kalo operasi aku udah gak pengen lagi May tapi kalo aku kegendutan pengen sih operasi hehehe. kaki kamu masalahnya sama kayak aku yg flat kan ya

      • Hahahah kalo udah kegendutan kan udah susyeh yaaa mau diet diet. Enaknya kalo bisa langsung sedot lemak aja ya atau tummy tuck yang instant πŸ˜†
        iya non, susah banget ini kaki cari sepatu yang cocok. Sekalinya ketemu yang cocok mahal ajeee πŸ˜€

  10. mba malah pengen agak lebih gelap kulitnya….sebulan panas panasan di gurun mesir dan yordan, sampe bagian kulit yang putih cuma sebulatan jam tangan, eh sebulan kemudian balik putih lagi…… banyak sih yg ga sempurnanya,tapi ya udahlah gini aja, kaki mau langsing gimana..wong hobinya naik turun gunung, sekarang ketambahan belajar dansa yg harus jinjit terus,betis tambah gede aja hahaha…

  11. ah iya kulit item emang bikin sebel pas kecil, trs yg di keluarga besar dari semua sepupu cewe aku doang yg item hiks
    ampe dulu dari smp ampe sma ke sekolah pake jaket, eh tapi anak2 cewe yg laen jg pake jaket ding ke sekolah πŸ˜›
    dan ampe digodain nyokap klo mau putihan pake kerudung aja haha, dan sempet jadi motivasi tambahan pas kuliah pake kerudung hihi
    nah di korea, gara2 winter jadi putihan dikit ini hihi tapi paling klo spring dateng gosong lagi πŸ˜›
    ah trs ya yg bete, orang korea kan ini putih2 tapi banyak dari mereka yg ga mau gosong dan lebih putih lagi, jadinya banyak yg pake payung pas summer biar ga gosong πŸ˜›

    • aku pas kemare winter di US itu koq gak nambah putih ya Nit? yang ada pucet doang pas disana, begitu nyampe Medan ehh item lagi hahaha.
      di Medan juga banyak koq yang kemana2 pake payung atau topi soalnya emang panas gila disini, jadi bentar aja langsung item

      • ya itu maksudnya putihan dikit karena pucet kulitnya hehehe…
        kebayang sih panasnya medan, tapi ini korea pas summer panasnya lembab udah panjang, bikin gosong, pengen mandi muluk πŸ˜›

  12. Mbak Non, kalo kata temen ku yang cowoknya bule, pengakuan dari cowoknya itu bilang kebanyakan bule itu suka sama cewek yang kulitnya eksotis dan betisnya gede. Heheh.. Percaya ngga percaya sih ya. Mungkin sebagian bule kali.

    Hmm.. Itu juga yang jadi ketakutan aku, Mbak.. Entah berapa kali diingetin sama orang-orang kalo aku harus ngurusin badan, karena penampilan itu yang paling penting. Bukannya skill atau manner gitu yak? 😦 Oh ya, kata Papa gitu juga sih, Mbak. Makanya aku lagi belajar Hokien nih sama beliau. Lumayan bisa dapet diskon kalo belanja di butik Sun Plaza atau Petisah. Nyahahah..

    Dulu aku lumayan putih, tapi sejak SMA mulai item tuh karena panas-panasan nunggu angkot. Parahnya sekarang ini bagian tangan dan jari doank karena ngampus naik kereta hampir sejam. Gosong deh. Kadang malu antara warna muka sama tangan beda jauh. Hiks. Tapi bersyukur aja sih, selama ngga ganggu kesehatan ya ngga papa.

    • hah masa sih? istri2 temen si Matt rata2 betisnya kecil haha. kalo gelap mungkin emang mereka rada suka kali ya, lebih gimana gitu keliatannya daripada kulit mereka yang putih banget.

      kayaknya kalo untuk orang2 yang bertemu banyak customer/client emang mereka milihnya rada2 ngeliat fisik sih kalo di Medan bisa bahasa hokien itu nilai plus. Nyesel aku gak pernah belajar.

      Ehh kamu kan kul di USU kan? ketemuan yukkkkkkkkk

      • Iya bener kok. Aku kaget juga dengernya. Hahah.. πŸ˜€ Hubungannya apa ya kalo betis besar? Ngga ngerti nih.

        Bisa jadi, Mbak Non.. Yah agak gimana gitu, padahal yang kulitnya coklat kan banyak yang cakep malah. Eh waktu SMP kan temen Mbak mayoritasnya Chinese, ngga diajarin sama mereka? Soale bapake SMPnya gitu juga, trus bisa sendiri jadinya. Temennya juga banyak yang Chinese. Kalo ngomong tuh aku sampe puyeng saking ngga ngertinya.

        Hihihi… Dari tahun kemaren ngga jadi mulu nih, Mbak. Kali ini harus jadi yah. Tapi WA ku ngga aktif nih, bbnya parah kali. Cek email donk Mbak, aku ada kirim foto bunga soalnya, sekalian bahas ketemuannya ini. Ya ya ya? :p

  13. lowongan kerja yg nyari pegawai dengan kulit putih itu biasanya marketing deh, yang perlu penampilan yang “menjual” bukan hanya kemampuannya aja. perhatiin aja yg jualan apartemen misalnya, pasti pada cantik2 dan masih muda hahaha

  14. kalau aku yang pengen banget aku rubah itu lingkar dada kak. 😦 bahuku rada lebar, dikarenakan dari kecil udah ikutan renang khususnya gaya dada, jadi terbentuklah seperti ini. jadi terkadang ga profesional gitu dilihat dari samping πŸ˜₯

    • loh bukannya kalo ikut renang dadanya jadi bagus ya?

      Chit tapi aku ke Madirsan, ihh banyak banget yang bagus ya, cuman duitnya gak banyak buat beli2 banyak hihi. Mintaaa bunga kamu dong πŸ™‚ btw bibit2 yg ada di Ace itu udah gak dijual lagi deh, biasa kamu beli dimana?

      • ia kak, tapi rada lebar gitu jadinya. :3 kurang pede jadinya kalau pake baju yang rada pas di badan, 😦

        ia kak, kemaren beli 200 ribu bisa borong lumayan, wah ga ada lagi ya kak?? belum ada cek ke ace lagi, biasanya sih kalau beli bibit benih, beli dari mba nella πŸ˜€ soalnya kalau benih dari mba nella dijamin hidup kak di banding ol shop di indo. boleh kak, kapan yaaa kerumah kakak. bibit petunia lagi banyak ni kak, kemaren panen. πŸ˜€
        Oia kak kalau kk tertarik sama anggrek, di jalan glugur bypass, yang deket rel kereta apinya itu loh, cakep cakep. :D. mupen tiap kesana. :3

      • aku gak terlalu pengen anggrek karena susah kan ya ngurusnya hihihi. Beli dari mba Nella kejauhan ongkirnya dong πŸ˜‰ padahal baru mau coba2 nih. Nyesel bagnet dulu gak pernah beli yang di ace itu huhu. gimana itu petunia? mauu dong, kesini dong CHit, main πŸ™‚

      • bunganya cakep kak apa lagi kalau mekarnya rame rame, merambat tapi keatas. ga merambat kali sih. cuma 4 bulanan tanamannya. tapi nanti bisa tumbuh yang baru, ( soalnya biji biji bunganya jatuh di potnya ) cakep banget kalau di gantung di pot gantung. πŸ˜€
        kemaren sih beli online ga hidup hidup. terus bli stekan mawar yang kece kece, dr jawa, sampe di medan mati.

        Oke kak, ntar di bawaiin deh petunianya. πŸ˜€ kapan ya. harus cocokin jadwal kak. takutnya kk pergi traveling lagi ^_^

      • jumat gimana? sekalian ajak beby kali ya? kamu udah kenal beby belon sih? dia kan dimedan juga dan anak USU hehe. akuuuu mauu dong kalo bunga2 model begituan Chit πŸ™‚

  15. Aku juga kulitnya gelap mba, banget malah sampe sering dkirain orang India hahahha
    Sekarang sih udah cuek ga pengen punya warna kulit oke standar pasar. Cuma masalahnya kulit gelap itu akrab banget sama kusam, jadinya sekarang jaga2 aja biar kulitnya bersih, sehat & ga kusam
    Ngomong2 soal nyari kerja ga perna sampe ditolak sih cuma inget aja dlu waktu masi kecil sering diceng2in gara2 kulit gelap. Sempet ngrasa minder & ga pede mba *hiks
    Sekarang mah udah ga perduli lagi dikatain ‘item’ ‘keling’ ‘kencol’ blablabla
    Black is hot, Baby 😎😎

  16. Aku dulu jaman SMA ikut Paskibraka. Pas seleksi buat pembawa bendera, aku tidak lolos. Belakangan aku baru denger dari salah satu kakak pembina kalau mereka meloloskan kandidat lain hanya karena 1 alasan: dia kulitnya putih. Idih banget… Jadi bukan di Eropa atau dimana-mana, justru di Indonesia-lah aku merasakan diskriminasi karena warna kulit.

  17. Kalau aku mau kecilin tangan kak Non hahaha gak pd banget gara2 tangan ini berasa gedeeeeee banget tp kalo liat bule2 kok pada santai2 aja ya hahaha.. Sebenernya sih selama kitanya pd2 aja pake apapun bakal keliatan bagus, tapi kalo kitanya gak pd ya gmn orang mau lihatnya bagus πŸ˜€

  18. Kalau skin sih warna kulit gw fair, kalau Summer sengajain sih suka mandi matahari spy coklat2 gitu. Kalau bias milih sih gw pengen nambah tinggi kek. Tapi laki gw and RS demennya ama yg petite, so, gga jadi deh………wkkkkk. Rambut gw kasar banget kayak ijuk, Makanya pas dibelai ama RS, gw ampe mikir, amplop deh pasti dia mikir ini orang apa scarecrow. LOL

  19. Diantara 3 bersaudara, teteh paling gelap kulitnya, coklat gitu.. waktu abg mah pengen jg kulit agak bening, tp apa dayaaa …dalemannya juga udah gelap mau diampelas jg teteep item hehe

    Kata kakak ipar “kalau kulitnya putih, dr jauuh udah keliatan cantik, kalau yg kulitnya gelap, mesti di tilik-tilik dulu dr dekat, baru bisa bilang “ooohh manis jugaaaa” hahaa

  20. Aku mau balik langsing aja deh tapi tanpa olahraga dan diet hahhaa…. #males

    Kalo yg lain2 mah (dr ujung rambut ampe kaki), tak sempurna tapi stralahyaaa…. I dont care, qiqiqi.

  21. Diskriminasi ya terang-terangan ditolak karena warna kulit! Aku ngga pernah mengalami ini Non. Disini ngelamar kerja dilihat CV aku dan penampilan representatif ngga, mau kulit warna apapun.

    Aku sih bersyukur dengan apa yang aku punya, ngga usah lah dirubah lagi. Ribet πŸ™‚

  22. hahahaha Noniiii, kamu jangan deket2 aku kalo gitu non, nanti TERintimidasi makin pengen operasi kaki qkqkqkqk… kulit warna apapun gak masalah non, yg penting terawat, bersih, bersinar, gak kumel, gak lusuh, baik hati dan tidak sombong

  23. Mau mancungin idung nonnnn !! Secara dulu waktu jaman smp sma tiap malam gue jepit lhoo pake jepit jemuran. Seriusannn .
    Abisnya bokap nyokap and adek2 ku mancung semua. Cuma aku doang yg mancung kedalam. Hiks

  24. iih komen aku gak masuuuk….
    jadi ya, aku pernah baca survey di koran, katanya memang sebagian besar perempuan Asia sih pengennya kulit putih, btw, ke mana2 gue pake payung sih, tapi lebih karena klo kena panas lama peuriiih…
    Klo aku, skr udah pasrah semua, dulu sih pengen ini itu banyak, salah satunya bibir aku kan dombleh banget. Eh, ke sini-sini kok malah banyak yg kasih compliment… apa yg kubilang jelek di aku dibilang banyak org bagus, yg kubilang bagus di org itu, dia benernya nggak pede. Ya…ya..ya… skr sih, yg penting gue urusin badan dgn baik, sehat gitu aja. Klo ditolak kerja krn penampilan sih belom pernah, soalnya biar gak cantik yang penting kan sini kece…hahahahaha

  25. aku juga coklat mbak non, sm pacar aku, aku lebih coklat *ato item* :p. jaman SD aja suka sedih dan pengen putih tapi sejak SMP sampai skg kuliah, aku anggap kulit aku sexy sesexy beyonce huhahaha

  26. kalo saya malah pengen kulitnya agak coklat dikit…bahasa kerennya “tanned” soalnya suka ngerasa pucat aja kalo putih begini πŸ˜€

    dulu saya gak PD sama gigi saya karena berantakan tapi setelah dipakein kawat jadi mendingan deh πŸ™‚

  27. ditolak kerja sih engga non…cuma dibully karna kulit gelap jaman SD-SMP ih akuh sakit hati…hihihihihihih…soalnya mayoritas chinese…biarpun aku ada turunan dari nyokap, tetep ajaa Gen bokap lebih kuat….hihihihihi…
    Sik suami suka jg godain soal warna kulit inih, mentang-mentang dy lebih putih dari aku…suka sebel…

  28. Kyknya gk hitam lh non…klw aq blg sich noni putih (klw dibandingi dgn kulitku sich..hehehe) bedanya noni yg dulu lbh ndut nahhh..skrg langsing n cantik ….pengen bgt ketemuan tp gk tau kapan yaaaa?…

  29. Kebayang gak Non gimana sakit hatinya (dulu, skrg sih senyum2 aja) tiap ditanya gini ma orang.. Kamu asal mana, Py?. Manado. Masa? kok ga putih?.. Muahahha :p Siaull banget kan..haha.. Sekarang? Owhh saya bersyukur dgn kulit saya tentu saja. Tapi kalo pengen dirubah. Betis!! Duh makk.. Gedeee benerr ini betis.. :p

  30. Kulitku jg gelap, dan ga takut matahari apalg klo liburan. Kyanya ga sedep klo pulang liburan ga menggelap *halahhhh
    Tp dsini mataharinya lbh garang kyanya Non, itemnya jd ajaib, mana gampang bgt kering pecah2 gtu kulitku. Buluk deh itemnya, busik hahaha…

    Klo aku yg pengen d apa2in ya si peyutbuncit, ibuku bilang sih emang Tuhan Maha Tau. Klo badanku bagus, entah udah kya apa kli bajuku, secara gundud bgini aja aku cuek pake mini/pendek, buntung n terbuka. Aku cuma ga suka baju ketat meletet aja karna si buncit jd tampak sangat. Makanya pas awal2 hamil jg ga kliatan secara biasa buncit kekekekkeekk…

    Ditolak kerja karena fisik ga pernah. Tapi temenku pernah ditolak jadi pramugari gara-gara (menurut tim penguji yang terhormat) dengkulnya dia item. Ajaib ya?

  31. kulitku jg sawo mateeeeeeeng bangeeet…heheheh…waktu sekolah suka dibully gt karena kulit itemku, tp mereka ngga bisa ngebully aku selain kulitku….hehehe….sekarang aku cintaaaaa banget ama kulitku yg item inih…kalau mau merubah pengen tulang pipiku tinggian dikit, kakiku udah panjang tp pengen panjangin dikit biar kayak model prabalgurung ituh!…hihihi

  32. Aku dari dulu suka di ejek sama keluarga gendut soalnya aku dulu emang berlemak banget hehe. Mama katanya bakal ngasi aku kado kalo aku kurus (sekarang kurus ga dikasi apa2 T.T) trus saat itu gak terlalu nanggepin sih.

    Kalo urusan kulit aku pernah kebakar banget kulitnya gara2 5 hari di tempa di tempat nya kopasus. Mama sampe gak ngenalin saking aku itemnya ahahhha

  33. komen aku kmrn kemana yaaa??? *salahkan inet yg lemot*

    walo dari kecil selalu dikatain keling, tapi aku gak pernah pingin punya kulit putih.

    dari SMP selalu menancapkan pikiran, suatu saat nanti harus punya suami bule untuk memperbaiki keturunan. Dipacarilah cowok2 blasteran atau lokal dgn postur tinggi putih.

    Apadaya dapat suami kok yah keling juga

    Jadilah anak2 ku berkulit hitam metalik semua. Hahahaha

  34. Akupun dulu keling banget *sekarang sih lumayan lah, sawo mateng, mateng menjelang busuk, tapi dulu bener-bener gosong hahaha* karena latihan basket yg 4 kali seminggu dari jam set 2 sampe set 6, outdoor. Akibatnya pas lulus SMA ngelamar-lamar jadi SPG gitu ga ada yang berhasil.. hahahahaha
    kalau dipikir-pikir sekarang terus menatap nanar sama muka dan bodi-bodi SPG jaman sekarang, ya mana lah dulu bakal ada yang mau nerima =))
    tapi untung sih dulu ga ada yang nerima, kalau nggak mungkin hidupku tak begini.. hihihihi
    *ini kok jadi curhat sendiri*

  35. Dulu gw galau soal tinggi badan yg bikin gw susah dapetin kerjaan2 yg mengharuskan tinggi min 158 sedangkan tinggiku cumn 153, di pekerjaan harus tinggi itu sumpah diskriminasi banget and bikin sakit hati, tapi skr gw sih sebodo amat…punya tb segitu ga bikin gw minder2 amat…cenderung biasa aja, tapi kalo ada bagian tubuh yg pngen d perbaiki itu d*d* hahahha makan banyak biar ukurannya g terlalu kecil *bukaaibmalusebenernya*

  36. Kl aku sih ngerasa karena sahabat” aku tuh anak cantik, baik yg disekolah atau yg di tempat les. Aku jd ngerasa minder, karena aku tuh item. Apalagi aku pernah diledek anak cowok dikelas begini “sini muka lo aja yg gw bersihin, biar g item”, jd ny malu dan minder. Padahal kata sahabat” aku g ush malu main sm mereka, tp yg namanya cewek pasti ada sakit hati :(:v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s