Tinggal Dengan Mertua


pic pinjem di www.theweddingyentas.com
pic pinjem di http://www.theweddingyentas.com

Alhamdullilah udah nyampe Medan lagi kemaren dan ngerasain jetlag lagi 😦 sementara si Matt udah langsung kerja dan kita punya undangan nanti malam.

O,ya jadi sebelum pulang ibunya Matt ngobrolin kemungkinan kita pindah ke America lagi. Belon bosen dia bahas ini. Saya sih sebenarnya gpp ya, secara seru juga nyoba tempat baru dan pasti asik karena ada banyak yang mesti di explore tapi tentu gak segampang membalikkan telapak tangan. Buat pindah ke sana kan Matt mesti dapet kerjaan dulu yang dia emang suka dan bagus. Matt masih bisa ngajar di kampus dia yang lama, batas terakhir sampe feb 2014 ini. Kalo sampe feb ini dia gak balik lagi ke kampus yah udah hangus deh haha. Sementara Matt sendiri males buat balik lagi ke kampusnya itu, dia masih betah disini dan nantinya kalo dia mulai agak-agak bosen baru deh nyari kerja di tempat lain (atau mudik ke US).

Gara-gara ngobrolin pindah ini, ibunya Matt ngomong kalo kita pindah dan belon punya rumah, mungkin sebaiknya tinggal aja sama mereka sambil nabung. Kedengarannya ideal plus ide bagus banget kan ya? selain bisa lebih hemat juga bisa lebih deket ama keluarga.

Saya inget banget pas kita pindah ke Medan dan Matt gak mau tinggal di rumah saya di Johor karena kejauhan dari kantornya trus saya sempet ngomong basa basi (yang mana saya juga ogah sih) gimana kalo tinggal bareng keluarga saya aja karena rumah mereka kan deket banget ke kantor si Matt? Dia nolak dong dan bilang gak mauuuu karena pasti bla….bla…..dan dia juga ngomong saya tinggal 2 bulan di rumah ortu aja setiap hari complaint melulu karena tiap jam di telp-in suruh pulang hahaha.

Mungkin karena saya udah lama banget gak tinggal bareng orang tua jadi begitu balik ke rumah, 1 bulan pertama sih fun. Eh kurang dari 1 bulan deng. Saya sempet kesenangan tiap hari dimasakin, diperatiin semuanya, gak perlu repot2 nyuci atau setrika baju, bisa ngobrol sama mereka tiap hari sampe akhirnya stress sendiri karena banyak “masalah” di rumah. Saya jadi inget setelah satu bulan di rumah kemaren saya jadi bete-bete gak jelas karena kemana-mana harus ijin, kalo pulang telat ditelponin dan harus pulang, kalo Matt datang harus minta ijin dulu pergi keluar dll. Intinya saya kehilangan kebebasan saya sih ya walo sebenarnya ortu saya itu cukup ngasih kebebasan juga hehe.

Begitu juga kejadian di rumah ortunya Matt kemaren. Saya awalnya ngerasa apa saya yang tiba-tiba ngerasa kehilangan “space” karena selalu dikelilingi keluarga dan tiap mau pergi pasti di “bawelin” Bahaya ini dan itu dan akhirnya kita hanya diem di rumah nontonin salju. Gak taunya si Matt curhat yang sama hahaha. Kayaknya sih karena kita berdua ini kelamaan tinggal gak bareng ortu kali ya. Si Matt lebih parahnya begitu tamat sekolah langsung capcus dan gak pernah tinggal bareng lagi, kalo pulang liburan paling 3-4 hari aja di rumah ortunya jadi begitu di kelilingin ama mereka lagi jadi berasa “penuh” .

Kita berdua ngerasa mereka-mereka itu baiknya gak ketulungan tapi kalo kelamaan bareng agak terasa “ganggu” juga sih. Itu juga mungkin yang dirasa adek saya makanya dia pindah rumah walo akhirnya tetep aja anaknya setiap hari dititipin ke nyokap haha.

Jadi kalo nanti ada kesempatan harus tinggal dengan ortu saya atau mertua koq saya dan Matt kayaknya selama kami berdua ada rejeki mendingan diusahakan gak deh hehehe. Kecuali nih, kita bener-bener bokek parah dan emang harus menumpang sementara. Untuk saat ini saya dan Matt mikirnya, biarpun jelek-jelek dan ngontrak gpp deh punya tempat sendiri sehingga kalo berantem gak mesti bisik-bisik, bisa lari-lari Nak3d, bisa teriak-teriak, bisa gak pulang atau pulang pagi, bisa jumpalitan dan tentu aja bisa makan es cream diatas tempat tidur huhahaha.

Oh iya kata dosennya si Matt pas kemaren saya ketemu dan ngobrol trus dia nanyain “gimana rasanya tinggal sama mertua” saya sih jawabnya “asik-asik aja karena mereka emang baik banget” dan dia nyengir sambil ngomong “Family is like fish…..after 3 days they both stink” astaga…..saya dan Matt langsung pandang-pandangan dan ngakak dengernya. Pernah saya denger nyokap ngomong keluarga itu emang kadang-kadang bagus rada jauhan karena kalo deket pasti ribut melulu tapi kalo saya jauh pasti dia kangen melulu 🙂 .

Menurut kamu gimana?

 

Advertisements

130 comments

  1. Soalnya itu emang uda ditawarin Mbak, jadi tinggal interview yang formalitas gitu doank. Kan dapetnya dari rekomendasi kampus.. Tapi ya gitu deh, makin ke sini jadi makin galau. Di satu sisi uda bisa langsung kerja, tapi sisi lain harus ninggalin Mama dan menghadapi Jakarta. 🙂

  2. Hi hi hi . . . begitu mau nikah dulu aku juga bilang sama istri untuk segera keluar dari lingkungan keluarga supaya bisa lebih cepat mandiri. Mau kost dulu ya dijalanin, pokoknya keluar dari rumah keluarga aku ataupun keluarga dia 🙂

  3. Mbak Noni, kalo dulu saya dikasih petuah sama ortu kalo bisa abis merid jangan tinggal sama ortu/mertua, mendingan kontrak rumah…tapi prakteknya terpaksa tinggal di rumah mertua dan bener aja banyak kejadian tidak menyenangkan 😦

    tapi karena itu suami saya jadi tertantang untuk beli rumah sendiri 🙂 saya mikir2 lagi kalo pas tinggal sama mertua adem ayem aja kan saya dan suami gak jadi punya rumah sendiri hehe

  4. Hahahahaha mba aku merasakan apa yang dirimu rasakan, walau padahal 5,5 tahun sih waktu yang bentar banget ya tapi udah berasa ‘nagih’ tinggal jauh dari orang tua. Mau pergi2 gak perlu izin, bisa pulang pagi, bisa keluar jam berapapun (tengah malam, pagi buta) pokoknya bebasss hahaha. Aku sejak pindah beberapa bulan di rumah aja udah stres sendiri gara2 banyak aturan harus ini harus itu hahahaha..

  5. bener tuh kata dosennya matt.. awalawal sih asik, lamalama masalah.. lebih baik sih jaoh aja biar kangen, sering ketemu malah berantem.. gitu ku juga sama adik dan ortu.. apa2 kelihatan salah.. kalu jauh malah pengen ketemuan.. begitu ketemu musuhmusuhan.. emang gitu keluarga..

  6. Hahahaha betul banget tuh Non. Biasa kl tinggal deket sm ortu bawaannya berantem mulu kl udah lamaan di rumah. Tapi begitu ga tinggal serumah malah jadi kangen.

    Aku jg gitu Non, selama masih ada rejeki, kalau belum bisa beli rumah ya mending ngontrak dulu deh sejelek apapun yang penting tinggal berdua. Ga enak tinggal sm mertua atau orang tua. Males euy nanti kl berantem mesti bisik2 mesra, belum kl diomelin kitanya ga becus ngerjain sesuatu. Kl rumah sendiri kan ga ada yang ngomel. Hahahaa

  7. Karena gw masih lajang jalang jadi blm perna ngerasain tinggal di mertua hahaha tapi karena sejak lulus SMU dah merantau dan ngak tinggal ama ortu maka sekarang ini juga kalo mudik kelamaan dikit dah bosen di gresik trus pingin cepet2 balik jakarta.
    Hidup ku dah terlalu bebas mandiri jadi kalo liat sesuatu yg ngak jelas dikit dalam rumah dah bikin malesin 😦 tapi aku selalu kangen nyokap meskipun banyak banget aturan dan petuah yg di ucapkan kalo gw mudik

  8. di Johor toh tinggalnya Sis. baru liat postingan ini ^^

    Saya punya tulang di sana tinggalnya. tapi lupa nama perumahannya sih.

    hehehe.
    *ga nyambung kayaknya komennya

  9. Kalo gue udah ngerasain tinggal di rumah mertua, jadi so far sih oke.
    Gue pribadi maunya tinggal sendiri, tapi kalo mertua gue mau ikut ya gak masalah. Yang justru jadi masalah gue adalah ade ipar gue yang super gak rapi hahaha jadi gue kan suka dekor2 rumah, nah gue gak suka kalo ade ipar gue misalnya serumah dg gue jadi berantakin rumah hahaha..
    Tapi so far sih gue gak ada problem dengan mertua atau ipar, we did have problems at the beginning but we fixed it. Lagipula i love living as a big family. Hehehe..

    • aku senengnya tinggal ama keluarga sementara aja My, kalo trus2an entah kenapa aku stress soalnya aku kan tipe yang
      mendem2 perasaan gitu, susah ngomogn langsung jadi kalo tinggal ama mertua pasti deh lama2 bisa kayak gunung api meletus haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s