Apa Nasehat Andalan Kamu?


foto was taken by Dini
foto was taken by Dini

Hidup segini lama pastilah ada banyak nasehat-nasehat dari orang tua atau siapa aja yang keluar masuk telinga kita. Dari segitu banyak nasehat ada gak sih yang bener-bener nempel di kepala? kalau saya sih sejujurnya gak banyak tapi ada beberapa yang bener-bener nempel dan sampe sekarang masih saya lakukan haha.

01. Nabung Duit Receh

Dari kecil ayah saya paling cerewet soal nabung. Kalo mau apa-apa pasti saya disuruh nabung dulu atau bantuin kerjaan rumah. Apa-apa gak bisa didapet dengan mudah. Udah gitu kalo ada duit receh bukannya dijajanin tapi harus dimasukin ke dalam celengan. Saya sempet loh punya celengan ayam jago dan pas dipecahin itu rasanya girang banget karena duit (recehnya) banyak dan bisa dibuatin meja belajar haha. Sampe sekarang nyelengin recehan itu masih loh walo gak terlalu rajin ditambah Matt juga ternyata sama aja. Dia dapet nasehat nabungin duit recehan itu dari kecil karena orang tuanya termasuk yang tipe-tipe Frugal gitu haha.

02. Jangan Maksain alias Besar Pasak Daripada Tiang

Ini nih nasehat dari nyokap yang ngelontok di kepala saya. Nempel kuat. Emang susah sih kadang-kadang karena banyak godaan duniawi tapi sebisa mungkin saya gak mau maksain apapun sampe hutang-hutang gitu kalo lagi kepengen sesuatu. Ehh pernah sih hutang haha. Maksutnya kalopun hutang saya buat perencanaan. Aduh, semoga saya gak sampe yang masuk dalam golongan orang-orang yang maksain diri deh. Cukup seneng dengan apa yang saya punya aja. Ini doa juga loh hehe.

03. Parkir Mobil Pararel Pantatnya dulu

Saya belajar nyetir ama bokap selama 2 hari aja πŸ™‚ lumayan ngerih ngajarnya karena pake mobil sendiri haha. Setelah bisa bawa mobil yang paling jadi masalah adalah parkir, manalah parkir di Indo kan kecil-kecil sempit gitu. Saya sempet stress kalo disuruh parkir lurus dianatara beberapa mobil dan kata bokap ” ambil ke depan dulu abis itu masukin pantatnya ke parkiran pelan-pelan”

04. Kalo Mimisan Buru-Buru Cari Sirih

Ini sih nasehat nenek saya haha. Kecil dulu saya langganan mimisan. Kalo kepanasan dikit langsung ngocor. Sangking seringnya berdarah sampe pernah disanguin sirih kemana-mana πŸ™‚ .

05. Supaya Peralatan Makan Gak Gampang Pecah, Setelah Beli DI Rendam Air Panas Dulu

Entah bener atau gak, saya gak pernah nyoba tapi nasehat ini terngiang2 tiap kali saya beli peralatan makan baru

06. Cara Supaya tau spaghetti udah masak, lempar mienya ke dinding kalo lengket berarti udah masak (nasehat Matt yang diturunkan dari neneknya)

07. Kalau keluar nonton, makan dirumah aja trus beli makanan di supermarket atau ditoko aja supaya bisa hemat at least 15 dollar (nasehat bapaknya Matt sebelum kita ke bioskop)

08. Belajar masak dong Neng, jajan trus diluar bikin sakit tau! (nasehat ibu saya haha)

09. Noni, pisah-pisahin cucian yang berwarna dengan yang putih (nasehat ibunya Matt setelah kedapatan kaos kaki si Matt berubah warna lagi hahaha)

10. Sale emang bisa bikin hemat tapi lebih hemat lagi alias disc 100 % kalo gak pergi liat sale (nasehat bapaknya Matt ke saya, istrinya dan anak perempuannya. Yang ini mirip nasehat ayah saya hahaha)

11. Tiap 6 bulan minum obat cacing, Non ( nasehat bapak angkat saya yang dokter karena Β gak sembuh2 alergi haha)

12. Kamu mainin aja itu Hay Day pas kerja, jadi di set jamnya pas nunggu jam kerja, entar pas udah kelar kerja baru deh dipanen (nasehat ibu angkat saya Cherry dan Desy)

13. Pake eye cream and night cream NONI!!! (nasehat Chery dan Desy, OMG….lupaaa mulu)

14. Jangan tinggal shalat, kak, atau ayah pukul kakinya pake rotan (nasehat sejak umur 7 taon dan hasilnya masih bolong-bolong shalatnya)

15. Yang paling penting itu harus bersih mengkilat adalah dapur, tempat tidur dan kamar tidur. Inget itu! (nasehat nyokap sebelum saya pindah ke surabaya)

Sebenarnya masih banyak lagi sih nasehat-nasehat lain. HIlir mudik tiap hari haha. CUman yang ini kadang-kadang bikin saya senyum2 ngingatnya atau emang kepake banget sih.

Jadi, nasehat andalan kamu apa dong?

Advertisements

114 comments

  1. nabungin duit receh kak non hahaha sampe skrg aku masih punya kaleng gede yg isinya duit receh2. tiap ada kembalian2 dimasukin situ deh hahahaha..

  2. Kl aku nasehatnya, banyak makan sayur n buah biar gampang kebelakang, jangan telat makan ntar maghnya kumat, jgn nahan pipis ntar sakit infeksi kandung kemih lagi.
    Kl diliat2 kok banyak yg berhubungan dengan urusan belakang ya? πŸ˜€

  3. ada nasehat yang masih fresh diingatanku nyonya, kata papa kalau ngasih teh ke tamu gelasnya jangan ada sendoknya…maklum aku sering lupa soalnya di icip dulu pas manisnya atau nggak heheh πŸ˜€

  4. Nasehat yang paling sering diucapin dan diingat sampe sekarang ada banyak.. Jangan lupa sholat 5 waktu dan puasa ganti, jangan suka mandi sore-sore atau sering pake kipas angin nanti jadinya masuk angin, harus belajar nabung, jangan suka minum es nanti radang tenggorokannya kumat, dll.. πŸ™‚

    Terkadang kesel kalo diingetin lagi, tapi terkadang juga kangen kalo ngga ada yang nasehatin..

      • Iya Mbak Non, hutang puasa ganti ku juga numpuk nih. Gitu kelar ‘libur’nya langsung ganti ah, takutnya malah makin bejibun. Hihihi.. Iya bener Mbak, seneng masih ada yang ngomel karena perhatian πŸ™‚

  5. nomer 1 sama, mbak. nabung duit receh. πŸ˜€ masih kulakuin sampe sekarang.
    tapi taun ini nambah sih, sehari harus nabung 5 ribu di celengan. hehe. keren ih postingannya, jadi pengen bikin juga πŸ˜€
    -jojo

  6. Yang parkir paralel bagian pantatnya dulu…. samaaaa kayak nasehat baginda raja, Non. πŸ™‚
    Eh, itu yg bagian ngetes mie mateng apa belum dilempar ke dinding dulu: becanda, kaaaann?
    Kalo ibuku punya nasehat yg sampe sekarang selalu kuinget: sering2 sedekah. Terutama di saat2 kita sedang merasa sempit. Bokek? Itu saat yg paling pas utk sedekah. πŸ™‚

    • itu beneran fit. Jadi ambil satu mienya trus lempar deh ke dinding, kalo lengket berarti udah masak haha. Aku sering liat si matt ngelakuin itu hahaha. nyokap juga suka ngingetin sedekat tapi aku sering lupa 😦

  7. Noni, itu nasehat no. 10 kok mirip ya sama nasehat alm. papaku dulu hahaha..
    Ternyata emang bapak2 semua sama ya :-))
    Papaku dulu bilang “Biarpun lagi sale, tapi beli secukupnya aja” yang mana emang kepake kalo beli bahan2 masak yang bisa basi sih. Aku sama suami kalo belanja mingguan kan heboh banget, karena berpikiran bisa hemat. Eh taunya malah boros dan tambah gendut akibat maksa harus diabisin biar gak basi mwahhahahaha πŸ˜€ πŸ˜€

    • Kayaknya semua bapak2 itu kongkalikong ya My haha. Si Matt juga kayak bapaknya loh makanya aku jarang belanja sekarang karena dia ceramah dulu sebelum jajanin aku haha.
      Amy, ini kemaren soal belanja kan dicurhatin ama si Matt ke bapaknya trus bapaknya itu kasih tau kita, kalo mau belanja mingguan/bulanan mesti dipikir mau masak apa seminggu itu jadi belanjanya gak kebuang2. Selama ini kan kita belanja cuman karena nafsu doang, sampe rumah males masak karena gampang beli2 haha.

  8. Yg masih nempel bener2 sih ini Non; mnman yg udah dtinggal k toilet jgn dmnm lg, takut ada yg jahatin n kta ga tau πŸ˜‹
    Sama satu lg; klo nyapu yg bersih, klo ga nanti suaminya brewokan hahaha… Pdhal ibuku doyan bbersih rmh n bpkku brewokan πŸ˜‹

    Tp above all, yg ini andalanku; dengerin hati kamu, kmu akan tau itu langkah yg bener ato salah πŸ˜‰

  9. No.14 itu sungguh menohok hati kuuu… tiap bokap nelp yg ditanya duluan selalu ‘udah sholat nak?’ ( dan smpi skrng anaknya belum sadar2 kalo ninggalin sholat itu dosa besar :/ )

    Kalo nyokap selalu nyinyir kalo soal kebersihan kamar n’ kamar mandi πŸ˜‰

  10. Klw celengan uang receh ampe sekarang msh aku lakuin non…apalagi sejak mulai belajar belanja kepasar/warung, pasti ada recehan…lumayan jg pas darurat gk ada duit dibongkar…hahaha…ehh non klw spagetinya dilempar ke dinding tar lengket donk didinding…hahaha.

  11. Soal nabung duit receh sama jangan hidup lebih besar pasak daripada tiang itu bener banget. Kayaknya hampir tiap ortu rata2 nasehatin itu yah ;).
    Kalo nasehat andalan yang paling aku inget sampe sekarang dan masih di tekun dilaksanain, makan jangan bersuara & makanan ga boleh di buang buang. Pamali alias tabu kalo kata orang sunda sih. Bisa berat rejeki kalo buang buang makanan. Jadi sekarang aku kalo makan pasti habis bersih jd ga ada yg di buang *errr ini bisa jadi alasan kerakusan aku sih* πŸ˜†

    • May, tau gak pas aku di US kita ke satu pesta nih trus ada ibu2 gitu ngomong ke anaknya yang gak mau makan gini “abisin makanannya, kamu tau gak di CIna banyak anak2 gak bisa makan” huhahaha…..aku langsung nyengir pas denger itu. Gak dimana2 emang anak kecil itu udah dijejelin harus ngabisin makanan yaaa

      • Ahahahah iya non. Pamali kan kalo makan ga abis disaat banyak orang lain yang kelaparan :). Tapi aku end up nya kok jadi kayak tong sampah yak, hahahaha liat orang gak abisin makanannya langsung aja jadi sukarelawan buat ngabisin, kaaan sayang πŸ˜†

  12. Yang duit receh itu tapi bikin berat Non! Hahahaha πŸ˜† .

    Dan yg jangan sampe lebih besar pasak daripada tiang memang bener banget ya πŸ˜€ .

  13. Nasehatnya bagus bagus Non, spagetti kudu lempar ke tembok ? berapa jauh ? berapa kuat lemparnya ? ke dinding tembok apa dinding kayu apa dinding stainles ? πŸ™‚

  14. eh itu beneran cara ngetes spaghetti dilempar ke dinding? kapan2 praktek ah πŸ˜€

    kalo nasehat nyokap dulu: sekali-kali duit dipake lah buat beli baju, jangan makanan mulu
    saking malasnya anaknya beli baju dkk dulu πŸ˜›
    trs jangan galak-galak ama temen haha, padahal kalo di luar rumah gw anaknya manis dan ramah tapi kalo di rumah ntah kenapa jadi gampang marah hiks
    trs kalo bokap kalo abis make barang balikin lagi ke tempatnya biar ga lupa, tapi tetep aja lupa muluk dan panik kalo nyari haha
    trs nasehat ortu yg laen siapin barang yg mau dipake buat besok biar ga buru2 pas pergi dan ga lupa, trs kalo ngerjain kerjaan jgn nunggu deadline hihi
    dan satu lagi: jangan pernah liat ke atas , sering-sering liat ke bawah soal harta dan hal duniawi lainnya, ntar ngerasa gak cukup muluk dan jarang bersyukur tapi kalo soal akhirat harus liat ke atas, trssolat 5 waktu, sering ngaji, sering ke masjid, sering2 sedekah, sering2 nabung, trs kalo duit banyak daripada ke negara lain mending umroh atau haji dulu hihi ( dan sampe sekarang blm kesampaian :D)

    • iya beneran Nit, awal2 kita nikah si matt suka begitu itu kalo masak spaghetti. Aku juga awalnnya bingung haha.
      SEmua nasehat kamu beneran dan bagus2 itu Nit harus beneran di ikutin haha. iya ya kadang2 kita udah pergi kemana2 ehh pergi ke tanah suci malah belon 😦

  15. Pernah dapet masihat dari tantenya temenku waktu aku masih SD dulu: Kalo nyuci piring, sendok, gelas, dll, duluin nyuci gelasnya baru yg lain2. Apalagi wajan/panci, itu paling akhir. Waktu itu ga kepikir kenapa sih. Tapi setelah beranjak tuwir gini baru tau alasannya kenapa: kan gelas isinya paling cuma minuman, gak terlalu berlemak2. Jadi dibersihin dulu. Baru deh lanjut ke piring, sendok/garpu, trus terakhir wajan & pancian2 itu. Haha… Telat banget ya “ngeh” nya.

  16. Kayaknya banyak banget deh nasehat dari boyok, Ketauan kalau gw dulu anak bandellll….. LOL. Swkt mo nikah; masih inget deh nyokap blg kalau nanti udah nikah; kalau bertengkar dengan misoa; jangan pernah minggat dari rumah sebab kalau sampe gga dijemput ama misoa; nantinya mo kemana? Syukur deh gw dan misoa udah nikah belasan tahun dan pacaran 5 th on top of that (termasuk bbrp thn long distance setelah aku lulus dan balik dari Amrik) kita kalau bertengkar gga pernah lewat dari satu hari. Jadi gga ada tuh chance untuk minggat. Mau minggat ke Indonesia juga di jalanan udah satu setengah hari…..wkkkkk

  17. aku juga udah dibiasain nabung sama bokap dari kecil. Punya tabungan dari kaleng oli, hehehe.

    no. 6 bikin ketawa. ide yang konyol πŸ™‚
    no. 7 gue (dan teman) banget ituuh, hahaha.
    no. 9, bukannya emang kaya gitu diajarin nyokap Non? Kata ibunya Matt, noni dimanjain banget nih ma mamanya…xixixi

    • yang no 9 itu kecelakaan Firsty πŸ™‚ keselip gitu kaos kakinya trus si matt ngomongin di meja makan nyeritain yah udah akhirnya di nasehatin deh padahal kan kecelakaan ya haha

  18. 1-2 aku jg lakuin non…untungnya aku n suami anti banget punya kartu kredit…hahahaha…yg sayangnya ternyata kadang dibutuhin yaakkk…jd kepikiran bikin sih…

    yg paling aku inget nasihat dari nenek, makan nasi ituh harus abis, klo engga nasinya nangiss….

  19. Tambahin 1 lg dari bapakku, kl bawa mobil jgn mepet2 sama angkot krn kita gak pernah tau kpn angkot itu berenti atau belok atau malah pengen ngetem..

  20. nabung duit receh itu dari kecil ampe sekarang suka aku lakuin mbak Noni πŸ˜†
    suka dimasukin ke tas kecil. Kalau udah penuh terus diitung dan ditukerin

    yang soal ga ninggalin shalat itu juga selalu suka diingetin mbak

  21. Kalo ortu saya selalu cerewet ngingetin terus agar gag lupa menyapa tetangga sekitar rumah kalo pas saya lewat. Btw hay day itu apaan ya mbak? aku kok gag tau T_T

  22. wkwkwkwk. dah lama gak kunjungan ke noni… pa kabar non. nasehat spaghetinya jangan diikutin. mending dilempar ke saya. jadi tahu dah mateng apa belum… kalau habis tandanya dah mateng kok (kalau lapar sangad sih belum mateng juga tetep abis).

    Nasehat yang diingat: “Habiskan makanannya… itu di luar masih banyak yang gak seberuntung kita, jadi habiskan” kayaknya ini yang buat badan melar ya (gak mau ngaku kalau karena gak olahraga)

  23. Yang tak terlupakan bagi saya adalah nasehat no 14… Sewaktu kuliah, alm kakek berpesan jng pernah tinggalkan shalat…. Bahkan saat jumpa klien, pesan itupun kembali ke permukaan setelah klien tsbt mengingatkan agar tidak meninggalkan shalat….

    Salam

  24. kalau saya paling rajin dulu dinasehatin, bangun pagi segera mandi, jangan makan berdiri, jangan duduk depan pintu dan jangan dudukin bantal hahahhaha apalagi buat anak gadis katanya….

  25. Aku paling suka sama yang lempar spaghetti, kayaknya kalau sama kita bisa dites ke mi rebus nih..
    Nasehat andalan dari papa saya, “Santai.. Hidup belum berakhir besok, yang penting kamu kerjakan tugasmu dengan enjoy.” πŸ˜€

  26. Hoo.. Ada hubungannya minum obat cacing sama alergi yah Non? Ehh.. Sama tuh, gw dirumah dulu diajarin gitu. Abis beli kek piring gelas kudu direbus dulu.. Katanya sih biar tahan panas πŸ˜€

  27. night cream dan eye cream …. sama juga non. Lupa mulu. Malah eye cream belum pernah pake sama sekali juga loh.

    nasehat yg sering gw denger tapi susah dilaksanakan:
    “kalo makan gak bisa banyak (karena selalu muntah kalo kekenyangan), makan sering aja de”

    udah lah makan gak banyak, eeehh gak sering juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s