Citilink yang gak Nge-link….


foto diambil disini
foto diambil disini

Saya tidak bermaksut menjelek-jelekan Citilink loh ya hehehe, tapi emang lumayan kesal dan terutama kecewa sekali karena pihak Citilink sendiri sendiri tidak merespon keluhan saya melalui account twitternya. Sebelum saya menceritakan kekesalan saya terhadap maskapai penerbangan ini, marilah diingat-ingat berapa kali saya mempergunakan perusahaan ini untuk menemani perjalanan saya.

Pertama kali sayaberkenalan dengan Citilink ketika traveling ke Banjarmasin. So far ok. Pesawat on time, dapat bagasi gratis 20 KG, armadanya juga lumayan menyenangkan dan pramugarinya berpakaian santai sekali saat itu yang hanya menggunakan celana sport dan kaos polo. Perjalanan Surabaya – Banjarmasin semua aman sentosa karena backpack saya dibawa ke kabin, kembali dari Banjarmasin-Surabaya karena malas memanggul ransel, saya dan beberapa teman latah memasukkan ke bagasi, alhasil sewaktu landing di Surabaya backpack saya di buka dan hilanglah 1 buah flashdisk 4 GB, aneh ya :(. Tetapi karena hanya flashdisk yang kebetulan masih kosong saya tidak complaint.

Kedua kalinya saya naik Citilink sewaktu ke Ujung Pandang. Perjalanan kali ini tanpa masalah. Semua on time karena kita ngambil 2 flight yang berbeda dengan teman. Bagasi aman sentosa. Seneng dong ya, sehingga saya menggangap Citilink patutlah untuk di jadikan salah satu penerbangan andalan selain memang harganya yang cukup murah.

Ketiga kalinya kemaren dong tanggal 29 Januari 2013 rute Surabaya-Denpasar jam 06an pagi, no penerbangan QG 640 PK-GGP. Saya yang gak bisa tidur karena penerbangan pagi kaget sewaktu tiba di counter check in. Petugas counter hanya bilang penerbangan di jam tersebut ditiadakan tanpa ada informasi ke penumpang. Asli saya bengong karena tidak ada informasi padahal saya membeli tiket lewat website yang artinya mereka memiliki semua no Hp dan email saya. Saya masih mencoba menanyakan ke petugas tetapi dia dengan gampang hanya bilang langsung aja ke counter penjualan tiket di depan sambil mengarahkan tangannya ke counter tersebut.

Tiba di counter ternyata sudah ada beberapa penumpang yang menunggu karena petugas masih bingung. Pinter banget ya Citilink itu udahlah ada perubahan ehhhh petugasnya gak di informasin. Kesian banget saya liat petugas-petugas yang kocar kacir dengan muka pucat dimarahin penumpang. Setiap orang yang bepergian di pagi hari dengan penerbangan pertama pastilah ada alasannya. Entah mau meeting,kuliah, bisnis, transit atau apa ajalah. Suasana mulai panas gitu. Saya cuman meratiin 2 orang petugasnya terseok-seok mondar mandir ke counter Air Asia, Wings Air, Merpati untuk nyariin seat kosong untuk kita. Untuk yang ini saya sungguh salute dengan petugasnya, Apalagi mas-mas yang emang baik banget. Dia keliatan berusaha tenang padahal bibirnya udah gemeteran ngadepin penumpang segitu banyak yang mulai complain hehe.

Akhirnya solusi yang kita dapat 4 orang naik Air Asia yang kebetulan berangkat jam 6 pagi juga trus 10 orang naik Merpati yang jam 6an dan lainnya naik Garuda jam 07.30 pagi. Untuk saya yang dapat pengganti pesawat Garuda jam -7.30 akhirnya telat nyampe di Bali 1 jam-an dan bikin Epik nunggu dengan driver. Cuman saya pikir petugas di Bandara udah bantu maximal banget plus kita semua gak sempat complain sampai gebrak-gebrak meja. Petugasnya kerja cepet banget, itu kenapa setelah saya sempat ngetwit kekecewaan dengan Citilink akhirnya juga ngetwit ngasih pujian/jempol untuk petugasnya yang sampai saya pulang tanggal 3 kemaren gak ada balasan dari Citilink hehe.

Dari beberapa penumpang yang akhirnya berbagi cerita ternyata udah ada yang sejak kemaren malam mesti gak berangkat karena penerbangan di cancel. Trus ada juga yang cerita kalo kemaren akhirnya duit tiket dibagi-bagiin di counter, sebagain lagi cerita kalo udah biasa banget CItilink nelantarin penumpangnya tanpa berita delayed atau informasi tidak terbang. Lucunya ada penumpang yang cerita kalo di tanggal 2 malam dia harusnya berangkat ke Bali dengan penerbangan terakhir yang ternyata asik bolak balik di cancel sampai akhirnya dia ok terbang yang jam 06.00 pagi di tgl 29 Januari kemaren, bapak ini transit di bali karena mesti ke Papua kalo saya gak salah. Eh………….waktu di counter check in si petugas yang gak mau tau itu loh……dia bilang ke sibapak ini ” pak pesawat tidak terbang pagi ini karena crowded “. Aslik dong dia bingung ditanyain maksutnya crowded apa? si petugas malah gak jawab dan cuman nyuruh ke counter penjualan hahaha. Sementara di jadi khawatir gitu karena crowded di kepalanya berarti sesuatu yang rusuh terjadi dengan pesawat dan itu bahaya.

Setahu saya ya…….istilah crowded digunakan kalau Bandara tujuan penuh dengan pesawat-pesawat dari luar negri ( CMIIW ) sehingga pesawat dari tempat lain harus menunggu untuk bisa terbang. Sementara si petugas menggunakan kata crowded untuk situasi absurd kayak kemaren yang jelas bikin penumpang juga bingung, Crowded kenapa ? kalo chaos iya sih kan gak terbang tanpa info.

Nah….saya pulang tanggal 3 Februari dari Denpasar. Pagi-pagi jam 5 saya udah cek status penerbangan di monitor tv hotel. Asik juga ya tv hotel itu ngelink dengan airport hehe. Eh…………..cek cek ampe siwer si Citilink jam 08.20 tujuan DPS-SUB gak ada aja loh. Karena khawatir saya langsung ke airport, bayangkan pagi-pagi yang mestinya saya masih bisa tidur harus berangkat ke airport untung ada Burger King dan Starbucks.

Ketemulah dengan si petugas counter penjualanan yang entah kenapa kayaknya males banget berbagi info. Setelah saya minta print tiket trus nanya info penerbangan dia bilang semua masih normal, on schedule dan tidak ada informasi dari Citilink ada perubaan. Saya yang ngotot kenapa gak ada informasinya di layar monitor? dia bilang emang bener, informasi tersebut akan muncul kalau pesawat dari Surabaya sudah terbang. Oklah agak masuk akal untuk saya sehingga saya juga leha-leha di warung kopi. Jam 7an saya check in trus nanya lagi ke petugas dan dia bilang on schedule, saya sampe mastiin berkali-kali loh secara kan agak-agak trauma gitu kemaren gak di informasiin apa-apa.

Jam 07.40an saya udah di ruang tunggu, jam 08.00 belon ada halo-halo pesawat mau terbang, lah….piye iki?

Jam 08.20 berlalu begitu aja, ada 2 petugas yang cekikikan di meja dekat gate 20, kesanalah beberapa orang yang setelah kembali mukenya kecewa atau setengah marah. Ada tante-tante berbaju hitam dengan kotak kue besar banget dari hotel Kartika yang duduk di sebelah saya sambil ngomel-ngomel kalo pesawat delayed 1 jam. Lagi-lagi gak diinfoin loh. Saya pikir oh gak diinfoin karena telatnya cuman 1 jam kali ya, ehhh tetapi…………….setelah satu jam berlalu gak juga ada informasi apa-apa, beberapa orang mulai brutal dong, nanyain bolak balik sambil ngomel2 terutama yang transit di Surabaya untuk melanjutkan ke penerbangan berikutnya.

Menurut si tante nih ya karena dia yang paling complain, masa petugas cuman bilang ” yah….ibu urus aja langsung ke Air Asia penerbangan berikutnya atau minta ganti dengan AA”. Asli saya bengong karna yang telat itu siapa? koq minta ganti ke AA. Si tante juga gak gobloklah…..makanya dia tetap marah2 dengan Citilink. Petugasnya udah pucat2 lagi loh. Kasiannnnnnnnnnnn bahkan ada mas-mas yang berukuran kecil ( bodynya ) sampe saya ngeliat dia mengkerut gitu sangking ketakutan ngeliat kerumunan orang marah-marah. SUngguh…..Citilink ย harus kasih penghargaan untuk orang-orang servicenya walo service yang di Bali beda banget ama yang di Surabaya.

Akhirnya saya tetap terbang dengan Citilink yang telat 2 jam tanpa ada informasi dari petugas, kalo mau tau yah samperin aja petugasnya. Kira2 begitulah cara kerja mereka kemaren. Untuk membayar kedongkolan customer mereka memberi 1 nasi kotak dan 1 gelas air mineral :).

Sewaktu saya ngantri masuk pesawat seorang nona sexy dengan high heels tinggiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii bener mba hehe, ngomong kalo dia kerja di Citilink Jakarta dan masalahnya adalah Citilink itu kekurangan crew, jadi tadi pagi dia udah tau kalo emang bakalan telat karena temennya udah ngasih tau, makanya dia santai2 datang jam 8an lewat. Masalah tadi pagi kalo pesawat dari Surabaya telat yah karena Crewnya kurang 3 orang itu. Saya…gak tau mesti percaya, bengong atau gimana ya ?. kalo aja Crewnya aja kurang gak dicari tambahan lah…gimana keselamatan kita?

Sebenarnya ya saya pribadi tidak terlalu complain, saya hanya kecewa karena seharusnya mereka bisa memberikan informasi lewat email atau telp. Saya ingat banget bagaimana AA selalu mengirim sms, email atau bahkan menelpon cust jika ada perubahan jadwal walau mungkin juga tetap ada yang ngawur juga. Saya juga ingat Garuda sebagai induknya CItilink ย ( masih ya Garuda dan Citilink berhubungan? ) akan menghubungi penumpang jika ada perubahan jadwal atau no operate gitu, Kenapa Citilink tidak bisa? Saya pikir itu layanan yang wajar diterima oleh penumpang jika memang ada perubahan jadwal.

Kalau ada sebagian penumpang yang misuh-misuh dan bilang gak mau terbang lagi dengan Citilink yah saya gak tau juga hehe, Kadang-kadang kita terbang karena dapet harga promo aja kan? walo kemaren saya gak beli tiket promo koq dengan Citilink. Yah…semoga kemudian hari cara kerjanya Citilink lebih bagus lagi, mosok kalah dengan AA sih.

38 comments

  1. Iya, kalo nemu tiket promo lagi, sikat aja mbak ๐Ÿ˜€ Toh, maskpai manapun di dunia ini rasanya pernah dikomplain. Tinggal kadar komplain dan penyelesaiannya aja gimana ๐Ÿ™‚

    Kalo masih kesel, kirim aja ke kompas.com, mudah2an ada jawaban dari pihak Citilink.

      • nah itu yang kemaren bikin orang2 kecewa berat, karena gak semua orang ke bali cuman liburan kan, apalagi ngambil flight pagi2 pasti ada alasan penting hehe. kemaren ada yang sampe bolos kuliah gara2 diganti jam-nya

  2. Saya mau terbang dengan citilink bulan maret. Walau masih jauh tapi baca posting ini rada khawatir juga, jangan-jangan… Apa karena tarifnya beda dengan induknya lalu pelayanan juga beda?

    • Mungkin saya cuman sial pak tapi 2 kali aja gitu hehe. Mending sebelum brkt agak2 dicek2 aja ke call centernya siapa tahu ada perubahan terutama kalo bapak mesti transit

  3. Tapi citilink sering koar-koar di media kalau pelayanannya bagus lho. Semoga posting ini dibaca oleh pimpinan citilink, biar tahu mutu pelayanannya.

  4. pernah ngamuk juga Bu di depan counter check in citilink di Surabaya. sampe gebrak-gebrak meja mereka karena mereka mengubah jadwal jadi dicepetin tanpa ada pemberitahuan. Dan orang yang telat dianggep hangus tiketnya.
    MAret ini mau naik citilink lagi ke Surabaya. Semoga sih lancar. Air Asia mahal kemaren pas ngecek. T.T

  5. aku naik apa aja sama yang penting promo murah :), kalo sampai delay atau ada perubahan tapi ngak di info, paling aku ama temen2 murka di depan banyak orang trus jadi kompor buat orang2 untuk bikin rusuh dan selama ini alhamdulillah berhasil hahahaha

    note :kita bukan orang yg mudah marah, kita asyik2 aja tp demen aja bikin heboh buat lucu2an

  6. Saat ini memang Citilink sedang kekurangan crew, terutama untuk pilot. Sedangkan pesawat baru terus berdatangan tanpa henti. Untuk tahun ini saja akan datang 10 pesawat baru. Manajemen terus buka rute baru, sedangkan bagian operasional garuk-garuk tanah nyari crew. Jadinya ya kayak gini deh mbak. Beberapa penerbangan mesti delayed atau canceled karena jam terbang crew sudah habis.. Kalau crew dipaksa terbang tentu saja sudah melanggar peraturan karena jam terbang crew baik harian, mingguan, bulanan, dan tahunan sudah ada aturannya. Jadi delayed atau canceled itu jadi bukti kalau Citilink peduli masalah safety. Ada lho beberapa maskapai penerbangan di Indonesia yang jam terbang crew-nya bablas, kemudian dimanipulasi, dan sangat mungkin berimbas pada beberapa insiden. Nah cuma cara penyampaian Citilink ke penumpang aja yang menurut saya ngawur. Yang mbak hadapi di bagian check in dan petugas di gate itu dalah karyawan Gapura Angkasa yang bekerja untuk Citilink. Ngawurnya, memang mereka jarang dikasih tau penyebab delay. ๐Ÿ˜€

    • Astaga kalo mereka jelasinnya kayak gini kita pasti ngerti karena menyangkut keselamatan penumpang. Kebanyakan penumpang kan org awam yg gak ngarti istilah2 penerbangan kalo nyampeinnya ngawur yah kacawlah,

      Untuk management citilink semestinya buru2 beresin ini sebelum nama besar mereka hancur ya kan Mas๐Ÿ˜Š. Walaupun kebanyakan org yah bakalan tetep terbang karena ada bny tiket promo hihi

      • Terkadang memang susah juga sih mbak jelasin ke orang awam. Apalagi masalah yang jelimet seperti jam terbang crew habis atau pesawat rusak. Jadi gampangnya sih dengan alasan: delayed due to operational/technical reason. Saya sih yakin orang-orang yang bekerja di check in desk maupun di gate juga nggak begitu ngerti untuk masalah teknis dan operasional secara detilnya seperti apa.. ๐Ÿ˜€

        Namanya tiket promo selalu memikat yah mbak :))

  7. Ketika di pesawatnya nggak diinformasikan kenapa delay gitu? Disini, kalau delay (yang mana jarang terjadi kalau berdasarkan pengalaman pribadi ๐Ÿ˜€ ; dan kalau terjadi pun biasanya karena alasan yg sah seperti cuaca ekstrim, dsb ๐Ÿ˜€ ), setelah boarding pilotnya langsung minta maaf dan menyebutkan alasan delay kenapa ๐Ÿ˜€ .

  8. Ya…. harap maklum…! Kan Citilink sudah merasa BESAR, jadi nggak perlu lagi care dengan penumpangnya.
    Saya lambat check in 5 menit aja dengan ketusnya petugas counter Citilink di Bandara Sukarno Hatta mengatakan ticket saya hangus. Saya tanya apa ada solusi…? Dia bilang “TIDAK” Rencana saya terbang Jakarta – Denpasar QG.854 tgl. 19 Nov 2016 jam penerbangan 11.35, saya lambat check in jam 11.10. Bukan dilayani tetapi langsung dibilang ticket saya hangus. padahal selama saya di depan counter Citilink jam tsb. masih ada panggilan boarding beberapa penumpang, beberapa kali. Kalau petugas mau care pada penumpang, tentu masih bisa. TETAPI CITILINK KAN SUDAH MERASA BESAR, jadi nggak perlu care dengan penumpangnya. Apalagi saya orang kecil, nggak perlu diperhitungkan. Mudah-mudahan MANAJEMEN Citilink mau peduli pada kualitas pelayanan custommernya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s