Susahnya Bilang Terima Kasih


20130113-205400.jpg foto taken from here

Apa susahnya sih bilang terima kasih? Rasanya semua orang dari kecil udah di ajarin untuk selalu ngomong terima kasih setiap kali kita selesai di tolong orang. Kata Tolong, terima kasih dan maaf kayaknya adalah sesuatu yang basic banget, ya kan?.

Nah beberapa hari lalu Matt mengeluh katanya beberapa kali dia nolong orang-orang di mess tempat dia tinggal atau orang2 yang dia temui selama di sini dan selalu ada orang2 yg cuek aja gak ngomong thanks ke dia. Saya tanya apa dia pamrih? Dia bilang gak sih, tapi tetep lebih enak denger orang say thanks setelah di tolong.

Sayapun merasakan hal yang sama sebenarnya tapi cenderung malas membahasnya hehe. Contohnya waktu saya pulang ke Medan, ada satu cewek yang kesulitan memasukkan tasnya ke dalam kabin, saya coba bantu dia dan setelah selesai jangankan bilang thanks, negur saya aja gak hehe.

Beberapa temen juga mulai complaint yang sama dengan Matt. Semua tidak mengharapkan pamrih, itu pastilah karena nolongnya juga kecil2 koq kayak nahan pintu waktu ada orang mau masuk lift/pintu, bawain belanjaan pacar (yeeee ngarep juga ternyata), dititipin makanan dll. Menurut mereka walo kecil2 gitu tetep aja kita kan bantuin jadi selayaknya dapat ucapan thanks dong ya at least untuk pemanis mulut.

Bagaimana menurut kamu?

46 comments

  1. Gw jg sk bt sih klo ktm sm org yg sulit ngmg terima kasih, tp gw pikir lg, ngap gw bt yah, toh klo qta bantu org ato ngasih sesuatu k org, itu sbnrnya suatu nilai plus buat diri qta hehehe

  2. saya nggak nuntut orang untuk bilang terima kasih, tapi sebisa mungkin saya nggak lupa untuk bilang terima kasih kalau habis ditolong.
    tapi kuperhatiin ada juga sih orang-orang yang mungkin hubungannya udah dekat banget jadi kata terima kasih dan maaf nggak diperlukan lagi πŸ™‚

  3. Iyaa tiap org beda-beda sifat. Mungkin org yg gak biasa blg makasih setelah ditolong, wkt kecilnya gak dibiasain sama ortunya hehe…
    Cuma yaaa itu…aq skrg niatin aja klo dah nolong org ya belajar ikhlas hehehe…jadi saat org yg ditolong ga blg makasih…gpp… :mrgreen:

  4. Thank You – Please – Sorry : 3 Magic Words πŸ™‚

    Indonesia yg katanya beradat timur sebenernya udah mengikis, sibuk ama gadget mulu sih, jd hal kecil gak diperhatiin. Orang2 di Jkt honestly makin lama makin ga ramah & having a ‘who cares’ behaviour. I can imagine Matt the American, sesungguhnya di Amerika orang2nya malah lebih friendly dan ga sungkan say Hello and Have a nice day even to a stranger.

    • Dia complaint itu gegara naik AA trus Matt emang order makanan via ol. Pas di pesawat ada anak kicik yg nanggiss2 minta makanan yg sama, trus pesan di pramugari ternyata gak ada makanan tsb. Matt kesian dikasihlah makanannya utk si bocah, dan si bocah plus ortu bahkan gak bilang thanks sama sekali, itu yg bikin dia kesel hehe.

  5. Hiiiks…mbak koq koment ku td gak masuk yaaa.. πŸ˜₯

    Hmmm…soal org yg ditolong gak blg makasih, mungkin dia wkt kecilnya gak dibiasakan ortunya blg makasih kali ya…hehe..

  6. Paling susah mmg untuk bilang “TOLONG, MAKASIH dan MAAF” karna kita kadang punya ego yang terlalu tinggi.
    3 kata itu yang harus kita ajarkan pada anak kita nanti dari kecil

  7. Disini juga kata terima kasih otomatis langsung terucap saat dikasih bantuan Non.. Otomatis aja gt. Kalau di rumah, suami biasanya yg ngajarin bgt.. Kyk bilang.. “terima kasih makanannya” setelah makan malam. Mirip kayak Nella juga… Rasanya seneeeng bgt dengernya.

  8. emang keknya udah mulai pudar budaya bilang tolong, makasih, dan maaf..
    makanya itu aku selalu berusaha bilang tolong kalau perlu bantuan, terimakasih setelah dibantu, dan maaf kalau ada yang salah..
    dari ketiga kata itu, yang paling sulit sih emang bilang maaf

  9. Seandainya banyak yg tahu bahwa ucapan “Terimakasih” adalah standar yg seharusnya melekat pada setiap jiwa pemimpin, pasti akan banyak yang melakukan demikian (mengucapkan Terimakasih) dengan tulus.

      • Betul, mbak, ada pada jiwa setiap orang. Namun di sini saya bicara tentang “jiwa pemimpin”, maksud saya, dalam kitab suci (QS 2:30) telah disampaikan bahwa setiap orang terlahir sbg pemimpin. Jadi setiap orang musti memiliki jiwa pemimpin. Itu adalah kodratnya. Kalo hal yg kecil saja seperti susah bilang terima kasih, maka ia telah menyalahi kodratnya sebagai manusia πŸ™‚
        Seorang pemimpin nyata belum tentu memiliki jiwa pemimpin yang telah dianugerahkan Tuhan kepadanya.

        oiya, sampai lupa bilang, salam kenal juga, terimakasih.

  10. setuju banget Bu. bilang terimakasih itu adalah bayaran termurah dan termusah cumN sayang banyak orang yang nganggep kebaikan yang kita lakukan mereka sudah layak menerimanya. jadi males kalo kek gitu..

  11. Terima kasih menurutku karena kebiasaan mbak, kalau nggak biasa ya akan kesuliatn melakukannya walau sdh dibantu, lingkungan juga mempengaruhi sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s