Jalan-Jalan Murah ke Pulau Komodo? Bisa koq :)


kamar hotel saa di Labuan Bajo
kamar hotel saya di Labuan Bajo

Komodo memang menarik banyak sekali orang untuk mengunjunginya. Masalah terbesar selain waktu pasti biaya yang tidak murah. Mengunjungi pulau Flores emang harus putar-putar otak supaya bisa bisa mendapatkan harga termurah dan pengalaman yang sepadan.

Saya dan teman saya @Ellen melakukan trip yang berbeda untuk mengunjungi Komodo, soal biaya dan trip yang mana lebih menarik, silahkan di pilih sendiri ya :).

Saya memilih mengunjungi Komodo dengan perjalanan darat. Rute saya adalah Surabaya – Bali- Ende (dgn pesawat) dan dilanjutkan dengan perjalanan darat sampai ke Labuhan Bajo karena ada beberapa spot di Flores yang akan saya singgahi juga seperti Moni, Kelimutu, Bajawa, Riung dan berakhir di Komodo/Rinca dengan menggunakan kapal dari Labuhan Bajo.

Untuk Biaya perjalanan saya sendiri (saya trip ke Komodo pertengahan tahun 2008) kira-kira seperti dibawah ini. Saya melakukan trip berdua dengan teman sehingga banyak sekali biaya yang tidak bisa saya pangkas.

Sewa kapal 1N/2D Rp 1.750.000 ( termasuk makan malam, pagi dan siang & snack)

Kapal yang saya gunakan cukup nyaman, ada satu kamar kecil dengan kasur kapuk yang lumayan empuk, kamar mandi yang selalu menyediakan air tawar, minuman dari air mineral dan soda selalu tersedia, makanan berlimpah ruah (cuman ber2 soalnya), peralatan snorkeling lengkap. Saya menginap di teluk kelelawar.

Tiket masuk ke taman nasional Komodo/Rinca sekitar Rp 90an ribu sudah termasuk biaya trekking.

Dengan tiket terusan ini kita bisa masuk ke 2 pulau yaitu Komodo dan Rinca tanpa harus melakuan pembayaran lagi, kecuali kita pengen beli souvenir ya atau memberi tip untuk ranger.

Hotel di Labuan Bajo, wah…..sekarang hotel di Bajo udah banyak banget. Silahkan dipilih mau yang kelas ecek-ecek sampai yang berbintang seperti Jayakarta atau hotel lainnya.

Biaya Diving, nah…yang ini saya gak tau hehe, soalnya gak diving, jadi mungkin bisa di tanyakan ke kapal yang kita sewa atau bisa langsung cari di sekitar labuan bajo, soalnya berserakan di labuan bajo tempat-tempat diving.

Biaya lain adalah pesawat. Saya mulai dari Ende sehingga biaya tentu lebih besar karena saya sewa mobil dari Ende sampai labuan Bajo selama 5 hari, alternative lain adalah naik bus/angkot atau ketengan naik travel. Biaya terbesar sewaktu saya berangkat kemaren selain sewa kapal tentu biaya pesawat. Tahun 2008 Citilink dan Air Asia belum beroperasi dari Surabaya ke Bali, sehingga mau tak mau saya terpaksa membayar mahal karena saya berangkat di akhir Juni yang artinya musim liburan. Arghhhhhhhhhhhh.

Untuk sewa kapal bisa hubungi Pak abdul asis, 081 337 235 321

Ellen Trip

Ellen di Gili laba
Ellen di Gili laba

Sementara teman saya @Ellen dia melakukan trip Komodo melalui Lombok. Kenapa Ellen pilih dari Lombok ? nah dari Lombok kita bisa ikut Live On Board (LOB) yang tentu biaya bisa sedikit (sedikit aja loh ) di tekan dan tentunya merasakan hidup di kapal selama beberapa hari cukup memberikan petualangan baru, apalagi dia kemaren solo traveling jadi ketemu orang-orang baru juga yang pasti seru!.

Ellen mengambil paket LOB dari website kencanaadventoure.com yaitu 4D/4N start from Lombok. Nah dengan paket LOB ini kira-kira apa aja yang bisa di dapat selain main ke Komodo dan Rinca? cek di websitenya aja ya hehe.

Kapal akan bertolak dari Bangsal Lombok menuju Gili Bola. Di Gili Bola biasanya peserta bisa melihat kelelawar dan sunset trus nginep deh disini semalem diatas laut.

Pagi hari kapal berlayar menuju Pulau Moyo. Disini kita bisa snorkeling atau cuman males-malesan, terserah pesertanyalah hehe. Di Moyo selain bisa snorkeling juga bisa melihat air terjun. Kapal juga akan singgah di Danau Satonda, disini yah lagi2 kegiatannya selain berenang, snorkeling juga bisa diem aja dikapal buat yang gak berani turun ke laut hehe. Malam harinya kapal akan menginap di Gili laba.

gili laba was taken by Ellen ( pake iphone aja loh)
gili laba was taken by Ellen ( pake iphone aja loh)

Nah…..nah…..di hari inilah saya paling sirik dengan Ellen, kenapa? Karena di Gili Laba ini kita akan trekking sampai ke puncak pulau dan jeng….jeng……disanalah pemandangan paling gila bisa keliatan. Super Keren !!. Selanjutnya setelah di hajar trekking kapal akan menuju ke PinkBeach untuk yah….apalagi selain snorkeling, berenang dan terserah pesertalah hahaha. DariPinkBeach kapal akan menuju KomodoIsland sekitar 2-3 jam untuk trekking di Komodo dan di penutup hari kapal akan menuju kalongIsland untuk nonton sunset dan kelelawar lagi hehe.

Hari terakhir tentu saja mengunjungi pulau Rinca untuk melihat Komodo. Selanjutnya ke Kelor dan the end of the tour tentu Labuan Bajo.

semua tempat tersebut Ellen hanya membayar sekitar Rp 1.550.000 saja, tetapi dia bilang beberapa peserta ada yang hanya membayar Rp 1.300.000 atau Rp 1.450.000. yang bule-bule malah bayar lebih murah daripada yang local hehe *ketawasetankarenasirik*. Kekurangan menginap di LOB ini adalah air tawar tidak selalu tersedia, jadi kalau semisalnya gak mandi yah jangan jengkel namanya aja tinggal di tengah laut ya. Mandi gak mandi langsung aja nyemplung di laut.

Di Labuan Bajo tentu hotel dan pengeluaran lain bukan lagi tanggungan LOB, sehingga mungkin bisa di sesuaikan aja sendiri pengennnya nginep dimana atau makan dimana. Sekedar informasi makanan gampang di temui tapi sedikit mahal. Warung-warung Jawa ada sih tapi kemaren saya dan Ellen gak sempat nyobain hehe.

Sebenarnya ada cara lain untuk menekan pengeluaran. Kalau kita punya libur lebih panjang dan flexible, cobalah dengan jalan darat, nginep di hotel murah/homestay/rumah penduduk yang berserakan di Labuan Bajo dan ketengan sewa boat. Biasanya kalau ketengan gitu bisa dikenakan sekitar Rp 500.000/orang.

List Hotel murah Labuan Bajo

BAYVIEW GARDENS – Hotel and Viewpoint, 08563839067 / 0385-41549

Email: bayviewgardens@gmail.com

Laprima Hotel

Jl. Batu Cermin

Hp085237448000

http://www.indonesiarooms.biz
info@indonesiaroom.com

Hotel wisata, 0385 41020

hotel gardena 0385 41258

hotel bintang flores, 0385 42000

hotel Mutiara, Jl. Soekarno Hatta

Ecolodge Hotel, 0361 747 4205

;

ps : tulisan ini dedicated to Kazwini dan Dan Chrimanaby

Pss : Thanks to Ellen yang memperbolehkan ceritanya di publish dan fotonya mejeng disini :)<

137 comments

  1. Misalnya punya waktu flexibel, juga bisa coba ngeteng dari Banyuwangi, menyeberang ke Bali, terus ke Lombok, lalu naik Damri ke Empang (Sumbawa), terus sampai ke Pelabuhan Sape di Bima. Dari Sape tinggal semalam lagi naik kapal ke Labuan Bajo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s