Kedai Kopi Sedap ( Siantar )


No one can understand the truth until he/he drinks of coffee’s frothy goodness”

 
saya memang sedikit suka pergi ke warung kopi, entah warung kopi sekelas pinggir jalan atau yang sedikit fancy . kemaren karena harus menjemput Novie ke Siantar, jadilah saya browsing sedikit mengenai kedai kopi yang ada di Siantar.
 
ada beberapa warung kopi di Siantar yang cukup tersohor. jangan bayangkan tempatnya seperti Starbucks atau kedai kopi yang biasa di Mall. kedai kopi di siantar biasanya di ruko-ruko sempit dengan meja-meja makan besar. persis dengan kedai kopi yang ada di Sibolga atau kota-kota kecil di Sumatera.
 
ada beberapa kedai kopi yang cukup terkenal disana, tadinya saya mau nyobain 2 kedai kopi, tapi berhubung masih lebaran, satu kedai kopi yang paling “jompo” masih tutup libur lebaran.
 
kedai kopi yang saya coba adalah kedai kopi Sedap. Sama seperti kedai kopi yang udah jompo itu, kedai kopi ini memakai kopi kok tong. saya memesan kopi susu dan roti bakar srikaya. Srikaya termasuk makanan yang cukup terkenal di Siantar. biasanya dimakan dengan roti atau dicolek dan dijilatin di jari hehehe.
 
kopi datang dengan tatakan gelas jadul, asli ini tatakan cangkirnya keren, dan hampir saya kantongin , sayang gelasnya gak bagus ya hehehe, kalo pesan kopi hitam, dikasih gelas yang senada ama tatakannya.
 
tatakan gelas dan gelas ini udah dari zaman dulu loh, jadi termasuk barang antik kayaknya. ohhhhhhhhhhhhh jiwa pencolongku mulai kambuh.
 
kedai kopi sedap ini sudah berdiri sejak 1939, hitung aja sendiri betapa vintagenya tempat ini. si pemilik warung juga baik banget. laki-laki cina tua yang bicara trus dengan saya sambil memberi tahu kemana saya harus pergi untuk ambil bis ke Samosir. Biasanya yang datang ke sini kebanyakan bapak-bapak cina pake celana pendek, singlet / kaos putih trus sandalan doang. minumnya sambil ngobrol atau ketawa keras-keras trus ngangkat satu kaki. asliiiiiiiiiiiiiiii seru dan sebanding dengan enaknya si kopi.
 
yang saya suka walo tempat ini gak cozy dan gak asik untuk leyeh-leyeh tapi kamar mandi bersih dan ada tissue.
 
selain minum kopi, kita juga bisa belanja srikaya untuk oleh-oleh.
 
untuk mencoba kopi di siantar, nih saya kasih alamatnya :
 
Kedai Kopi Sedap
Jl. Sutomo no 97, Pematang Siantar
 
Kedai Kopi “Massa” Kok Tong
Jl. Cipto 115, Pematang Siantar
 
Deretan Kedai Kopi
Jl. Surabaya, Pematang Siantar

3 comments

  1. Warkop ini emang legendaris banget. JJS di sutomo gak lengkap kalo gak mampir secara gak nahan nyium aroma roti yang dipanggang di teras warkop ini. Srikaya nya juga maknyos. Lebih maknyos (dan lebih mahal memang) dari toko roti G yang berjarak beberapa ruko doank dari Warkop Sedap ini.
    Salam kenal anyway, Kak Non. I just follow your blog. I love your sense of fashion, your thoughts and the way you describe it. 🙂

    • hi Sabrina 🙂 salam kenal juga ya, makasih pujiannya hehe.

      toko roti G itu Ganda bukan ya? aku udah lama pengen makan rotinya lagi tapi kemaren pas ke toba gak kesampean kesini huhu. lupa haha

      • Iya Kak… toko roti Ganda. (tadinya takut nyebutin merk). 😀
        Roti isi Ganda juga enak.. tapi karyawannya itu lho…juteknya minta ampun… kadang pembeli dianggap kayak pengemis. hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s