Oleh-Oleh ( perlu gak perlu )


Oleh-Oleh

Peraturan tentang bea pajak sedikit menyenangkan untuk orang-orang yang males bawa oleh-oleh. Dengan batasan USD 250 pasti kita bisa punya alasan paten untuk bilang ke orang-orang yang nanyain oleh-oleh setelah bepergian kalau biaya cukup besar kalau ngotot bawa macem-macem, lah… bayangin aja harga sebotol wine aja kalo di kurs-kan ke Indo udah sekitar Rp 700 ribu.

Dulu ya tiap kali saya pulang ke Medan, pasti titipan oleh-oleh banyak banget, mulai dari Meranti, bika Ambon, Teri sampai Ulos. Awal-awal pindah sih saya masih seneng-seneng aja bawain pesanan segambreng gitu, tapi lama-lama koq saya capek sendiri ya gotong-gotong makanan segitu banyak, belon lagi ada batasan bagasi yang cuman 15 KG, dan sekarang bagasi aja mesti bayar kecuali naik Garuda atau Citilink.

Sesungguhnya pulang jalan-jalan bawa oleh-oleh itu menyenangkan sih, memberikan sedikit kebahagiaan ke orang-orang terdekat kan ibadah ya hehehe, tapi…repotnya plus biayanya yang gak sedikit emang sedikit mengganggu. Akhirnya sih memang oleh-oleh berkisar antara gantungan kunci atau maghnet kulkas Karena murah dan gak makan banyak tempat.

Saya mungkin mulai males belanja oleh-oleh itu semenjak 4 tahun lalu. Bayangkan waktu yang harus saya habiskan untuk keliling-keliling satu tempat mencari titipan temen-temen lalu keluarga dan pasangan ( ughhhhh dan gak satupun ngasih duit haha), belon lagi setelah di hitung-hitung koq lumayan juga ngabisin budget jalan-jalan. Wahhhh kepikiran ini udah mulai gak bener hahaha, sementara untuk ngasih gantungan kunci saya juga males dan gak suka, akhirnya sekarang kalo pergi jalan-jalan saya suka belagak gila aja pas ditanyain oleh-olehnya mana ???

Tapi……saya tetap punya list oleh-oleh untuk orang-orang yang deket banget ke saya dan biasanya saya cari benda kecil yang gak terlalu makan tempat di tas dan harganya gak mencaplok budget saya. biasanya saya suka beli oleh-oleh seperti ini :

Temen
Karena temen-temen deket saya mayoritas cewek, biasanya saya suka bawain aksesoris. Kecil, menarik dan personal hehehe. mereka juga melakukan hal yang sama. Paling sering saya dapat anting-anting. Harganya juga gak mahal-mahal banget. Seneng banget belanja aksesoris gini kalo lagi ke Bali, Bangkok atau Lombok.

Nyokap
Berhubung nyokap saya ada 2, biasanya saya suka beliin barang-barang ethnic. Entah itu tas atau aksesoris yang ethnic. Harganya emmmmm tergantung budget saya hahaha. Untungnya si nyokap sekarang gak rewel karena dia juga males saya bawain barang-barang hehehe. belakangan malah lebih seneng kalo di kirimin foto –foto doang. Murah dan gampang hehe.kalo keluarga yang laen kayak adek saya atau bokap, emmm kalo inget aja hehehe

Pacar
Nahhhhhhh kalo pacar tergantung nih, tergantung dia manis atau gak selama saya pergi. Kalo menjengkelkan semisal males ngasih kabar atau bertingkah macem-macem biasanya saya males bawain apa-apa. Sayang duitnya hahaha, tapi semenjak pacaran dengan Mr. L or M, saya udah gak pernah mikirin oleh-oleh karena mereka juga gak mikirin itu kalo lagi liburan hehehe.

Temen kantor….
Hampir gak pernah lagi, walo dari mereka biasanya pesanan oleh-oleh terbanyak. Bukan apa-apa saya males aja abis berat dan mahal.

Kalau kamu ??

( foto internet )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s