Kesempatan Jahat


Selama di US, kami sering kali melihat iklan-iklan pencari kerja di restoran, toko obat, supermarket, mini market, toko dan pom bensin. Awalnya sempet bingung kenapa susah nyari pekerja? Ternyata salah satu jawabannya karena di awal Covid kan banyak yang terpaksa berhenti kerja dan pemerintah kasih bantuan per bulan sekian ribu dollar untuk mereka. Akhirnya karena yang dikasih pemerintah lebih besar, orang-orang ini malas kembali bekerja.

Lalu awal tahun ini Amerika mengalami lonjakan Covid varian Omnicorn dan badai salju yang mengakibatkan lambatnya pasokan makanan/barang, kurangnya pekerja yang masuk kerja sehingga banyak sekali ditemuin rak-rak kebutuhan masyarakat yang kosong di toko/supermarket. Demikian juga di tempat lainnya.

Beberapa hari lalu saya dan Matt ke supermarket untuk membeli beries. Di dalam supermarket susah sekali dijumpai pekerja. Di counter elektronik hanya ada 1 pekerja padahal ada sekitar 10 an orang antri. Demikian juga si kasir. Di US ada pilihan utk check out. Mau ke kasir atau self check in. Cuma biasanya di area self check in juga ada petugas yang wara wiri walau sebenarnya kesempatan untuk “jahat” bisa banget sih kan gak semua barang/sayur/buah ditempelin token sehingga kalau keluar toko bunyi. Nah, kemaren itu hampir bener-bener gak ada orang. Kayaknya pada karantina sih ya.

Menyambung obrolan ini, jadi ada kejadian hari Selasa lalu ada supermarket yg kebakaran. Kami kira kebakaran gede taunya kecil aja. Siangnya bapak mertua ke supermarket ya biasa aja keadaanya. Yg gak biasa pas ada api ehhh ada 2 orang pencuri. Kabur sih pencurinya tapi karena ada CCTV akhirnya tetep ketangkep. Sukurin deh!

Koq bisa?

Jadi begini, kan situasinya kurang staff, supermarket super duper gede, gak ada yang liatin tentu selalu ada kesempatan untuk nakal. Si 2 orang ini kayaknya dapat ide untuk bikin api sehingga semua orang fokus ke sana sementara mereka mencuri barang. Kejadian ini hampir gak pernah kejadian sih. Makanya karena ada kesempatan akhirnya kejadian deh.

Lalu kembali mertua ke supermarket beberapa hari lalu. Pulang-pulang dia cerita. Ada cowok muda belanja banyak (groceries) trus dia ke counter self check in. Masukin barang ke tas belanja tapi gak check out barang2nya. Huaaaa bandel banget. Trus dia ngeloyor aja keluar supermarket sampai ada kakek2 yang check out di deket dia langsung negur dan teriak ke orang itu huahaha. Emang kadang-kadang kakek2 dan nenek2 paling perhatian deh.

Kejadian ini juga jarang sekali kejadian. Gak tau kenapa minggu-minggu ini sampai 2 kali di supermarket yang sama.

Kalau ngeliat keadaan toko-toko di US emang mungkin banget sih ada pencurian kek gitu. Bayangin aja petugas di toko kan jarang banget nanya2 “perlu apa bu?” Trus ngikutin. Biasanya mereka cuma nanya “hey, how are you? My name is….what can i help you?” Kalau kita jawab oh belon perlu bantu ya udah mereka pergi tapi sebelumnya bilang “ok, call me when you need something”

Trus barang-barang di US itu didisplay aja gitu. Kadang-kadang sama box nya cuma dimasukin di rak doang. Siapapun bisa ambil karena kalau belanja kebanyakan ya orang urus-urus sendiri kecuali butuh bantuan baru deh teriak. Emang mandiri sih. Disinilah kejujuran kita ditest hahah.

Hal-hal kayak gini sebenarnya ya gak sering-sering kejadian sih. Cuma menurut saya selama ada kesempatan emang kebaikan hati kita ditest. Apakah kita akan manfaatin untuk jadi jahat atau tetep jujur. Tentu lebih banyak yang baik hati. Gak semua orang di US jahat koq. Trus inget juga di US itu ada banyak manusia datang dari segala penjuru dunia, ada milyaran karakter di sini. Gak bisa bilang semua orang jahat-jahat hehe. Selalu ada lebih banyak orang baik koq makanya dunia masih bisa jalan. Percayalah ❤️

13 comments

  1. Ada beberapa orang indo yg share cerita begini juga di IG story mereka, dan ditambah cerita Ka Noni… gk kebayang kalo di negara kita ya ka, makin penuhlah itu LAPAS 😀

  2. di indo gak ada supermarket yang begini aja sering kali ada orang jahatnya, emang beda sih yah mba non budayanya kita sama org2 US, org2 indo lebih seneng dilayani. tapi kalo soal males ternyata sama yah, apalagi bisa gak kerja ttp dapat duit, leye2 aja deh terus, hihihi

  3. Orang yang punya niat jahat di mana-mana pasti ada sih. Bahkan di Jepang yang kayaknya gak pernah kedengeran ada cerita orang nyuri dari supermarket, mungkin ada aja orang yang punya niat gak baik. Tapi ya mungkin karena budaya di sana sudah terbentuk sedemikian rupa, jadinya orang-orang yang punya niat jahat akhirnya cuma sebatas niat. Gak sampai dilakukan.

  4. Sama Non, waktu pertama kali pindah ke Denmark, takjub liat barang2 dipajang aja diluar. Disini malah gada CCTV gitu. Macem buah dan sayur kan ditaro aja diluar. Kalau mau nyolong bisalah pasti. Yang nyolong (atau iseng nyolong) pasti pun ada, tapi kebanyakan orang pasti ambil barang untuk dibayar di dalam.

    • Yg di daerah2 juga bny di sini kek gitu Ev. Farmers market atau kek toko2 kecilnya mereka di farm. Bayar sendiri, ambil barangnya udah deh. Gak dijagain. Koq bisa ya haha

  5. Salah satu yang bikin takjub self service ini ya, meski ga semua bisa jujur. Di kebun apel dkt sini juga suka liat org diem2 ngambil apel Kak Non, kita bilangin ke yang punya katanya udah sering orang itu nyuri.

Leave a comment