Cara Mendapatkan 10.000 Langkah di Rumah Aja


tetap olahraga walaupun asap dimana-mana dan cukup berbahaya.

Akhir tahun 2016 lalu salah seorang teman saya mengajak join Mindslim. Ini program untuk menghilangkan berat badan yang diadakan di studio yoga yang kala itu saya ikuti.

Karena emang saat itu saya mulai ngerasa engap dan berat haha, jadilah ikutan program ini. Kalian bisa baca program kurus dengan cara Mindslim di sini ya.

Programnya berhasil sih, total 4 bulan saya turun sekitar 8 kg yang lama kelamaan naik lagi karena saya mulai males bergerak haha. Jadi saya tetap melakukan jalan kaki setiap harinya dan juga yoga dari awal tahun 2017-awal tahun 2019.

Di awal tahun 2019 sudah mulai kendor banget. Kadang jalan kaki tapi gak sampai 10.000 langkah sudah kelar. Yoga masih jalan sampai September 2019. Entah kenapa kayaknya saya kehilangan motivasi aja. Males gitu. Untuk jalan makin malas karena gak ada temen. Temen saya jalan kaki karena harus urus anaknya sekolah pagi kadang-kadang mesti buru-buru dan saya males lanjutin jalan sendirian. Manja haha. Trus saya juga males bangun tidur pagi-pagi banget karena tidurnya sering telat gara-gara nonton film. Iyaa…gak boleh salahin Neflix dan Hulu haha.

Jadi mulai Oktober 2019 tepatnya saya hampir berhenti semua olahraga. MUlai dari jalan kaki sampai yoga. Padahal bikin habit baru itu susah banget ya, ehh begitu mulai jadi kebiasaan entah kenapa balik ke kebiasaan lama gampang sekali. Kayak balikin telapak tangan. Mana mulai dari Okt-Januari saya dan Matt lumayan sering bepergian tambah males deh olahraga. Demotivated yaa kayaknya.

Tahun 2020 saya sudah bertekat balik lagi jalan kaki. Beneran kayak harus nih jalan kaki karena mulai engap dan males banget. Saya beneran gak gerak kecuali ke supermarket haha. Bentar aja sudah capek. Bersiin rumah sebentar sudah ngos-ngos’an. Gak sehat bangetlah. Bayangin liburnya lamaaa banget haha.

Tiap hari selalu dengan niat yang sama. Bangun pagi jalan kaki. Baju sudah disiapin, alarm sudah diset di jam 6 tapi begitu bunyi langsung distop dan balik tidur. Begitu aja trus sampai Covid-19 menyerang. Saya beneran gak keluar rumah lagi. Semua-semua kegiatan mandek. Satu-satunya saat saya bergerak agak banyakan itu karena harus bersiin rumah, setrika, cuci baju dan bersiin halaman haha. Lainnya di sofa mulu nonton.

Dan pertengahan Juni kemaren saya dengan tegas memulai olahraga kembali. Astaga susah dan berat banget. 10 menit pertama jalan kaki aja saya mau nangis saking capeknya. BIasanya saya bisa jalan 15 ribu langkah tanpa berhenti, kemaren 15 menit aja mesti berhenti dulu tarik nafas 30 menit hauahha.

Tadinya saya suka olahraga sama si Emi Wong

Trus karena saya mikir pengen jalan kaki 10 ribu langkah atau minimal 5 ribu langkah perhari saya mulai nyari video jalan kaki di rumah saja. Saya males keluar rumah karena rame banget setiap harinya. Plus kalau kepagian sayanya ngantuk.

Sekarang setelah hampir 3 minggu (saya masih olahraga 4-5 kali aja seminggu) saya mulai dengan beberapa video. Awalnya berat banget, sekarang juga masih berat sih, tapi mulai lumayanlah. Sudah bisa 40 menit nonstop olahraga.

Yang ini juga biasa saya pakai untuk video jalan di pagi karena rame-rame jadi semangat
Biasanya saya mulai dengan beberapa video untuk pemanasanan. Salah satunya yang ini
Video ini yang jadi inti latihan jalan kaki saya hahaha. DUlu ikutin dia 15 menit aja mau mati. sekarang sudah bisa langsung ke 30 menit
Video ini untuk melengkapi 10 ribu steps setiap harinya

Dengan beberapa video ini saya dengan “mudah” haha bisa mencapai 10 ribu langkah setiap harinya. Biasanya saya libur 1-2 hari kalau terlalu capek atau banyak kerjaan.

Emang sih jalan di dalam rumah dengan di luar rumah bersama teman itu beda banget tapi untuk sementara ini lumayanlah ya. Saya masih khawatir untuk kembali ke yoga studio melihat angka Covid di Medan naik trus dan semuanya terlihat back to normal bukan new normal haha.

Mengikuti video ini sambil dengerin lagu + Podcast buat saya lumayan sih. Kadang saya olharaga di luar rumah pas lagi ada matahari sambil sekalian jemuran. Lumayan kan ya haha.

Moga-moga deh kita semua sehat-sehat aja dan bisa segera olahraga lagi di luar rumah.

28 comments

  1. Hai mbak Noni. Aku juga rutin olahraga di rumah pake Leslie Sansone yang Walk At Home. 😁😁 Aku seneng ngikutin program dia karena gerakannya mudah diikutin, ada pemanasan, pendinginan, dan dianya nyerocos terus sepanjang program. Jadi berasa rame hahahh 😁😁😁

    Yuk kita olahraga terus supaya tetep sehat yaa 😁😁

  2. Aku kalau hari kerja maximum cuman 6000 steps doang Non. Itu udah banyak banget. Alesannya ya karna ke kantor sepedaan pp, jadi ga keitung steps hahah. Tapi klo udah diniatin jalan bisa 25rb masuk dah.

    Semoga motivasi tetep jalan ya Non olahraganya.

    • 25 ribuuuu gila hahaha. Aku segitu kalau lagi traveling doang Ev. Biasanya kalau udah 10 ribu, aku udah gak mau itung langkah lagi sih. Jadi max jam 2-3 sore sekarang harus udah sampai ke 10 ribu haha. Masih agak berat tapi lumayanlah yaa setelah lamaa banget aku libur olahraga.

      • Ya 25 ribu itu emang klo udah diniatin jalan kaki keluar dari rumah Non haha, jadi udah pake sepatu jalan kaki dst. Kami palingan seminggu sekali jalan kaki sepanjang itu…

  3. Mba Non, walk with Leslie fav aku. Minimal seminggu sekali aku pasti “bertemu” dengannya. Next aku akan coba 10,000 indoor step challenge. Semangat terus Mbaaa

    • Asik…kayaknya emang banyak yang suka Leslie ya πŸ™‚
      Hari ini mba ketemu video yang ce Indonesia Puji, 5000 langkah 30 menit tapi…….balik lagi mba ke video2 yang awal haha

  4. sama banget deh mba non aq juga sekarang malas banget olahraga tapi bb naik terus duh pusing, mana aq tuh kalo bb naik terus jadi malah cepet capek dan kaya gak enak gitu ngapa2ain jadi aq sepedahan bonceng anakku deket rumah aja sih setengah jam terus dorong stroller anakku sambil jalan cepet juga, tapi aq baru ngelakuin itu semua kalo wfh aja..

    • Gpp yang penting bergerak πŸ™‚ dorong2 stroller atau lari2 sama anak kan bergerak juga. Yang bahaya sih kayak aku kemaren. gIla sih hampir 9 bulan gak gerak maksimal haha.

  5. mba noniiiiii akupun mageran banget padahla ga WFH tp abis pulang kantor ya tiduran aja liat drama huhuuhuh aku jg pgn bgt bs 10 ribu langsh perhari tp klo sore plg kerja di lampung ujan mulu hihihi akhirnya minggu pagi kamren aku putusin buat sepedaan sendirian niatnya keliling komplek tauunya bisa lumayan jauh enak bgt sendirian pagi2 sepedaan dengerin lagu atau podcast ternyata hihihi kayaknya emang harus d paksa deh yaa gerak ini , akan kucoba liat video2 mba noni ahh thank you mbaaaa

    • Dengerin Podcast akuuuu dong hahhaa…..

      Ini pas banget buat yang di rumah aja. Sebenarnya kalau pakai jam yang bisa hitung langkah mau gak mau kita kayak di challenge sih untuk gerak haha. Selain itu karena gak punya temen jalan lagi aku suka kepoin temen yang sellau posting langkah mereka udah berapa. Jadi termotivasi dan tersaingin huahahhaha. Lumayan dipaksa gerak jadinya.

  6. Iya bener banget kalau udah mulai kebiasan baru yang baik, eh pas kendor menghentikan kebiasaan baik itu kok kayak semudah membalikkan telapak tangan hehe. Kalau saya lebih suka abs workout di rumah. Nggak pernah ngitungin sehari dapat jalan beberapa langkah juga setelah kehilangan fit band hehe. Terima kasih info videonya, mbak.

    • Yaa akn, udah setengah mati bikin habit baru ehhh begitu balik cepet banget ke habit lama. Kesel. Padahal olahraga itu aku lumayan aktif sejak 4 thn lalu. Begitu berhenti sebulan aja langsung males deh.

  7. Wahh baru tau ada beginian. Biar bisa jalan di rumah aja. Siap dicoba (padahal kalau mau jalan kaki di komplek aja gampang banget, emang dasar ya kalau males ituuu ada aja alasannya…)

  8. semangat Noooon…. dulu waktu masih sering travelling harusnya rajin jalan kaki kan… ke tempat2 wisata gitu gak terasa yaa kalau uda ribuan langkah sambil liat pemandangan indah

  9. Aku untung ada anjing kecilku..jadi tiap hari pasti aku kudu bawa dia jalan2 ringan. Trus sekarang di deket meja kerja aku sediain steppper…jadi pas rapat yg aku cuma peserta rombongan, ya aku nge stepper deh…

  10. Hey. Mumpung semua dunia ngalami situasi covid dan tetap di rumah, aku nyarankan kamu pikir tentang membeli sepeda olga, trus bisa ikut spinning videos kayak yg dari Kaleigh Cohen di YouTube. Seru, menyenangkan, SUSAH BNGT, dan salah satu cara berolahraga dahsyat di rumah lagi… Good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s