Pengalaman Menggunakan Online Dating App/Website


pixabay

Sebelumnya saya harus jelasin kalau ini adalah salah satu topik yang saya bahas dengan Vinny di Podcast. Jadi hampir 99 % yang dibahas di sini adalah pengalaman Vinny bukan saya ya, haha.

Online dating tentunya bukan baru-baru aja ada tapi sudah sejak dulu. Setelah baca-baca tentang OD (online dating) saya baru tau kalau jasa ini sudah ada sejak 1994. Saat itu 1994. Andrew Conru memulai Web Personals, situs kencan online pertama di dunia, yang dijalankan segerombolan anak lulusan Standford University. Jadi sebenarnya kencan online ini sudah lamaa banget.

Ok, aku sendiri pernah nyobain online dating yang dulu masih tersedia hanya di website. Kayaknya mungkin sekitar 10 tahunan yang lalu sewaktu masih single dan tinggal di Surabaya. Untuk saya sih OD sebenarnya cukup menarik untuk dicobain dan ada banyak orang juga yang berhasil mendapatkan pasangan lewat media ini. Cuma aku gak berhasil di sini bahkan gak pernah sampai ketemu. Dulu lebih gampang dapatin pasangan secara langsung aja, ya kan haha.

https://anchor.fm/dashboard/episode/eeeo3r

Buat yang gak punya Spotify bisa langsung klik link di bawah untuk mendengarkan di Anchor 🙂

Kalau dulu OD dianggap kayak gak banget deh. Kalau gak sekarang kayaknya sudah berubah ya. Pas saya nyobain aja kadang ada temen yang ngomong “ngapain sih nyoba kek gituan, nanti ketemu orang “gila” pula atau penjahat” hahaha…..ya namanya orang jahat sih ada di mana aja tapi tentu saja OD dulu dianggap kayak hopeless banget. Saya sendiri sempet juga ngerasa kayak gitu soalnya pas ikutan OD yah pas beneran ngerasa sendiri dan putus asa (waktu itu yaa). Makanya kayaknya cuma bentar deh saya gabung di OD. Pertama karena jaringan Internet yang belon lancar, gak ada waktu dan gak berhasil haha.

Gak cuma di lingkungan saya doang ternyata dulu di US pun sempet dianggap kalau OD adalah untuk orang-orang yang putus asa atau loser.

“Di era awal internet, ada dua fenomena: satu, entah kamu mengakui terang-terangan di internet bahwa kamu mencari kencan; dan dua, bahwa kamu kutu buku yang menghabiskan hidup di internet. Jadi dobel siksaannya. Kalau kamu sering online, kamu dianggap manusia rendahan.”

Dunia berubah, semuanya online jadi OD pun berubah dari yang dulunya dianggap “memalukan” sekarang sih udh gpp banget hehe. Banyak yang berhasil juga kan ya.

So…..penasaran deh pengen denger cerita-cerita OD yang berhasil atau gagal. Kalau kamu punya ceritanya share yuk dan jangan lupa dengerin Podcast kita juga.

8 comments

  1. yang di bold tuh bener banget untuk bertahun tahun yang lalu. sedangkan sekarnag semua berubah, dan orang online udah jadi makanan sehari-hari. dulu pernah nyobain od dan gagal. ketika era tinder sempet mau nyobain tapi terlalu malas. aku pribadi lebih seneng pake metode dikenalin sebenernya daripada od.

  2. Pernah nyobatin tinder jaman beberapa tahun lalu, hahahha, ga pernah berhasil sampai pacaran (karena ga niat juga) tapi malah ketemu orang yg jadi temen baik sampai sekarang dia udah nikah, tapi kalau misalnya install dating app lagi sekarang kayaknya udah males deh 😅

  3. Aku berharap ketemu jodoh di dunia nyata atau dikenalin tapi gak ada yang ngenalin atau ngajak kenalan, makanya dapet jodohnya malah dari online dating hahaha

  4. Temenku taun ini mau nikah sama cowok dari hasil od. Tapi gak segampang itu loh. Dia hrs usaha beberapa tahun sampe nemu ‘the one’. Along the way banyak ketemu org aneh2 jg, Bahkan ada cowo yg punya foot fetish hahaha. Dan ada jg yg ketemu sekali, trus si cowo gak mau second date. Harus punya mental baja krn kadang lo di judge berdasarkan fisik.

  5. Beberapa kali OD ada yang ga pernah ketemu (karena beda negara) sampai akhirnya jadi temen baik terus dia nikah punya anak 1 masih komunikasi, pas istrinya lagi hamil anak ke 2 udah jarang ngobrol karena dulu itu seringnya ngobrol via Yahoo messenger. Ada juga yang sampai ketemu , jalanin hubungan pacaran beberapa bulan tapi gw nya ga nyaman terus udahan. Ada yg sampai pacaran bertahun-tahun tapi ya udah ga sampai ada yg sampai nikah. Udah lama ngga pernah OD pas sempet rame tinder sama temen disuruh donwload cuma ya gitu ga pernah aku tanggapin serius , akhirnya aku hapus aplikasinya.

  6. dulu sih krn sibuk kerja, bs rileks cm weekend, ikutan kajian remaja masjid gitu, mikirnya ya siapa tahu kan sekalian ketemu jodoh–meski niatnya awalnya ngaji:D peluang ketemu calon imam kan lumayan besar–yang bening2 kena air wudhu..halahhh. Jodoh idaman orangtua haha. Tapi malah nyangkutnya lewat FB, ga sengaja kenalan, nyoba OD tuh pernah sekali: OD muslimdating atau apa ya dulu..iseng aja pengen tau profile palsu semua:D kalo pas ga ada kerjaan dikantor buka2 ga diseriusin dr OD, fokusnya nyari di masjid tiap weekend LOL mau yang nyata-nyata aja. Ya ujungnya ketemu Online juga meski ga lewat OD

  7. Aku juga ikutan semacam OD gitu dan malah jadi temen baik sampe sekarang, tapi yang aneh2 juga banyak sih. Jadi punya pengalaman aja. Walopun sampe sekarang masih belum ketemu jodohnya …. heheheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s