5 Best Things To Do In Ninh Binh (Vietnam)


Ninh Binh

3 kali pergi ke Vietnam belum pernah sekalipun saya pergi ke Ninh Binh, makanya pas kemaren ke Vietnam lagi, Ninh Binh masuk ke dalam list yang harus saya kunjungi. Sayangnya saya kurang tau kalau ternyata Ninh Binh ini gede banget juga dan banyak tempat bagus yang kita harus kunjungi.

Kebetulan kemaren saya ambil paket tour untuk mengunjungi 3 tempat di Ninh Binh. Tournya seru terutama tour guide-nya. Harga tour yang saya ambil USD 40 per orang. Harga tour ini juga macem-macem sih, tergantung yang sesuai sama budget kita aja. Kita ambil yang harga segitu karena emang kepengen naik sampai ke Mua Cave untuk melihat pemandangan seperti di bawah ini.

Mua Cave – Ninh Binh – Vietnam

Hampir semua tour ke Ninh Binh akan dijemput sekitar jam 7.00 pagi. Kalau menginap disekitar Old Quarter bakalan dijemput oleh perusahaan tour-nya tapi jika menginap di luar area Old Quarter nanti bakalan disuruh nunggu di titik yang mereka tentukan atau langsung ke travel. Kebetulan kami menginap di Old Quarter, sehingga jam 7.00 mobil van yang membawa sekitar 10 orang turis sudah menjemput di hotel.

Processed with VSCO with e6 preset

Perhentian pertama ke Hoa Lu. Hoa Lu adalah sebuah kota tua yang dulunya sempat menjadi ibu kota di Vietnam. Hoa Lu sendiri yang dikunjungi adalah sebuah temple yang cukup tua. Tempatnya bagus karena memang dirawat dengan baik. Di sini gak bisa ambil foto, gak tau kenapa tapi saya sempat lihat beberapa turis curi-curi ambil foto. Jadi peraturan di Hoa Lu temple, begitu kita masuk ke dalam areal temple topi harus dibuka, berpakaian rapih (perempuan gak boleh pake celana pendek tapi boleh pake baju tanpa lengan hehe) dan kamera gak boleh digunakan di dalam.

Setelah dari Hoa Lu, kami langsung dibawa makan siang di sebuah restoran yang makanannya enak banget. Jadi katanya harga tour mempengaruhi harga makan siang. Semakin murah semakin sederhana deh makanannya. Tadinya saya mau private tour aja karena ada beberapa tempat yang mau saya kunjungi atau sewa mobil ternyata kita ganti rencana untuk ambil paket tour aja. Salah satu yang harus diingat jika mau jalan sendiri, harga makanan di restoran-restoran Ninh Binh lumayan mahal dan jadi lebih baik bawa makanan sendiri haha. Kalau pake tour bawa minuman sendiri karena harga minuman di restoran mahal banget.

Tam Coc. Tam Coc ini sebenarnya sungai panjang yang mengalir di antara batu-batu karst tinggi. Kalau pernah pergi ke Halong Bay di Vietnam, maka bisa bayangin Tam Coc ini seperti di Halong Bay tapi di daratan. Makanya sering disamakan dengan Halong Bay. Kegiatan di Tam Coc ini sebenarnya santai banget. Kita duduk di sampan yang didayung ibu-ibu. Aduh itu ibu-ibu jago banget lah dayung sampannya. Gila…salut saya.

Di Tam Coc ini saya gak ambil banyak foto dengan kamera karena hanya bawa lensa 85 mm. Susah banget motretnya, jadi pake kamera temen. Trus pas mau nulis blog bingung deh minta fotonya hauhaha. Jadi yang ini aja ya. Pokoknya tempat ini menyenangkan kalau kamu suka santai-santai. Tips : bawa minuman dingin sendiri pas mau naik sampan 🙂

Mua Cave, haduh ini beneran bikin capek banget karena harus naik tangga sekitar 500 anak tangga. Saya gak keberatan jalan kaki di jalanan yang rata tapi kalau naik-naik ke puncak gunung sumpah bikin emosi ke puncak hauhah. Capek banget. Susah nafas deh. Rasa-rasanya saya pengen turun aja kemaren karena panas dan capek banget. Inilah alasan kenapa biasanya saya dan Matt suka ambil private tour karena biasanya kalau hiking pasti saya lelet banget. Berhenti-berhenti mulu dan jadi kesusahan ngikutin pace peserta yang lain.

Mua Cave
Mua Cave
Mua Cave
Mua Cave
Mua Cave
Mua Cave
Mua Cave

Walau capek mau putus nafas tapi pemandangan dari bukit ini emang bagus banget, sayang waktu kami hanya 1 jam. Lagi-lagi ini kekurangan tour ya. Kita jadi keburu-buru, mana saya lambat banget kalau naik. Baru nyampe ehh udah mau turun lagi huhaha.

Main sepeda adalah kegiatan yang juga harus kamu cobain kalau ke Ninh Binh. Jalanannya emang agak naik turun tapi berkeliling diantara batu-batu karst dan perkampungan penduduk.

Biasanya kalau ambil tour, kita dikasih kesempatan untuk keliling desa sekitar 15-30 menit. Tergantung tournya. Kalau jalan sendiri apalagi nginep kayaknya bisa deh keliling-keliling NInh Binh pakai sepeda.

Kegiatan terakhir adalah berkunjung ke Bich Dong Pagoda yang ternyata kita kemaren gak bisa ke sini karena gak masuk paket tour huhaha. Sayang banget padahal saya penasaran banget sama pagodanya. Kalau kamu kebetulan ke Ninh Binh, coba deh cek pagoda ini.

Itu dia 5 kegiatan yang bisa kamu lakukan di Ninh Binh. Kalau dengan tour lagi-lagi waktunya terbatas banget. Belon puas sudah harus pergi. Kalau saya punya kesempatan lagi balik ke Ninh Binh kayaknya bakalan naik bis ke sini trus nginep semalam dan keliling Ninh Binh menggunakan gojek atau sewa kendaraan di kota 🙂

One comment

  1. Emang bener banget mbak kalau dengan tour waktu kita jadi terbatas. Tapi walaupun demikian, ternyata Nin Bihn punya lansekap alam yang memukau mbak.
    Semoga suatu saat kami bisa kesana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s