Puasa Tahun Ini


Puasa tahun ini menurut saya berattttt banget. Bukan berat kayak yang kehausan atau kelaparan tapi lebih ke sakit gak kelar-kelar.

3 hari setelah puasa, saya mulai mens. Dimulailah penderitaan tanpa henti ini. 3 hari saya gak bangun karena lemes dan capek banget. Ini biasa sih, sebenarnyata tapi kali ini saya sakit juga demam dan flu. Lumayan berat karena suara bindeng, mata rasanya mau keluar saking panasnya, hidung meler lalu ditambah sakit mens. Saya punya endometriosis jadi kalau mens itu kayak penderitaan tiada henti.

Setelah kelar mens, balik lagi dong puasa kayak biasa tapi saya masih punya sisa-sisa flu dan batuk. Hari kedua balik puasa perut saya mulai melilit sakit banget sampai ke punggung bahkan kaki. Rasanya semua sendi-sendi sakitttt banget. Biasanya emang setiap kali kelar mens, buat saya penderitaan akan dimulai lagi karena saya bakalan sakit sampai ke maaf dubur sekitar 2-4 hari. Ini diakibatkan oleh endometriosis juga, sih. Makanya awal dan akhir mens itu untuk saya sama sekali gak menyenangkan. Bisa dibaca di bawah beberapa artikel yang menjelaskan kenapa bisa butt pain ketika selesai mens.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1773170/

https://www.self.com/story/butt-pain-during-your-period

Sampai tulisan ini dibuat sebenarnya saya masih harus minum pain killer padahal biasanya 1-3 hari setelah mens saya sudah berhenti minum, kali ini sampai 5 hari setelah selesai mens saya masih harus minum pain killer dan di sore harinya karena efek obat mulai habis biasanya saya mulai kayak sayur layu haha. Tidur aja sambil ngerasain sakit yang gak abis-abis.

Dipikir-pikir mungkin sakit endometriosis ini gak bikin meninggal tapi beneran ngurangin kualitas hidup. Asli….ngerasain sakit tiada henti itu gak enak banget. Badan saya sakit mulai dari kepala sampai ujung kaki. Errr……

26 comments

  1. peluk mbak noni :-*
    aku dulu hari pertama mens biasanya sakiiit banget perut dan punggung bawah. tulang – tulang rasanya mau copot. apalagi mbak noni sampe sakit berhari hari gini ๐Ÿ˜ฅ

    semoga lekas membaik ya mbak

  2. Endometriosisnya uda coba untuk dioperasi Non? menyiksa banget yaa… dulu aja aku ada miom, juga menderita banget. Alhamdulillah setelah dioperasi jadi membaik.. Sama sih penyakit perempuan gak jauh2 dari hormon dan kandungan yaa….

  3. Noni, I feel you
    Entah endometriosis atau adenomyosis itu sama2 nggak bikin meninggal tapi bikin kualitas hidup turun bgt deh. Dalam sebulan, badan bener2 ga sakit itu sekitar 2 minggu an aja.

    Tetap semangattt

  4. Hi Noni, Sebagai sesama penderita Endo saya turut prihatin dengan yang Noni alami. Saya yang tadinya cukup bingung jadi lebih semangat karena kondisi saya tidak separah Noni. haid saya masih teratur, dan tidak berlebihan seperti yang Noni alami. Saya sendang therapy suntik Endrolin baru 1x suntik. Dan mulai 2 bulan lalu saya banyak konsumsi air putih, dan therapy dg air putih Milagros ( air putih dg PH tinggi 9.8) sehari 3 botol . Pipis jadi lancar dan juga BAB,sakit masih terasa apalagi kalo lagi nyetir sendiri , .tapi aku mncoba tanpa pain killer. Terus berusaha dan berdoa, yakin pasti bisa sembuh. Semangat yaaa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s