Cerita Kombucha


kombucha

Sejak taon lalu saya kepikiran untuk nyobain bikin kombucha sendiri karena gak pernah liat ada yang jual kombucha di Medan. Penasaran aja sih secara harganya pun mahal. Masalahnya niat hanya niat karena tersandung gak punya scoby yang merupakan salah satu bahan terpenting untuk membuat kombucha.

Pulang dari Amerika karena kebetulan kita sempet nyobain kombucha di sana trus suka. Apalagi Matt. Mungkin karena ada sodanya haha. Jadilah niat bikin kombucha tambah kenceng. Ada temen yang sempet janjiin mau ngasih scoby tapi saya tunggu-tunggu gak datang-datang juga. Ternyata ada yang jual online. Kayak starter pack gitu. Belilah untuk iseng-iseng. Takut juga sih, si scoby-nya mati pas di perjalanan.

Setelah datang segera dong saya buat. Di dalam starternya sudah ada resepnya tapi saya tetep nanya Ria juga yang emang sering bikin kombucha. Jadilah saya pakai resep Ria + resep dari paket. Sebenarnya bikinnya gak susah sama sekali selama punya scoby haha.

Untuk resepnya kalian bisa cek di bawah ini :

http://indokombucha.com/cara-membuat-teh-kombucha/

Panen pertama saya kemaren hanya dalam waktu 7 hari. Saya lumayan suka hasilnya karena masih agak manis mirip lemon tea tapi Matt gak suka karena menurut dia kurang ada soda. Lalu kita coba lagi 14 hari ternyata hasilnya lebih enak haha. Trus nyoba lagi langsung 14 hari dan pas dipanen pas banget. Sodanya masih ada. Rasanya pun enak. Sejauh ini saya hanya nyampur dengan lemon + soda trus diminum dingin-dingin. Enakkkk…..

Sekarang jadi ketagihan deh, hampir tiap panen soalnya selalu habis karena ada beberapa temen yang demen minumnya jadi biasanya kita selalu simpan 1 liter dan 2 liter untuk dibagi-bagi. Matt juga suka banget karena kalau diminum pagi hari seger banget.

Hmmm sekarang lagi penasaran pengen bikin dengan rasa-rasa lain. Mungkin strawberry atau jahe.

5 comments

  1. sudah pernah nyoba minum kombucha di kopi shop tapi aku nggak suka mbak, mungkin belum nemu kombucha yang tepat aja kali ya, soalnya jarang banget kopi shop yang jual kombucha kebanyakan kopi, ya iyalah ya hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s