Buang Sampah Sembarangan


Cerita tentang buang sampah 🙂

Jadi ya sejak kecil ibu saya itu selalu mukul tangan kita kalau sembarangan buang sampah. Kalau kita buka permen, makan rambutan pokoknya apapun yang bikin sampah beliau pasti ngomong “cari tong sampah, buang di sana kalau gak ada kantongin aja atau masukin ke tas ibu” dulu sih kalau makan buah rambutan atau buah lain biasanya beliau bawa kantongan plastik buat narok sampah kulit-kulitnya.

Sampai saya setua ini pesan itu nyantol di kepala. Adek saya pun sama. Dia walaupun kadang brengsek tapi urusan sampah tetep lumayan lah haha. Gak buang sembarangan. Anaknya pun sama diajarin untuk buang sampah ditempatnya. Termasuk biasanya kita selalu ngomong jangan pake tissue banyak-banyak. Kalau pake pun secukupnya aja dan jangan dibuang sembarangan. Harus dimasukin ke tong sampah. Nempel gak? yah kadang nempel kadang enggak haha. Cuma saya liat kalau pergi dengan kita biasanya dia inget dan gak terlalu sering pake tissue karena ibu selalu bawa handuk kecil untuk lap-lap.

Tanpa bermaksut memuji keponakan saya yang sebenarnya juga gak disiplin juga haha (tapi kita orangtua disekitar dia gak berhenti-berhenti ngingetin) saya lumayan gemes sama beberapa orang anak temen. Aduh gemes banget sampai kayaknya kalau keluar dengan mereka walau saya seneng tapi juga stress. Persoalan sampah sih. Selain itu saya juga suka meratiin orang-orang lain yang makan disekitar kita.

Saya paling gak bisa ngeliat orang pake tissue banyak banget. Dari dulu. Kayak stress gitu. Ngerasa duh,……itu berapa banyak pohon ya yang dikorbanin buat ngelap mulut doang trus gak cukup satu tapi bisa 5-6. Belon lagi ngelap leher, ngelap tangan, dll. Ini baru makan doang. Trus abis dipake dilempar-lempar sembarangan. Meja udah kayak medan tempur.

Tissue bekas berantakan sampai ke bawah-bawah meja. Saya sih masih cengar cengir tapi sejujurnya udah gemes pengen bilangin mereka tapi takut ortunya sakit hati haha. Paling gak kadang saya kepikiran masa iya ya ibunya gak ngomongin sih. Gimana sih ini. Kalaupun anak-anaknya masih kecil (well udah gak kecil juga) kan harusnya ortunya bisa ngingetin. Jangan buang sampah sembarangan. Gitu loh! Saya rasa salah satu tugas orangtua adalah mengajarkan dan mengingatkan anak.

Ok tadi ngomongin bocah ya, sekarang kita ngomongin yang tua-tua. Ternyata sama aja. Sumpah saya ini antara gemes sama mikir ini orang-orang tuek pada ngerti gak sih bahayanya sampah-sampah itu. Iya sih emang ada orang yang bakalan beresin (kalau makan di resto) tapi bukannya lebih baik kalau gak produksi sampah lebih banyak? minimal tissue sama air minum mineral. Udah produksi sampah, paling hina lagi buangnya pun bukan di tong sampah. Buka jendela mobil lempar aja. OMG……..aku dapat serangan jantung.

Ini baru sampe buang sampah di tempatnya ya. Kita belon mikirin sampah itu nantinya bakalan dibuang kemana? nantinya bakalan jadi apa udah gak bisa. Ngeri banget!

Aduh….lama-lama kayaknya saya tinggal di rumah aja deh haha.

6 comments

  1. 99,9% orang itu tau kalau tidak boleh membuang sampah sembarang, tapi kurang dari 10% orang yang sadar untuk tidak buang sampah sembarangan. Karena saya sendiri paling risih sama orang yang suka buang sampah sembarangan. Habisa makan dengan tanpa rasa bersalah sedikitpun buang bungkus makanannya seenak hati. Yang paling buat ku sedih di daerah tempat saya tinggal itu orangnya tidak peduli sama sampah. Sampah satu kantong kresek di buang di pinggir jalan kalau nggak di buang di kali. Kali udah kaya TPS.

  2. Mbanya sptnya sama stressnya sm anak kenalanku yg diceritain ibunya bgmn culture shocknya saat dia baru datang dari AS dan lihat org buang sampah dr jendela mobil…di restoran..kemudian sampah restorannya buang sampah di laut. Sampai waitressnya diapain gitu saking gondoknya. Pas bikin event sy sih males bilangin para ibu2 atau anak2nya utk mungutin sampah mrk..saya pungutin sendiri pake kantong. Akhirnya mrk ikut mungut2. Kl di Indo triknya ga perlu banyak bicara lgs aksi saja. Biar ga drama.

    • Iya bener pungutin sendiri trus udahlah gak perlu drama dan kesel ya. Skr mba juga gitu tuh. Kalau liat dan emang mau, mba pungutin sendiri aja. Kalau mereka naik mobil aku udah ngomong kalau mau buang sampah tarok aja di bawah jok mobil nanti kita buang. Kesel deh

  3. Saya pun gemas dengan yang buang sampah seenak hatii. Kadang bingung juga gimana ngomonginnya.

    Tapi ngomong2 tisu, saya masih boros ni soalnya tiap pagi dan malem idungnya alergi. Kalau pakai sapu tangan kok cukup ribet dan jorok, ahirnya pakai tisu lagi. Solusi terbaik sih jangan alergi biar ngurangin penggunaan tisuuu. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s