4 Kuliner Wajib di Binjai Yang Wajib di Coba


 

Es campur Kalimantan . – Binjai

Kota Binjai sebenarnya tidak terlalu jauh dari Medan. Mungkin sekitar 20-30 menit berkendara apalagi sekarang ada tol yang bagus banget dengan tiket Rp 11.000 dari Medan ke Binjai. Makin seru aja ya ke Binjai.

Kota Binjai terkenal dengan buah rambutannya. Kalau pas musim rambutan ke sini itu, di hampir setiap jengkal kota Binjai terlihat pedagang buah rambutan. Duh, jadi pengen rambutan deh.

Tapi….gak cuma rambutan dong, sebenarnya Binjai juga punya beberapa kuliner wajib yang harus dicobain. Sebenernya saya sempat posting beberapa di IG seperti Rumah Jengkol (ini khusus yang suka banget jengkol) tapi gak punya foto karena kalau ke sini cuma nemenin Tita makan. Lalu ada tahu terbalik, tempatnya di belakang Kelenteng dan ini juga gak punya foto karena ke sini 2 kali selalu cuma mau nemenin teman. 2 tempat yang saya sebut itu selalu ramai dan jadi favorite.

Lalu…..beberapa bulan lalu saya diajakin Tika dan Yeyen nyobain makan dan minum di Binjai. Sebenarnya kita otw pulang ke Medan dari Bukit Lawang.

01. Es campur Kalimantan

Es campur Kalimantan – Binjai

Kalau orang-orang di Medan pastilah sudah tau gimana enaknya es campur itu, ya. Apalagi pake tape. Sumpah enak banget. Duh, jadi pengen :). Masalahnya es campur yang biasa saya minum cenderung terlalu manis jadi gak pernah ada yang favorite sampai ketemu si es campur kalimantan ini. SUMPAH INI ENAK PARAH! mungkin enak karena rasanya tidak terlalu manis, porsinya tidak terlalu besar, isinya pas termasuk ada tapenya. Aduh…..pokoknya enak deh. Oya karena gak terlalu manis jadinya tidak bikin kenyang banget dan eneg. Ini enak. Kalian harus coba kalau ke Binjai. Entah ya, kalau Gofood bisa nyampe ke Medan bawain ini haha.

Selanjutnya Tika sama Yeyen pesen sate. Sate padang deh kalau gak salah. Saya dan Tita gak makan sate karena kita berdua pengen nyobain bakso Mataram. Menurut supir dan beberapa anak PPLH Bahorok baksonya enak banget. Nanti kita cobain.

Satenya sih, menurut mereka berdua bolehlah, kalau ke sini bisa dicobain juga.

Es campur Kalimantan – Binjai
AlamatJl. Jendral Sudirman No.33, Kartini, Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara 20741

Jam buka

Open ⋅ Closes 5PM
02. Bakso Mataram
Bakso Mataram Binjai

Sebenarnya kita itu salah set. Minum manis-manis dulu baru makan bakso. Jadinya udah kenyang dan penuh. Trus kita pesen bakso istimewa apa bakso urat yang full size. Dikirain yang datang bakalan bakso dengan ukuran normal, ternyata olalala……gede banget cuy.

Baru kali itu seumur hidup saya makan bakso sampai rasanya penuh. Beneran penuh sampai gak sanggup lagi liat bakso sampai sebulanan hahhaa.

Sejujurnya rasa baksonya yah biasa kayak bakso-bakso pada umumnya 🙂 tapi kalau lagi di Binjai, yah bolehlah dicobain 🙂

AlamatJalan Jendral Sudirman No.52, Kartini, Binjai Kota, Kartini, Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara 20741

Jam buka

Open ⋅ Closes 10PM

So, menurut kamu ada lagi gak kuliner di BInjai yang harus saya cobain?

PS : All pictures was taken by @meufood

Advertisements

23 comments

  1. Selama ini jadi silent reader mbak non. Baca aja, ga pernah komen. Berhubung artikel kali ini tentang kuliner binjai, sebagai anak binjai rasanya dosa kalo ga cerita ttg kuliner binjai yang enak enak. Kodok goreng yang di pasar kaget bangkatan, tau kua he ci (tahu kuning brahrang plus udang goreng dan kepiting goreng disiram saus manis asem). Nasi bungkus terang bulan. Keripik rambutan. Lalu mi pangsit ayong 09 buat yang suka pork. Dan jus porsi besar yang bisa ditemuin di pasar kaget bangkatan : jus kietna, jus markisa, jus sawi nenas, jus merah putih (sirsak naga). Hadeh, laper aku…

  2. Binjai kota kelahiranku mba non… Spent my childhood there. Kota binjai banyak makanan emang mulai dari mie sop dan es krim alpukat di restoran hawaii, lalu pas pulang ke binjai kemaren penasaran banget tiap ngelewatin kampung kuliner yg selalu rame tp selalu ga sempat mampir btw next time ke binjai mau coba yg ma non tulis di atas deh…

  3. Sebagai anak Binjai keduanya udah pernah dicobain. Sejak kecil tahun 90 an sampe sekarang, rasa es campur Kalimantan ga berubah. Tetap enaaaak. Dari dulu juga lokasi kedai dan interiornya ga berubah. Jadi kangen binjai …

  4. jadi inget deh selalu beli rambutan kalau lewat Binjai..
    alhamdulillah kalau masih bertahan terus ya produksi rambutannya, nggak pernah mampir makan2 di Binjai cuma beli rambutan doang Non

  5. Olalaaaa, Es Kalimantan ini favorit banget! Di Medan ga ada yang seenak ini yakan mba.
    Trus Tahu Pondok Surya itu ternyata di Binjai ya.. Kirain di Pondok Surya yang dekat Sp. Zipur.
    Salah kaprah selama ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s